Wednesday, March 20, 2013

RUKO BERHANTU: KENAPA TIAP KALI AKU DAPET KANTOR SELALU YANG BERHANTU???

 

RUKO BERHANTU 

Halo para readers. Jarang2 kan aku berbagi “cerho” (perlu ditekankan bahwa cerho adalah singkatan cerita horor, bukan cerita maho). Kali ini aku akan membeberkan cerita2 mistis (yang sebenarnya dialami ama temen2ku sih) tentang kantorku. Dua kali aku punya pengalaman kerja sejak lulus kuliah dan dua kali itu juga aku selalu dapet kantor yang (gosipnya) berhantu. Bikin males juga sih, apa jangan2 semua kantor emang punya cerita hantu sendiri2 ya. Biar lebih meresap, cerita ini baiknya dibaca pas malam hari, terus lampunya dimatiin, sambil denger lagunya Astrid. Ayo silakan disimak. ....

Pengalaman pertamaku bergelut dengan dunia mistis (halah) mungkin diawali sejak SMA. Aku bersekolah di sebuah SMA favorit yang juga SMA tertua di Solo, jadi bangunannya adalah bangunan Belanda gitu (punya dua menara juga lho). Nggak heran beredar urban legend yang mengatakan kalo sekolahku itu angker (tapi di sekolahku juga beredar urban legend kalo salah satu guruku bisa membaca pikiran kita kalo kaki kita nyentuh tanah, jadi aku emang nggak pernah menganggap serius urban2 legend nggak jelas di sekolahku).

Nah, saat salah satu teman sekelasku memotret lorong sekolah yang ada di lantai 2. Eh, di foto itu ternyata terlihat sebuah penampakan berupa cahaya putih di pojok kiri bawah foto. Dilihat2, terlihat permukaan seperti sisik pada penampakan putih. Hiiiy...banyak yang bilang itu adalah penampakan siluman ular naga atau bahkan jin. Uniknya, penampakan itu terjadi di deket kelas II.5 yang notabene adalah kelas unggulan di sekolahku (ada temenku yang ikut olimpiade Matematika sampai ke Athena di kelas itu). Langsung deh beredar gosip, “Pantesan anak kelas II.5 nilainya bagus2, dibantu jin...”.

Pengalaman keduaku juga pas SMA. Saat itu aku punya temen yang katanya sih memiliki kemampuan melihat makhluk halus. Aku sih sebenarnya nggak terlalu percaya ama hal2 berbau gaib gitu. Namun aku sangat mengenal temanku itu sebagai orang yang bertanggung jawab dan omongannya bisa dipegang, jadi antara percaya atau nggak sih. Parahnya pas kita lagi semacam ospek gitu di SMA, malamnya dia malah cerita2 yang aneh2 tentang penampakan2 yang dia lihat. Jadinya kita yang panitia malah lebih ketakutan dibandingkan para pesertanya. Pernah tuh pesertanya liat ada yang putih2 gitu, mereka berpikir “Ah, pasti itu kerjaan panitia”. Pas diceritain ama para pesertanya, “Mas, pocongnya tadi meyakinkan lho…”, panitianya juga sok kool2 aja (jaim gitu). Tapi pas di belakang (lagi sama sesama panitia), “AMIT2 JABANG BAYI, ITU TUH TADI BUKAN GUE!!!” Langsung deh pada baca ayat2 suci sesuai agamanya masing2.

Saat kuliah sih libur dulu deh penampakan2nya, soalnya temen2ku kuliaih alim2. Pada takut kali setannya. Nah, baru pas aku mulai kerja kantoran, cerita2 itupun kembali dimulai ....

Kantorku yang pertama adalah sebuah percetakan. Lumayan rame sih, kantornya besar dan ada tiga lantai, satu lantai bisa 50-60an pegawai. Sebulan aku di situ, aku lalu dipindah ke kantor baru yang letaknya nggak jauh dari kantor lama. Di situ orangnya cuma dikit, cuma belasan pegawai (nggak ada 20 orang). Nah, mulai beredar gosip deh kalo tempat baruku itu berhantu. Soalnya kantor lama itu sebenarnya bekas rumah bos dan sudah berdiri lebih lama daripada kantorku yang pertama (yang besar) tadi. Cuman daripada kosong gitu, mending dibikin kantor aja. Lumayan banyak deh teman2ku yang mengalami pengalaman berbau gaib di kantorku itu, terutama mereka yang kerap kerja lembur hingga malam.

1. Temanku ada yang kerja lembur sendirian di kantor. Tiba2 aja ada kucing melompat ke depan komputernya. Temenku itu kaget, tapi pas dicari, kucingnya dah nggak ada. Padahal ruangan tempat temanku bekerja itu tertutup rapat, soalnya ruangan ber-AC. Pintunya juga tertutup. Jadi, darimana dan kemana kucing misterius itu menghilang???

2. Temanku yang lagi lembur dan pergi ke kamar mandi melihat kain putih seperti handuk lagi melayang2...hiiiy.

3. Teman kerja lain yang lagi lembur sendirian juga melihat sesosok bayangan berlari ke lantai dua kantorku. Padahal dia pas lagi sendirian dan lantai dua sejak dulu sama sekali nggak pernah dipakai (dibiarin kosong).

Pengalaman lain yang bikin agak gimana gitu terjadi justru pas siang bolong. Saat itu di kamar mandi yang terkenal angker (tempat temenku melihat penampakan handuk terbang tadi) tiba2 ada suara gayung jatuh. Temen2ku tertawa karena dikiranya ada anak kantor yang ceroboh dan jatuhin gayung pas di kamar mandi. Namun ditunggu beberapa lama, nggak ada yang keluar dari kamar mandi itu. Begitu dibuka, ternyata nggak ada siapa2 di sana.

Terus yang jatuhin gayung siapa dong?

Anehnya, walaupun cerita2 seram di kantorku ini bikin merinding semua orang, aku sih nggak pernah sekalipun melihat yang aneh2 selama bekerja di situ. Bahkan pernah aku terpaksa lembur di hari Minggu gara2 udah mepet deadline dan kerjaan belom kelar. Kupikir pasti banyak yang lembur juga. Eh ternyata nggak ada orang, cuma aku sendirian. Ternyata mereka pada janjian, kalo nggak masuk ya nggak masuk semua (gara2 pada takut kalo lembur sendirian). Eh sialnya aku nggak dapet SMS. Nasib deh lembur sendirian dari siang ampe sore. Pas sore mau pulang pun aku malah kejebak hujan, jadinya di kantor nunggu hujan ampe agak malam. Namun aku sama sekali nggak dapet penampakan apapun tuh. Yang ada cuma penampakan cowok ganteng pas aku ngaca.

Readers langsung, “Hueeeeek….”

Mungkin karena banyak cerita seram itu, kami dipindah ke kantor yang lain lagi (kali ini nggak horor kantornya) dan kantor yang lama mau dirubuhin, mau buat perluasan gedung kantor yang baru. Kata bosku, “Lusa kita pindahan ya ke kantor yang baru.”

Teman2ku langsung bersorak dan menghela napas lega, akhirnya cabut juga dari rumah hantu terkutuk ini. Ada yang “Alhamdullilah, Puji Tuhan.” (sesuai agamanya masing2). Eh, taunya pas lagi kerja kami sudah denger para tukang2 membongkar sekitar kantor dengan buldozer. Kami langsung,

“Buset dah, jangan2 kita pindahannya besok lusa tapi ngerubuhin kantornya hari ini???”

Emang sih kita pengen cepet kantor berhantu ini segera diratakan dengan tanah, tapi nggak gini2 juga kali ngerubuhinnya pas kita masih ada di dalemnya!!!

Nah, aku cuma bertahan di kantor lama itu selama 2 tahun, abis itu aku membuka lembaran baru dengan pindah kerja ke Tangerang. Sebulan bekerja, aku langsung ditugasin bosku ke kantor cabang baru di Jakarta. Kantor yang baru ini adalah sebuah ruko yang gress (belinya 2 M kata bosku). Saking gress-nya, pas kita datang kantornya belum kelar dicat dan kita yang disuruh ngelarin ngecatin seisi kantor (hiks). Nah, di sini mulai terasa nuansa horor saat kami diceritain pengalaman2 mistis ama tukang yang sudah bekerja merenovasi ruko ini selama beberapa bulan.

Kami yang dipindah ke kantor itu ada 4 orang, yaitu dua cowok dan dua cewek. Ama bos, kami dipasrahi menjaga ruko ini soalnya kami juga tidur di dalamnya (lantai 1 dan 2 buat kantor, lantai 3 buat mess). Kami sama bos disuruh ambil 2 kamar yang ada di belakang buat kamar tidur, tapi kata para tukang2 yang kerja di situ, sebaiknya jangan. Soalnya mereka pernah tidur di situ dan digangguin penampakan. Banyak sih cerita yang mereka beberkan, tapi yang paling serem ini ....

“Hari itu mereka mindahin pasir dan alat2 berat lainnya dari lantai atas melalui tangga. Pastinya berisik banget dong. Nah, malamnya saat mereka sedang tidur, mereka terbangun karena mereka mendengar suara2 berisik. Suaranya persis sama saat mereka nurunin pasir dll dari lantai atas tadi siang. Jadi kayaknya si penunggu ruko sukanya malam2 meniru apa yang tukang2 lakukan saat siangnya.”

Hiiiy...aku merinding beneran pas denger ceritanya.

Nah, pengalaman lain terjadi saat malam pertama kami tidur di ruko itu. Aku sih langsung tidur soalnya kecapekan ngecat, namun 3 temenku ternyata ampe malam nggak bisa tidur karena takut. Saat paginya kutanyain,

“Ada apa sih?”

“Emang kamu nggak denger tadi malem?”

Temanku langsung meragain, “Tadi malem tuh ada suara kayak gini nih, ‘ceklek, ceklek’ kayak suara orang muter2 kunci”.

“Masa sih, aku nggak denger?”

Mungkin dalam benak temenku, “YA IYALAH KERJAAN LOE MOLOR TERUS!!!”

Dua temen ceweknya juga mengiyakan mendengar suara itu dari dalam ruko, padahal malam itu tak ada siapapun di ruko itu selain kami berempat.

Pengalaman aneh lainnya yang menurutku sangat seram lagi2 dialami oleh temen cowokku.

Bisa dibilang pas pertama buka, kantor kami masih sangat sepi lah, cuma ada pegawainya kami berempat. Pada suatu siang, temenku itu sedang berada di kamar mandi lantai 3. Tiba2 dia turun tergopoh-gopoh dan manggil aku yang saat itu lagi ngobrol ama resespsionisnya di kantor lantai 1.

“Mas tadi manggil aku?”

Aku heran, “Nggak tuh.”

“Tadi pas aku di kamar mandi aku denger suara Mas manggil aku.”

Padahal aku sama sekali nggak manggil dia, saksinya di mbak resepsionis yang sejak tadi ngobrol ama aku. Dan di kantor itu nggak ada cowok lain selain aku ama temanku itu.

Seremnya lagi, suara itu memanggil temenku itu dengan namanya.

Tiap malam temen2 cewek juga mengatakan kalo mereka mendengar ada suara2 aneh. Tempat tidur kami kan cuma kasur busa yang ditaruh berdempet dengan dinding yang terbuat dari gypsum, jadi kadang kedengeran suara kaki atau tangan mereka menghantam gypsum kalo mereka lagi gerak2 pas tidur.

Anehnya, cewek2 mendengar suara kayak ada yang nabrak2 gypsum, arahnya dari kamar kosong yang nggak boleh kami tidurin itu.

Seperti biasanya, aku nggak pernah mendapat penglihatan apapun selama aku berada di sana.

Hingga suatu malam, akhirnya aku bertemu langsung dengannya .....

 

 

 

Pas tengah malam, aku sedang kepengen ke kamar mandi .... tiba-tiba aku melihat “dia” di tangga ...

 

 

 

Sesuatu ...

 

 

 

yang menghantui kantor kami saat malam....

 

 

 

Dia adalah ....

 

 

 

Seekor tikus. Unyu2 lagi tikusnya. Pas ngeliat aku, tikusnya langsung berlari menuju kamar yang selama ini menjadi pusat cerho kami (lagi2 perlu aku tekankan kalo cerho adalah singkatan cerita horor, bukan cerita maho), yaitu kamar kosong yang kata tukang nggak boleh kami tidurin. Ternyata tikus itu tinggal di lubang di lantai (tempat masuk kabel2) yang belum sempat diberesin dan ditutup.

Jadi itulah saudara2 penjelasan logis tentang suara2 misterius yang kerap kami dengar dari kamar kosong itu saat malam. Selebihnya, aku hanya menganggap cerita para tukang2 itu hanya cerita bo’ongan untuk menakut2i para cewek yang tinggal di sini.

HAHAHAHA...sudah kubilang kan yang namanya hantu tuh nggak ada. Semua cuma imajinasi kita aja. There is nothing to fear unless the fear itself.

Namun masih ada satu misteri yang tak terpecahkan dari kantorku....

 

 

 

 

Siapa yang memanggil nama temanku dari luar kamar mandi saat itu?

 

THE END?????

13 comments:

  1. vid,sampean iku dw bakat dadi penulis,lho...

    btw sekolah tuo ng solo?sekolah opo pesantren vid?kok muride koyo santri kbh....

    wkwkwkwwkwkwkwk....

    ReplyDelete
  2. Wihh serem juga kang.. Jadi pengen makan.. Xixixi
    Ngomong-ngomong... Cerita maho apaan tuh?!

    ReplyDelete
  3. Yang bener tuh kalo serem jadi kepengen pipis, bukan makan...

    ooo kl yg itu soalnya takut kalo ada yg kesasar masuk blogku buat nyari material yang nggak jelas gitu hehehe

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Ya gan, tapi tikusnya bisa manggil nama orang, aneh to???

      Delete
    2. Hahahahahaha.... Tikus2an itu mah

      Delete
  5. OK, gw juga mw curhat tentang sekolah gua.
    Boleh dimasukin jadi salah satu cerita seram/urban legend

    dahulu, beberapa tahun sebelum gw masuk sma, ada siswi perempuan dari 12 ipa 5 namanya siska. dia bukan termasuk anak yg spesial dikelasnya, hanya murid sma pada umumnya saja.

    beberapa hari sebelum ujian nasional, siska meninggal. berhubung siska sudah terlanjur didaftarkan sebagai peserta ujian nasional, maka kartu ujian, daftar hadir, kursi untuk ujian nasional, dan kelengkapan lainya tetap disediakan oleh panitia untuk siska.
    satu2nya yg tidak disediakan adalah lembar jawaban ujian nasional karena sudah jadi protokol bahwa lembar jawaban harus sama dgn jumlah peserta dikelas. Jika kalian tidak tahu, lembar jawaban yg berlebih akan langsung dimusnahkan ditempat.

    Lalu ada hal aneh yg terjadi. Saat pengumpulan lembar jawaban oleh pengawas dikelas 12 ipa 5, setelah dihitung ternyata jumlah lembar jawaban lebih banyak 1 daripada jumlah anak dikelas. Tentu saja pengawas mencurigai adanya kecurangan, mereka lalu mengeledah siswa-siswi 12 ipa 5 dan juga memeriksa rekaman cctv kelas. tapi mereka tidak menemukan sedikitpun kecurangan dari siswa-siswi 12 ipa 5.

    Akhirnya kepala sekolah dan guru sma-ku turun tangan dan menyelidiki tentang lembar jawaban yg lebih tersebut. setelah mencocokan lembar jawaban dengan siswa yg ada, mereka menemukan 1 lembar jawaban yg namanya tidak cocok dengan siapapun yg ada dikeas tersebut. Dilembar jaaban tersebut tertulis nama SISCA.



    np : sejak kejadian itu, 12 ipa 5 dikenal sebagai kelas yg angker dan seri terjadi penampakan. disamping itu, lembar jawaban tersebut masih disimpan diruang guru dan nama sisca masih tertera diatasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiiiy serem, tp itu pengalaman pas tahun angkatan km apa bkn? kl bkn besar kmungkinan tuh cm urban legend. tiap sekolah jd punya urban legendnya sndri2 lho

      Delete
  6. Mau ikut share ah....

    Ttg sekolah gue tercinta
    Sekolah gw masuk yg buku di gramed sekolah terseram di indonesia
    Fyi, sekolah gw adalah sekolah tertua di Indonesia kyknya. Umurnya udah 156 tahun. Ada yang bilang kalo film bangku kosong itu di ambil dari sekolah gw.
    Ceritanya di mulai dari si anak a yang lupa bawa pr. Gurunya nyuruh anak a itu buat ambil prnya di rmh. Tp pas dia nyebrang dr sekolah bwt jalan pulang, ada bus yang nyerbu dia and dia mati di tempat.

    Katanya juga ada di toilet. Fyi, sekolah gw ini sekolah homogen di jakarta. Jadi bilik toiletnya banyak karena bwt sma smp and kan sejenis pula. Ada 20 toilet yang di bagi 10-10. Kall bingung, gambarannya itu kalo lo bikin tabel di mcword itu, 4 kolom n 5 baris. Di setiap 4 toilet paling ujung itu ada showernya aand toiletnya jongkok, sisanya toilet duduk.

    Jarang bgt ada anak yang mau pipis ati bab di keempat toilet itu. Selain karena pada males jongkok, ada gosip bilang kalo ada yang bobo di salh satu bilik toilet itu. Waktu gw mos, di ksh tau sm kakak kelas

    Trus wkt itu gw tugas paduan suara di gereja sebelah sekolah yang membuat gw harus dateng ke sekolah bwt ngumpul jam 6 pagi. Temen gw ada yg udah nyampe jam setengah 6 iseng-iseng photo lorong dalem sekolah (smp). Lorong dalem selalu di kunci kalo hari libur. Kan gelap noh, pas dia liat hasil photo, ada bayangan putih di ujung photo.

    Trus kalo lo ke sekolah gw sore-sore, berkabut. Padahal kita di jakarta.... ini dialami sm tmn gue sendiri and nyokap gue

    Hmmm... kalo mw dibenerkan sih masih banyak.... tp takut sendiri soalnya bsk mau sekolah...
    Hehehehe

    ReplyDelete
  7. Saya ada! Pernah, waktu kelas 4 ada gempa gitu di sekolah. Aku kan lagi lari, aku sekolah siang pulang sore. waktu itu aku dijemput telat, dan sialnya gempa itu waktu malem. Sibuk sibuk lari, aku liat bayangan putih gitu berkelebat dideketku. Aku kucek kucek mataku, ilang akhirnya tu bayangan.

    Katanya, sekolahku ini bekas kuburan. Setelah itu dijadikan rumah sakit jiwa, baru akhirnya jadi sekolah. Katanya juga di perpus ada arsip lama sekolah, katanya pernah ada cewek yang meninggal di RS ini, namanya Amyla. Amyla ini gila karna diselingkuhin sama suaminya. Akhirnya setelah dia mati, kakak kelas katanya pernah diganggu si Amyla ini atau ngeliat. Waktu tewas si Amyla (tahun 1980) setelah 10 tahun pasti bakal ada yang meninggal. 4 tahun lalu (sekarang aku kelas lima semester 2), waktu kelas 1 katanya juga ada yang meninggal. Kakak kelas namanya Reyna.

    Serem? Serem seremin ajaaa

    ReplyDelete
  8. Cerita pas SMA ya...Aku ingat wkt itu gue kls 2.
    Gue pas depat giliran ngebersihin kelas, jadi aku dtg ke skul jam 06.30 pagi. Aku melihat temen gue yg jg dapet giliran bersihin kelas sama2 gue lg ngintipin aku dari ruang kelas.
    "Syukur ada C..." Pikirku
    Pas gue tiba di kelas, C gak ada.
    "Sialan!! Dia kabur!! Awas dia nanti" umpatku sambil ngebersihin kelas
    Pas jam 07.15, C dateng bareng temen2x
    "WOI C!! LOE EMANK GAK TANGGUNG JAWAB YA!!" gue langsung maki-maki dia
    "Sori2 gue lupa dapet tugas, ntar gue yg beresin wkt pulang" Katax
    "HALAH!! LO BUKANX NGEBANTU TADI...MALAH KABUR" Kata gue berapi-api
    "Kabur..?" Dia bingung
    "IYA!! GUE LIAT LO BERDIRI DI PINTU KELAS!!"
    "Um...Gue baru dateng sekarang" Katanya pelan
    "Bener, dia khan tetanggan ama aku" Kata temenx
    ................................................................................................
    Berarti Siapa yang kulihat tadi...........?

    ReplyDelete