Saturday, June 8, 2013

WELCOME TO GOTHAM CITY: KUMPULAN SKETSA ARTISTIK HUGH FERRIS

 

3623069366_69c2d85de0

Tulisan ini terinspirasi dari website untappedciity.com dalam sebuah artikel berjudul The New York City that Never Was: Part IV. Dalam artikel ini sekilas diceritakan seorang arsitek visioner bernama Hugh Ferris yang menerbitkan buku kumpulan gambarnya yang berjudul “The Metropolis of Tomorrow” pada 1929. Dalam buku ini ia menggambarkan visinya tentang wajah Kota New York di masa depan. Jujur saja, melihat ilustrasinya, aku terpukau sekaligus merinding karena sketsanya yang sangat “dark”. Aku malah tidak merasa sedang melihat kota New York, namun seperti melihat “Gotham City”.

Di salah satu serial kartun Batman yang pernah kulihat waktu kecil, Gotham memang diceritakan sebagai kota dengan nuansa gelap dan penuh dengan bangunan pencakar langit bergaya art-deco. Sungguh indah menurutku, hingga aku berpikir untuk membuat satu postinganku khusus untuk membagikan sketsa2 ini pada pembaca. Silakan dinikmati.

ferriss3 (1)    ferriss3

hughferris

ferris.chanin31   42954

hugh_ferriss

ferris02    hugh ferris 3

hugh-ferriss-II   Hugh Ferris; Maximum Height, 1916 Zoning Law, stage 4, 1922

hugh-ferriss-IV

hugh-ferriss-Vhugh-ferriss-XXVIII-religion

hugh-ferriss-VI   hugh-ferriss-X

hugh-ferriss-XI  hugh-ferriss-XXVII-philosophy

hugh-ferriss-XIII-crowding-towers   hughferriss-vision-of-nyc

Very cool isn’t it? Jadi kabur batas2 antara seorang arsitek dan seniman. Kupikir semua arsitek juga harus jago gambar, ya nggak?

No comments:

Post a Comment