Wednesday, October 26, 2016

REVIEW BUKU DARK STORIES RIDDLE (DARI PEMBACA MBP)

 

image

Hallo guys. Udah beli buku Dark Stories Riddle belum? Buat yang belum tau, MBP udah nerbitin buku berisi 100% riddle lho diterbitin oleh Mediakita. Buat yang masih belum yakin ama kualitas bukunya, nih gue kasih review dari salah satu readers MBP yang beruntung mendapat buku gratis dari gue. Namanya adalah Ruth dari Jakarta. Simak reviewnya yaaaa.

***

Disini saya akan menulis sebuah review mengenai buku riddle yang pertama saya miliki yaitu Dark Stories Riddle. maafkan apabila ada salah kata dalam penuturan saya.

Hal pertama yang akan saya tulis mengenai cara bagaimana saya mendapatkan buku Riddle ini. jadi, saya memang penggemar setiap tulisan riddle yang ditulis bang Dave melalui akun OA mengaku backpacker maupun website MBP. Suatu kebetulan saat saya membaca postingan bang Dave yang ingin mencari cover untuk buku Riddle nya. Ia menawarkan 3 pilihan cover yang cukup rumit untuk saya karena setiap cover nya memiliki ke unikkan dan sentuhan berbeda-beda tetapi saya lebih memilih cover dengan latar bola-bola lampu dan warna background hitam nya yang mendominasi sebab menurut saya pemahaman seseorang mengenai sebuah riddle berbeda-beda sama seperti bola-bola lampu itu sendiri sedangkan warna hitamnya melambangkan kemisteriusan riddle tersebut. sebuah keberuntungan karena saya terpilih sebagai pemenang, sungguh hal itu sangat membahagiakan untuk saya. saya bisa mendapat buku Dark Stories Riddle itu secara cuma-cuma lengkap dengan tanda tangan bang Dave sendiri. terima kasih bang!
 

Untuk pemilihan cover menurut saya sudah sangat pas, hal ini bukan karena cover ini juga merupakan pilihan saya tetapi karena menurut saya memasangkan cover ini dengan cerita riddle riddle di dalamnya sangat cocok dan tidak melenceng. mungkin sedikit saran, saya kurang setuju soal gaya tulisan Dark Stories Riddle di cover buku nya. saya lebih suka gaya tulisan yang bang Dave post di OA line MBP. Sedikit kurang kena dengan latar bola-bola lampu dan kegelapan dibelakangnya. tetapi tidak mengurangi nilai buku itu.

Berikutnya saya akan membahas mengenai isi dan contoh riddle nya. kalau soal riddle nya sendiri saya sudah suka. riddle yang dipilih memiliki misteri dan jawaban yang benar benar harus memutar otak tetapi ada beberapa riddle yang menurut saya sudah banyak dikenal banyak orang termasuk saya sendiri. Akan lebih menarik lagi kalau memilih riddle riddle yang belum diketahui banyak orang. atau lebih spesifiknya riddle yang belum populer dikalangan orang-orang, riddle riddle yang tertulis dalam buku ini memiliki daya tarik yang membuat kita ingin terus membalikkan halaman selanjutnya. rasa bosan pun tak pernah hinggap saat membaca buku ini. kadang ada beberapa riddle yang berhasil membuat bulu kuduk saya berdiri, entah karena saya sudah mengetahui jawaban riddle itu ataupun karena mistis atau sulitnya riddle itu dipecahkan.

Karena diatas saya sudah membahas mengenai isi riddle itu sendiri, disini saya akan menceritakan sedikit kisah saya saat memecahkan riddle riddle itu. memecahkan semua riddle riddle di buku ini memang tidak dapat dikatakan mudah. karena kadang saat saya yakin dengan jawaban riddle yang saya pikirkan, hasilnya justru berbeda saat saya men scan jawaban riddle itu. sungguh, ini pertama kali nya saya lihat ada buku riddle yang menggunakan barcode untuk mendapatkan jawaban riddle itu.dan itu benar-benar hal terkeren yang saya jumpai begitu pula sebagian teman teman saya yang menganggap buku ini unik dan mencoba berbeda dari buku buku riddle lainnya dan hasilnya memang jelas tidak mengecewakan. ada kejadian saat saya berusaha memecahkan buku ini, misalnya saat jam istirahat, saya, N (teman saya) dan I (teman saya juga) bersama-sama membaca buku ini dan memecahkan riddle nya. sebuah riddle seingat saya yaitu kisah mengenai seseorang dan anjingnya yang mendapatkan cokelat valentine dari tetangga nya. kasus itu berhasil menghasilkan jawaban jawaban tidak masuk akal dan konyol yang keluar dari mulut teman teman saya dan juga saya sendiri. akhirnya kami pun berpikir kalau anjing akan mati bila mengkonsumsi makanan manis sejenis cokelat, seketika itu juga kita menyadari kalau tetangga tersebut berniat menghabisi nyawa si anjing dan memiliki niat tersembunyi kepada pemilik anjing itu. sontak saya dan teman teman saya bergidik memikirkan hal itu.

Kelebihan buku ini adalah rapi nya gaya tulisan dan letak penyusunannya yang terkesan bagus dan tidak menyakitkan mata. setiap riddle nya tidak membosankan justru semakin menambah hasrat pembaca untuk menginginkan riddle lebih banyak lagi. mencari jawabannya pun tidak monoton atau terkesan mainstream jadi selain pembaca tertarik dengan misteri riddle nya, pembaca pun tertarik untuk mendapatkan jawaban riddle itu dengan cara yang tidak biasa.

Kekurangan buku ini sendiri menurut saya adalah tidak ada nya daftar isi yang sedikit menyulitkan pembaca untuk mencari riddle yang mereka inginkan. contohnya adalah salah seorang teman saya A yang penasaran apakah riddle yang selama ini ia cari ada dimuat di buku ini atau tidak dan ujungnya sangat susah bagi kami untuk mencari nya, kami bahkan sudah membalikkan halaman buku dark riddle stories berulang ulang wkwkw. mungkin juga kurangnya keterangan tingkat kerumitan riddle itu sendiri karena mungkin ada beberapa orang yang lebih menyukai riddle dengan tantangan lebih rumit atau mungkin ada beberapa orang yang lebih condong menyukai riddle yg mudah.
 

Saran saran yang dapat saya tuturkan dalam review saya, saya mengusulkan kalau beberapa riddle yang dimuat dapat diberitahu sumber nya karena takut menghasilkan komentar komentar negatif dri sebagian orang yang mengira ada kasus penjiplakan disini. Bang Dave juga saya harapkan dapat memuat riddle yang bang Dave buat sendiri karena saya dan mungkin sebagian pembaca sangat menanti bang Dave memuat riddle buatan bang Dave :) atau mungkin bang Dave sudah memuat karya bang Dave ? Saya penasaran bangeeet yang mana karya bang Dave kalau begitu. Hehehe. Itu lah kenapa saya menyarankan dicantumkannya sumber riddle itu hehe.

Oke, sekian review saya...

Regards

***

Makasih ya Ruth atas reviewnya. Buat yang udah baca bukunya dan pengen ngasih review juga, silakan aja comment. Buat yang belom beli, buruan deh keburu kehabisan hehehe.

3 comments:

  1. KYAAAAAAAAA *Scream >_< Ane mau beli buku riddle-nya bang Dave, tapi lagi banyak pengeluaran... Lagian juga, event yg hadiahnya buku riddle-nya Bang Dave blm kelar, siapa tau ane bisa dapat... :)

    ReplyDelete
  2. Wahhh mau juga nihh buku nya juga di kasih tanda tangan Bang Dave beserta poto senyum nya yang ucul banget :v

    ReplyDelete
  3. Udah beli gan... baru aja kemaren XD
    Keep going!

    ReplyDelete