Tuesday, June 25, 2013

USAHAKU UNTUK HIDUP SEHAT *YANG SELALU GAGAL*

 

Di postingan curhatku kali ini, kembali aku akan membagi cerita nggak penting tentang diriku *yang juga nggak penting*. Well semua diawali dengan banyaknya orang yang bilang kalo aku ini orangnya *irit muka* alias umurnya udah *twenty something* tapi tampang masih kayak ababil. Jadi inget, dulu pas aku naek taksi ama ortuku ke kampus dibilangin ama supir taksinya, “Mau nganter anaknya daftar mahasiswa baru ya pak?”. Jawab bokap, “INI MAU NGANTAR ANAK SAYA WISUDA!!!!” Buset deh bapaknya padahal aku di belakang udah pake toga ama topi wisuda masih dikirain baru lulus SMA *ampe mau nangis di belakang*.

Tapi apalah arti punya wajah imut2 jabang bayi kalo nggak diikuti ama perut six pack, ya nggak? Kekuranganku tuh badanku yang kerempeng yang sering bikin gue nggak tega motret diri gue sendiri. Bahkan kalo ada angin kencang, aku selalu minta temen2 megangin aku biar aku nggak ikut terbang *lebay*. Pokoknya itulah sekilas alasan gue pengen memperbaiki taraf kesejahteraan gue. Salah satu caranya adalah mencoba *gaya hidup sehat* yang sering ada di tivi-tivi. Berikut ini cara2 hidup ala gue *yang gagal terus* (makanya gue penyakitan).

1. Yoghurt

Orang bilang yoghurt itu sehat sebab mengandung asam, bakteri baik, bla bla bla. Tapi pas gue rasain ….

*SIALAN, ASEM*

*MAHAL LAGI*

---------FAIL----------

2. Oatmeal (gandum)

Orang bilang sih gandum itu sehat, nggak kayak nasi yang katanya bisa memicu diabetes. Aku sempet beli oatmeal kering di supermarket orang kaya. Begitu gue rasain ...

*HUEK, RASANYA KAYAK KERTAS*

Terus gue coba kasih susu, biar kayak di film2 tuh sarapan ama sereal campur susu, tapi ...

*HUEEEEEEK, RASANYA KAYAK SUSU CAMPUR KERTAS*

Not helping at all...bahkan kubayang2in mungkin kalo ada orang bikin bubur serbuk gergaji, beginlah rasanya. Pokoknya tasteless banget lah. Gue beli sekantong aja ampe sekarang nggak abis2. Bagian terburuknya, nggak bikin kenyang lagi.

---------FAIL--------

3. Teh hijau

Biasanya sih gue minum teh kantong yang biasa aja *3 ribuan* lumayan lah buat dompet anak kost semacam akuwh. Tapi pas lirik2 rak2 supermarket orang kaya yang kuceritain di atas, ada juga teh hijau yang katanya lebih *sehat* dibarengi dengan harganya yang lebih *mahal*. Kupikir2 apa lah arti duit bila dibandingkan dengan kesehatan? Duit segini mah enteng buat gue. Mana, pengunjung satu supermarket juga bisa gue beliin *belagu , kualat entar*. Tapi lagi2 satu kotak teh hijau tak pernah aku habiskan walaupun aku belinya udah 4 bulan yang lalu soalnya,

*PAIIIIIIIIT*

Begitu aku coba banyakin gulanya, ternyata...

*MASIH PAIIIIIIIIIIIIIIIT!!!*

Ternyata emang udah kodratnya sesuatu yang bergizi itu rasanya pait. Akhirnya aku berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman sehat *laknat terkutuk* di atas karena alasan lain, yaitu ternyata mereka malah bikin *kurus* which is contrary dengan tujuan aku di atas, yaitu bikin gemuk.

---------------FAIL------------

4. Bir

Entah apa yang merasukiku hingga aku kepengen nyobain bir. Buat catatan, bir nggak haram buatku. Aku juga sekilas membaca kalau bir adalah minuman dengan kadar alkohol terendah, jadi nggak bakalan mabok lah minum sekaleng. Soalnya takutnya kalo mabok tiba2 bangun2 udah di hotel, “Hah, dimana aku? Dimana aku?” *korban sinetron*.

Lagian *katanya* minum bir banyak manfaatnya bagi kesehatan (tapi tetep dalam dosis yang secukupnya). Ada lagi warning kalo bir bisa bikin obesitas karena ada kadar kalorinya, yang langsung mata gue berbinar, “PERFECT!!!”. Cuma ada satu lagi sih warning yang bikin cemas, yaitu bir sama sekali nggak boleh diminum sama ibu2 hamil. Well, tapi karena aku nggak ada rencana hamil dalam waktu dekat, fine2 aja lah buat aku.

Akhirnya aku iseng2 nyoba beli sekaleng bir bintang dan begitu minum seteguk,

***********ANJRIT…PAIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIITTTTTTT!!!!!***********

Sumpah, gue berasa minum campuran thinner, cuka, ama adukan semen, pokoknya rasanya nggak karuan pait-nya. Aku jadi heran, goblok banget sih orang sedunia pada doyan mabok2an padahal bir itu nggak enaknya minta ampun. Sumpah deh itu terakhir kalinya aku minum yang namanya bir. Bukan karena gue alim, tapi sumpah deh guys, paitnya bikin kapok lahir batin.

----------------FAIL-------------

5. Masker bengkuang

-----------------------------

-----------------------------

-----------------------------

-----------------------------

Oke, pass ...

6. Susu

Yup, bisa kubilang inilah satu2nya resep sehat yang masih bertahan hingga kini, yakni inum susu minimal sehari sekali. Buat kalian yang nggak begitu doyan susu, bisa lah diselang-seling rasanya, misal rasa vanila terus besok coklat, besoknya lagi rasa pare dll. Jangan takut dianggap anak kecil, udah gede masih minum cucu soalnya cucu itu cehat oce? Ayayayayayay (sambil tepuk tangan) ...

*komentar pembaca: susu --------------FAIL-----------------*

7. Barbel

Mungkin pembaca bertanya2, mengapa admin memasukkan barbel ke list ini. Bukan berarti admin suka ngemil barbel lho. Buseeeet, mau masuk Salty Spitoon pa? Maksud gue tuh olahraga biar badan sehat. Well sejak kecil aku memang tak begitu suka olahraga. Mungkin karena pas kecil fisikku lemah dan sering sakit2an *uhuk, uhuk sambil flashback ala drama Korea pas aku kecil* . Satu-satunya olahraga yang gue jago cuma jalan kaki doang. Bahkan temen2 SD-ku yang *tega* suka bilang, kalo tanding olahraga ama aku “Kalah malu2in, menang lebih malu2in lagi soalnya lawannya aku”. Ya ampun tega banget sih mereka *sambil remes2 kaleng bir kosong*.

Nah pas di Solo aku pernah punya temen yang kerja di toko alat2 olahraga gitu. Aku liat barbel di tempat dia dan kepengen nyoba olahraga angkat beban *angkat barbel 1 kilo masih dianggap angkat beban nggak sih*. Harganya terjangkau lagi. Namun saat itu pas aku mau pindahan ke Jakarta, jadi mikir2, “Gimana ya cara bawanya ke Jakarta. Berat dong?”. Akhirnya aku memutuskan, “Ah gampang entar aku beli di Jakarta begitu nyampe di sana.”

----------------

----------------

----------------

Itu 6 bulan yang lalu.

Akhirnya ampe sekarang gue nggak kesampaian punya barbel buat olahraga. Di internet sih aku baca olahraga yang cocok untuk memperbesar badan itu tipe anaerobik artinya lawannya aerobik, artinya olahraga yang dilakukan pada waktu singkat dan bikin ngos2an, kayak sit up, push up, scott jump, angkat barbie....eh...barbel juga termasuk. Tapi sama kayak nasib makanan2 di atas ......

-------------TERBENGKALAI ALIAS CUMA NIAT DOANG-----------

*Gagal maning mode on*

Hmm … itulah sekilas curhatan aku tentang hidup sehat. Ending2nya sih aku berkesimpulan butuh disiplin buat hidup sehat. Hidup sehat nggak gampang guys, butuh tekat kuat, komitmen, serta pendirian yang teguh *cailah, Mario kaleeee teguh*. Akhirnya sih sehari2 aku balik ke kebiasaan buruk, mie instan mie instan terus *tanggal tua mode on*. Kalo pas tanggal muda, hok-ben terus hok-ben terus... hahaha tapi tetep lah usaha, soalnya ngeri juga kalo sakit di sini, sekali periksa dokter bisa habis ratusan ribu, belum biaya obatnya. Kalo mondok lebih ngeri lagi, belum punya premi asuransi pula. Jadi kesimpulannya, hidup sehat itu tetap penting dan harus DITEKADI!!!

6 comments:

  1. KOK BISA ELU BANGUN DI HOTEL SIIIH!? NAGA INDOSIAR ANTER AMPE SITU?

    ReplyDelete
  2. gagal semua ya tuan :D yogurt asem ya :D di iklan orang kok bisa main gampang telan aja,sambil senyum pepsodent lagi ,dah berguru ma chef juna itu

    ReplyDelete
  3. kok ga nulis yg serem2 lg? Q tggu lohh tulisanya..

    ReplyDelete
  4. ayo tulis yg serem2 lg dong..bgus loh..

    ReplyDelete
  5. kikkikiiiiii.
    teh hijau bikin kurus??? #clingg..
    ngacir ke rak toko orang kaya

    ReplyDelete
  6. Aku pensaran apa yg terjadi dg masker bengkoang?
    Barbell 6 kg utk cowok itu normal, bang.
    -vicaksani

    ReplyDelete