Sunday, March 17, 2013

KEINDAHAN TAMAN-TAMAN JAKARTA: TAMAN MENTENG

 

Photo-0608

Akhir-akhir ini aku lagi hobi bikin postingan berseri alias bersambung biar bikin para pembaca penasaran hehehe. Libur Nyepi kemaren, aku sempet kelabakan nyari tempat buat jalan2. Soalnya aku nggak tahu kalo bulan ini ada tanggal merah (hehehe maklum pekerja keras, ampe lupa waktu dan tanggal). Alhasil paginya aku langsung browsing di internet tempat buat jalan2 di Jakarta yang gampang dicapai tapi asik buat refreshing. Temen sekantor sih nyarain ke Ancol aja, tapi ah males. Liburan pasti rame, apalagi pantainya jelek gitu. Akhirnya aku mencoba untuk jalan2 ke taman2 yang ada di Jakarta. Eh, ternyata dalam sehari aku bisa mengunjungi 3 taman yang letaknya berdekatan, yaitu Taman Menteng, Taman Suropati, dan Taman Situlembang. Asik-asik lagi tempatnya. Penasaran? Ikuti aja cerita jalan2ku kali ini menikmati taman2 yang ada di Jakarta.

Taman2 di Jakarta emang bak oasis di padang gurun. Di tengah kemacetan dan panasnya polusi Jakarta, masih ada saja sepetak lahan hijau yang bisa digunakan warga Jakarta melepas penat. Taman Menteng cukup terkenal, bahkan buat orang Solo sepertiku. Apalagi dulu sempet ada heboh2 patung Obama di situ yang akhirnya dipindah (padahal di situ juga nggak apa2, heran deh banyak banget orang sirik). Nah, dari lokasi tempat tinggalku di Kedoya, Jakarta Barat aku naek busway ke arah Harmoni. Kemudian berganti lagi dengan busway jurusan Blok M. Nah, sebenarnya lebih dekat turun di Bundaran HI kalo mau ke Taman Menteng, namun berhubung aku mau mampir untuk melihat lokasi Gereja Santa Theresia (hari Minggunya aku rencana mau misa di sana), akhirnya aku turun halte Sarinah. Nah, ini dia sekilas Gereja Santa Theresia .

Photo-0564 

Sebelum berangkat aku sempat membuat peta jalan ke Taman Menteng, Taman Suropati, dan Situlembang biar nggak kesasar. Ini dia map-nya.

Photo-0009

Dari Bundaran Hi aku mencari jalan Moh. Yamin. Pertama aku heran kenapa jalan ini sepi banget. Belum lagi pas mau masuk, aku sempat ditanyai oleh seorang satpam. Eh, aku baru tau kalo di samping jalan Moh. Yamin ini ternyata ada British Embassy alias Kedubes Inggris. Pantes keamanannya ketat banget, seketat celananya Agmon di ajang Grammy Week yang bikin malu seluruh bangsa Indonesia. Well, aku melanjutkan perjalanan dan setelah beberapa lama berjalan, akhirnya aku menemukan juga yang namanya Taman Menteng.

Photo-0583

Begitu tiba, kita akan disambut oleh rumah2 kaca ini.

Photo-0580

Photo-0623

Photo-0624

Photo-0626

Ini beberapa foto yang menggambarkan sepercik kesejukan taman-taman di tengah2 gedung pencakar langit jakarta.

Photo-0607

Photo-0630

Photo-0597

Photo-0610

Photo-0612

Photo-0616

Photo-0614

Senengnya melihat anak2 Jakarta masih bisa bebas bermain di lahan terbuka seperti ini.

Photo-0601

Photo-0604

I don’t know which one is greener, rumput di taman ini atau air di fountain ini.

Photo-0619

Kesanku tentang taman Menteng ini cukup lumayan lah, tertata rapi dan cukup rindang (heran ada blog yang ngatain taman ini panas tapi pas aku kesana sejuk kok). Herannya aku melihat beberapa muda-mudi sedang asik berfoto ria pake DSLR di taman ini. Buset deh, ampe segitunya banget taman di Jakarta ya hahaha. Kalo di Solo mah taman tuh dah dianggap biasa, di pinggir2 jalan juga ada hahaha.

Setelah puas foto2 dan menikmati kerindangan dan keindahan taman Menteng, aku segera bergegas menuju ke destinasi berikutnya, yaitu Taman Suropati.

No comments:

Post a Comment