Monday, August 5, 2024

THE CURSED TRILOGY (2): APAKAH TRAH KENNEDY KELUARGA PALING “TERKUTUK” DI DUNIA?

Bahas tentang kutukan, kali ini kita beralih ke salah satu keluarga paling terkenal di Amrik sana, yakni keluarga Kennedy. Di Amrik sana nih, trah Kennedy ini udah setara dengan yang namanya kekuasaan, sebab pasti ada aja anggotanya yang jadi anggota parlemen bahkan presiden. Namun coba bayangkan skenario begini. Keluarga elu untuk pertama kali ketemuan ama calon lu nih. Lalu pas ditanya-tanya ama ortu lu tentang kondisi keluarga calon lu ini, dia lalu jawab begini:

“Ya kisah keluarga kami agak tragis-tragis gimana gitu. Paman saya yang pilot meninggal karena kecelakaan pesawat, begitu juga tante saya ama suaminya. Terus papi saya ditembak, kakak saya meninggal saat bayi karena prematur, terus kakak saya juga kecelakaan pesawat. Paman saya ditembak juga, terus sepupu saya overdosis, kecelakaan, sama istrinya juga ada yang bunuh diri. Belum lagi keponakan saya mati bunuh diri, tabrakan, overdosis, ilang juga ada.”

Pasti yang pertama terjadi adalah ortu lu langsung mutusin hubungan kalian dan nyaranin keluarga calon lu itu sebaiknya dibawa ke ustad aja buat dirukyah.

Namun itulah yang terjadi dengan keluarga Kennedy. Tak heran, karena begitu banyaknya nasib buruk yang menghinggapi mereka, keluarga ini dianggap sebagai keluarga paling terkutuk di Amerika Serikat!

Belum tau lu mati satu-satu

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang “kutukan” yang menimpa keluarga Kenedy, ada baiknya kita mulai dari awal. Kiprah keluarga Kennedy dimulai ketika pada 1884, nenek moyang mereka, Patrick Joseph Kennedy terpilih sebagai anggota dewan negara bagian Massachusett. Sejak saat itu, keluarga tersebut mendominasi kancah perpolitikan Amrik.

Namun nasib naas mulai menggentayangi mereka ketika pada tahun 1944, cucu kebanggaan Patrick, yakni Joseph P. Kennedy Jr. yang adalah seorang pilot, meninggal ketika pesawatnya jatuh di Inggris. Ingat ya, zaman segitu masih hawa-hawa Perang Dunia II sehingga ia kemungkinan besar gugur saat bertugas.

Semenjak itu, “kutukan” seakan makin menjadi-jadi. Hanya berselang 4 tahun, Kathleen  Kennedy yang merupakan adik Joseph Kennedy Jr, meninggal dengan penyebab yang sama, yakni kecelakaan pesawat di Prancis. Sebelumnya, suaminya yang bernama William Cavendish juga terlebih dahulu menghadap Yang Mahakuasa ketika ia ditembak oleh prajurit Jerman kala Perang Dunia II.

Kutukan kemudian menghantui keluarga adik dari Joseph Kennedy Jr, yakni John F Kennedy atau yang lebih dikenal dengan julukan JFK. Anak JFK yang bernama Patrick Bouvier Kennedy meninggal saat bayi karena dilahirkan secara prematur. Pada tahun 1963, kita semua tahu bahwa JFK menjadi korban berikutnya ketika ia ditembak mati oleh Lee Harvey Oswald ketika tengah berada di iringan-iringan mobil di Dallas, Texas. Pada 1999, John F. Kennedy Jr. putra dari JFK, meninggal ketika pesawat yang dipilotinya jatuh ke Samudra Atlantik.

Namun ini belum menjadi akhir. Adik JFK yang digadang-gadang sebagai penggantinya, Robert F. Kennedy juga meninggal akibat ditembak, kali ini oleh seorang Palestina bernama Sirhan Sirhan di Ambassador Hotel, Los Angeles pada tahun 1968. Berikutnya pada tahun 1984, anaknya yang bernama David A. Kennedy meninggal karena overdosis di sebuah hotel di Palm Beach, Florida. Anaknya yang lain, Michael LeMoyne Kennedy, meninggal pada 1997 akibat kecelakaan ski di Aspen, Colorado. Bahkan menantunya pun tak luput menjadi korban. Mary Richardson Kennedy, istri dari salah satu anaknya, Robert F. Kennedy Jr, ditemukan tewas bunuh diri pada 2012.

Kutukan juga harus dihadapi adik JFK lain yang bernama Ted Kennedy, yang juga berkiprah di politik. Ia sempat mengalami kecelakaan pesawat pada 1964, namun berhasil selamat. Lima tahun kemudian ia kembali terlibat dalam kecelakaan ketika mobilnya jatuh dari sebuah jembatan. Lagi-lagi ia selamat, namun rekan seperjalanannya tak seberuntung itu. sekretarisnya yang bernama Mary Jo Kopechne meninggal malam itu karena tenggelam.

Keponakan-keponakan JFK juga senantiasa terlibat masalah (mungkin karena keluarga tajir kali ya). Contohnya pada 1973, Joseph P. Kennedy II mengalami kecelakaan mobil hingga menyebabkan teman semobilnya, Pam Kelley, lumpuh. Edward M. Kennedy Jr yang masih berusia 12 tahun juga harus diamputasi kakinya akibat kanker. Pada 1991, satu lagi anggota trah Kennedy masuk pemberitaan setelah dituduh  terlibat skandal pemerkosaan. Keponakan lain, Patrick J. Kennedy juga terlibat kecelakaan mobil di Washington, D.C. Masih beruntung, mereka berempat selamat.

Bahkan generasi ketiga dari keluarga JFK juga tak mampu melarikan diri dari kutukan itu. Tercatat salah satu cucu perempuan JFK yakni Saoirse Kennedy Hill pada 2019 ditemukan tewas akibat overdosis. Cucunya yang lain, Maeve Kennedy McKean menghilang tanpa jejak ketika tengah berwisata dengan kano di Chesapeake Bay pada 2020 lalu. Kala itu ia lenyap bersama anaknya yang masih berusia 8 tahun.

Mungkin kalian mikir, lho kok banyak ya yang nasibnya tragis? Pokoknya ada aja kecelakaan, bunuh diri, hingga pembunuhan. Mungkin kalo dilogika ya bisa jadi sih mereka jadi korban pembunuhan, soalnya kan mereka keluarga politisi terkenal. Pasti dong banyak musuhnya? Tapi kalo keseringan kena kecelakaan. Hmmmm …

Yang jelas, sama seperti kutukan-kutukan yang udah gue bahas sebelumnya, gue rasa nih ini pasti ada penyebabnya. Apakah itu? Tenang, akan gue bahas kok di episode berikutnya di karyakarsa yang membahas tentang Keluarga Kennedy. Setelah itu, kalian bisa membaca tentang film terkutuk lain, yakni Poltergeist yang dihantui kematian para pemainnya sattu demi satu.

 

2 comments:

  1. Seneng banget blog ini masih aktif sampe sekarang. Semangat nulis terus bang dave!

    ReplyDelete
  2. Bangg sumpahhh makasih karna masih ada 😭😭😭😭😭 aku suka horror story dll dari sini dulu pas kuliah dikenalin temen terus barusan mikir pengen baca lagi udah degdegan banget takut udah ga aktif tapi untung banget masih ada 😭😭😭😭😭 semangat ya🌟🌟🌟🌟🌟🌟🌟

    ReplyDelete