Friday, April 3, 2015

LOVE TO HATE: 10 KEMATIAN PALING SADIS DI FILM2 DISNEY

 

maleficent  

Hallo guys! Gue selaku pecinta animasi (dan teori konspirasi) pernah menulis tentang 10 subliminal message yang diselipkan di berbagai film Disney yang dari bau2nya sih berniat merusak generasi muda. Nah kali ini hampir mirip. Masih tentang Disney, gue bakal membahas tentang adegan2 kematian para “villain” (tokoh antagonis) Disney yang ternyata lumayan sadis untuk ukuran film anak2. Kalo semisal di film kartun Indonesia atau Malaysia (Upin Ipin contohnya), pasti tokoh antagonis bakal menemui nasib kayak ditangkap polisi, dipenjara, atau malahan menyesal dan saling memaafkan sambil bersalam-salaman. But not for Disney.

Film Disney penuh dengan keajaiban juga innocent? Well, innocent my ass! Disney memasarkan film2 nya dengan jenius, yakni dengan memastikan para tokoh antagonisnya yang dibenci penonton ciliknya menemui ajal dengan dramatis dan setimpal dengan perbuatan jahat mereka. Ngaku aja deh, kalian juga puas kan kalo tokoh2 antagonis akhirnya ko’it dengan cara yang sadis? Berikut ini 10 adegan kematian para villain Disney yang  “magically disturbing” untuk ukuran kartun anak2.

1. Snow White

SNOW WHITE

Popularitas “Evil Queen” di Snow White memang tak sepopuler Maleficent dari Sleeping Beauty. Tapi mengingat Snow White adalah film pertama Disney sekaligus film animasi pertama dalam sejarah dunia, hal itu juga menjadikan “The Evil Queen” sebagai tokoh kartun antagonis pertama dalam sejarah film animasi. Bagaimana adegan kematian ratu yang dibenci ini? Setelah menipu Snow White untuk memakan apel beracun, ia dikejar oleh 7 kurcaci hingga terpojok ke sebuah tebing, dimana petir kemudian menyambarnya sehingga tebingnya runtuh. Nggak hanya dia terjatuh ke dalam jurang, ia juga kemungkinan besar tertimpa batu2an dari reruntuhan tebing. Dan kalaupun dia tak mati, digambarkan burung2 pemakan bangkai siap menyantap sang ratu hidup2.

2. Beauty and The Beast

GASTON

Jatuh sepertinya merupakan cara mati yang paling umum dalam film Disney, tak terkecuali Gaston, tokoh antagonis dalam film Beauty and The Beast (nggak sabar deh liat performance Emma Watson). Gaston (bukan Gaston Kastanyet mantan tunangannya Jupe ya) hendak merebut cinta Belle dan berusaha menghasut para penduduk desa untuk membunuh Beast. Setelah berkelahi dengan Beast (dan kalah), Beast kemudian mengampuninya. Namun Gaston justru ingin menikam Beast dari belakang. Sayang usahanya gagal sebab Belle segera menarik Beast dan Gaston terjatuh menuju kematiannya. Plung ....

3. Tangled

RAPUNZEL

Mother Gothel di awal film mungkin tampak seperti ibu normal yang overprotektif, namun lama-kelamaan niat jahatnya terungkap sehingga Disney pun memastikan ia menerima ajal yang naas. Setelah keinginannya gagal gara2 Flynn memotong rambut Rapunzel. Mother Gothel pun tersandung potongan rambut Rapunzel sehingga terlempar dari jendela dan jatuh dari menara. Ibu2 yang menemani anak gadisnya menonton Tangled mungkin langsung menutup mata, “Duh ... adegannya tragis banget.” Tapi si anak mungkin dalam hati, “YEAH ... that b*tch deserves to die!!!”

4. Hunchback of Notre Dame

HUNCHBACK

Judge Frollo adalah hakim yang kejam yang hendak membunuh si cewek gypsi, Esmeralda, kekasih di Bongkok. Namun patung2 gargoyle yang menjadi teman2 Si Bongkok kemudian hidup dan menakut-nakuti Judge Frollo sehingga ia jatuh. Tapi nggak sekedar jatuh, ia tercebur ke dalam lautan tembaga cair yang menyala bak magma. Yup, matinya bakal sangat menyakitkan dan menderita. Oya buat trivia alias fun facts aja guys, pengisi suara Esmeralda di film ini Demi Moore. WTF ... Demi Moore ngisi suara buat animasi anak2???

5. Little Mermaid

URSULA

Kalo berbicara tentang tokoh antagonis, Ursula dalam Little Mermaid jelas2 salah satu yang terlaknat. Dia mewujudkan impian Ariel, si putri duyung mungil, untuk mengubah siripnya menjadi kaki. Namun Ursula yang licik melakukannya ketika ia masih ada di dalam air sehingga Ariel langsung tenggelam. What a b*tch! Di endingnya, Pangeran Eric berhasil membunuh Ursula dengan menusuknya di perut. Kalo itu tak cukup untuk membunuhnya, petir kemudian menyambarnya dan bak hukum karma, Ursula akhirnya mati tenggelam. Talking about overkill in here.

6. Bug’s Life

HOPPER

Masih ingat dengan tokoh antagonis animasi 3D ini, yakni belalang tiran bernama Hopper? Setelah dipancing oleh Flik, Hopper menemui ajal yang sangat menyakitkan ketika ia ditangkap oleh seekor induk burung dan dimakan hidup-hidup oleh anak2nya (yang kemungkinan besar menceraiberaikan tubuhnya dulu hidup2 sebelum dikunyah). Cara mati yang mengerikan. Oya omong2 soal Bug’s Life, film ini menjadi awal karir artis cantik dan sexy Hayden Panettiere yang mengisi suara imut Dot, si semut cilik.

  hayden-panettiere-18a

*Hmmm ... mantan artis Disney ya ....*

7. Lion King

LION KING

“Lion King” adalah kartun Disney favorit gue dan dulu gue beruntung banget bisa melihat film ini di layar lebar (salah satu kenangan manis masa kecil gue). Gue sempet sedih dengan kematian Musafa, ayah Kimba yang tewas terinjak2 banteng. Tapi Scar, sang tokoh antagonis mendapatkan balasannya ketika Simba berhasil mendorongnya masuk ke jurang, dimana ia diterjang dan dimakan hidup2 oleh gerombolan hyena kelaparan.

8. The Incredibles

SYNDROME

Animasi bertema superhero ini membawa keluarga Incredible melawan musuh supernya, Syndrome. Namun kesalahan terbesar Syndrome adalah memasang jubah pada kostumnya sehngga jubahnya tertarik ke dalam mesin jet. Nggak digambarkan secara full frontal sih, tapi 99% kemungkinan tubuh Syndrome hancur tercabik-cabik baling2 pesawat. Dan kalau itu tak cukup, pesawatnya abis itu hancur meledak berkeping-keping.

9. Mulan

MULAN

Salah satu cara mati yang paling kreatif di film Disney, walau kurang akurat menurut sejarah. Bangsa Cina memang yang menemukan kembang api, namun itu pada masa  Dinasti Sui dimana istananya berada di Xi’an, sedangkan Forbidden City yang terlihat di klimaks film animasi ini merupakan ibu kota Dinasti Ming. Cara mati Shan Yu, tokoh antagonisnya, keren menurut gue, soalnya ia meledak bersama kembang api dan kemungkinan besar mengisi langit Beijing dengan potongan2 tubuhnya yang tercabik kecil2 (dan kemungkinan bakal jatuh sebagai hujan darah dan daging). Yikes .... talking about gross! Film ini jelas memuaskan hasrat gore para anak2 kecil penontonnya. Terima kasih Mulan :D

10. Tarzan

CLAYTON

Cara mati Clayton, tokoh pemburu yang jahat ini merupakan cara mati “villain” Disney favorit gue. Nggak bosen diliat berkali-kali, karena begitu kelam dan “mencekik”! Clayton dan Tarzan berkelahi di belantara sehingga tubuh Clayton terjebak di antara akar gantung pohon. Clayton yang panik memotong secara sembarangan (walaupun sudah berusaha diperingatkan Tarzan) dan tanpa sengaja menggantung dirinya sendiri. Agar nasib Clayton tidak “menggantung” bagi pemirsa ciliknya, nasibnya dipastikan dengan sambaran kilat yang menampakkan tubuhnya yang tak bernyawa berayun di udara. Yup, cara mati yang sukses membuat anak trauma dan mendidik mereka jadi psikopat!

Kesimpulan apa yang kita bisa ambil dari film Disney. Hmm … happy ending dimana sang penjahat bermaaf-maafan dengan tokoh utama atau si tokoh utama memaafkan sang musuhnya bak pas lebaran ternyata jelas bukan tujuan Disney membuat filmnya. Semakin sadis adegan kematian sang musuh, pemirsa ciliknya bakal semakin puas dan filmnya bakal semakin laris.

10 comments:

  1. Entagh kenapa, tapi aku suka endingnya.. Malahan kalo ga diingetin, aku ga nyadar ternyata cara mati nya para antagonis sadis :v Tapi keren om.. ^^

    ReplyDelete
  2. Bang..
    Yang tangled si rapunzel juga mandy moore lho..

    ReplyDelete
  3. hmm... disney mungkin ingin membangkitkan kembali era grimm bersaudara dan Shakespeare ,Buat yang belum tahu Grimm bersaudara adalah penulis asli cerita Cinderella,Snow White dan masih banyak lagi cerita mereka yang diadaptasi oleh disney ,sementara William Shakespeare adalah penulis Romeo and Juliet, dan Hamlet (Yang jadi inspirasi Lion King)
    Konsep kedua penulis ini sama yaitu gak ada namanya Happy ending tanpa pengorbanan besar

    ReplyDelete
  4. Kalo tokoh dave di film 'dave and the minimoys' gimana tuh, bang?

    ReplyDelete
  5. Ada yg punya link cerita asli the little mermaid ga btw?

    ReplyDelete
  6. kunjungi blog saya ya ,terima kasih.

    http://weweaadaffa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Bang,, tulis kisah aslinya dibalik semua film disnye dong hahaha

    Aslinya sadis banget.. gangerti lagi sama disney

    ReplyDelete
  8. Nggak salah lihat spoilerannya incredibles 2 si syndrome masih hidup ok..

    CMIIW

    ReplyDelete