Sunday, April 21, 2013

MY EASTER EXPERIENCE: INDAHNYA TOLERANSI BERAGAMA DI DEPOK

 
Photo-0112

Tahun ini (2013), aku melewatkan perayaan Paskah di tempat kakakku di Depok. Nah, nggak diduga di sini aku mendapatkan kejutan berupa kado Paskah terindah yang pernah kudapetin seumur2. Kado itu bukan berupa barang atau uang, tapi berupa suasana kerukunan beragama yang “WOW” banget kalo gue boleh bilang. Pertama dateng ke gereja kakakku di gereja Katolik St. Markus, aku langsung heran, soalnya gereja ini berdekatan sekali dengan sebuah gereja Kristen Protestan. Kakakku aja markir motor di halaman gereja Kristen itu. Gue mikir, “Ih, rukun banget nih dua gereja.”. Selesai misa, barulah aku menyadari kalo tak hanya ada gereja Kristen, tapi juga ada sebuah pura berdiri tepat di hadapan gereja Katolik itu. Waktu aku nanya sama kakakku, malah ia menjawab,

“Di sebelah situ malah ada masjid.”.

Gue langsung, “WOT???”.

Buset, keren banget nih toleransi umat beragama di Depok, ampe ada empat tempat ibadah letaknya berdekatan begini. Ini dia cerita selengkapnya.

Sebelum aku menceritakan pengalamanku di Depok, sedikit flashback nih ke perayaan Kamis Putih yang sempat kulewatin di gereja Katedral. Perayaan saat itu berjalan cukup aman karena tentu saja dengan pengamanan ketat. Waktu masuk, barang2 bawaan para jemaat diperiksa untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Ini sedikit suasana pas misa Kamis Putih di katedral.

Photo-0029   Photo-0031

Duh ngiri banget ama kokoh-cici yang pake baju putih hehehe. Waktu pagi pun saat aku mengikuti ibadat Jalan Salib di katedral, penjagaan sama bapak2 polisi masih cukup ketat. Diam2 aku berterima kasih banget ama bapak2 polisi yang sudah membantu pengamanan perayaan Natal sehingga aku dan jemaat lainnya bisa beribadah dengan tenang. Makasih ya pak polisi.

Photo-0079

Cuma yang bikin aku agak sedih, di depan Katedral dipasangi garis polisi kuning2. Agak gimana gitu rasanya. Emang sih aku tahu niatnya baik, tapi gereja yang harusnya jadi tempat kediaman Tuhan jadi berasa kayak TKP bekas kejahatan gini. Moga2 di tahun2 depan udah nggak perlu lagi pengamanan2 yang kayak gini dan semua pemeluk agama bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang dan damai.

Nah, udah tau kan kalo di depan gereja katedral terdapat masjid Istiqlal? kedua tempat ibadah yang letaknya berhadapan ini menggambarkan kerukunan beragama di Indonesia.

 Photo-0046   Photo-0048

Namun ada lagi lho, lokasi yang lebih dahsyat, yaitu di Depok. Sebenarnya sih aku nggak ada niat maen ke Depok, tapi daripada ngelewatin Paskah sendirian, mending aku mudik ke tempat kakakku. Sehabis mengikuti ibadat Jalan Salib pagi di gereja Katedral pada hari raya Jumat Agung, aku segera berangkat ke Depok dengan KRL. Awalnya sih aku agak males gitu, soalnya gereja2 di Depok pastinya nggak semegah gereja2 yang ada di Jakarta. Namun ternyata seperti kuceritain di awal, gereja St. Markus ini amat unik. Romonya cuma satu, tapi gaul banget, itu pertama. Kedua, interiornya juga nggak mengecewakan. Ini sedikit foto2nya.

Photo-0088

Photo-0095

Dan ini lambang gereja ini, singa bersayap.

Photo-0100

Gereja ini juga punya salah satu Gua Maria terindah yang pernah kulihat.

Photo-0097

Kerennya lagi, di luar berjejer bangunan2 tempat ibadah agama lain. Ini gereja Kristen Protestan yang kuceritain tadi. Gerejanya bagus banget.

Photo-0102    Photo-0113

Tapi untung aja ya jadwal ibadah umat Katolik dan Protestan di dua gereja ini berlainan. Umat Kristen merayakan Paskah pas pagi hari, sedangkan umat Katolik pas malam harinya. Hufh...untung aja. Nggak kebayang deh kalo massa dari kedua agama yang berbeda itu berada di satu lokasi pada waktu yang sama....

Komentar pembaca” “Emang kenapa...emang kenapa? Bentrok ya???”

“Nggak, susah aja parkirnya.”

Lalu ini Pura Tribhuana Agung. Saking rukunnya, bahkan umat2 gereja yang merayakan Paskah menitipkan kendaraan mereka di tempat parkir di dalam halaman pura dan gereja yang satunya.

Photo-0106

Sebenarnya sih aku ingin mencari masjid yang katanya ada ada di dekat gereja ini juga (sayup2 aku juga denger suara adzan yang kayaknya sih deket). Tapi karena hari itu pas panas banget, aku jadi mengurungkan niatku. Lagian yang namanya Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim, pasti lah banyak masjid di sekitar sini. Pas berangkat ke gereja aja aku melewati sekitar 3-4 masjid, padahal rumah kakakku ama gereja deket banget.

Aku jadi mikir, kenapa ya banyak diekspos di media justru banyakan perselisihan antarumat beragama. Padahal bentuk2 toleransi antarumat beragama di Indonesia aku rasa justru jauh lebih banyak. Kayak semisal nih, di Solo aja banyak kok umat Islam yang menjaga kedamaian perayaan Natal dan Paskah di gereja2.

Nah, kesimpulannya kalo ditanya apa pengalaman yang bisa dipetik dari Paskah, tahun ini, pastinya membuatku menyadari kalo nggak ada yang lebih indah dari saling menerima perbedaan dan hidup damai satu sama lain.



























1 comment:

  1. semoga bisa di ikuti oleh kota2 lain... yg terpenting toleransi umat beragama... bhineka tunggal ika... walau berbeda tpi tetap 1 ... haha
    ini indonesia ini negara demokrasi pancasila... bukan roma (itali) atau mekah (arab). indahnya hidup jika saling berdampingan

    ReplyDelete