Tuesday, June 25, 2013

10 BANGUNAN SUPERKEREN YANG TAK PERNAH DIBANGUN

 

Bangunan dan seni arsitektur merupakan salah satu cara manusia sejak zaman purba untuk show off alias memamerkan keeksisannya. Berikut ini beberapa bangunan super-menakjubkan yang pernah dirancang oleh manusia. Mungkin karena terlalu menakjubkan, pembangunannya urung dilakukan karena dianggap mustahil untuk dilakukan.

1. Volkshalle (Berlin, Jerman)

26055_20

Selain memegang gelar sebagai “Kumis abad ini”, Hitler juga memegang rekor sebagai orang paling ambisius dalam sejarah. Hmm...seberapa ambisius sih? Rencananya, jika ia memenangkan Perang Dunia II, ia akan meratakan Berlin dan membangun kota baru bernama Germania di atasnya.

Okeeeeeee....

Kalo itu belum cukup ambisius, ia juga akan membangun gedung berkubah terbesar di dunia, dimana di bawah kubahnya terdapat satu ruangan yang mampu menampung 400.000 orang. Sebagai perbandingan, stadion terbesar di dunia (ada di Korea Utara) mampu menampung 150.000 orang.

Okeeeeeeey...

Tak hanya itu, saking besarnya, bahkan bangunan ini akan memiliki iklim mikronya sendiri. Diperkirakan napas dari seluruh orang yang ada di atasnya apabila naik ke bagian atas kubah dapat terkumpul sebagai awan dan turun kembali sebagai hujan buatan.

OKEEEEEEEEEEEEEE.....

Tapi tentu kekalahan Hitler membuat semua mimpinya pupus sudah, thank God. Tapi selepas Hitler tiada, dia bereinkarnasi menjadi ....

FOKE_2

TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK!!!!!

2. Dome over Manhattan (New York, Amerika Serikat)

57588

Kubah Hitler masih kalah gila dibanding kubah yang satu ini. Alkisah seorang arsitek yang sangat terobsesi dengan kubah bernama Buckminster Fuller memiliki ide untuk membangun kubah raksasa untuk melindungi New York. Nggak tahu juga apa tujuannya, mungkin untuk melindungi New York dari serangan alien *Ok Fuller, no more watching Avengers*. Tentu saja bangunan ini tak pernah direalisasikan sebab pembangunannya jauh dari kata mungkin. Mission Impossible aja dijamin kalah ama proyek ini.

3. Palace of the Soviets (Moscow, Rusia)

Bangunan menakjubkan ini sengaja direncanakan Uni Sovyet untuk menandingi dua monumen kebanggaan Amerika, yaitu Empire State Building (bangunan tertinggi di dunia saat itu) dan Patung Liberty dengan cara: menggabungkan keduanya dalam satu bangunan! Yup, bangunan ini dirancang memiliki patung raksasa Lenin di puncaknya sebagai wujud eksistensinya. Hmm...bicara soal orang narsis *Nggak kebayang kalo Lenin punya akun facebook*. Namun tentu pembangunannya tak pernah dilaksanakan karena keruntuhan Uni Sovyet kala itu.

4. Triumphal Elephant (Paris, Prancis)

Alternative-Monuments-Elephant-1

Alternative-Monuments-elephant-2

Entah apa yang dipikirkan arsiteknya saat berencana membuat monumen berupa gajah raksasa di tengah kota Paris. Alkisah saat itu Napoleon hendak membangun Arch de Triomph di tengah kota Paris sebagai peringatan Revolusi Prancis, namun salah satu ide yang masuk justru gajah raksasa konyol buatan arsitek Charles Ribart. Tak heran reaksi Napoleon terhadap rencana ini adalah langsung, “Big No No.” Mungkin pikiran Naopelon saat itu, “GIGANTIC ELEPHANT IN THE MIDDLE OF PARIS FOR CHRIST SAKE???!!!!”

5. Tatlin Tower (St. Petersburg, Rusia)

57591

Aku sih nggak pernah merasakan hidup di masa Perang Dingin, tapi yang kutahu soal orang komunis mereka lebih parah gilanya dari orang kapitalis. Alkisah para petinggi komunis hendak menyaingi Menara Eiffel dengan membangun menara setinggi 400 m. Oke cuma 400 m, apa sih susahnya? Masalahnya mereka ingin menara ini bisa berputar setahun sekali. Well, bicara tentang boss yang terlalu banyak menuntut.

6. Beacon of Progress (Chicago, Amerika Serikat)

26055_08

Pembangunan monumen ini mungkin tak semustahil bangunan lainnya. Namun pada saat pertama diproposalkan pada tahun 1893, pembangunannya dianggap mustahil. Bangunan setinggi hampir setengah kilometer ini akan menghadap Danau Michigan di Chicago dan selain sebagai monumen, juga berperan sebagai semacam mercusuar.Lumayan keren ya sebenarnya.

7. Ultima Tower (San Fransisco, Amerika Serikat)

Towers04a1

Bangunan ini sampai sekarang disebut sebagai bangunan “hipotetis” sebab hingga sekarang hanya sampai tahap rancangan tanpa ada yang berani merealisasikannya. Bangunan rancangan Eugene Tsui ini memiliki tinggi 3 km dengan 500 lantai dan mampu menampung 1 juta warga. Bahkan saking tingginya, perbedaan tekanan atmosfer antara bagian bawah dan atas gedung ini dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik bagi gedung ini. Wow! Melihat perbandingannya dengan gedung2 lain yang telah ada di dunia, bisa nggak ya bangunan benar2 dibangun.

Komentar pembaca: “MENURUT LOEEEE???”

8. X-Seed 4000 (Tokyo, Jepang)

Bangunan super ini merupakan bangunan tertinggi yang pernah dirancang oleh manusia. Bangunan ini jelas2 tak mungkin dibangun sebab memiliki tinggi 4 km dan lebar 6 km serta dirancang untuk menampung 5-10 juta penduduk. Bentuk bangunan ini konon terinspirasi oleh Gunung Fuji, yang lebih rendah 200 m dibandingkan bangunan ini. Okeeeee yang jelas bangunan ini bener2 bakal bikin kita kualat.

Yang bikin emosi, arsiteknya yang bernama Peter Neville mengatakan bahwa bangunan ini memang tidak dirancang untuk benar-benar dibangun, melainkan sebagai “sensasi” untuk menaikkan citra perusahaannya. Wah, kayak artis aja bikin sensasi (kacau nih arsitek).

9. Lilypad

lilypad4

Kuakui ini adalah bangunan paling menakjubkan yang kulihat sejauh ini. Kota mengapung yang disebut Lilypad ini dirancang oleh arsiteknya, Vincent Callebaut untuk mengatasi perubahan iklim dan kenaikan permukaan air laut yang terus mengancam dunia akibat pemanasan global. Rancangan2 di atas sih mungkin hanya sebatas bentuk kesombongan manusia, namun rancangan yang ini aku doain deh benar2 terealisasi. Sebab selain keren, tujuannya juga mulia.

lilypad2

lilypad_cities

10. Habitable Bridge (New York, AS)

habitable bridge

Terkenal sebagai arsitek visioner, Hugh Ferriss memperkenalkan idenya ini pada 1920, yaitu apartemen yang digabungkan dengan jembatan raksasa. Walaupun keren, ide ini nggak pernah diwujudkan. Terlalu bombastis kayaknya.

BONUS:

Space Elevator

Kalian pasti menganggap lift yang dapat mengangkut manusia ke luar angkasa hanya ada di film fiksi ilmiah. Namun para fisikawan benar2 berupaya keras mewujudkannya dengan berbagai rumus dan penemuan baru. Bila benar2 dapat direalisasikan, lift ini akan terdiri dari kabel sepanjang 100.000 km yang dapat mengangkut manusia ke sebuah stasiun luar angkasa (atau bahkan asteroid yang dijadikan pangkalan luar angkasa). Para ahli membahas kemungkinan bahan yang dapat digunakan sebagai kabel seperti karbon nanotube atau boron nitride nanotube *what-the-hell-is-that* Namun pembangunannya masih terhalang dengan safety issue alias masalah keamanan. Ya iyalah, naek lift di mall aja kadang2 takut, ini naek lift ke luar angkasa. Apalagi, berapa lama ya waktu perjalannnya?

1 comment: