Thursday, June 27, 2013

10 PENCAKAR LANGIT YANG MENJADI LANDMARK DUNIA


2086020608_cc77b4e632_z
Untuk apa manusia membuat bangunan2 tertinggi di dunia. Hanya untuk dua tujuan: kesombongan dan uang. Yap, bangunan2 tertinggi di dunia ini selain untuk pamer pada dunia juga digunakan untuk tujuan komersil, tentu agar cepat balik modal. Berberapa pencakar langit mungkin tampak biasa2 saja, namun ada pula pencakar langit yang terkenal dan menjadi ikon bahkan landmark karena keunikannya. Berikut ini beberapa pencakar langit paling terkenal di dunia.
1. Empire State Building (New York, Amerika Serikat)
page_detail_zoom_2809
Dibangun pada 1931 dengan ketinggian 381 m, bangunan bergaya art deco ini sempat menjadi bangunan tertinggi buatan manusia selama 4 dekade, seblum akhirnya dikalahkan World Trade Center. Bangunan ini menjadi terkenal ke seluruh dunia bukan karena ketinggiannya, namun justru karena film King Kong yang legendaris. Selain Empire State, ada pula gedung2 terkenal di Amerika lainnya, seperti Chrsyler Building (tampak di belakang Empire State di gambar di atas) dan tentu saja mendiang WTC yang bernasib tragis.
images
 2. Petronas Tower (Kuala Lumpur, Malaysia)
Malaysia1
Selamanya menara kembar ini akan selalu mengingatkan siapapun pada Malaysia. Bangunan setinggi 452 m ini selesai dibangun pada 1996. Diarsiteki oleh Cesar Pelli, kedua menara ini dirancang menyerupai bentuk geometris khas Islam, yakni bintang bersegi delapan.
3. Taipei 101 (Taipei, Taiwan)
Gedung yang menjadi kebanggaan Taiwan ini memiliki ketinggian 508 m dan selesai tahun 2004. Uniknya menara ini menjadi gedung pertama di dunia yang mencapai ketinggian setengah kilometer dan juga memiliki lift tercepat di dunia. Gaya bangunannya yang unik terisnpirasi oleh pagoda khas Cina.
4. Shanghai Financial Center (Shanghai, RRC)
shanghai-financial-center-F
Bangunan tertinggi di Cina ini dibangun pada tahun 2008 dengan ketinggian 492 m. Lubang berbentuk “pembuka botol” pada puncaknya sebenarnya berfungsi untuk menurunkan tekanan angin pada ketinggian tersebut. Uniknya, ada awalnya gedung ini didesain dengan lubang berbentuk lingkaran pada puncaknya. Namun bentuk ini diprotes oleh warga Shanghai sebab menyerupai bendera Jepang, oleh sebab itu bentuknya pun diganti.
Di samping gedung ini juga terdapat raksasa lainnya, yaitu Menara Jin Mao yang menjadi gedung tertinggi kedua di daratan Cina.

5. Bank of China Tower (Hong Kong)
central_bank_of_china
Begitu melihat gedung ini, siapapun akan tersadar mereka sedang menatap syline kota Hong Kong. Bangunan paling ikonik di Hong Kong ini memiliki ketinggian 305 m dan pembangunannya sempat ditentang warga Hong Kong sendiri. Rupanya bangunan ini dianggap memiliki “feng shui” yang buruk sebab memiliki sudut-sudut yang tajam. Uniknya lagi, gedung ini menjadi gedung tertinggi pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat.
Selain Bank of China, terdapat pula gedung Two International Finance Center yang merupakan gedung paling dramatis di Hong Kong dan siap menjadi landmark baru kota tersebut.
4052792044_fe570f32ba
6. The Shard (London, Inggris)

The Shard merupakan landmark baru kota London sekaligus bangunan tertinggi di daratan Eropa dengan tinggi 310 m. Gedung berbentuk piramid ini diarsiteki oleh Renzo Piano dan baru resmi dibuka pada awal tahun 2013.
7. Bitexco Financial Tower (Ho Chin Minh City, Vietnam)
bitexco-financial-tower-ho-chi-minh-city-18104484
Siapa sangka di Vietnam juga terdapat bangunan pencakar langit yang ambisius. Banunan setinggi 262 m ini dirancang menyerupai bunga lotus, bunga nasional Vietnam. Gedung yang memiliki lift tercepat ketiga di dunia ini tampak mencolok dengan helipad di lantai ke-47.
5406702961_c152dec9eb_z
8. Woolworth Building (New York, AS)
Woolworth_Building_by_themindofmadness
Bila tadi kita dimanjakan dengan gedung2 pencakar langit modern, kita akan kembali ke New York untuk menikmati sebuah gedung dengan desain klasik. Gedung bergaya gotik ini dibangun pada 1913, menjadikannya pencakar langit tertua di New York. Bangunan ini pada masa kejayaannya pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia.
woolworth-building2
manhattan-woolworth-building-top
9. Marina Bay Sands (Singapura)
201202-w-new-landmarks-skypark
Bangunan ini siap menjadi landamrk baru Singapura selain patung Merlion. Marina Sands Bay merupakan kompleks perhotelan yang terdiri dari tiga gedung yang uniknya dihubungkan oleh kantilever (jembatan) yang sebenarnya merupakan kolam renang dengan pemandangan kota Singapura 360 derajat.
10. Burj Khalifa (Dubai, Uni Emirat Arab)
burj-khalifa-wallpaper
Setinggi hampir dua kali tinggi Empire State Building yakni 828 m, bangunan ini tak hanya menjadi bangunan tertinggi yang pernah dibuat manusia, namun juga memiliki masjid tertinggi di dunia, yaitu lantai ke-158. Negara2 Arab rupanya sangat berambisi membangun pencakar2 langit terhebat di dunia. Bangunan2 itu adalah:
Capital Gate (Abu Dhabi, Uni Emirat Arab)
6
Bangunan unik dimaksudkan untuk meniru hembusan angin di padang pasir Arabia. Bangunan setinggi 160 m dan memiliki 35 lantai ini dinobatkan Guinness book of Record sebagai bangunan termiring di dunia dengan kemiringan 18 derajat, hampir empat kali kemiringan Menara Pisa.
Aldar Properties Headquarters
Selain Capital Gate, bangunan unik lainnya adalah Aldar Properties Headquarters di Dubai setinggi 23 lantai dengan bentuk sirkularnya.
20_big
Burj al Dubai (Dubai, Uni Emirat Arab)
Di Dubai terdapat pula bangunan impresif bernama Burj al Dubai. Hotel setinggi 321 m ini sengaja dibangun menyerupai layar kapal.
burj-ala-arab
Tak puas membangun gedung tertinggi di dunia, Dubai rencananya akan membangun gedung tertinggi di dunia yaitu Dubai City Tower setinggi 2,4 km dan memiliki 400 lantai.
Dubai_City_Tower
BONUS:
Proyek2 di Indonesia
Berbagai proyek pencakar langit yang fantastis pun direncanakan di Indonesia.
Apartemen Regatta (Jakarta)
Dirancang oleh WS Atkins yang juga merancang Burj Al Arab di Dubai, bangunan apartemen berbentuk unik ini tentu akan menjadi ikon baru Indonesia apabila selesai.
c
Area 24 (Jakarta)
d
Jakarta Tower
Apabila selesai, menara setinggi 588 m ini akan menjadi bangunan tertinggi di belahan bumi selatan.
indo-vs-maly





















































No comments:

Post a Comment