Sunday, January 20, 2013

PENGALAMANKU YANG “JAKARTA BANGET”: KECOPETAN DI BUSWAY

 
Yapz, belum ada 2 minggu aku pindah ke Jakarta, aku sudah mengalami suatu experience tiada duanya yang “Jakarta” banget. Apakah itu???? Nggak, bukan maen ke Monas tapi
.
.
.
.
.
.
kecopetan.....
Di busway lagi kecopetannya...ikonik banget khan???
Ceritanya waktu itu aku naek busway ke gereja katedral. Berangkatnya sih aman2 aja. Cuma pas baliknya itu, buseeet rame banget. Aku aja kepaksa cuma kebagian berdiri deket pintu, selangkah lagi dah kejepit pintu otomatis tuh. Kebetulan untuk mencapai mess-ku di kawasan Kebon Jeruk, aku harus transit ke Harmoni. Kalo ada yang nggak tau Harmoni, itu tuh pangkalan pusatnya busway. Ato lebih singkatnya, kalo neraka buka cabang di Jakarta, ITULAH HARMONI. Soalnya berdesak2an nggak karuan deh disana. Pantesan aku pernah baca blog yang menyarankan untuk tidak turun di Harmoni soalnya haltenya selalu penuh.
Dan beneran, turun di Harmoni aku baru nyadar kalo hapeku yang kutaruh di saku depan hilang. Buseeet dah.
97_thumb *ekspresiku saat itu*
Aku langsung panik dan langsung minta bantuan pada petugas yang ada di sana. Untungnya mas petugas sangat membantu. Dia lalu menyuruhku duduk biar tenang lalu mulai bertanya.
“Hapenya hilang dimana mas?”
“Di dalam bus, Mas.”
“Tadi berangkat darimana?”
“Dari Juanda”
“Terus busnya warna apa?”
“BUSEEET MANA TAU MAS!!! TADI JUGA UDAH UNTUNG BISA NAEK BUS, MANA KEPIKIRAN NGELIATIN WARNA BUS-NYA APA!!!” *posisi udah siap nimpukin mas-nya kalo dia pake nanya nomor polisi busway yang tadi kutumpangi*
Langsung mas-nya menghela napas, “Wah, nggak tertolong tuh Mas.”
Ternyata percakapan itu menarik perhatian Mas2 yang duduk di sebelahku.
“Keilangan hape ya Mas?”
“Iya nih, payah.”
“Ini di Jakarta Mas, bukan di kampung.” katanya memaklumi kondisiku.
Dalam hati mikir: “Mas ini tau darimana ya aku dari kampung??? Emang dari tampang gw keliatan ya?” (sambil nyari2 kaca)
“Masih untung mas kehilangan hape doank. Saya pernah tuh keilangan dompet pas pertama kali datang ke Jakarta. Repot ngurusnya, KTP dan lain-lain.”
Nah, mulai detik itu aku mulai bersyukur. Emang bener kata mas-nya, lebih parah kondisiku kalo aku ampe keilangan dompet. Apalagi di dalamnya ada kartu ATM ama KTP yang pastinya maha-ribet ngurusnya kalo ilang. Apalagi aku sekarang di Jakarta dan notabene aku belum jadi penduduk sini.
Kata mas petugasnya (yang baik banget dan emang niat nolong, jadi salut ama petugas2 di busway), aku sebaiknya ngelaporin kasus ini di halte Juanda dimana aku berangkat aja. Namun melirik antrean manusia yang mau berangkat menuju Juanda yang juga SUPERPENUH, aku mengurungkan niat. Apalagi entar aku baiknya ke Harmoni lagi, desak2an kayak tadi, dan lebih parah lagi, bisa2 kecopetan lagi. Akhirnya akupun mengucapkan terima kasih ama mas petugas busway tadi dan memutuskan mengikhlaskan hapeku, toh kulaporin juga sangat kecil kemungkinannya bisa ditemukan.
Dengan langkah gontai akhirnya aku memutuskan pulang aja naek busway jurusan Lebak Bulus. Tapi di jalan entah kenapa hatiku menolak sedih. Di dalam hati terus aja terngiang lagu rohani yang judulnya “Bapa Engkau Sungguh Baik”. Yah, walaupun kecewa karena aku mengalami tindakan kriminal, namun kupikir2 peristiwa ini justru terjadi saat aku pulang dari gereja, pasti ada hikmahnya yang bisa kuambil. Yap, mungkin aja dengan peristiwa ini aku bisa menjadi lelaki yang lebih dewasa *haiah apa hubungannya*
Tapi memang ajaib, saat itu karena aku terus berpikir positif dan terus bersyukur (semisal aku cuma dicopet, nggak ditodong!!!), aku sama sekali tidak merasa sedih walaupun hape yang telah menjadi teman baikku selama 2 tahun raib begitu saja.
Coba bayangkan kalo bukan hapeku yang ilang, bisa2 dompetku yang ilang
33c4b951_thumb
atau laptop kesayanganku ....
0eeeff42_thumb
atau bahkan kehormatanku
th_009_v23_thumb
Reaksi pembaca: ****NAJIIIIIIIIIIIIIIS***
Untunglah aku masih bisa berinteraksi lewat teman2 dan keluarga lewat facebook (kecopetan bukan halangan untuk tetep eksis dong hehehe). Aku langsung mengupdate status meminta semua yang teman2ku agar berhati2 kalo ada sms mencurigakan dari hapeku. Aku juga meminta kakakku menghubungi bonyok di Solo supaya tidak menanggapi kalo ada yang telepon atau sms pake nomerku (takutnya ada yang bilang aku kecelakaan segala dan minta transfer duit).
Sebenarnya aku juga punya andil kesalahan sehingga aku bisa kecopetan nih. Jadi inget kata Bang Napi, “Tindak kejahatan terjadi karena ada kesempatan.” Dan ternyata itu bener banget.
Kesalahan pertama hapeku yang ukurannya lumayan gede (se-blackeberry lah, mungkin ama copetnya dikira BB ya, padahal cuma hape Nokia hehehe) dan lumayan keliatan njendol di saku celana. Itu pasti yang mengundang pencopet. Setelah baca2 tips anti-kecopetan di berbagai website, ternyata untuk menghindari copet, ada baiknya kita pakai celana ketat kayak jeans supaya susah dirogoh pencopet. Kalo dipikir2 bener juga, aku jarang pake jeans soalnya sakunya emang sempit dan cukup susah ngeluarin hape dari saku jeans. Tapi ternyata justru itu yang bikin aman. Jadi pesan nih buat cewek2 Jakarta, pakailah selalu celana yang ketat dan sexy biar susah dicopet hehehehe
panda-emoticon-16_thumb
****HUUU PENGENNYA****
Kesalahan kedua, biasanya aku menggunakan trik “anti-copet” yang tak pernah gagal dan sudah kuterapkan dalam berbagai agenda backpackeran ke berbagai tempat di Jawa, yaitu SELALU MAINKAN MUSIK LEWAT EARPHONE. Gunanya simpel, supaya hape kita susah diambil. Kalau diambil kan pasti earphonennya ketarik. Lagian kalo hape kita ilang, musiknya juga ikut ilang. Selama musik masih mengalun, berarti hape kita aman2. Namun sayangnya trik jitu itu sengaja tak kuterapkan saat itu, karena aku takut kebabalasan dan turun di halte yang salah gara2 nggak dengar pengumuman dari pak kernet (takutnya juga entar dicap terlalu G4O3L G3THOOOO). Padahal sebenarnya bisa pas deket halte aku lepas salah satu earphone dan nanya sama orang, tapi nggak kepikiran saat itu.
nangis_thumb
Oya ada juga tips aman dari mas petugas busway tadi. Kalo naek busway mending hape jangan di-silent, bunyiin aja ampe volume maximal (kalo bisa lagunya yang heboh kayak lagu 2NE1 yang nge-dance). Jadi kalo seandainya kalian nyadar hape kalian dicopet dan kalian beruntung masih ada di atas bus atau halte, segera aja miscal, pasti langsung ketauan malingnya. Tinggal digebukin rame2 deh ….
slapping_thumb***** MAMPUS LOEEE!!!!******
Kesalahan ketiga, aku emang nggak jaga hape. Pas naek sebenarnya aku udah mewaspadai copet dengan memasukkan tangan ke saku kiri untuk menjaga dompet yang ada di situ. Sayangnya hapeku ada di saku kanan dan tangan kanan kupakai buat berpegangan di atas, jadinya hapeku emang nggak kujaga. Sebenarnya itu juga bisa kutanggulangi dengan menaruh hape dan dompet di satu saku. Tapi lagi2 saat itu juga nggak kepikiran. Di rumah baru kepikiran. Huuuuuuuuuuuuuh bego!!!! 8dcf9699_thumb    waaa_thumb     wooo3_thumb
Tapi tetep aja kuambil positifnya dari semua ini. Yang lucu, pas bokap dari Solo menghubungi aku,
“Vid, Pak Bambang (I don't know who the hell that is) nawarin hape sama persis kayak punya kamu, masih baru, gress segelan.”
“Berapa, Dad?” (alah, sok bule, aslinya nggak gitu)
“Nawarnya empat ratus.”
Aku langsung ngakak sengakak-ngakaknya.
panda-emoticon-51_thumbfunny-panda-004_thumb
Buset dah. Pas aku beli dulu masih sejutaan, nggak nyangka sekarang dah turun drastis. Pastinya kalo dijual second paling laku 100 ribu tuh hapeku. Hahaha aku ampe bingung, yang apes tuh sebenarnya aku apa copet yang ngambil hapeku? Soalnya aku sendiri emang lebih sayang ama data2 yang ada di dalamnya daripada nilai hapenya sendiri. 
Udah deh pak copet, ambil aja hapenya. Siapa tau berguna, ikhlas kok. Toh yang membuatku galau sekarang bukan masalah kehilangan hape, tapi justru ....
BELI BB APA ANDROID YA
Yap, at least hape ilang tak membuatku lesu, apalagi kehilangan sense of humour hehehe. Semangat guys!!!!

4 comments:

  1. haha.. salutlah, kehilangan hp tpi masih sempat nulis kek ginian..
    sebagai pelanggan busway, gw selalu menerapkan tips diatas, kecuali rington yg super guede.
    gw selalu pasang earphone, kalau gak gw taroh di tas dengan tas di depan. Trus kalau di saku, gw pasti pegangin trus.
    Maklum, hape masih cicilan. hahaha..

    btw nice sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. okelah tipsnya,,,,pokoknya jangan ampe deh dapet pengalaman kayak aku *LOL*

      Delete
  2. PENGALAMAN YANG INDAH, SEMOGA TERULANG *nyebut, gak kok gak kok

    ReplyDelete
  3. sumpeh gan, yang agan tulis disini tuh persis banget sama yang ane alamin 3 hari yang lalu, kalo ane kecopetan pas dari harmoni menuju cempaka mas, ane berdiri dekat pintu karena saking padatnya, dan ane juga udah sering megang kantong kiri-kanan dan hp & dompet masih aman, tapi pas udah ngelewatin halte senen, ane cek hp udah gada dan udah banyak yang turun di senen -_-"
    ane laporan sama petugas katanya sudah ga tertolong, katanya "harusnya masnya laporan sama petugas di bis tadi jadi yang mau turun diperiksain satu persatu" ane ga kepikiran kesitu saking paniknya
    dan ane baru kepikiran pake earphone setelah udah kecopetan -_-
    ane sayang sama datanya aja gan

    ReplyDelete