Saturday, June 23, 2012

KOTA-KOTA TERINDAH DI DUNIA

800px-Paris_Night

Pengen jalan-jalan ke Eropa tapi apa daya kudu nabung 20 tahun dulu baru kesampaian hehehe. Sebagai backpacker pemula, boleh dong ngimpi2 pengen jalan2 ke luar negeri. Nah, postinganku kali ini menyajikan daftar kota-kota terindah di dunia yang pastinya pantes buat jadi destinasi backpacking kalian. Ini dia daftar kota-kota terindah di dunia!

 

Paris

paris-transport

List kota terindah di dunia tanpa Paris bak sayur tanpa garam atau dangdut tanpa goyang. Yoi banget, begitu mendengar nama Paris, langsung kebayang suasana romantis. Plis deh, sapa sih yang nggak pengen ke Paris? Saat terbaik mengunjungi kota ini adalah saat musim panas. Ada banyak yang bisa dilihat di kota ini, mulai dari Menara Eiffel, sungai Seine, Arc de Triomphe,  Istana Versailles, museum Louvre yang menyimpan lukisan Monalisa, hingga gereja-gereja cantik seperti Notre Dame, Basilika Sacre Cour, dan Saint Chapelle.

france-paris-cheapest-hotel-rates

paris_france-208931

paris_ramonmasip

Paris-0792

 

Roma

package_tour_vatican_rome

Siapa sih yang pengen ke Roma, seriously guys?  Ketika sampai di Roma, pertanyaannya bukan apa yang bisa kita lihat di sini, tapi justru apa yang tidak bisa dilihat di sini, karena keseluruhan kota adalah sebuah karya seni. Bekas ibu kota kekaisaran Romawi ini terletak di tepi sungai Tiber dan menyimpan banyak peninggalan bersejarah, seperti Colosseum, Roman Forum, Seven Hills, Pantheon, Vatican, Piazza Navona, Trevi Fountain, dan masih banyak lagi. Oya, kota ini juga dikenal sebagai pusat agama Katolik, jadi jangan heran kalau kalian bakal menemukan gereja di hampir tiap persimpangan jalan. Total ada 900 gereja di kota ini!

070625-rome

Pantheon

Rights Managed

piazza-navona-rome

Rome (1)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Trevi_Fountain,_Rome,_Italy_2_-_May_2007

 

London

london_sightseeing

Begitu mendengar nama London, pasti langsung kebayang jam Big Ben. Tapi nggak cuma Big Ben doank lho yang bisa dipantengin di kota London. Lokasi-lokasi lain ada Westminster Abbey, Houses of Parliament (itu Big Ben juga ding hehehe),  Buckingham Palace, Katedral St. Paul, Tower of London, London Brigde, dan Trafalgar Square. Cara terbaik menikmati kota ini tentu dengan keliling kota naik bus tingkat atau menaiki wahana London Eye untuk melihat keseluruhan kota dari ketinggian.

London_Big_Ben_Phone_box11

 

Barcelona

1.1245965700.entrance-to-the-gothic-quarter

Kalo denger nama Barcelona langsung kebayang lagunya Faris RM, ya nggak (apalagi buat kalian yang umurnya dah segitu hehehe). Kota terbesar kedua di Spanyol ini memang memiliki banyak peninggalan bersejarah, seperti Gothic Quarter, Palau Nacional, Katedral Santa Eulalia, serta Park Guell dan Basilika Sagrada Familia hasil karya arsitek kontemporer, Antonio Gaudi. Waktu paling tepat untuk mengunjungi kota ini adalah bulan Agustus, dimana akomodasi cukup murah dan kota sepi ditinggal penduduknya berlibur. Oya, jangan lupa untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam menjaga dompet kalian kalau berkunjung ke sini, sebab kota ini dikenal sebagai “ibu kota copet” Eropa. Wah, Barcelona apa Mangga Dua nih?

gothic quarter, Barcelona, Spain

barcelona

barcelona-palace

national-palace-barcelona-ebl147

barcelona 

Chicago

Dari tadi ngobrolin Eropa, kok sekarang nyasar ke Amrik? Eit, jangan salah. Kota Chicago nggak kalah hebring lho ama kota-kota di Eropa sana. Chicago yang terletak di tepi danau Michigan ini terkenal banyaknya gedung pencakar-pencakar langit kuno dan kanal-kanal yang membelah kota. Nggak heran kota keren ini dipilih sama Optmius Prime dan Megatron buat jadi lokasi pertempuran terakhir Autobots dan Decepticons di Transformers 3! Oya, kota ini juga dipake syuting Batman Begins dan Dark Knight juga lho. Wah, ampe nggak nyadar…soalnya pas filmnya diputer terlalu sibuk merhatiin Katie Holmes terus sih hehehe.

chicago-walk-about-475

from_hotel_rm

 

Venezia

VENEZIA

Kalo kalian pas beruntung bisa pacaran di sini, pasti ceweknya mikir “Romantis banget, berasa di Eropa banget.” tapi cowoknya pasti mikir “Gue kayak di One Piece”. Yup kota Venezia emang unik banget, soalnya kota ini terapung di atas air. Tidak terdapat kendaraan bermotor di kota ini, jadi satu-satunya cara transportasi adalah berjalan kaki atau naik gondola. Lokasi yang wajib dikunjungi adalah Pulau Rialtina, Rialto Brigde, San Marco Square, gereja Maria della Salute, dan masih banyak lagi . Oya, tapi waspada ya sama“aqcua alta”, yaitu semacam banjir dadakan karena naiknya permukaan air yang kerap terjadi di daerah ini.

gondolas-venice-italy

venice italy

 

Kiev

kiev-ukraine-travel-europe

Begitu ngeliat film “Hostel”, siapa aja pasti keilangan selera buat backpacking ke Eropa Timur. Tapi itu kan cuma pilem guys, di Eropa Timur banyak kok kota cantik yang aman dikunjungin (kayaknya). Contohnya ibu kota Ukraina ini. Keunikannya adalah keindahan gereja-gereja berkubah emas di sini, seperti St. Michael Golden Dome Monastery, Katedral St. Sophia, dan Kiev Pechersk Lavra (Cave Monastery). Selain itu ada pula patung raksasa Motherland Statue yang dibuat saat negara ini berada di bawah kekuasaan Uni Sovyet dan Katedral St. Andrew. Oya, tak jauh dari kota ini juga terdapat kota mati Chernobyl yang terkenal karena insiden nuklirnya. Hmm…dah liat Chernobyl Diaries belum sih? Pasti tambah nggak selera backpacking ke Eropa Timur hehehe. Payah nih Hollywood, bener2 nggak mendukung pariwisata ke Eropa Timur, padahal kan banyak kota keren di sana.

tskiev (2)

kiev-city

Motherland-Kiev

2010-09-21-16-01-38-4-kiev-pechersk-lavra-monastery

 

Riga

16

Hayoo Riga ibu kota mana hayooo. Hehehe…emang sih kota ini nggak begitu terkenal kayak Paris apa London, tapi kota ini cantik banget kok. Percaya deh, aku dah pernah liat (lewat internet maksudnya hehehe). Landscape di ibu kota Latvia ini didominasi oleh menara-menara gereja dan gedung berwarna-warni. Lokasi yang wajib dikunjungi adalah Old City atau kota tua yang terletak di sebelah timur sungai Daugava.

17

14

 

Havana

travel  Havana-Cuba

Hiiiy…serius mau ke Kuba? Itu kan negara komunis? Well, komunis atau bukan, Havana, ibu kota Kuba tetaplah salah satu kota terindah di dunia. Dimana lagi sih guys kalian bisa ngelirik ke kanan ngeliat gedung-gedung kuno khas Eropa, tapi begitu ngelirik ke kiri langsung bisa laut biru dengan pantai tropis ala Bali? Lagian sejak tahun 1990, pemerintah sosialis Kuba sudah membuka lagi kota Havana menjadi salah satu tourist destination andalan negara itu (kecuali kalo loe turis AS pasti pulang tinggal nama). Tempat menarik yang bisa dikunjungi adalah Kota tua atau Havana Vieja (Old Havana) dimana terdapat Katedral St Cristobal hingga Capitol Building yang mirip dengan yang ada di AS.

catedral-havana-cuba-1

havana_cuba

 

Beijing

Beijing

Ciaaaat…dengar nama Cina langsung dua kalimat terkenal yang akan terlintas di kepala kita, yaitu “You kill my brother!!!” ama “Lu bisa cek toko sebelah.” hehehe. Tapi yakin deh, begitu mengunjungi Beijing, langsung kerasa banget atmosfer Cina-nya (ya iyalah secara ibu kota Cina). Kota Beijing memang memiliki banyak objek yang menjadi magnet bagi para wisatawan, seperti Tiananmen Square yang konon adalah alun-alun terbesar di dunia, Kota Terlarang (Forbidden City), Temple of Heaven, Summer Palace, serta kota tua Hutong yang menyimpan banyak bangunan-bangunan tua bergaya Cina. Kalo mau pemandangan yang lebih modern kontemporer, tinggal lirik aja National Stadium atau Stadion Bird Nest dan CCTV Building yang merupakan gedung terunik di dunia,  Plus hanya sekitar 1 jam perjalanan dengan kereta atau 1,5 dengan bus dari Beijing, kamu juga bisa menikmati salah satu keajaiban dunia, yaitu Tembok Besar Cina. Hmm…komplet banget!

beijing temple

Beijing_National_Stadium

beijing_welcome

beijing2

Beijing-Serviced-Apartments-Summer-Palace-Hill

haze533

bjgw

 

Rio de Janeiro

brazil_Rio de janeiro

Aku pertama kali tertarik dengan kota ini setelah menonton film kartun “Rio” (sumpeh deh kocak banget tuh film). Saking terkenalnya kota Rio ini di berbagai penjuru dunia, banyak yang mengira ini adalah ibu kota Brazil, padahal bukan (aku malah baru tau Rio tuh adanya di Brazil hehehehe). Kota ini pada tahun 2014 juga akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Piala Dunia, wah dijamin seru nih. Pemandangan paling spektakuler dari kota ini bisa dilihat dari patung Christ Redeemer di puncak bukit Corcovado. Keindahan pantai dan batu-batu karangnya emang keliatan surreal banget dan berasa nggak nyata. Waktu terbaik mengunjungi kota ini tentu saat ada karnaval yang diadakan di Rio. Jika kalian sedang berada di kota samba ini, jangan lewatkan keindahan pantai-pantainya yang terkenal, seperti Copacabana dan Ipanema yang keduanya pernah menjadi judul lagu. Namun sayang sekali, kota ini juga terkenal dengan  angka kriminalitasnya yang tinggi. Hmm…Horatio suruh pindah aja kesini gan, setuju nggak?

corcovado_overlooking_rio_de_janeiro,_brazil

rio-de-janeiro-statue-006

image_carnaval-rio-de-janeiro

 

Munich

munich2

Munich dikenal sebagai kota terindah di Jerman. Bahkan penyair Ernest Hemingway pernah berkata, “Percuma deh gan kalo ke Jerman tapi nggak ke Munich…rugi bangeeeeet!”. Well, nggak gitu2 amat sih ngomongnya, tapi intinya gitu deh. Munich selain dikenal karena tim sepakbolanya, Bayern Munchen, juga dikenal karena keindahan bangunan-bangunan tuanya. Pusat kota Munich adalah alun-alun Marienplatz dikenal dengan pasar natalnya. Sekitar 2 jam ke arah selatan Munich, yaitu di Bavaria, juga terdapat kastil Neuschwanstein (huh tobat deh, ngucapinnya gimana tuh?) yang mirip ama kastil2 negeri dongeng.

muc

Munich Christmas

munich-1

2-caslte1

 

St. Petersburg

saint-petersburg_sightseeing

Mampir ke kota ini wajib bawa obat tetes mata soalnya dijamin mata kita bakal pedih gara2 nggak bisa merem melihat keindahan kota St. Petersburg. Kota ini bisa kubilang adalah kota terindah di dunia, makanya kutaruh di posisi pamungkas. Di kota yang dikenal dengan nama Leningrad pada masa komunis ini terdapat Masjid Agung St. Petersbug (masjid terbesar di Eropa), Winter Palace (Istana Musim Dingin) yang sekarang dijadikan Hermitage Museum, benteng Peter and Paul Fortress, gereja Church of Saviour on Spilled Blood dengan kubahnya yang berwarna-warni, Katedral Kazan, Katedral St. Isaac, dan masih banyak lagi. Pokoknya sadiz…gila keren banget kotanya!!!

1StPetersburg

ru-saint-petersburg-02-380x285-st-nicolas-cathedral

Catherine_Palace_St._Petersburg_Russia

st-petersburg-1

winterpalace

st-petersburgcanal

 

Itulah kota-kota terindah di dunia menurut versiku. Kalau ada yang kurang setuju atau menurut kalian ada kota lain yang pantas masuk list, silakan protes di comment. Siapa tahu list ini bisa menjadi pedoman backpacking ke luar negeri kalian. Tapi jangan lupa ajak2 ya kalo mau keluar negeri hehehe.

2 comments:

  1. bukit tinggi, indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu saya juga setuju...kota bukittinggi bahkan saya masukkan di postingan saya yg berjudul "7 keajaiban indonesia"

      Delete