Saturday, January 12, 2013

10 FENOMENA ALAM PALING MENAKJUBKAN


Berikut ini adalah 10 fenomena alam paling menakjubkan. Beberapa tampak indah sementara yang lain sangat berbahaya. Beberapa bisa dijelaskan dengan ilmu sains (walaupun aneh), namun yang lain juga tetap menjadi misteri hingga kini.
1. Pelangi Bulan
image
Ingat dengan lagu Vidi Aldiano “Pelangi di Malam Hari”? Pelangi biasanya keluar karena dispersi cahaya matahari, sehingga dianggap mustahil keluar saat malam hari. Namun ternyata bukan tidak mungkin pelangi bisa muncul karena cahaya bulan. Karena cahaya bulan amat lemah, maka pelangi bulan hanya dapat terjadi pada bulan purnama dan langit harus benar-benar gelap sehingga kadang sukar diamati.
2. Pasang Biru
image
Mungkin anda pernah mendengar tentang “pasang merah” atau “red tide” yang disebabkan oleh ledakan populasi alga merah? Pasang merah bisa menakutkan  karena mengandung alga beracun. Namun ledakan populasi alga bernama Noctiluca scintillans justru sangat indah. Saat malam tiba, alga ini akan membuat air laut tampak menyala kebiruan.
3. Tornado api
image
Tambahkan api dengan angin putting beliung dan anda akan mendapatkan tornado api. Fenomena alam menakutkan ini terbentuk ketika api membentuk pusaran dengan udara di sekitarnya yang lebih dingin. Menyeramkan sekali ya bila tornado api ini hingga menyambar rumah atau bahkan orang?
4. Pilar Cahaya
image
Pilar cahaya hanya dapat terlihat di daerah beriklim dingin, dimana kristal es di udara yang sangat dingin bertemu dengan cahaya matahari atau bulan sehingga menciptakan kenampakan seperti pilar yang menjunjung langit.
5. Bulan Berwarna
image     image
Bulan yang berwarna biru, merah, hingga oranye dapat saja terjadi apabila terdapat perubahan pada atmosfer. Misalkan saja letusan gunung Krakatau pada abad ke-19 pernah membuat bulan tampak biru karena kepulan asap dan debu vulkaniknya.
6. Awan gulung

Roll Clouds atau awan gulung merupakan jenis formasi awan yang luar biasa unik namun sangat jarang dijumpai. Di Australia, formasi awan ini disebut Morning Glory. Wah, kalo terjadi di Indonesia mungkin sudah heboh dianggap pertanda kiamat ya hehehe.
7. Badai Pasir
image
Badai pasir atau sand strom terlihat menakjubkan dan juga mengerikan. Ukuran badai pasir ini luar biasa besar hingga dapat terlihat dari luar angkasa. Badai pasir biasa menelan kota-kota yang terletak di padang gurun seperti di Timur Tengah dan Arizona, Amerika Serikat.
8. Awam mammatus
image  image
Awan ini berbentuk sangat aneh dan dikatakan menyerupai payudara wanita, karena itu disebut mammatus cloud. Awan ini dapat terlihat apabila akan terjadi badai petir yang besar, namun bagaimana terbentuknya belum dapat dimengerti sepenuhnya.
9. Pelangi Api
image image
Pelangi api adalah awan sirrus (awan yang berbentuk seperti serabut kapas) yangberwana-warni. Pelangi api bisa terjadi ketika awan sirrus yang dingin dan mengandung kristal es disinari oleh cahaya matahari yang panas.
10. Aurora
image
Fenomena menakjubkan ini hanya dapat terlihat di daerah lingkar kutub utara dan selatan bumi dan disebabkan oleh tumbukan partikel yang dikeluarkan matahari dengan medan magnet bumi.
BONUS
Hujan (Bukan) Air
image
Non-aqueous rain adalah istilah bagi :hujan” yang jatuh dari langit, namun bukan berupa air, melainkan hewan hingga darah. Walaupun sering disepelekan oleh para ilmuwan, namun fenomena misterius ini sudah kerap tercatat dalam sejarah, bahkan dalam Alkitab sekalipun.
  • Hujan ikan terjadi di Singapura pada 22 Februari 1861
  • Hujan katak terjadi di Prefektur Ishikawa, Jepang pada Juni 2009.
  • Hujan potongan daging dilaporkan terjadi di Kentucky, Amerika Serikat pada 3 Maret 1876
  • Hujan ubur-ubur terjadi di Bath, Inggris pada 1894
  • Hujan laba-laba terjadi di Salta, Argentina pada 6 April 2007.
  • Hujan cacing terjadi di Jennings, Indiana (Amerika Serikat) pada 11 Juli 2007
  • Hujan darah sudah dilaporkan sejak zaman Yunani Kuno pada abad ke-8 SM dan yang terkenal terjadi di Kerala, India pada 2001. Hasil pengamatan air hujan yang berwarna merah pada mikroskop membuktikan bahwa itu benar-benar adalah darah
Hingga kini, penyebab fenomena misterius ini tak diketahui.

6 comments:

  1. Sangat menakjubkan boss kalo kita bisa melihat langsung.. Hehehe...
    Kapan2 Mampir ya boss http://www.atepweb.net
    Mkch :)

    ReplyDelete
  2. oh ya, izin follow ya..
    tp jangan lupa folback... Itu pun bila bersedia. Hee ^_^
    Mkch..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok bos udah Q follow,,,btw tips hack fbnya bs tuh dicoba hahaha

      Delete
  3. Sepertinya, yg no. 9 pernah lihat

    ReplyDelete
  4. itulah kuasa Allah Ta'ala

    ReplyDelete
  5. keren sih yang pasang biru itu,
    bang dave, riddle mu pada panjang -_-

    ReplyDelete