Sunday, March 17, 2013

KEINDAHAN TAMAN-TAMAN JAKARTA: TAMAN SUROPATI

 

Photo-0638

Setelah jalan2 di Taman Menteng, akupun melanjutkan perjalanan ke taman Suropati. Dari jalan Moh Yamin aku berjalan lurus lalu belok kanan begitu bertemu Jalan Teuku Umar. Nah, di sisi kiri jalan, kita akan menemukan gang bertuliskan Jalan Padalarang. Jika kita mengikuti jalan itu, sebenarnya kita akan tiba di Taman Situlembang. Sayang aku kelupaan dan baru ingat pas sudah telanjur setengah perjalanan ke Taman Suropati yang ada di ujung jalan Teuku Umar. Padahal sebenarnya lebih asik kalo ke Taman Situlembang dulu, bisa sekalian jalan pulang.

Begitu aku sampai di Taman Suropati, aku ternyata malah bernostalgia. Taman ini banyak pohon besarnya dan mengingatkanku pada Taman Balekambang di Solo yang sering kukunjungi kala aku masih berdomisili di kampung halaman. Yang kurang di sini cuma kolam ama rusanya doang.

Photo-0676

Photo-0632

Pas masuk, aku langsung disambut oleh papan peringatan ini. Buset, di taman ini ada banyak banget “dilarang”-nya (mulai dari yang kiri atas).

Photo-0633

1. Dilarang menginjak rumput (padahal itulah kodrat rumput ketika pertama kali diciptakan Tuhan, yaitu untuk DIINJAK).

2. Dilarang mengamuk dan membelah kursi (which is that is why people go to park for the first place).

3. Dilarang memberi mawar kepada wanita yang tidak dikenal.

4. Dilarang menggunakan helm saat anda naek kendaraan bermotor (hmmmm....).

5. Dilarang membuang remah2 nggak jelas ke tanah.

6. Dilarang meninggalkan gerobak sendirian (atau mungkin gerobak hantu dilarang berjualan di sini, soalnya yang jual nggak keliatan).

7. Dilarang menendang botol raksasa.

8. Raksasa dilarang memukuli pohon.

Ok...sangat masuk akal bukan larangan2nya?

Hahahah nggak usah dipeduliin deh admin blog-nya, emang suka ngaco. Oya di sini uniknya juga banyak patung2 nggak jelas, misalnya aja ini...

Photo-0641

Dan ini...aku nggak ngerti artinya, mungkin menggambarkan lesbianisme???

Photo-0672

Sayangnya pas aku ke sini aku lupa bawa roti. Lho ngapaen emang??? Soalnya ada blog yang menyarankan bawa roti ke sini, soalnya banyak burung2 merpati jinak yang bisa diberi makan di sini. Wah asik ya sebenarnya kalo bisa ngasih makan merpati di taman ini?

Photo-0644

Ada surprise ketika aku sampai di bagian sisi lain taman, yaitu:

Photo-0663

Yup, ternyata ada Gereja St. Paulus alias Gereja Ayam yang terkenal. Aku nggak nyangka, soalnya aku nggak sempet browsing detail banget ampe tahu kalo deket taman Suropati ada gereja bersejarah gini.

Photo-0667

Photo-0657

Di sini juga ada patung yang setelah aku teliti di mbah Google ternyata patung pangeran Diponegoro menunggang kuda.

Photo-0660

Tak lupa, admin menyarankan untuk membuang sampah pada tempatnya jika kalian berkunjung ke taman ini. Soalnya tamannya dah bagus gini, sayang kalo nggak dijaga.

Photo-0686

Komentar pembaca: berarti admin nggak pulang dong, kan udah menemukan tempatnya.

MAKSUDNYA????

1 comment:

  1. hai seru banget ya jalan jalan ke taman suropati. aku belom pernah sih tapi pengen. :D waktu main kesana ada orang orang lagi latihan biola gak mas?

    ReplyDelete