Friday, October 18, 2013

NOTHING LASTS FOREVER, REALLY?: 10 MAKHLUK HIDUP DENGAN UMUR TERPANJANG

 

Siapa sih yang nggak pengen panjang umur? Sekalian aja nggak bisa mati (plus bonus bisa ngeluarin cakar adamantium ama punya perut six pack kayak Wolverine biar tambah keren hehehe). Manusia diperkirakan bisa hidup hingga 125 tahun. Kucing rata2 hidup ampe 12 tahun aja *admin udah malang melintang di dunia perkucingan soalnya sejak ane belum lahir, bonyok udah miara kucing* Tapi ada juga kucing bernama Creme Puff dari Austin, Texas yang bisa hidup ampe umur yang mencengangkan 38 tahun! Gajah yang segede *gajah lah* ternyata umurnya nggak sepanjang manusia, maksimal cuma nyampe 80 tahun. Namun diam2 ada hewan2 dan tumbuhan yang umurnya lebih panjang dari manusia, hingga mencapai ratusan bahkan ribuan tahun. Bahkan ada yang hidupnya abadi alias nggak bisa mati (nah lho). Banyak dari hewan2 di bawah ini bener2 *nggak nyangka* lho. Penasaran siapa aja mereka? Silakan disimak list-nya.

1. Kakatua

3542601-red-macaw-bird

Nggak nyangka ya ternyata kakatua adalah jenis unggas dengan umur terpanjang. Kakatua ternyata bisa hidup hingga 100 tahun, lebih lama daripada pemiliknya mungkin. Jadi walaupun nggak se-gaul elang atau burung hantunya Harry Potter, jangan pernah remehin burung yang satu ini!

2. Kura-kura

tortoise001

Nah kalo hewan yang satu ini udah banyak yang tahu kalo doi emang terkenal panjang umur. Bahkan kura2 sering dijadikan perlambang kebijaksanaan saking tuanya makhluk ini. Kura2 bisa hidup hingga umur 190, mungkin gara2 hidupnya *slowly* aja kali ya. Namun rekor reptil tertua justru dipegang ama tuatara, sejenis kadal asal Selandia Baru yang bisa hidup hingga 200 tahun.

3. Ikan Paus

Balaena_mysticetus

Bukan sembarang ikan paus tapi yang berjenis Balaena mysticetus mampu hidup dengan umur 245 tahun. Bahkan ikan paus yang baru2 ini ditangkap diketahui masih memiliki harpun (sejenis senjata pemburu paus) yang berasal dari tahun 1890. Ini menjadikannya mamalia tertua di muka bumi.

4. Ikan koi

small-koi-fish-wallpaper

Ikan paus yang segede *ikan paus tentunya* ternyata masih kalah ama ikan koi yang ternyata secara mengejutkan bisa hidup hingga ratusan tahun! Seekor ikan koi bernama Hanako dilaporkan berumur 226 tahun sebelum kematiannya.

5. Kerang

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sejenis kerang berspesies Arcatica islandica secara “wow” banget bisa mencapai umur hingga 400 tahun!

6. Pohon bodhi

4339718739_f1a9167ae2_b

Bodhi (Ficus religiousa, sejenis beringin) dianggap super duper suci bagi para penganut Buddha, karena di bawah pohon inilah sang Buddha mencapai kesempurnaan. Mungkin karena itu juga pohon bodhi amat dilindungi. Tercatat di Sri Lanka, sebuah pohon bodhi bernama Jaya Sri Maha Bodhi ditanam pada 288 SM dan menjadikannya berumur lebih dari 2.300 tahun! Rekor ini juga menjadikannya tumbuhan tertua yang pernah ditanam oleh umat manusia.

7. Bristecole pine

methuselah-tree-Clinton-Steeds

Sejenis tumbuhan pinus ini dikenal sebagai tumbuhan tunggal tertua di muka bumi. Sebuah pohon bernama Methusalah diperkirakan berumur 4.800 tahun, sedangkan pendahulunya bernama Promotheus diketahui berumur 5.000 (sayangnya ini diketahui saat Prometheus ditebang).

8. Jamur

20111128194447-4327c80a

Sejenis jamur bernama Armilaria solidipes diperkirakan berumur 8.500 tahun dan uniknya, merupakan organisme tunggal dengan luas tubuhnya mencapai 965 hektar atau secara kasar mencapai 2.000 luas lapangan bola!

9. Bakteri

greg_bacteria

Bakteri kemungkinan emang nggak bisa mati, soalnya mereka bisa berubah menjadi tahap “spora” yang dorman ketika kondisi lingkungan nggak menguntungkan. Aduh bayangin dong guys kalo kita punya kemampuan itu, “Aduh lagi tanggal tua nih nggak bisa makan gara2 nggak ada duit. Bentar gue dorman dulu jadi spora, entar tanggal muda bangkit lagi.” Buseeet deh enak banget. Yang keterlaluan, bakteri berusia 240 juta tahun yang terkubur dalam fosil ternyata bisa “dihidupkan kembali” di dalam laboratorium! 240 juta tahun guys, seangkatan ama dino!

10. Turritopsis nutricula

turritopsis-nutricula-3

Hewan ini adalah sejenis ubur2 paling “bad-ass” karena menurut penelitian mampu mengubah dirinya kembali menjadi fase larva ketika dia sudah menua. Dengan kata lain, hewan ini nggak akan mati dan dapat hidup abadi! Selain ubur2 ini, hewan2 lain yang diduga mampu hidup untuk selamanya adalah Hydra, cacing Planaria (soalnya dia punya kemampuan regenerasi), dan lobster (kecuali kalo dia udah digoreng pake saus tiram).

Nah, itulah guys 10 makhluk hidup dengan umur terpanjang di dunia ini. Tapi tetep aja, menurut admin umur panjang itu nggak ada artinya kalo kita nggak bisa menghabiskan hidup kita bersama orang yang kita cintai ###lho lho lho malah bahas apa ini????### Hahaha sekian dulu dari admin, maaf ya buat vampir ama werewolf nggak admin masukin ke list ini :p soalnya list ini scientific gituuuu *alias dapetnya dari wikipedia xixixixi*

4 comments:

  1. Saus tiram wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  2. baru nyangka gw...
    "Evan"

    ReplyDelete
  3. jadi jamur adalah organisme terbesar di dunia? melebihi paus biru?

    ReplyDelete