Tuesday, June 25, 2013

10 PESAN RAHASIA DI FILM DISNEY (UNTUK MERUSAK GENERASI MUDA???)

 

Sudah jauh sebelum aku menulis postingan ini, aku pernah mendengar bahwa film2 Disney menyelipkan “pesan2 rahasia” pada pemirsanya yang masih di bawah umur. Walaupun terkenal sebagai film anak2, namun film2 Disney ternyata mengandung sedikit elemen yang sama sekali tak cocok untuk anak kecil. Banyak pesan tersebut mempromosikan seks pada generasi muda. Walaupun porsinya sangat sedikit (mungkin hanya beberapa detik), namun ternyata pesan2 tersebut dimaksudkan sebagai “subliminal message” untuk mempengaruhi alam bawah sadar anak2. Coba saja ketikkan ”disney subliminal message” di google dan anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya. Berikut ini 10 di antaranya.

1. Lion King

lionkingsex11

Ini mungkin adalah subliminal message paling terkenal, bahkan pernah dibahas sekilas dalam salah satu novel Dan Brown. Dalam salah satu episode, tampak debu-debu berterbangan membentuk kata “SEX”. Uniknya, adegan ini hanya muncul selama satu detik, namun jika di-pause, akan terlihat jelas. Para pembuat film ini justru mengaku memang menyelipkan tulisan itu ke dalam adegan tersebut, namun tulisan itu menurut pengakuan mereka berbunyi, SFX” atau special effect.

2. Poster Lion King

the-lion-king-poster-subliminal

Entah apakah ini subliminal message yang sengaja dimasukkan oleh para kreator Lion King ataukah ini hanya karena pikiran kotor kita, namun pada poster Lion King, bagian hidung dan wajah Simba membentuk sosok wanita telanjang tampak dari belakang.

3. Poster Little Mermaid

disney-subliminal-messages

Gambar di atas mungkin boleh dianggap ilusi mata, tapi tidak yang satu ini. Di belakang Ariel sang putri duyung tampak istana Atlantis yang salah satu menaranya jelas2 berbentuk alat kelamin laki-laki. Entah apa maksud Disney membuatnya.

4. Little Mermaid

0

Sekilas gambar di atas mungkin biasa2 saja, namun jika diamati baik2, akan tampak tonjolan pada celana pendeta yang menikahkan sang pangeran. Ereksi? Namun para pembuatnya berkilah bahwa itu adalah lutut sang pendeta.

the-little-mermaid-priest-scene

5. Tangled

tangled-subliminal-sex-message

Lagi-lagi sama seperti Lion King di atas, poster Tangled, salah satu film terbaru Disney, juga memunculkan kata “SEX”.

6. Who Framed Rogger Rabbit

roger-rabbit-subliminal-messages

Ini mungkin subliminal message yang paling parah dan tak mungkin tak disengaja. Di film kartun ini terdapat tokoh bernama Jessica Rabbit yang di salah satu adegannya menyibakkan roknya dan menunjukkan dengan jelas kemaluannya.

7. Minnie Mouse

mickey-mouse-subliminal-messages

Mungkin ini tipuan mata, namun bila diamati pada gambar Minnie Mouse ini, tampak lengan Minnie Mouse membentuk image alat kelamin laki-laki, lengkap dengan testisnya. Ini diperparah oleh tangan Mickey Mouse yang memeluk Minnie dan membuatnya tampak seperti adegan masturbasi. Apa Disney mengajarkan pemirsa mudanya untuk melakukan masturbasi?

8. Aladdin

Bila subliminal message di atas menggunakan gambar, kali ini di film Aladdin digunakan suara. Di salah satu adegannya, terdengar Aladdin membisikkan kata “Good teenagers, take off your clothes.” Atau “Anak-anak, bukalah bajumu”. Namun sang pembuatnya berkilah bahwa yang dikatakannya adalah, “Good kitty, take off and go.” sebab adegan itu terjadi saat Aladdin mencoba mengusir Raja, harimau Putri Jasmine. Silakan buktikan sendiri di videonya.

9. Hunchback of Notre Dame

Untitled

Dalam salah satu adegan terlihat Esmeralda, tokoh gadis gypsi di film kartun tersebut terbakar dan kemudian tampak telanjang bulat. Tak hanya itu, terlihat jilatan api yang membentuk kata “SEX”.

10. The Rescuer

the-rescuers-subliminal

Mungkin inilah subliminal message paling parah dan benar2 tak bisa ditolerir lagi. Di salah satu adegan dalam film buatan tahun tersebut, tampak jelas sosok wanita bertelanjang dada dalam salah satu adegannya (di jendela belakang), walaupun hanya terlihat dalam hitungan detik.

Apakah subliminal message atau pesan2 rahasia ini benar2 dibuat oleh Disney secara terorganisir atau hanya ulah usil salah satu  illustratornya? Percayakah anda bahwa Disney sengaja memasukkan pesan2 kotor ke dalam pikiran anak2 untuk merusak masa depan mereka? Well yang pasti ini memberi pelajaran kalau kita benar2 harus menyaring apa2 saja yang dilihat oleh generasi muda kita.

19 comments:

  1. childhood ruin in... 3.....2.......1...

    ReplyDelete
  2. oleh karena itu gw lebih suka dremwork

    ReplyDelete
  3. itu mah pikirannya aja yg kotor, poster rapunzel lah, mengada2 banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ... jangan ... ada subliminal message juga di film "frozen" *lirik*

      let it go ... let it go ....

      Delete
    2. let it go... let it go... can't hold back any more....

      itu nyanyian perut mules kale...
      -___-a

      Delete
    3. katanya sih lagu "let it go" tuh isinya menyerukan kebebasan kaum gay dan lesbian

      Delete
  4. Yg no 4 itu lutut ya. Yang gmbar bawah ada 2 tonjolannya. Masa anunya ada 2

    ReplyDelete
  5. tapi anak anak gk akan ada yang notice deh kayaknya. bahkan nyampe sekarang gk notice kalo gk dikasih tau -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini namanya subliminal message yg emang sengaja dibuat agar tak ada yg menyadarinya, namun mau tak mau akan masuk ke alam bawah sadar

      Delete
  6. aduh bang dave... jadi orang kok teliti amat yaaas :V

    ReplyDelete
  7. Yang aladin itu gua denger kitty nya kok '-')

    ReplyDelete
  8. Jeli banget ya. Q baru nyadarin sekarang

    ReplyDelete
  9. Nimbrung ah... (setelah sekian lama jadi silent reader)
    Bang Dave, apa iya ada anak2 yang tiba2 bilang "Mom! Look! There's S E X letters in Lion King!"? atau "Mom, Minnie's body look like my weewee." Gue rasa sih yang ngeh cuma orang dewasa yang lagi bejo aja.

    ReplyDelete
  10. wooooowwww... percaya gak percaya sih -_- tapi masa iya di hampir setiap film nya ada begituan..

    ReplyDelete
  11. Yg The Lion King itu aku nggak setuju
    Jadi selama ini si pelihat
    Melihat hidung singa, macan, atau kucing besar lainnya
    Kayak 'back' cewek telanjang ?

    ReplyDelete
  12. kalo tonjolan d lutut yg ada 2 stau saya udah versi terbaru setelah disensor ulang

    ReplyDelete
  13. Coba minions bang kayanya ada juga tuh yang aneh hee

    ReplyDelete