Thursday, February 23, 2012

RABU ABU DAN MASA PRAPASKAH


Pada hari ini, 22 Februari 2012, umat Katolik termasuk aku ngerayain hari raya Rabu Abu. Umat Katolik diwajibkan pergi ke gereja pada hari raya ini. Tapi krn nggak dianggap sbg hari libur, agak susah sih beribadah pas Rabu Abu. Aku aja terpaksa izin nelat ke kantor soalnya misa di gereja baru kelar jam7an. Apa sih perayaan Rabu Abu itu?

Umat Katolik dan Kristen Protestan merayakan dua hari raya besar yaitu Paskah dan Natal. Bedanya, umat Katolik merayakan yang namanya Masa Prapaskah, yaitu masa puasa dan pantang selama 40 hari sebelum hari Paskah tiba. Masa Prapaskah ini untuk meneladani puasa yang dilakukan Yesus selama 40 hari 40 malam di padang gurun sblm mulai mengajar sbg nabi. Masa Prapaskah ini buat umat Katolik setara ama bulan Ramadhan buat umat Islam. Nah, Masa Prapaskah ini dimulai dengan hari raya Rabu Abu, hampir mirip lah ama hari pertama puasa buat Umat Islam. Kenapa disebut Rabu Abu? Dalam perayaan Rabu Abu, dahi umat akan diusap dg abu. Maknanya adl mengingatkan bahwa manusia berasal dari debu dan setelah mati pun akan menjadi debu (abu). Selain itu, abu jg dianggap sbg tanda pertobatan. Di kitab suci, hal ini sudah diteladankan oleh Nabi Daniel, nabi Ayub, nabi Yunus, sampai nabi Daud. Nah, uniknya pada hari raya Rabu Abu jg ada misa yg diadakan jam 12 siang. Misa seperti ini nggak ada di hari raya lainnya.

Apa sih bedanya puasa org Katolik sm puasa org Muslim? Ya jelas beda lah. Puasa org Katolik hanya diwajibkan selama dua hari, yaitu pas hari raya Rabu Abu dan Jumat Agung. Syarat puasanya cm blh makan kenyang satu kali. Misalnya pas sarapan dan makan siang makan cuma separuh porsi, tp pas makan malam blh makan ampe kenyang. Selain itu, pas puasa jg sebaiknya nggak ngemil atau makan/minum apapun selama jeda makan besar. Selain berpuasa, selama 7 kali hari Jumat selama masa Prapaskah, umat Katolik jg diwajibin berpantang, bisa berpantang daging, garam, gula, rokok, jajan, dan lain-lain. Gereja emg nggak pnya aturan baku kl soal ini. Soalnya percuma jg kan kl misalnya gereja nyuruh berpantang daging pdhl ada umatnya yg vegetarian atau pantang ngerokok kl umatnya emg nggak ngerokok. Harus umatnya sndri yg nentuin mau berpantang apa. Pokoknya intinya selama hari Jumat nggak blh makan makanan yg enak atau makan makanan yg kita sukai. Bs jg diartikan selama sehari kita nggak ngelakuin kegiatan yg kita suka, misalnya maen game, fesbukan, dan lain-lain. Nah, selaen hari-hari itu, umat Katolik diperbolehkan puasa tp dg aturan yg dibuatnya sndri2. Misalnya ada yg puasa dg cara nggak makan siang atau nggak makan kenyang sm sekali selama sehari. Ada jg yg sengaja nggak membumbui makanannya dg motto/garam atau nggak minum manis selama 40 hari. Aturan puasa dan pantang ini jg fleksibel, menyesuaikan dg kesehatan dan kemampuan masing2 umatnya. Asal jgn sengaja bikin puasa yg enak aja, dijamin bakalan dosa hehehe.

Nah, otomatis dong selama masa puasa dan pantang ini pengeluaran yg bisa dianggarkan bt makan berkurang, soalnya porsi dan kualitas makanan berkurang. Nah, sisa uang yg tdk digunakan ini kmd dikumpulkan sedikit demi sedikit bt yg namanya Aksi Puasa Pembangunan atau APP. APP ini setara ama zakatnya kaum Muslim. APP ini nggak harus berupa uang. Ada tradisi di keluarga Katolik untuk menjumput beras setiap hari selama masa Prapaskah dan dikumpulkan untuk kmd disumbangkan. Walaupun cuma satu jumput tapi setelah 40 hari lama2 jd byk kan? Porsi makan dikurangi dan kelebihannya disumbangkan ke org yg membutuhkan. Inilah inti puasa bagi org Katolik.

Puncak dari Masa Prapaskah adl Pekan Suci. Dalam pekan suci, Umat Katolik akan ngerayain bbrp hari raya scr berurutan. Pekan suci dimulai pada hari raya Minggu Palem, yaitu seminggu sblm Paskah. Di hari tsb, umat Katolik berbondong2 pergi ke gereja sambil membawa daun palem. Ini untuk memperingati kedatangan Yesus ke kota Yerusalem sebelum disalib, yg konon disambut penduduk Yerusalem dg cara menaruh daun2 palem ke jalanan. Daun palem ini harus disimpan, soalnya nantinya akan dikumpulkan untuk dibakar. Abu dari daun2 palem inilah yg nanti digunakan pada upacara hari raya Rabu Abu tahun berikutnya.Uniknya selama pekan suci ini, semua patung yg ada di gereja biasanya ditutupi dg kain ungu. Jujur aja aku nggak tau tuh apa artinya, blm nanya ama romo hehehe....

Pada Pekan Suci jg dikenal Tri Hari Suci yg meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Sepi. Pada ketiga hari raya itu diadakan vesper atau misa sore yg wajib dihadiri umat Katolik. Hari Kamis Putih dirayakan untuk memperingati perjamuan terakhir Yesus dg murid2nya (kyk di lukisannya Leonardo da Vinci tuh). Esoknya, dirayakan hari raya Jumat Agung untuk memperingati penyaliban dan wafatnya Yesus. Di kalender, Jumat Agung mrpk hari libur yg dikenal sbg Hari Wafatnya Isa Almasih, tp bukan Paskah lho. Banyak u yg slh mengira hari Wafatnya Isa Almasih sbg Paskah, pdhl bukan. Paskah adl hari Minggu sesudah hari Wafatnya Isa Almasih. Nah, di misa sore pas Jumat Agung biasanya ada pasio, yaitu ayat2 Injil yg dinyanyikan yg menceritakan drama kisah penyaliban Yesus. Pada hari raya ini jg gereja jg tidak boleh dihias dan lonceng gereja nggak blh dibunyikan. Esoknya, dirayakan hari raya Sabtu Sepi atau Malam Paskah untuk memeringati persiapan kebangkitan Yesus. Pada hari raya ini, umat diperciki dengan air untuk mengingatkan pembaptisan mrk. Menurut pengalamanku, ke gereja selama tiga hari berturut-turut cukup menguras stamina, apalagi misanya cukup lama, kdg ampe malam, dan seringkali dibarengi ujan. Tapi itulah nikmatnya jd org Katolik hehehe.

Puncak perayaan ini adl hari raya Minggu Paskah untuk memperingati kebangkitan Yesus dr kematian pd hari Minggu. Perayaan ini srg bgt dikaitkan ama tradisi telur Paskah yg jd favoritku sejak kecil. Nah kl diperhatiin, hari Paskah tiap tahun sll berbeda tanggalnya, beda ama Natal yg selalu dirayain tiap tgl 25 Desember. Nah, mirip hari raya umat Islam, penetapan Paskah ada itungannya tersendiri dg memperhatikan penampakan bulan. Paskah sll dirayakan pd hari Minggu setelah bulan purnama pertama yg terjadi setelah tgl 20 Maret. Nah, untuk tahun ini hari raya Jumat Agung jatuh pas hari ultahku 6 April. Wah, mg2 mjd berkat tersendiri. Amin.

No comments:

Post a Comment