Tuesday, June 25, 2013

FUKU DAN GAKURAN: SERAGAM SEKOLAH TERKEREN DI DUNIA!!!

Dalam postingan ini aku akan membahas seragam sekolah yang menurutku paling keren di dunia, yaitu seragam sekolah di Jepang. Pasti banyak banget yang excited dengan tema ini ya hehehe. Kita tentu banyak mengenal seragam sekolah para remaja Jepang lewat anime dan komik2 Jepang. Seragam sekolah cewek2 Jepang biasanya mirip dengan baju pelaut, sedangkan seragam cowoknya keren dengan jas hitam yang menutup hingga ke leher. Seragam pelaut ala cewek2 remaja Jepang dinamakan fuku atau seifuku, sedangkan seragam cowoknya dinamakan gakuran. Yuk kita bahas tentang kedua seragam ini.

Di dunia ini, hanya Jepang yang mengadopsi pakaian pelaut sebagai seragam sekolah. Hal ini bisa ditelusuri ketika masuknya westernisasi ke Jepang dan warga pribumi saat itu melihat seragam pelaut Barat sebagai sesuatu yang “wah” dan keren. Apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa seragam pelaut memang sengaja dirancang mudah untuk dijahit. Tak heran seragam ini menjadi sangat populer sejak pertama dikenalkan pada masa Meiji hingga kini. Ada dua jenis seragam fuku (pelaut) ini, yaitu seragam musim panas berwarna putih dan berlengan pendek, serta seragam musim dingin yang berwarna hitam dan berlengan panjang.

FUKU

Sedangkan untuk seragam laki-laki ternyata juga tak jauh dari pengaruh militer. Baju seragam mereka berupa jas hitam yang sebenarnya meniru seragam militer Prancis kala itu. Seragam ini dinamakan “gakuran” dan biasa dikancingkan hingga ke leher. Sebagai pasangannya digunakan celana panjang berwarna hitam dan topi hitam. Konon ada kebiasaan remaja Jepang untuk memberikan kancing kedua seragam mereka kepada gadis yang mereka sukai, sebab kancing kedua dianggap berada paling dekat dengan hati (jantung) mereka. Wow, so romantic hahaha.

boy uniform

Nah, itulah sekilas mengenai seragam para remaja Jepang. Asyik ya bisa berangkat sekolah dengan seragam keren seperti itu.

No comments:

Post a Comment