Tuesday, January 8, 2013

10 TANAMAN TERANEH DI DUNIA

 
clip_image002
PESAN SPONSOR: HOREEEEE INI POSTINGANKU KE-200 LHO!!! smileyvault-cute-big-smiley-animated-013
Rafflesia arnoldi, Venus fly trap, kantong semar, atau Amorphopallus titanum mungkin sering masuk deretan tumbuhan-tumbuhan teraneh. Tapi itu sih versi “cupu”. Ini nih list 10 tumbuhan teraneh yang bakal bikin kita merinding. Rasanya sulit percaya tumbuhan-tumbuhan ini benar-benar ada di dunia ini dan untungnya sebagian besar tak ada di negara kita.
1. Hydnellum peckii
clip_image004
Jenis jamur ini pasti langsung membuat kita jijik karena terdapat bagian mirip tetesan darah pada bagian atasnya. Jamur ini sering disebut juga “bleeding tooth fungus”, “strawberry and cream”, “red juice tooth”, dan “devil’s tooth”. Jamur ini sebenarnya bermanfaat karena bisa berfungsi sebagai obat antikoagulan (pencegah penggumpalan darah) hingga antibiotik. Namun jamur ini bukan jenis jamur yang bisa dimakan. Yikes...memangnya ada yang mau mencoba memakan jamur ini?
2. Actaea pacypoda
clip_image006
Sekilas tumbuhan ini tampak seperti trofi pembunuh berantai yang menancapkan mata korbannya ke sebatang kayu (OK, no more watching “Hostel”). Sering disebut dengan nama *innocent* seperti “doll’s eye” dan “white banberry”, tumbuhan ini tergolong sangat beracun (peringatan buat kalian yang tergoda untuk memakannya, siapa tahu saja).
3. Aseroe rubra
clip_image008
Jamur yang dijuluki sea anemone mushroom ini bentuknya menyerupai monster fiksi ilmiah yang muncul dari dalam tanah. Jamur ini hanya bisa ditemukan di Australia.
4. Chlatrus columnatus
clip_image010
Sudah jelas kenapa jamur ini juga dijuluki Octopus stinkhorn, karena bentuknya menyerupai tentakel gurita. Selain iu, jamur ini juga menyebarkan bau busuk karena membutuhkan bantuan lalat untuk menyebarkan sporanya.
5. False Morels
clip_image012
False morels adalah julukan bagi jamur-jamur dari genus Gyromitra, Helvella, dan Verpa. Keanehan jamur ini adalah bentuknya yang mirip otak. Bikin jijay emang liatnya (tapi kalo dipikir-pikir jamur kuping bentuknya kayak daun telinga gitu tetep aja kita doyan hehehe).
6. Buddha’s Hand
clip_image014
Buah asal Cina ini memiliki nama ilmiah Citrus medica varietas Sarcodactylis. Walaupun bentuknya sangat aneh, namun buah ini sebenarnya adalah sejenis jeruk dan bahkan bisa dimakan.
7. Equisetum giganteum 
 
Dikenal pula sebagai paku ekor kuda raksasa, tumbuhan paku ini sebenarnya adalah tumbuhan purba yang lebih tua daripada dinosaurus, namun hingga kini masih ada di bumi. Ngeliatnya jadi agak gimana gitu.
8. Peter Pepper dan Jamur Penis
clip_image018
clip_image020
Peter pepper atau Capsicum annuum varietas annuum merupakan cabai merah yang memiliki bentuk yang sangat disturbing, yaitu bentuk mirip penis manusia yang sudah disunat.
Selain Peter Pepper, tumbuhan lain yang bentuknya mirip penis adalah jamur stinkhorn (Phallus impudicus), yang tak hanya memiliki batang buah mirip penis, namun juga muncul dari dua buah “bola” yang berbentuk mirip testis.
clip_image022
clip_image024    clip_image026
9. Welwitschia mirabilis
clip_image028
clip_image030
Tumbuhan ini mungkin mirip seperti tumbuhan alien yang keluar dari Star Wars atau film fiksi ilmiah lainnya. Tumbuhan yang termasuk Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka, berkerabat dengan pinus dan melinjo) ini hanya memiliki dua helai daun yang terus memanjang seumur hidupnya. Tumbuhan ini juga sangat tahan terhadap kekeringan.
10. Hydnora africana
clip_image032
clip_image034  clip_image036
Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan bersifat parasit terhadap akar tumbuhan Euphorbiaceae (jarak-jarakan). Satu-satunya bagian tumbuhan ini yang terlihat di atas tanah adalah bunganya yang menyerupai alien.
BONUS
Chinese Fleece Flower
clip_image038
Tumbuhan aneh yang hidup di Provinsi Shandong, Cina ini memiliki keunikan yang cukup mengerikan. Akarnya membentuk figur manusia lengkap dengan kepala, tangan, kaki, wajah, jari, hingga alat kelaminnya. Menurut beberapa sumber yang kubaca, bentuk ini benar-benar asli dari sononya, bukan buatan manusia. Tapi aku sih nggak yakin gitu …
clip_image040  clip_image042



























2 comments: