Friday, October 18, 2013

10 TIPS NGE-BLOG ALA “MENGAKU BACKPACKER” #DIJAMIN GAGAL#


i_love_blogging1

Are you a blogger guys? Nggak necessary kudu pake blogspot lho, bisa aja kalian pake wordpress atau yang laennya, yang penting kalian hobi banget nulis di blog. Kalo iya, mungkin kalian udah pengalaman mumpuni bikin blog dan punya banyak followers. Namun buat yang lagi belajar bikin blog, berikut ini admin bakal bagi tips2 oke (tapi sayangnya ngawur) buat membikin blog yang yaaa...lumayan lah. Yang penting blognya nggak nyampe diamuk massa aja hehehe *nggak segitunya juga kale* Nah, disimak ya ....

1. Tips pertama: Forget SEO

Waktu pertama2 bikin blog, gue sempet khawatir banget ama statistik blog aku *galau mode on*. Aduuuh gimana nih kalo blog gue nggak laku? Gimana nih kalo nggak ada yang baca? Gimana nih kalo yang baca ngikutin gue ampe ke rumah gara2 saking jeleknya blog gue? #skizofrenia mode on# Hahaha lebay, tapi emang kudu diakuin guys, itulah ketakutan pertama para blogger yang baru memulai terjun ke lembah nista, eh, ke dunia blogging.

Makanya pertama2 gue nge-blog, gue langsung browsing teknik2 SEO. Dan sumpah guys ... pusing bacanya. Secara gue tuh orangnya agak2 gaptek gitu, nggak paham istilah2 IT (ndeso lagi). Ampe sekarang aja gue nggak ngerti apa itu backlink dan segala macam. Makanya, gue ngeblog cuman modal nekad ama modal kegantengan gue aja men *hueeeeek*. Dan ternyata it works guys. Bahkan tanpa teknik SEO tingkat tinggi aja stats blog gue naek terus (tapi harus gue akuin, mungkin dengan teknik SEO stats blog gue bakalan lebih tinggi lagi).

Harus kita akuin, SEO tuh cuman teknik. Semisal dulu kalo kita ulangan, guru kita selalu nyuruh kita nulis dengan jelas dan rapi biar mudah dibaca. Nah, menulis dengan rapi dan indah itulah teknik SEO. Namun tetep aja jawaban kita pas ulangan (bener apa nggak) alias isi blog dan postingan kita, itulah yang terpenting. Ngerti kagak sih perumpamaan gue *soalnya gue aja kagak ngerti hahaha*

2. Tips kedua: Find yourself

Pertama kali sebelum bikin blog, kalian harus menanyakan pertanyaan yang paling utama kepada lubuk hati dan relung jiwa kalian yang terdalam,

“Siapakah aku ini?”

Apa aku Susi? Apa aku Bambang? Apa aku the next Farah Quinn? Apa aku calon idola Indonesia masa depan? Pertanyaan ini penting soalnya blog kita adalah identitas kita. Blog kita adalah jiwa kita. Semisal nih, kamu adalah penggila drama Korea, ya udah bikin aja blog tentang segala hal mengenai drakor, nggak susah kan? Kalo disuruh bikin postingan tentang prediksi liga Champion, ya kalian nggak bakal bisa lah *kalopun dipaksa pasti juga isinya ancur* Jadi, blog kalian harus mencerminkan diri kalian sendiri.

Nah, sesudah menentukan tema blog, kalian juga harus menemukan gaya menulis kalian. Gaya menulis tiap orang berbeda2 guys, ada yang menulis dengan saklek pake EYD dan KBBI, ada yang menulis dengan bahasa gaul dan gokil, ada juga yang alay *tapi admin nggak lho* Yang jelas, apapun gaya menulis kalian, minumnya teh botol sosro #halah# Eh salah hehehe. Maksudnya apapun gaya menulis kalian, jangan ampe bikin pembaca bosen gara2 gaya bahasa kalian terlalu “flat”. Tapi juga nggak perlu berlebihan banget bahasanya. Ini adalah contoh yang tidak baik.
Langit semakin mencekam. Kawanan awan mendung semakin kelam, membelenggu matahari di balik sukmanya. Sang surya pun seolah membeku tak berdaya menghadapi hawa dingin hingga rona keindahannya makin terpuruk. Belitan kekhawatiran pun makin menggelayut bagi para insan dunia ciptaan Tuhan yang mengarungi samudra kehidupan di bawahnya. Bagaimana jika tetes-tetes air dari surga ini menaburkan benih-benih bencana di bumi pertiwi tercinta ini? Bagaimana jika sungai-sungai meluap, menenggelamkan anak-anak manusia yang mencoba mengais rezeki di bawah tatapan sendu cakrawala? Bagaimana jika amarah petir-petir menggelora memangsa jiwa-jiwa tak berdosa, sementara yang lain bersembunyi di gedung2 bertingkat dengan berbalut topeng kemunafikan? Maka dari itu pembaca, simaklah ramalan cuaca untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang bakal admin share kali ini … 
*Reaksi readers: GUBRAAAAAAK!!!!*
3. Tips ketiga: Read other blog

Nah, gimana nih kalo semisal kalian belum pede ama tulisan kalian atau belum nemuin gaya menulis yang tepat? Satu2nya cara adalah dengan banyak membaca blog lain. Dengan membaca banyak jenis postingan, kita bakal tahu mana postingan yang bagus dan mana yang nggak. Follow aja blog yang tulisannya enak, baik dari gaya menulis maupun isi postingannya. Kayak semisal nih, ini tiga postingan favorit gue dari blog2 lain yang bisa kalian jadikan pedoman. Yang pertama adalah:


Postingan ini kocaaaaaak banget sumpah. Isinya tips buat anak kost, tapi bahasanya ngocooool banget. Yang kedua lebih serius, berjudul:


Yang patut diperhatikan dari postingan ini adalah isinya yang benar2 berbobot. Postingan ini membahas tentang kesakralan perayaan Waisak umat Buddha yang “diinjak-injak” ama para fotografer yang pengen mengabadikan peristiwa “eksotis” tersebut dan lupa kalo itu sebenarnya adalah sebuah upacara keagamaan yang patut dihormati. Tulisannya benar2 kritis dan membuat kita berpikir. Namun beberapa orang yang berpikiran dangkal mungkin bakal terprovokasi.
Dan terakhir sebuah postingan berbahasa Inggris berjudul:


Tulisan ini dibuat oleh teman gue #sok ngaku2#. Isinya nggak cuma membahas tentang bangunan masjid saja, namun lebih dalam hingga mengupas tentang toleransi beragama dan konflik SARA. Setelah membacanya, kita pasti udah bisa nebak si pembuatnya adalah orang yang sangat cerdas. Nggak hanya isinya berbobot, pake bahasa Inggris pula #pengen bisa bikin postingan kayak gini hiks#

4. Tips keempat: Write from your heart

Kalo udah yakin mau nge-blog dan bikin tulisan, jangan lupa tulislah dari dalam hatimu. Mungkin terdengar agak klise guys, tapi banyak kok contoh admin blog yang menulis nggak dari hati. Contohnya mereka yang copy paste punya orang nggak pake izin. Menulis dari dalam hati berarti kamu nggak nulis hanya biar blog kamu dibaca banyak orang, tapi menulis karena kamu emang pengen nulis. Percaya deh, nulis sesuatu yang emang kamu pengen tulis itu rasanya lebih enak daripada kamu “terpaksa” nulis sesuatu buat mendongkrak popularitas blog kamu.

Tapi kebalikannya guys, jangan juga kamu nulis sesuatu yang nggak penting hanya karena kamu pengen. Semisal nih: “
“Gue hari ini jalan2 ke Ancol. Gue pacaran di sana. Enak banget deh. Terus gue pulang. The end.”
Langsung deh ditimpukin para readers kalo kamu buat tulisan nggak penting gitu *padahal yang baca udah serius* Sebaliknya, tulislah hal2 yang berguna buat pembaca, semisal ke Ancol paling cepet lewat mana atau naek bus apa, terus tips2 yang bisa dilakuin di Ancol, atau tulis pengalaman kamu pas diganggu hantu deket jembatan Ancol biar para readers yang baca bisa menghindari tempat itu, dll. Jadi tetep tulisan kamu ada manfaatnya buat readers.

5. Tips kelima: Write something original and positive

Nah, kalo kamu masih bingung mau nulis apa, gunakan saja teknik paling mudah yang selalu admin terapkan berikut ini.
“Bayangkan tulisan yang paling pengen kamu baca. Cari di google. Kalo belum ada, berarti itu tugas kamu untuk membuatnya.”
Contohnya: kamu pengen banget baca cerita urban legend yang serem. Namun sayang, cuman dikit blog yang isinya cerita2 serem kayak gitu. Nah, kamu jadi merasa terpanggil buat nulis cerita2 urban legend di blog kamu, gitu.

Namun sebaliknya, jika kamu udah punya dari awal ide postingan yang kamu buat, usahakan yang kamu tulis itu orisinil. Soalnya kalo tulisan kamu udah pernah dibahas atau diposting blog lain kan jadinya basi. Semisal: “Ternyata Susu Mengandung Banyak Kalsium” atau “Ternyata Menikah Bisa Bikin hamil” *dari dulu kaleeeee* Buat amannya, search aja dulu di google apakah postingan kalian itu udah pernah ada yang buat nggak. Kalopun udah ada, jangan putus asa guys. Kalian masih bisa kok menulisnya tapi dengan gaya menulis yang berbeda. Semisal nih pengalaman pribadi admin: gue pernah menulis tentang “Tes Psikopat” yang sebenarnya udah pernah dibahas beberapa blog lain. Namun karna gaya menulis admin yang berbeda dengan blog2 lain, jadilah postingan itu tetep mengundang banyak readers berkunjung ke blog admin.

Namun yang paling penting, tulisan kalian harus punya visi dan misi. Artinya postingan yang kalian harus memiliki nilai positif yang bisa diteladani readers. Semisal gue sering menulis tentang tempat2 bersejarah supaya readers tertarik untuk melestarikan sejarah Indonesia. Admin juga pernah menulis tentang toleransi beragama di Indonesia dan tema2 lainnya yang memompa semangat kebangsaan kita. Boleh lah kalian menulis, semisal tentang pengalaman kalian nonton gratis di festival film Korea. Namun harus ditutup dengan kesimpulan yang positif, semisal bangsa kita harus bisa membuat film yang lebih berkualitas, dll. Jadi postingan kalian nggak cuman jadi kerupuk, enak sih tapi nggak ada gizinya.

6. Tips keenam: Mind your techniques

Selanjutnya, tentu agar tulisan kamu enak dibaca, kamu perlu teknik2 untuk menyempurnakan tulisan kamu. Berikut ini beberapa tips teknik menulis yang bisa admin kasih.

a. Buat judul yang wow, informatif, dan jujur

Misalnya judul “Jalan-Jalan Ke Ancol” sebenarnya udah cukup buat menongolkan postingan kita di mbah google. Namun kalo kalian mau lebih kreatif, kalian juga bisa membuat judul yang lebih informatif: “Jalan-Jalan Ke Ancol: Pantainya Jelek Banget Sumpah”. Atau kalo kalian tipe2 pujangga gitu bisa bikin judul yang puitis dan sexy semisal: “Menyibak Aura Keindahan Senja Di Tengah Mistisisme Deburan Ombak Ancol” atau “Ancol: Lautan Asmara” *yang belakangan lebih mirip judul bokep tapi*

Oya, perlu diingat juga judul kalian harus jujur, jangan menipu. Karena itu bisa bikin pengunjung blog ngamuk2 dan blog kalian bakal di-black list. Semisal:
Tips Mendapatkan Cewek Mirip Song Hae Kyo Hanya Dalam 15 Hari
  • Banyak2 berdoa dan beramal soleh.
  • Kalo belum berhasil, operasi plastiklah biar mirip Won Bin.
  • Kalo masih belum berhasil juga, pasrah saja dan terimalah nasib anda.
b. Buat kerangka pikiran

Buseeet deh berasa kayak pelajaran Bahasa Indonesia deh. Tapi pelajaran BI juga berguna kok buat bikin postingan blog. Pertama, tulisan kalian harus kalian bagi dulu jadi tiga bagian: pembuka, isi, dan penutup. Pembuka isinya adalah pengantar tentang apa isi postingan kalian. Pokoknya pengantar ini harus bisa membuat pembaca penasaran sehingga kepengen membaca postingannya lebih lanjut (jangan lupa juga ya sapa pembaca kalian). Semisal:
“Hai guys apa kabar? Hari Minggu kemaren admin jalan2 ke Bandung lho. Waduh seru banget jalan2nya soalnya admin dapet tas Gucci harganya berapa coba? Gratis! Penasaran? Simak aja cerita jalan2 admin berikut ini.”
Tapi jangan panjang2 juga kali pembukanya, kayak yang satu ini.
“Hallo para pengunjung setia blog admin, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu. Alhamdulilah kabar admin baik2 saja *nggak ada yang nanya padahal* Oya bagaimana kabar orang tua di rumah? Sehat-sehat kan? Alhamdulilah. Kabar Pak RT dan Bu RT gimana? Sehat2 kan? Kabar kucing di rumah gimana? Sehat kan? Kabar temen2 SD gimana? Masih pada sehat kan? Walaupun sudah lama tak bertemu, jangan lupakan tali silaturahmi dengan teman2 SD. Kitab suci selalu mengajarkan agar kita terus menjaga tali persaudaraan dan tali kasih dengan saudara2 kita. Omong2 soal tali kasih, admin butuh bantuan nih. Ada yang bisa ngutangin admin nggak, lima ratus aja dah. Nanti admin yakin Tuhan pasti membalasnya ...”
Setelah pembuka, langsung masuk isi postingan. Isi postingan juga nggak boleh sembarangan. Isinya harus berbobot dan informatif. Oya, isi postingan juga jangan panjang2 guys. Soalnya admin pernah nih baca postingan seorang blogger yang jalan2 ke Singapore selama 3 hari dan semuanya ditulis dalam satu postingan yang panjangnya minta ampun. Alamaaaak, ampe berbusa2 bacanya. Kalo tulisan kalian terlalu panjang, coba aja pecah menjadi beberapa postingan. Usahakan juga tulis dalam paragraf yang pendek2 biar pembaca nggak ngos2an bacanya.

Bagian penutup isinya tentang kesimpulan postingan kalian. Agak susah emang bikinnya, makanya admin sendiri juga paling males bikin penutup ini hehehe *biasanya gue skip* Tapi nih admin kasih contohnya penutup yang baik:
“Nah, demikianlah pembaca tips mendapatkan tas gratisan di Bandung. Memang, dari tulisan di atas bisa disimpulkan bahwa satu2nya cara dapet tas gratis di Bandung adalah dengan cara NODONG. Semoga tips di atas berguna bagi pembaca. Jangan lupa ya beri comment jika kalian punya pertanyaan ataupun kritik. Kritik kentang juga boleh *itu mah kripik*”
c. Kasih foto

Menurut pendapat pribadi admin, postingan tanpa gambar tuh kurang lengkap guys. Kayak Zaskia Gotik tanpa Vicky hehehe *keselek* Fotonya pun harus sesuai dengan isi postingan guys dan kalo bisa sih usahain foto jepretan sendiri biar nggak melanggar hak asasi, eh hak cipta. Kalo kebiasaan admin sih di awal postingan (di bawah judul, sebelum paragraf pertama) admin selalu kasih foto buat menggambarkan pada para pembaca isi postingan admin.
10 Cewek Korea Paling Sexy
korean-girls 
“Ngomongin cewek Korea emang nggak ada habis2nya. Kalo doyan liat drakor atau liat MV Korea, pasti banyak cewek sexy-nya. Ya ampun, nggak nguatin deh 10 cewek Korea tersexy yang bakal admin bahas kali ini. Sumpah, ampe *drooling* liatnya. Bentar deh admin pingsan dulu, abis itu dilanjutin postingannya.”

Foto juga bisa digunakan untuk membuat postingan kalian lebih hidup. semisal:
Hari itu gue lagi di jalan raya. Eh ada kerumunan orang rame banget. Begitu gue tanya, ternyata ada kecelakaan. Karena penasaran, gue pengen liat yang kecelakaan siapa. Tapi saking ramenya kerumunan orang, gue nggak bisa lewat. Langsung aja gue teriak.
“Minggir minggir! Gue bapaknya korban! Minggir minggir!” 
Bener aja, semua orang pada ngasih jalan. Tapi anehnya mereka ngeliatin gue dengan tatapan iba gitu. Begitu gue lewat dan liat korban kecelakaaanya, ternyata dia .... 
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
*Papaaaaaah* 
ANJRIIIIIT!!!


Namun hati2 dalam memilih foto, pastikan foto kalian eye-catching alias menarik perhatian dan enak diliat. Kayak misalnya nih, kalian ma memajang foto bertema “MENUNGGU BUS”. Kira2 mana yang akan kalian pilih?

purabaya04   Baby_VOX_Wallpaper_01
                   Foto A                                                                 Foto B 
*gue nggak yakin cewek2 di foto B lagi nunggu bis*
d. Jangan kasih singkatan ataupun bahasa alay

Usahakan menulis dengan bahasa yang baek dan benar (nggak usah sesuai banget dengan EYD sih, yang penting jangan disingkat aja). Apalagi kalo pake bahasa alay, wadooooh mampus tuh.
T4oe n99ak s1ch l0e, 9w tuCh cHai444nk b4n933333dh 4m4 lw,,,,,,, Y0u @r3 mY 3v3Ryth1n9 ::::::P0xoxkniiiaa @w4zzzzz kal0 k@moe333 z3L1ngkuuuuh, 8@k4L gu3 muT1L4zi *saiko mode on* wkwkwkwkwk *ketawa mode gagak*
7. Tips ketujuh: Don’t write too much

Yap, setelah mulai menulis, kalian harus bisa menahan diri agar nggak menulis terlalu banyak. Pertama, jangan terlalu membuka terlalu banyak mengenai kehidupan pribadi kalian. Semisal nih, posting tempat kost kalian, kantor kalian, kegiatan kalian sehari2 dengan sangat detail dan lain2. Bahaya kale guys and gals, bisa2 ada *creepy stalker* atau psikopat yang ngikutin kalian.

hqdefault_thumb5
*gue fans blog loe lho ... *

Mampus dah kalo dah kayak kejadian di atas. Selaen itu, terlalu banyak ngebeberin aktivitas pribadi kalian juga bakal bikin para readers jengkel. “Ni anak sok penting banget sih. Artis kagak, songong loe!!!”

Kedua, isilah postingan kalian dengan (sekali lagi) sesuatu yang berguna bagi pembaca. Bila ada bagian yang nggak penting atau nggak menghibur pembaca, sebaiknya tahan diri kalian untuk tidak menceritakannya. Pokoknya jangan ampe kayak postingan di bawah ini:
“Ya ampun, pagi ini tuh gue be’ol banyak banget. Udah satu jaman kali gue jongkok nggak berhenti2, ampek kesemutan. Lagian warnanya tuh pucet2 gitu. Ya ampun readers, apa gue sakit ya.”
Ekspresi readers: “Mati aja loe sekalian!!!”

Ekepresi readers yang lagi apes: “Sialan, mana gue lagi makan lagi -_-“

Dan yang lebih penting, jangan posting foto2 nggak penting, terutama foto2 narsis elo dan temen2 loe yang nggak penting itu. Kalo muka kalian kayak gini sih nggak apa ...

KOREAN
*11-12 lah ama admin blog*

Tapi kalo ini, hiiiiy ...

4L4Y
*pose alay paling mainstream*

Admin aja nggak tega majang foto admin di blog, takut stat blog gue langsung turun drastis hehehe. Dan jujur aja, kalian juga sebel kan kalo liat ada admin blog yang majang foto2 narsisnya yang nggak penting ama temen2nya yang juga nggak penting itu, ya nggak?

8. Tips kesembilan: Don’t spread hatred or other negative things

Ini nih tips yang penting. Kalo kalian bikin postingan atau lebih simpel lagi, kirim comment, usahakan jangan menyinggung orang lain. Menyinggung orang lain bisa berupa mengejek, menyinggung SARA, ngatain orang, ngancem, neror, memfitnah dsb (ingat kata peribahasa: “Memfitnah itu lebih kejam daripada tidak memfitnah”). Sebagai blogger kita harus punya kode etik. Walaupun nggak akan ada yang nge-banned blog kita apapun isinya, tetep kita harus punya batasan dalam menulis.

Sama halnya dalam mengirim comment. Walau kita bisa menulis sebagai “anonymous” tetap kita harus menghormati si empunya blog dan harus bisa menempatkan diri. Seandainya kita adalah admin blog, bakalan tersinggung nggak apabila ada yang menulis comment kayak gitu. Ini contoh comment yang kasar dan negatif:
“Heh admin blog kunyuk! Tega2nya loe jelek2in Kikwang Beast. Dia tuh nggak cuman jual tampang tauk. Suaranya sih emang nggak bagus2 amat, tapi nge-dance-nya keren, ngalah2in Thomas Djorghi. Gue aja cowok suka ama dia. Pokoknya gue tau rumah loe min, tunggu aja entar malem gue bakal satronin dan mutilasi tukang kebon loe *lho apa hubungannya* Tapi berhubung gue bakalan mengintai rumah loe 1x24 jam, gue entar lapor dulu ke Pak RT dulu. No hapenya dong?”
Sama halnya dengan materi2 negatif lainnya. Jangan pernah taruh hal2 yang negatif di blog kita. Semisal sesuatu yang berbau porno atau menyebar fitnah/provokasi. Emang sih membuat postingan berjudul “Download Bokep Terbaru 2013” bakal bikin stats blog kita melonjak hingga jutaan viewers. Tapi kepengen blog kalian dikenal sebagai blog penyebar bokep? #kecuali kalo judul blog kalian emang Miyabilovah atau asyiknyaberbagibokep.wordpress.com#

9. Tips kesembilan: observe your stats

Nah, setelah blog kita jadi, gue saranin kalian memantau perkembangan statistik blog kalian. Banyak kok situs gretongan yang menawarkan jasa ini, namun gue pribadi setia memakai jasa statcounter (gue bakal bikin postingan khusus buat statcounter secara terpisah). Ada banyak kok manfaatnya liat statistik blog kita. Pertama kita bisa memantau jumlah pengunjung. Kedua, kita juga bisa tahu postingan apa dari blog kita yang paling populer. Lumayan asyik juga lho, bisa bikin ketagihan juga hahaha. Tapi banyak sih yang nyaranin jangan terlalu keranjingan liat statistik blog, bikin postingan yang bermutu tetep harus diutamakan.

10. Tips kesepuluh: Just write guys, just write

Bila gue harus memberikan tips gimana caranya blog kalian bisa tetep eksis, maka kuncinya hanya ada satu guys: menulislah dan tetaplah menulis. Ya iyalah, kalo kalian berhenti nulis, maka blog kalian bakalan ko’it. Makanya, selalu sisihkan waktu buat nulis. Kalo buat admin, justru nulis di blog adalah suatu bentuk refreshing setelah seharian kerja membanting tulang *remuk dong* Jadinya kalo nggak nulis, admin malah stress *padahal aslinya udah kayak orang stress hehehe* So, jangan menyerah guys, semakin banyak kalian nulis, semakin bagus pulalah tulisan kalian, soalnya banyak latihan, ya nggak?

BONUS:

Pasang Populer Post ama Wigdet Link di Blog Kalian

Buat tips tambahan, dua widget ini emang ampuh banget bikin para pengunjung betah berlama-lama di blog kalian. Popular Post berisi postingan kalian yang paling populer dan paling banyak dibaca pengunjung. Popular post gampang kalian dapatkan kalo kalian pake blogspot. Tinggal masuk ke dashboard ==> layout ==> add a gagdet ==> popular post.

Kalo widget link akan memberikan link2 postingan laen di blog kalian yang kira2 setema ama postingan yang dibaca oleh pengunjung kala itu. Link ini berupa gambar yang ditaruh di bawah postingan. Jadi walaupun pengunjung udah kelar baca postingan kalian, mereka akan tertarik untuk membaca postingan lain di blog kalian. Bentuknya kayak gini nih.

WIDGET LINK

Nah, widget ini dapat dengan mudah kalian dapatkan di situs linkwithin yang pastinya berguna dan gampang banget daftarnya. Cobain deh (tapi khusus kalo postingan kalian udah banyak lho).

Nah, itulah guys berbagai tips yang bisa admin share buat kalian *itung2 ngerayain ultah ke-2 blog admin juga* Selaen tips2 di atas, banyak juga hal2 yang bisa kalian lakukan agar blog kalian lebih rame, seperti jangan pelit bagi link buat blogger lain, terus jangan lupa balas tiap comment dari para readers setia, dan juga bikin fanpage di facebook. Resolusi admin untuk tahun ketiga blog Mengaku Backpacker ini admin kepengen me-moneytize blog admin (tapi nggak tau caranya hiks, ajarin dong). Oke guys, kalo ada saran dan kritik, silakan tambahkan di comment :D

14 comments:

  1. oh ya aq mau nanyak batas usia termuda org bikin blog itu berapa? sorry pertanyaannya gj, and GOD BLESS YOU

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory br bls, nggak ada batasan kok. aku pernah ditunjukin temenku blog bagas siapa gitu (artis cilik), dia masukin materi2 pelajarannya sendiri. masih anak SD padahal

      Delete
    2. thanks ya om david sekarang aq sdh punya blog , tapi aq kog gak bisa make statcounternya?, aq sesungguhnya masih 11 tahun cma aq rekayasa jadi 15 tahun xixixi, oh ya om david, om klo ada waktu kunjungi blog ku ya di : stefanuschristian64.blogspot.com

      Delete
    3. aduuuh jgn panggil oom dunk, aku kan masih belia hehehe *plaaak*

      aku dah liat blog kamu dan ternyata keren. hebat banget baru umur 11 tahun udah bisa buat blog sebagus itu

      Delete
    4. Ok lah koko, bisa gak ya memunculkan lagi komentar yang dihapus soalnya temen2q komentar trus gak sengaja kehapus deh,plus gimana caranya agar kita bisa menampilkan emotikon,animasi,dsb ke blog kita.
      thanks
      GOD BLESS YOU!

      Delete
    5. sory2...lain kali pake fb aja pasti q bls. kl komen gini kdg2 lupa. wah kalo balikin komen yang keapus Q ga gt ngerti bs apa nggak. yg emoticon tggl cari aja di google "emoticon gif" gitu pasti banyak

      Delete
    6. Oklah, gpp, thank you buat penjelasannya."Pergilah dan janganlah berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." *just kidding guys*




      God Bless You!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Delete
  2. tips menjadi anak kost yang cihuyyyyy kok ga bisa dibuka bang??/
    saya punya blog juga ga ngerti cara pakenya cuma buat komen blog orang lain biar ga jadi annymous #ketahuangaptek

    ReplyDelete
  3. kak,,aku udah buat blog..*hoyee*...minta ijin repost kak! xixixi.............

    ReplyDelete
  4. Eh Thor aku punya blog, saran buat blog asmin yang ganteng *adminpastibakalanngebusungindada* , garang tenges :p Pake classic tmplate, cari templet blog di blgskins. Pasti bagus hasilny

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya ya bang! Mungkin akan saya terapkan dengan sepenuh hati. Kapan-kapan main ke blog saya ya! penceritabertopeng.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Thank you tipsnya bang dave, kalo ada kesempatan tolong kunjungannya ke projectascelios.blogspot.co.id

    Cheers!

    ReplyDelete