Sunday, March 17, 2013

10 GEREJA TERINDAH DI ASIA

 

MALAYSIA

Dalam postingan kali ini, sebagai pecinta gereja aku akan menghadirkan 10 gereja terindah di Asia. Semua orang tahu agama Kristen bukanlah agama dominan di Asia. Namun di berbagai penjuru Asia rupanya terdapat berbagai gereja yang tak kalah indah dengan yang ada di Barat. Penasaran? Silakan simak postinganku kali ini.

1. Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga (Jakarta, Indonesia)

Photo-0034

Gereja gotik ini merupakan gereja terindah di Indonesia sekaligus peninggalan sejarah yang ternilai. Aku sudah pernah membahas tentang gereja ini jadi kali ini takkan kubahas panjang lebar.

pic_altar1

2. Holy Rosary Church (Kuala Lumpur, Malaysia)

2479155089_f961f3f266_z   Holy_Rosary_Church_front_view

Nggak nyangka ya di Malaysia terdapat gereja seindah ini. Jangan heran kalau terdapat aksara Cina di gereja ini sebab gereja yang dibangun pada 1883 ini memang diperuntukkan bagi umat Katolik yang berbahasa Cina di Melayu. Gaya bangunannya adalah neo-gotik.

3. St. Andrew’s Cathedral (Singapura)

28h

Gereja tertua di Singapura ini merupakan sebuah katedral Anglikan yang dibangun pada 1834-1836. Sekilas melihatnya seperti gereja2 yang ada di Inggris.

standrew

4. Assumption Cathedral (Bangkok, Thailand)

5770214171_a42131746f_z

Ass.-cathedral-bankok

Katedral bergaya gotik ini dibangun pada 1809 oleh para misionaris Perancis.

5. Church of San Agustin (Paoay, Filipina)

1no.

Mayoritas penduduk Filipina adalah penganut Katolik, tak heran jika banyak gereja di negara ini. Salah satunya yang paling terkenal adalah gereja Paoay yang sudah menjadi situs warisan dunia versi UNESCO. Gereja yang dibangun pada 1704-1894 ini memiliki gaya arsitektur unik yang disebut Earthquake Baroque yang dikombinasikan dengan gaya Gotik dan Oriental. Dinamakan demikian karena bangunan ini sengaja dibangun tahan gempa. Bagian dasarnya dibangun dari batu karang, sedangkan bagian atasnya terbuat dari batu bata. Ketebalan dindingnya saja sekitar 1,67 m. Wow!

6. Notre Dame Cathedral (Ho Chi Minh City, Vietnam)

3532428735_8ee635cced_z

Katedral Notre Dame nggak hanya ada di Paris aja lho. Siapa sangka di negara komunis seperti Vietnam terdapat katedral gotik yang menyandang nama Notre Dame dan tak kalah mengagumkan gaya arsitekturnya? Melihatnya sepertinya nggak percaya kalo bangunan ini ada di Asia Tenggara. Gereja ini dibangun pada 1863-1880. Maklum lah, pada masa itu kan Vietnam masih menjadi jajahan Perancis. Mungkin orang2 Perancis membuatnya untuk mengobati rasa kangen akan negeri mereka.

christian-kober-notre-dame-cathedral-ho-chi-minh-city-saigon-vietnam-southeast-asia

Selain Katedral Notre Dame, di Vietnam juga terdapat gereja yang unik, yaitu gereja Phat Diem yang mengambil gaya arsitektur khas kuil2 Cina.

155_o

inside_phat_diem

Bahkan figur malaikat di gereja ini dibuat berbusana Cina.

300px-16th_century_stone_angel_in_Phat_Diem_cathedral

7. Jeongdong Church (Jeonju, Korea Selatan)

5648520291_d8065d03d1_z

Negeri ginseng ini ternyata juga menyimpan gereja bersejarah yang indah. Gereja ini dibangun pada 1908-1914 dan menganut gaya arsitektur Romanesque.

8. Harajuku Church (Tokyo, Jepang)

0906568d1  Harajuku curch

20080426harajuku

3441146154_6c06f1f9c8_z

harajuku-cross-church-tokyo-protestant-japan-sept-2011-2

Gereja bergaya modern ini dirancang oleh firma Ciel Rouge dari Perancis. Agama Kristen memang baru2 saja berkembang di negeri Matahari terbit tersebut, sehingga kebanyakan gerejanya adalah gereja bergaya modern. Misalnya Katedral Tokyo ini.

cats

Lalu Gereja Cahaya atau Church of Light dan Gereja Air atau Church of Water hasil rancangan arsitek terkenal asal Jepang, Tadao Ando.

Church_of_light1_large

church on the water by tadao ando. hokkaido near tomamu, japan 5

9. Cathedral of Sacred Heart (Guangzhou, Cina)

guangzhou-sacred-heart-church

Gereja yang disebut-sebut sebagai Notre Dame-nya Cina ini dibangun pada tahun 1861-1863. Katedral ini juga disebut-sebut sebagai gereja terbesar di Asia.

117072570114886_5

Di Beijing terdapat pula St. Joseph’s Cathedral yang bergaya baroque.

St._Joseph's_Cathedral,_Beijing_facade

Selain Katedral Sacred Heart, terdapat juga gereja mengagumkan di Macau, walaupun hanya tersisa reruntuhannya. Katedral St. Paul merupakan ini merupakan gereja yang terbakar pada 1835 dan hanya menyisakan fasad depannya saja. Uniknya, bagian depan gereja ini masih dipertahankan sebagai obyek wisata bagi turis yang mengunjungi Macau dan kini lebih terkenal dengan sebutan Ruins of St. Paul’s Cathedral.

url

10. St. Philomena’s Church (Mysore, India)

St-Philomenas-Church-mysore

Gereja ini merupakan salah satu gereja tertua di India dan telah berdiri sejak 250 tahun lalu. Namun gereja ini awalnya hanyalah gereja kecil yang kemudian diperluas dan diperindah oleh Maharaja Khrisnajaya Wodeyar VI dengan bantuan arsitek Perancis bernama Daly pada 1933. Gaya arsitekturnya sengaja meniru Katedral Cologne di Jerman.

Gereja indah lainnya yang terdapat di India adalah Our Lady of Ransom Church di Kanyakumari, Tamil Nadu.

our-lady-of-ransom

image

Serta gereja St. Goerge di Kerala ini.

image

BONUS:

Basilika St. Paul Melkite (Harissa, Lebanon)

6968085272_a13affe424_z

Sebagai bonus, kuberikan gereja mengagumkan yang terdapat di Timur Tengah, tepatnya di Lebanon. Gereja ini dibangun pada 1947-1962. Tapi di Timur Tengah tak hanya terdapat gereja indah ini saja lho. Sebagian besar gereja2 terpenting bagi umat Kristen sedunia terletak di wilayah Arab, misalnya saja Gereja Nativity yang menjadi tempat kelahiran Yesus hingga gereja Makam Suci (Holy Sepulchre) yang menjadi lokasi disalibkannya dan makam Yesus.

2-the-church-of-the-nativity-in-bethlehem-stefano-baldini   Church_of_Holy_Sepulcher

Semoga gereja2 ini menjadi bukti kehidupan bersama umat Kristen dengan damai dengan umat2 beragama lain.

3 comments:

  1. Indah - indah ya,.. semoga gereja tersebut dapat terpelihara dengan baik dan selalu mengajarkan apa yang di ajarkan yesus kristus kepada kita,...

    ReplyDelete
  2. Sejuk hatiku baca artikel ini...
    serasa Tuhan begitu dekat.
    semoga selalu damai dan dalam lindungan Tuhan. terimakasih untuk penulisnya.GbU

    ReplyDelete
  3. Nggak perlu bangunan megah,
    Yg prlu adalah iman yg teguh yg ditunjukan dalam sikap sehari-hari..
    Tuhan gk melihat megahnya bangunan gereja, karena itu cuma bangunan,
    Tuhan melihat hati jemaatnya..
    Karena tubuh kita inilah sejatinya bait Allah..

    ReplyDelete