Friday, October 18, 2013

MUSEUM BAHARI KOTA TUA: SEJARAH? WHERE???

 

Photo-0958

Setelah tersepona ama koleksi Museum Kebangkitan Nasional yang wow banget, admin jadi keranjingan pengen jalan2 ke museum lagi. Kali ini sasaran admin adalah museum2 yang ada di Kota Tua. Dari dulu admin pengen naek ke atas Menara Syahbandar yang ada di deket pelabuhan Sunda Kelapa. Karena tiketnya satu paket ama Museum Bahari yang letaknya nggak jauh, sekalian aja admin satronin museumnya. Tapi yah ... kalo ini disebut museum sejarah, admin agak meragukan deh. Soalnya koleksinya idih, basi banget #tapi tetep menaranya keren#

Museum Bahari letaknya lumayan guys kalo dari Museum Fatahillah. Denger2 sih ada angkot yang menuju ke sana, tapi nggak tahu angkot nomor berapa. Lagian tiap sopir angkot yang gue tanyanin malah balik nanya, “Museum Bahari yang mana sih dek?”. Yaelah, mending jalan aja dijamin nyampek. Pas jalan, admin melihat ada renovasi terminal Kota #kayaknya sih program Jokowi# Aduuuh pakdhe Jokowi, sekalian dong Kota Tua direnovasi, soalnya banyak gedung2 bersejarahnya yang nggak terawat dan nunggu ambruk hiks. Kayak gini nih.

Photo-0893    Photo-0895

Akhirnya nyampek juga guys. Gue lewatin aja Menara Syahbandar dan langsung menuju ke Museum Bahari soalnya admin pikir loket tiketnya di situ. Tapi ternyata pas ketemu ama mbak-nya yang jaga loket, ternyata beli tiketnya di Menara Syahbandar tadi. Kelewatan dong? Untungnya mbak yang jaga loket baek banget dan mempersilakan gue liat2 di Museum Bahari dulu gratis.

Photo-0907

Pertama2 sih koleksinya menjanjikan, kayak peta Batavia kuno ini ama replika kapal2. Gue juga sempat terpesona ama ukuran pilar2 kayu yang ada di sini. Nggak tanggung gedenya.

Photo-0908

Photo-0920

2

Replika kapal ini yang menurutku paling keren, soalnya kesannya kayak kapal emas gitu. Kapal Malaya kalo nggak salah.

Photo-0928

Ini gambar kapal Jepang kuno (dulu disebut Ryuku) yang katanya pernah berkunjung ke Indonesia lho.

Photo-0913

Apa lagi koleksinya? Udah, abis. Cuma gitu doang guys, bete banget nggak sih? Sisanya cuma barang2 koleksi yang mirip2 ama Museum Transportasi TMII. Padahal pertama gue pikir koleksi museum ini bakal “One Piece” banget soalnya gue mengharapkan isinya berupa alat2 nahkoda dan navigasi zaman kuno. Gue lalu keluar ke halaman belakang, berharap gaya arsitektur bangunan ini worth it banget (soalnya dari luar udah kayak benteng). Tapi ternyata *hening* ...

Photo-0944   Photo-0933   

Biasa2 juga guys. Ya maklum lah, secara ini kan bukan istana apa kantor gitu. Dulunya ini cuma gedung untuk menyimpan rempah2, jadi buat apa dibuat bagus2 (tapi emang kesannya kokoh banget sih).

Tahun pembuatannya tertera di bagian atas pintu ini. Tua banget ya, udah 3 abad umurnya.

Photo-0951   Photo-0945

Nah, abis itu gue nggak membuang waktu lagi untuk menuju destinasi asli gue, yakni Menara Syahbandar. Nah di sini gue ketemu ama loket tiket beneran dan membeli tiket seharga 5 ribu untuk naek ke atas menara. Tangganya warnanya merah dan lumayan serem, apalagi buat orang yang takut ketinggian kayak gue.

Photo-0962

Begitu sampai di atas, wow gue bisa liat Museum Maritim hingga Sunda Kelapa dari sini. Cuma sayangnya, gue nggak bisa ngeliat laut, ketutup ama bangunan2 dan apartemen.

Photo-0968

Nah, itulah guys sekilas perjalanan gue ke Museum Maritim. Ayo dong tambahin koleksinya biar lebih mencerminkan sejarah bangunan yang udah tua banget ini. Sayang kan, padahal tempatnya aja udah bersejarah gini. Coba penataannya lebih informatif dan artistik kayak Museum Kebangkitan Nasional yang kemaren gue kunjungin, pasti pengunjungnya nggak hanya seneng, tapi bisa belajar banyak tentang sejarah bangsa ini, ya nggak?

1 comment:

  1. Sebetulnya kalau agan sempet naik ke lantai 2 di Museum Bahari, ada diorama seukuran manusia loh yang keren2 tentang legenda laut di dalam dan luar negeri, pake sound effect yang bikin kaget pula lagi. Sayangnya waktu ane ke bagian itu, juga nggak ada pengunjung yang ke sana. Keknya karena letaknya yang ngumpet dan suasananya yang creepy.

    ReplyDelete