Tuesday, March 19, 2013

GAME PANDEMIC 2: WIPE OUT HUMANITY NEVER BEEN THIS FUN…!

 
image
Hallo para readers. Kali ini aku akan menunjukkan game yang permainannya cukup unik, yaitu menyebarkan wabah penyakit untuk memusnahkan seluruh umat manusia. Sebenarnya sih salah satu muridku di bimbel yang mengajariku game ini. Bisa dibilang game ini adalah game strategi. Kita bebas menentukan wabah penyakit apa yang ingin kita sebarkan. Lalu dengan mengatur berbagai sifat pada penyebab wabah itu (bisa virus, bakteri, atau parasit) kita harus menyebarkannya seefisien mungkin. Game ini baru dikatakan berhasil apabila seluruh umat manusia musnah akibat wabah yang kita lancarkan. Kedengarannya sih kejam ya, tapi ternyata asik banget lho, ampe ketagihan.
Aku lupa nama game yang ditunjukkin ama muridku itu, jadi aku iseng2 mencarinya di internet. Ketemu satu game yang berjudul Pandemic 2 (tapi bukan game itu sih yang dimainin ama muridku, ternyata game dia namanya Plague Inc, tapi cuma bisa dimainin di  hape Android aja). Di awal game kita akan disuruh memilih penyebab wabah tersebut, apakah virus, bakteri, atau parasit. Tiap agen penyebab penyakit itu punya keunggulan dan kelemahan sendiri2, tapi pribadi sih aku lebih menyukai virus.
image
Kita juga bebas memberi nama virus ciptaan kita, misalnya nih aku beri nama yang keren PLUTO: THE GODDESS OF DEATH. Hahaha seru kan? Nah virus itu awalnya akan berkembang di suatu negara, tapi sifatnya masih belum begitu berbahaya. Nah, kita harus pintar2 merancang virus ini agar bisa lebih mematikan dan menyebar dengan cepat, namun juga tidak boleh terlalu kentara gejalanya. Jika tidak, virus kita akan ketahuan dan negara2 lain akan menutup bandaranya. Jika itu terjadi, nggak ada kemungkinan virus kita bisa masuk ke negara itu.
Nah, di sini kita bisa “membeli” sifat2 yang kita inginkan lewat “evolution points” yaitu kemampuan virus kita bermutasi dan berevolusi, semacam “currency” atau mata uang di permainan ini. Tapi kita harus pandai2 menggunakannya. Misalnya nih, supaya virus kita cepat menyebar, virus kita sebaiknya memiliki gejala batuk2 dan bersin kan? Tapi resikonya, penyakit kita akan mudah ketahuan. Selain itu, sifat2 yang menyebabkan penyakit buatan kita lebih mematikan sekaligus gejalanya tak mudah diketahui harganya umumnya lebih mahal.
PLUTO
Kita juga bisa membuat virus kita tahan terhadap berbagai kondisi, misalnya panas, dingin, kelembapan, dan tahan terhadap vaksin. Bila kita ingin penyakit kita menyebar di negara yang sifatnya panas seperti di daerah tropis, kita sebaiknya membuat virus kita tahan panas. Namun jika kita ingin virus itu menyebar di negara 4 musim seperti di Amerika Serikat dan Eropa, kita sebaiknya menggunakan sifat tahan dingin. Uniknya, di sini juga terdapat layar “Breaking News” untuk menunjukkan perkembangan virus kita.
Untitled
Kayaknya game ini jahat ya, kayak kita lagi latihan jadi teroris aja. Namun yang penting di sini adalah strateginya. Kalo strateginya oke dan jumlah korban semakin bertambah, kita langsung “Ha...ha...ha...” tertawa kejam bak tokoh2 antagonis di sinetron. Beneran, buktiin sendiri kalo pas maen. Aku pernah lho menyapu habis populasi New Zealand hingga nol dengan virus buatanku (malah bangga). Cuma katanya sih negara yang paling susah dibasmi itu Madagascar, nggak tau juga kenapa. Setelah aku pake cara curang (sebarin pake tikus/rodent dulu) dan semua negara terinfeksi, tinggal Madagascar doang yang masih selamet. Moga2 aja gue segera tau cara naklukinya gimana. Game ini pokoknya seru dan layak dicoba. Kalo berminat, silakan maenkan versi game onlinenya di sini atau download di sini. Ok, guys ceritain deh pendapat kalian kalo kalian sudah mencobanya, OK?






11 comments:

  1. apanya yg madagascar susah ? == itu negara pertama yg habis oleh ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang susah kok trus Jepang sama Argentina yang susah!
      minta strategimu dong biar bisa habisin Madagascar?!

      Delete
    2. virusnya gk boleh gampang ketahuan ~_~ jepang gk bisa kesentuh gara2 virusku gampang diketahui wabahnya ~_~

      Delete
  2. pas aku instal dan jalankan app nya, kok muncul tulisan "class not registered" ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh *galau* nggak ngerti bro,,,

      Delete
    2. iya sama. ga bisa dimainkin kalau downdload jadi mesti lewat online

      Delete
  3. wah bener nih bang dave baru berhasil bunuh satu orang langsung ketawa
    "hahahhhahahaaa"
    aduh keren walau belum ngerti betul cara mainnya?

    ReplyDelete
  4. Aku tahu
    Madagascar susah karena hanya punya satu jalan masuk virus yaitu pelabuhan

    ReplyDelete
  5. Aku pake plague......bagus tuhh..keren...pas orangnya sisa 73 baru aku devolve semua...

    -A 1st

    ReplyDelete
  6. Aku mah suka pake parasite soalnya meskipun mudah diliat tapi sifatnya lebih mematikan
    BTW bagiku yg paling susah kubasmi itu indonesia
    gaq adan satupun yg infect

    ReplyDelete