Sunday, February 1, 2015

NEHI-NEHI: REVIEW 4 FILM HOROR INDIA PALING KEREN

 

download

Eits ... jangan keburu ilfil guys dulu pas tahu kalo gue bakal me-review film horor Bollywood. Pasti kalian berpikir kalo film horor India nggak ada serem2nya, soalnya bukannya nakut2in, setannya malah joged2. Tapi ternyata film horor India nggak boleh dipandang sebelah mata guys. Gue ingat beberapa tahun lalu gue pernah menonton film horor India berjudul “Kuch Hota Hai” dan “Agyaat” yang walaupun jalan ceritanya panjang dan kebanyakan joged, overall ceritanya nggak mengecewakan. “Kuch Hota Hai” memiliki jalan cerita mirip “I Know What You Did Last Summer”. Sedangkan film “Agyaat” bercerita tentang sekelompok kru pembuat film yang terperangkap di dalam hutan dan tewas satu persatu akibat ulah monster misterius. Yah, bayangin aja “Agyaat” tuh kayak “Predator” meets “Kuch Kuch Hota Hai”. Hmmm ... agak susah dibayangin ya? Namun ini cukup untuk membuat gue hunting film2 horor India yang bagus. Gue kali ini bakal menyarankan 4 film, yakni “Ssssshhh”, “Darna Mana Hai”, “Darna Zaroori Hai”, dan “Horror Story”.

1. Sssshhh

51D JoV8qyL

“Sssshh” adalah sebuah film slasher ala India. Film ini secara singkat bisa gue bilang adalah gabungan “Scream”, “Koi Mil Gaya”, dan “Air Terjun Pengantin”. Film ini diawali oleh kematian brutal seorang gadis bernama Malini dan kekasihnya akibat ulah seorang pembunuh misterius. Hal ini menimbulkan trauma bagi kakak perempuan Malini yang bernama Mahek. Mahek semakin paranoid setelah sang pembunuh mengancam dan beberapa kali mengincarnya. Untuk melepas stress, akhirnya Mahek bersama kekasih dan teman2nya memutuskan untuk berlibur ke Thailand. Namun mereka tak menduga bahwa tak semua dari mereka akan kembali dengan selamat sebab sang pembunuh mengikuti mereka hingga ke sana.

Gue emang suka ama tipikal film slasher begini, apalagi jika gue juga harus menebak2 siapa pelaku pembunuhan yang sebenarnya. Dan bisa dibilang, ending film ini dimana identitas sang pelaku terungkap bener2 mind blowing. Salah satu keunggulan lain film ini selain jalan ceritanya, adalah sinematografinya yang keren, terutama pas mereka sampai di pulau terpencil di Thailand. Cuman sayang, kalau gue harus nunjukin kelemahan film ini, tentu terletak pada jalan ceritanya yang terlalu diulur-ulur dan lagu2nya (EEEEEWWWW). Yap, masih banyak banget lagu2 ama tarian nggak penting di film ini. Gue tahu itu ciri khas film Bollywood, tapi please deh, ini kan film horor? Masa iya udah jadi pembunuh sangar2 ujung2nya ikutan joged bareng? Karena masih ada adegan joged nggak jelas, film ini nggak gue kasih nilai sempurna, cukup 4,5 CD berdarah aja dari total 5 CD berdarah.

030-men-underwear-2---Copy_thumb030-men-underwear-2---Copy_thumb[4]030-men-underwear-2---Copy_thumb[6]030-men-underwear-2---Copy_thumb[8]030-men-underwear-2---Copy-2_thumb[4]

2. Darna Mana Hai

darna252520mana252520hai

“Darna Mana Hai” (artinya “Fear is Forbidden”) merupakan sebuah anthology cerita horor, yah bisa dibilang mirip2 “Phobia” dari Thailand lah. Jalan cerita utamanya mengisahkan sekelompok anak muda yang terjebak di tengah hutan akibat kendaraan mereka mogok di tengah malam. Untuk mengisi waktu luang, masing2 dari mereka kemudian menceritakan kisah seram. Total ada 5 cerita horor pendek yang ditampilkan di film ini.

a. On The Way: sepasang suami istri berkendara malam-malam dan menemukan sesuatu yang sangat menakutkan sepanjang perjalanan.

b. No Smoking: seorang pemuda menginap di motel dengan aturan khusus “tidak boleh merokok”. Ketika ia hendak melanggarnya, kejadian mengerikan pun terjadi.

c. Homework: Seorang guru dilanda rasa heran sekaligus takut ketika salah satu muridnya yang tak pernah mengerjakan PR tiba2 menjadi rajin. Apa penyebabnya?

d. Apple: Seorang ibu rumah tangga membeli apel dan kemudian menyadari akibat mengerikan apabila seseorang memakan apel tersebut. Ini adalah cerita paling absurd dan sureal dari seluruh cerita yang ada di sini.

e. Ghostly Lift: seorang pemuda memberi tumpangan pada seorang pria malam2 di depan sebuah pemakaman. Apakah dia manusia ataukah ....

jujur ketika gue melihat film ini, gue terkesan ama kekreativitasan para sineas film India. Mereka mulai kreatif dan tak segan mendobrak pakem2 yang biasa dipakai di film Bollywood. Contoh yang jelas, di film ini sama sekali nggak ada nyanyian atau adegan nari2 nggak jelas. Semua adegannya benar2 didevosikan untuk menakut-nakuti pemirsanya. Kereeen. Film ini gue kasih nilai 3,5 CD berdarah dari total 5 CD berdarah gara2 endingnya yang terlalu aneh buat gue.

030-men-underwear-2---Copy_thumb[10]030-men-underwear-2---Copy_thumb[12]030-men-underwear-2---Copy_thumb[14]030-men-underwear-2---Copy-2_thumb030-men-underwear-2_thumb1[4]

3. Darna Zaroori Hai

darnazaroorihai28200629

“Darna Zaroori Hai” (artinya “Fear is Important”) merupakan sekuel dari “Darna Mana Hai”. Mungkin gara2 kesuksesan film pendahulunya, film ini banyak dibintangi aktor dan aktris ternama India, salah satunya bahkan Amitabh Bachan dan Anil Kapoor (yang maen juga di “Mission Impossible 3: Ghost Protocol”). Sama seperti film prekuelnya, film ini masih menyajikan anthology atau kumpulan kisah horor. Jalan cerita utamanya mengisahkan sekelompok anak yang tersesat dan menemukan sebuah rumah di tengah hutan. Mereka kemudian bertemu nenek tua yang tinggal di rumah itu dan menceritakan cerita2 seram untuk mengisi waktu mereka. Ada 5 cerita pendek yang ditampilkan di film ini.

a. Imaginary Ghost: seorang profesor mengaku pada muridnya bahwa ia dihantui penampakan sesosok makhluk halus di rumahnya. Apakah sang profesor ini berhalusinasi atau ketakutannya benar2 nyata? Jujur, bagian ending kisah ini sempat membuat jantung gue berhenti berdetak sebentar *lebay*

b. Spirits Do Come: Seorang pemuda yang mobilnya mogok (apa semua orang yang mobilnya mogok di India bakal selalu ketemu hantu?) memutuskan meminjam telepon di sebuah rumah tua dan mengalami pengalaman aneh. Kesan gue pas liat film ini, “Buset ceweknya seksi banget”. Ternyata si aktris yang memerankannya bernama Bipasha Basu. Cucok banget jadi Bond Girl nih cewek hehehe *drooling*

c. Accidents Are Never Predicted: Mengisahkan sebuah keluarga yang diteror oleh seorang sales asuransi psikopat. Akting yang jadi salesman keren banget!

d. Ghostly Audition: Seorang sutradara terkenal mengangkut seorang gadis di tengah jalan. Ternyata si gadis menyimpan sebuah misteri yang menakutkan.

e. A Bride’s Revenge: mungkin cerita favoritku di film ini. Menceritakan seorang pria yang tiba2 terbangun di kantor polisi dengan tuduhan membunuh seseorang, padahal si pria sama sekali tak ingat pernah melakukannya. Gue suka cerita ini karena mengangkat tema yang tabu di India namun faktual dan benar2 terjadi. Cuman sayang, jalan ceritanya terlalu meniru “Gothika”.

Biasanya yang namanya film sekuel itu selalu lebih jelek ketimbang film pertamanya, namun film ini adalah sebuah pengecualian. Gampang dilihat bahwa film ini jauh lebih bagus dan lebih seram ketimbang film pendahulunya. Pokoknya gue puas banget melihat film ini (prolognya juga lucu sekaligus seram banget) dan nggak nyesel liatnya. Menurut gue inilah film terbaik di list ini, makanya gue kasih nilai sempurna 5 CD berdarah!

030-men-underwear-2---Copy_thumb[16]030-men-underwear-2---Copy_thumb[18]030-men-underwear-2---Copy_thumb[20]030-men-underwear-2---Copy_thumb[22]030-men-underwear-2---Copy_thumb[24]

4. Horror Story

Horror-Story-movie-poster-2013

Film ini terbilang baru sebab dirilis akhir tahun 2013 dan memiliki banyak keunikan. Pertama, film ini benar2 100% horor dan sama sekali nggak ada adegan nyanyi atau joged ala India. Kedua, si sutradara bener2 pengen tampil “fresh” di film ini dengan menampilkan aktor2 dan aktris2 yang sepenuhnya baru alias nggak terkenal. Tapi gue nggak keberatan karena toh gue juga jarang ngeliat film Bollywood jadi nggak apal ama para aktor ama aktris seniornya. Selain itu, para bintang baru ini juga enak diliat dan aktingnya nggak mengecewakan. Dan ketiga, durasi film ini mulai mengekor film2 Hollywood, yakni kurang dari 2 jam, nggak kayak film Bollywood pada umumnya yang bisa mencapai 3 jam. Hmmm ... mungkin karena minus lagu ya? Tapi ini justru bagus menurut gue, karena ceritanya bisa jadi lebih padat dan berisi.

Film ini menceritakan sekelompok sahabat yang terdiri dari 4 cowok dan 3 cewek yang bertemu di bar untuk pesta perpisahan salah seorang teman mereka. Uniknya, walaupun kita nggak bisa segera melihat siapa tokoh utama gara2 porsi dialog yang sama rata di antara para pemerannya di awal film, kita bisa langsung tahu siapa di antara mereka yang akan selamat. Mereka kemudian memutuskan mengunjungi sebuah hotel terbengkalai yang katanya berhantu sejak pemiliknya bunuh diri. Sebelum menjadi hotel, bangunan itu adalah bekas rumah sakit jiwa. Tak lama, mereka terjebak di dalam hotel itu dan satu demi satu mulai menemui nasib menggenaskan akibat ulah roh jahat penghuni hotel tersebut. Untuk menyelamatkan nyawa mereka, mereka harus segera memecahkan misteri yang menyelubungi masa lalu hotel tersebut.  Ceritanya sih emang tipikal film horor Amrik banget, namun film ini adalah sebuah breakthrough besar di dunia perfilman Bollywood. Dan nyatanya, film2 seperti ini juga digemari bahkan menjadi box office di India. Gue kasih deh nilai 4 CD berdarah, not bad.

030-men-underwear-2---Copy_thumb[26]030-men-underwear-2---Copy_thumb[28]030-men-underwear-2---Copy_thumb[30]030-men-underwear-2---Copy_thumb[32]030-men-underwear-2_thumb1

Moga2 aja dengan kesuksesan film ini, film2 horor serupa (maksudnya yang minimalis dalam hal nari dan nyanyi) makin banyak diproduksi dan bersaing dengan film2 horor Asia lainnya, bahkan film2 horor Barat.

13 comments:

  1. Lu janji ya..kalo film ini recomended?soalnya gw bakal ngeri kalo lagi kita nahan nafas karena serem eh tiba-tiba nyanyi sambil ngelilingi pohon..hadeh..oke..gw mw nonton deh...awas kalo gak rame!gw tau rumah lu..huahahhaha(ketawa iblis)

    ReplyDelete
  2. Nanti bawa film horornya masing2 ya bang kalo pada kopdar lagi....

    ReplyDelete
  3. Penilaiannya antimainstream bgt ahahak, CD berdarah xD

    ReplyDelete
  4. Kenapa harus CD berdarah? -..-

    ReplyDelete
  5. cd berdarah? pasti cd perempuan ya bang dave?

    ReplyDelete
  6. ada link downloadnya?
    kalau liat di youtube lama streamingnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw kagak tau. gw ga pernah donlot pilem, biasanya streaming

      Delete
  7. bang dave, bagi bagi link buat download film nya dooooong :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. donlot aja di youtube kan banyak tuh youtube downloader online

      Delete
  8. Om dave...
    Yg short story di buat kayak sejenis urban legend aja..
    Semua juga boleh sih hahaha
    Jadi orang yang takut nonton kayak aku tp penasaran bisa tau juga jalan ceritanya :3

    ReplyDelete
  9. min nggak berniat review corpse party live action? hahaha :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata anak2 grup Line jelek jadi gue kaga minat

      Delete