Saturday, June 23, 2012

10 GEREJA TERINDAH DI CINA

 
gereja cina
Haaa…gereja di CINA??? Kedengarannya emang mustahil guys, secara kan Cina negeri komunis gitu. Namun sebelum kedatangan paham komunis, Cina punya sejarah panjang, termasuk sejarah penyebaran agama Kristen dari Cina daratan hingga Tibet. Jadi nggak heran ada lumayan banyak gereja-gereja bahkan katedral di Cina yang bergaya arsitektur Eropa. Melihat gereja-gereja ini, kita bakalan ngerasa lagi ada di Eropa, bukan di Cina (walaupun ada sih beberapa gereja unik yang bergaya khas Cina). Nah, ini dia top ten gereja terindah di Cina! 

1. Beijing Eastern Church
Beijing Eastern Church 2
Dulu, sebuah gereja dibangun di tiap 4 penjuru mata angin kota Beijing. Nah, gereja megah ini berdiri di sisi timur Beijing, karena itu disebut sebagai Beijing Eastern Church. Nama resminya adalah Gereja St. Joseph atau warga lokal menyebutnya Gereja Katolik Wangfujing. Terletak di Wangfujing Street, gereja ini merupakan salah satu bangunan tempat ibadah yang masih lestari di jantung kota Beijing. Gereja ini pertama kali dibangun pada tahun 1665 oleh dua pastur dan direnovasi pada tahun 2008.
Beijing Eastern Church
Beijing Eastern Church 3
 
2. Gereja Saint Sophia
Katedral St Sophia Harbin
Gereja St. Sophia Church di Harbin adalah gereja Orthodoks Timur terbesar di wilayah Asia Timur. Tingginya mencapai 53.35 m dan berada di area seluas 721 m2. Gereja ini bergaya arsitektur Byzantium khas gereja-gereja Kristen Orthodoks pada umumnya. Gereja ini pertama kali dibangun pada 1907. Pada tahun 1997, bangunan ini direnovasi oleh pemerintah RRC, namun sayangnya dialihfungsikan menjadi Harbin Art Gallery.
Katedral St Sophia 1
 
3. Gereja Katolik Xikai
Xikai Catholic Church
Terletak di ujung barat Binjiang Street di Tianjin, gereja Katolik Xikai ini juga disebut “French Church” atau Gereja Perancis sebab pertama kali dibangun oleh seorang uskup Perancis. Tingginya sekitar 45 meter dan menempati wilayah seluas 1.585 m2 dengan gaya arsitektur khas Romanesque Perancis.
Xikai interior 2Xikai interior
 
4. Gereja Katolik Xujiahui
Xujiahui Cathedral
Gereja Katolik Xujiahui atau nama resminya Katedral St. Ignatius berlokasi di Puxi Street, Distrik Xuhui, Shanghai. Gereja ini merupakan gereja Katolik terbesar di kota Shanghai. Gereja ini dibangun pada tahun 1905 dan sempat dikenal sebagai bangunan terindah di Shanghai. Gereja ini mampu menampung hingga 3 ribu jemataa dan disebut-sebut sebagai Vatikan-nya Cina. Yang melegakan bagi umat Kristiani, warga sekitar diperbolehkan untuk beribadah di sini sehingga jemaat selalu memenuhi gereja ini pada Minggu pagi.
Xujiahui Cathedral 3
Xujiahui Cathedral 2
Xujiahui church interior
 
5. Gereja Katolik Saint Michael
St Michael Church
Gereja Katolik St Michael berada di Zhejiang Road, pada puncak sebuah bukit di kota tua Qingdao. Bangunan bergaya gotik ini memiliki dua menara lonceng setinggi 55 m dan menjadi bangunan tertinggi di kota tersebut. Gereja ini memiliki dinding kaca patri berwarna-warni yang menceritakan kisah-kisah dalam Injil. Gereja ini juga sering dijadikan pasangan muda Katolik sebagai tempat melangsungkan upacara pernikahan.
 
6. Gereja Katolik Shenyang
Shenyang Church 2 
Gereja Katolik Shenyang atau Gereja Shenyang Nanguan berlokasi di 40 Nanlejiao Lu di Shenyang, ibu kota Provinsi Liaoning di sebelah timur laut Cina. Dengan tinggi 40 meter dan melingkupi area seluas 1.100 meter persegi, gereja ini mampu menampung hingga 1.500 jemaat dalam sekali misa. Gerbang besi yang berukuran besar dan dinding-dindingnya yang tinggi meninggalkan kesan khidmat dan damai bagi jemaat yang berdoa di dalamnya.
Shenyang Church 3
Shenyang Chruch
image-20110414-pyrkttmjwewi6vuar46b
 
7. Katedral Sacred Heart
Katedral Sacred Heart 4
Berlokasi di Yide Street di pusat kota Guangzhou, Katedral Sacred Heart merupakan replika gereja gotik khas Eropa dengan ketinggian puncak menara mencapai 58,5 m. Wah nggak nyangka kalo di Cina berdiri gereja sebagus ini. Karena keindahannya, tak heran gereja ini sering disebut-sebut sebagai Notre Dame-nya Cina.
Katedral Sacred Heart 2
Katedral Sacred Heart
Katedral sacred Heart Interior
 
8. Gereja Cizhong
Cizhong Church
Gereja Cizhong adalah satu dari sedikit gereja di Tibet yang selamat dari Revolusi Kebudayaan yang dilancarkan pemerintah komunis RRC yang kejam. Gereja yang dibangun pada awal abad ke-20 ini merupakan perpaduan yang unik dari gaya arsitektur Perancis dan Cina. Gereja ini diperbaiki pada tahun 1989 dan kini dibuka untuk publik.
Cizhong Church 3
 
9. Gereja Katolik Yanjing
Yanjing Church 3
Gereja Yanjing adalah satu-satunya gereja Katolik di Tibet. Gereja ini berlokasi di Desa Yanjing Village di wilayah Mangkang, Tibet. Sekitar 80% penduduk Yanjing adalah penganut Katolik. Di dunia ini, mungkin hanya disini kita bisa mendengar Injil dibacakan dalam bahasa Tibet.
Yanjing church 2
Yanjing Church
 
10. Gereja Haidian
  W020100517152105155324
Kalo tadi kita dimanjakan dengan gereja-gereja bergaya arsitektur khas Eropa, sebagai penutup top ten ini kupersembahkan gereja Kristen Protestan modern yang terletak di Distrik Haidian di jantung kota Beijing. Gereja ini dibangun pada tahun 2007.
 
Itulah deretan gereja-gereja terindah di Cina. Nggak nyangka ya Cina ternyata menyimpan banyak gereja-gereja indah. Tapi yang patut diperhatikan tentu saja kebebasan beribadah di gereja-gereja tersebut. Sebab percuma dong gerejanya bagus-bagus tapi dilarang berdoa di dalamnya, betul nggak?
NB: Tulisan ini kusadur dari website infoseekchina dengan tambahan seperlunya.

3 comments:

  1. Keren2 masbro..,
    jadi pengen kesana :P

    ReplyDelete
  2. so nice, thankyou for this blog, kalo boleh pengen nge reblog -_-

    ReplyDelete
  3. Bagus, untuk menambah pengetahuan umum....

    ReplyDelete