Monday, July 22, 2024

TIGA KASUS MALPRAKTEK DI DUNIA: MANA DOKTER YANG PALING PARAH MENURUT KALIAN

Yang namanya dokter emang manusia biasa. Bisa saja suatu saat mereka membuat kesalahan. Karena mereka berkecimpung di dunia medis, satu kesalahan kecil mereka bisa jadi berdampak serius, bahkan berujung pada cacat permanen atau kematian. Namun ada perbedaan lho antara kesalahan manusia yang memang bisa terjadi pada semua orang, siapapun dia, dengan kelalaian yang bisa dengan mudah dihindari. Bahkan ada pula dokter-dokter di bawah ini melakukan malpraktek karena niat jahat dalam diri mereka.

Berikut ini akan gue bahas tiga kasus malpraktek paling unik yang pernah dilakukan oleh para dokter. Menurut kalian, manakah yang paling parah dan patut diganjar hukuman yang berat? 

WARNING: Artikel di blog ini hanya menampilkan kasus ketiga. Untuk kasus pertama dan kedua bisa kalian baca di artikel Karyakarsa ini. 

https://karyakarsa.com/dave.cahyo/tiga-kasus-malpraktek-di-dunia-mana-dokter-yang-paling-parah-menurut-kalian

KASUS DONALD CLINE: DOKTERKU MENGHAMILIKU

Kasus ini emang bikin geli-geli gimana gitu. Donald Cline adalah seorang dokter obstetri (kebidanan) dan ginekologi (kewanitaan) asal Amerika. Pada tahun 1979, ia membuka kliniknya di Indianapolis yang mengkhususkan diri untuk membantu pasangan yang mengalami infertilitas. Mungkin kalian berpikir, duh mulia banget dong membantu mereka yang tak bisa memiliki keturunan, pasti pahalanya banyak.

Namun niat busuknya terbongkar ketika pada tahun 2014, putri mantan pasien sang dokter bernama Jacoba Ballard, melakukan tes DNA  dan menerima hasil bahwa ia paling tidak memiliki delapan saudara kandung. Lho kok banyak amat? Tak hanya itu, terungkap pula bahwa ayahnya ternyata adalah sang dokter sendiri! Rupanya Donald, dokter kesuburan ibunya, diam-diam memasukkkan sperma ke tubuh ibunya dan pasien-pasiennya lainnya tanpa persetujuan mereka (lagian kalo minta baik-baik emang dibolehin?). Tak hanya itu, karena skandalnya itu ia menjadi ayah dari setidaknya 94 anak, semuanya dari pasien-pasiennya.

Pastinya bakalan jyjy banget ketika para ibu ini mengetahuinya. Pasalnya sebagian besar dari mereka mengira bahwa sperma yang digunakan di perawatan infertilitas yang mereka jalani adalah sperma suami mereka sendiri. Nggak jelas apa alasan Donald melakukan semua ini (padahal ia sendiri sudah punya istri dan anak-anak), namun perbuatannya ini jelas nggak bertanggung jawab. Pasalnya Donald sendiri menderita kelainan autoimun yang akan diturunkan kepada anak-anaknya.

Tak hanya itu, banyak dari anak-anak donornya itu tinggal dalam radius 40 km satu sama lain. Bahkan beberapa di antara mereka rupanya saling mengenal. Ada yang teman satu kampus, bahkan ada yang tetanggaan. Bayangin dong kalo mereka saling jatuh cinta (mungkin karena alasan mereka memiliki banyak “kesamaan”) dan menikah, padahal mereka kakak adek (ew).

Mungkin kalian mikir, lah nggak apa-apa Bang kan mereka nggak tahu kalo mereka incest yekan? Bukan dosa dong, anggap aja khilaf hehehe. Masalahnya itu penyakit keturunannya tadi dodol. Seandainya mereka beneran menikah dan punya keturunan, maka anaknya mereka itu akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami penyakit dari kakek mereka itu.

Namun ulah Donald Cline yang kemudian diadaptasi ke dalam film dokumenter Netflix berjudul “Our Father” ini rupanya masih kalah parah dengan aksi seorang dokter lain asal Belanda bernama Jan Karbaat. Soalnya Jan, yang memiliki modus operasi yang sama, sampai memiliki 200 anak dari perbuatannya itu. Waduh bejat-bejat banget ya?


No comments:

Post a Comment