Wednesday, July 8, 2015

DIDN’T SEE THAT COMING: 10 FILM DENGAN PLOT TWIST TAK TERLUPAKAN

 

beaststalker2d

Gue paling suka nonton film dengan plot twist. Gue berpendapat, film tersebut bakalan layak ditunggu endingnya. Kayaknya puas bingitz eh guys kalo kita udah susah2 ngabisin waktu kita selama 1,5 jam terus kita disuguhi ending yang apik dan sama sekali nggak kita duga. Plot twist yang cerdas juga membuktikan kepiawaian penulis skenarionya (kalo pribadi menurut gue sih, harusnya mereka yang pantes dapet “credit” tertinggi atas kesuksesan sebuah film, bukan sutradara, pemain, apalagi produser). Berikut ini gue kasih list 10 film dengan plot twist paling genius. Nggak semuanya film horor sih, tapi yang pasti mereka semua layak kita nikmati (sebagian besar juga gue berani taruhan udah pernah kalian tonton). Inilah 10 film dengan plot twist paling berani sepanjang sejarah perfilman.

1. The Sixth Sense

sixth sense

Film yang dibintangi Bruce Willis ini menceritakan seorang psikiater yang kehidupannya berubah drastis semenjak ia mengalami tragedi mengerikan. Ia kemudian berkenalan dengan seorang anak yang memiliki indra keenam (sesuai judulnya). Plot twist di ending film ini benar2 tak bisa diduga, namun membuat semua yang berjalan di dalam film ini sepanjang alurnya menjadi masuk akal. Film ini menaikkan nama sang sutradara, M. Night Syamalan ke puncak popularitas. Film Syamalan lainnya yang juga mengandalkan plot twist ialah “The Village”.

2. The Others

the others

Film horor yang dibintangi Nicole Kidman ini menceritakan seorang ibu yang membesarkan kedua anaknya sendirian pasca-perang. Ia mengalami kejadian2 menakutkan, apalagi semenjak ia kedatangan pembantu baru yang misterius, yang membuatnya menyadari bahwa keluarganya tak sendirian di rumah. Plot twist film ini sungguh sangat brilian di masanya. Oya film Nicole Kidman lain dengan plot twist jempolan adalah “Before I Go To Sleep” yang menceritakan seorang wanita penderita amnesia.

3. Fight Club

fight club

Film yang dibintangi oleh Brad Pitt ini juga dikenal karena memiliki plot twist legendarisnya yang tak terlupakan. Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini menceritakan dua pemuda yang bertemu di sebuah “fight club”. Walaupun mereka memiliki kepribadian yang bertolak belakang, mereka akhirnya menyadari bahwa mereka adalah ....... mereka adalah .........

4. The Usual Suspects

the-usual-suspect-1995-cover

Film kriminal ini diawali dengan 5 penjahat kelas teri yang berada di deretan tersangka dan terjebak dalam sebuah tugas dari seorang mafia misterius bernama Keyser Soze. Ternyata ini adalah akal2annya untuk membalas dendam kepada kelima orang tersebut. Identitas asli sang Keyser Soze bakal membuat semua penontonnya tercengang. Uniknya film ini mengandalkan tak hanya satu, tapi double plot twist di endingnya. Keunikan film inilah yang membuat gue tetap terkejut, walaupun gue udah dapat bocoran tentang bagaimana film ini akan berakhir.

5. Scream 2 dan Scream 3

scream 2     scream 3

Gue nggak begitu terkesan ama adegan bunuh2an di film “Scream”, tipikal film slasher banget. Tapi yang membuat gue terpana adalah ketika identitas sang pembunuh akhirnya terungkap. “Scream 1” nggak begitu berkesan buat gue, namun “Scream 2” dan “Scream 3” cukup lumayan. Gue sama sekali nggak bisa menebak identitas si kedua sekuel Scream tersebut. Tapi untuk “Scream 4” ...... baru setengah film berjalan aja gue udah bisa nebak pelakunya siapa. Wah, kayaknya Wes Craven kudu mengasah taringnya lagi nih.

6. I Robot

i, robot

Film yang dibintangi Will Smith ini emang jarang keluar dalam list film dengan plot twist, namun gue pikir ending film ini saat identitas sang penjahat terungkap cukup jenius. “I Robot” bersetting di masa depan, dimana Will Smith mencurigai robot2 akan melakukan pemberontakan terhadap manusia, apalagi setelah seorang ilmuwan terbunuh secara misterius. Namun adegan saat siapa sang pembunuh sebenarnya terungkap benar2 bikin gue menganga.

7. Friday The 13th dan Psycho

jason   Psycho_(1960)

Dua film slasher legendaris ini memiliki plot twist yang terbalik satu sama lain (yang juga terbaik pada masanya). Walau di sekuel2 “Friday 13th” pembunuhnya adalah Jason Vorhees, namun tidak demikian di film pertamanya (tahun 1980), dimana pelakunya benar2 tak terduga. Sama halnya dengan “Psycho”. Kita awalnya nggak akan menduga Norman Bates adalah pembunuhnya.

8. Tale of Two Sisters

TALE

Film Korea ini menurut gue layak bersanding dengan film2 buatan Hollywood lainnya. Gue kayaknya nggak perlu cerita banyak tentang film ini, namun film yang terkenal berkat plot twist psikologis cerdasnya ini telah menjadi “milestone” bagi kebangkitan sinema horor Korea.

9. Saw

  SawIII1

Walaupun gue bisa bilang bahwa semua sekuel “Saw” nggak lebih dari film gore murahan, namun film pertama dari franchise ini sangatlah memukau. Yah memang banyak yang bilang akting para pemerannya jelek, namun plot twist mencengangkan di endingnya kayaknya sanggup menebus itu semua. Salah satu plot twist paling “you-won’t-see-that-coming”.

10. Beast Stalker

beast-stalker-

Mungkin kalian belum banyak mendengar tentang film ini, namun percaya deh, gue recommend banget film action Hong Kong ini buat kalian tonton, gue jamin nggak bakal nyesel. Film ini berawal dari seorang polisi muda yang temperamental (diperankan dengan apik oleh Nicolas Tze, namun akting tokoh antagonis lebih keren lagi) yang saat mengejar penjahat tanpa sengaja menewaskan seorang gadis cilik. Iapun bersumpah akan melindungi saudari dari si gadis cilik ini untuk menebus dosanya. Namun semua berubah setelah ...

Readers siap2 ngasah kapak kalo admin nyebut2 “Negara api menyerang”.

... yee bukan, maksud gue setelah si gadis cilik ini diculik. Iapun berusaha mati2an membebaskannya. Gue jarang liat film action, namun film ini nggak hanya seru, tapi juga memiliki “plot twist” yang bener2 bikin momen WTF di endingnya. Penasaran? Liat aja filmnya haha.

BONUS:

Memento

memento

Gue kasihin film ini sebagai bonus karena jujur, gue sendiri belom liat filmnya (soalnya udah tau plot twist di endingnya hiks). Memento menceritakan seorang pria penderita amnesia yang berusaha membalaskan kematian istrinya. Oya, film ini merupakan besutan Christopher Nolan, jauh sebelum ia terkenal sebagai sutradara trilogi Dark Knight. Kayaknya jaminan mutu nih.

Nah itulah guys 10 film dengan plot twist paling keren. Ya ... ya ... gue tau harusnya “Shawshank Redemption” masuk ke sini, tapi sayangnya gue sampai sekarang belum liat filmnya kayak apa. Gue sendiri sebagai penulis (ecek-ecek) berusaha keras memasukkan plot twist nggak terduga ke dalam cerita2 bikinan gue untuk membuktikan bahwa selain gue ganteng *hoeeek* gue juga rajin menabung *apa hubungannya* -> itu termasuk plot twist juga.

22 comments:

  1. wah...tambahan daftar film untuk ditonton nih b(>o<)b
    Menurutku, The Prestige ama Now You See Me juga lumayan gak terduga tuh endingnya ~sora album

    ReplyDelete
  2. yang S.A.W juga lumayan loh

    "Evan"

    ReplyDelete
  3. referensi bang, Film Jepang judulnya another, serius ntu plot greget banget bang, nyari siapa yang mati dan siapa yang idup, versi animenya lebih seru dari Live actionya bang.

    ReplyDelete
  4. haha setuju kalo shawshank sama the prestige itu ceritanya keren
    jempolan banget
    yg belum nonton buruan nonton

    ReplyDelete
  5. Bener bang the prestige lu wajib nonton bang



    -Najwara

    ReplyDelete
  6. Memento tonton deh! Seru banget bang Dave. Gua nonton berkali2 juga ga bosen tu film. Twist nya udah tau, tapi tetep menegangkan.

    Ane tambahin saran ane, tonton The Prestige. Setara complex nya sama Memento!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya iyalah orang produsernya the perstige ama memento sama2 christopher nolan

      btw gw koq ga puas ya liat the prestige. gue malah jagoin hugh jackman soalnya istrinya kan dibunuh ama christian bale, tapi kenapa malah dia yg ujung2nya mati?

      Delete
    2. Gua juga pas pertama kali nonton The Prestige nganga pas bagian ending nya (ternyata gitu cara mesin Tesla bekerja) tapi pas bagian abisnya (bener2 sebelum credits) kok aneh, ngegantung..

      Hasil googling :
      Kalo bang dave liat endingnya, so Hugh Jackman di dalem akuarium itu ada gelembung2 oxygen nya, katanya dia masih idup jadinya..

      Delete
    3. nah....menurutku di situlah kerennya prestige itu.

      kan cerita dari awal adalah persaingan si christian bale ama hugh jackman dalam mencari segi "prestige" terbaik dalam sulap dan di pertegang dengan konflik asmara (cie ilah...).
      tapi, disini juga, penonton diberi kebebasan untuk menentukan si "baik" dan si "jahat" atau yang "menang" dan yang "kalah" itu pihak yang mana, karena kalau dilihat lebih jauh, kedua tokoh utama itu punya latar belakang masing2 yang sama2 suram,sedih, yang malah bikin mereka jadi picik dan pelit begitu....

      dan perasaan di akhir si hugh jackman dah meninggal, itu kamera cuma mau nge shot bagaimana menderitanya dan begitu banyak "dirinya yang lain" yang telah dikorbankan si hugh jackman demi terkenal. (deretan akurium itu masih membuatku merinding....)

      oh tambahan, kalimat terakhir yang diucapkan si bapak tua itu : "now you're looking for the secret,but you won't find it. because,of course, you're not really looking. You don't really want to work it out. You want to be fooled " .....yag kira2 maknanya "setelah kau tahu rashasia pelaksanaan sulap itu dan betapa mengerikan prosesnya, kau lebih baik ditipu/yang menjadi penontonnya" ~sora album

      Delete
    4. TAPI GUE TETEP JAGOIN HUGH JACKMAN HIKS

      Delete
  7. -sama bang dave gw juga ga puas sama prestige tp rasanya tuh yang mati akhirnya"christian bale" yang bunuh istrinya hugh jackman(yang menyebalkan)sedang yang baik rasanya yang hidup,kan ada 2 christian bale nya.hehhe
    -udah nonton OLD BOY??asli endingnya WTF LOL
    -kalo SECRET WINDOW gimana?asli film favoritku tuh hehe

    ReplyDelete
  8. Shutter Island juga keren loh plot twistnya. Sampai sekarang sebenarnya masih ngambang banget sama apa yang sesungguhnya terjadi orz

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah shutter island mah dari pertengahan udah ketebak, soalnya settingnya di rumah sakit jiwa siiih

      Delete
    2. Shutter Island emang ketebak twistnya, tapu endingnya mantapps..! Jelas DiCaprio udah sembuh, yg pas dia ngobrol di akhir "would you live as a monster or die a good man?"

      Yg artinya "mau idup sbagai orang berbahaya atau mati jadi orang baik?"

      DiCaprio belum bisa ngerelain istrinya pergi, yg akhirnya dia nanti bakal Gila lagi. Akhirnya dia mutusin untuk Mati dipulau itu

      Delete
  9. Who am I film dari German juga lumayan. di endingnya bikin penonton ketipu dua kali. haha..

    ReplyDelete
  10. baru pernah npnton yg 1.2&3 nih sisanya penasaran ah mauuuu

    ReplyDelete
  11. oyah bang dave udh pernah nnton billocation? ini jg salah satu film jepang yg kata aku plot twist n jalan ceritanya keceee bang dicoba yah ,,,

    ReplyDelete
  12. gue tambahin Old boy (Versi Asli yang Korea), Mystic river dan The Machinist

    ReplyDelete
  13. The prestige, itu film favorit saya, awalnya juga saya mendukung Hugh Jackman, karna kelihatan paling suram dan menyedihkan hidupnya, tapi selanjutnya dia malah terobsesi sama trik nya C.bale sampai ngelakuin hal2 gila. jdi menurut saya gak ada tokoh yang salah dan juga gak ada yang bener,
    mau kasih rekomendasi nih, film korea Montage, trus Gone girl (2014), inception, interstellar (pastinya C.Nolan), repomen dan total recall (endingnya bikin pengen banting laptop), yang Horor saya suka: The orphanage (endingnya pengen gigit emaknya itu anak), The others (lumayan).
    Exam (nonton ini rasanya udah mikir sampai kemana2 tapi ternyata...)
    kalo suka yang crime mystery, saya Suka: The girl with the dragon tattoo, Drisyham (2015), A Wednesday..dll,

    ReplyDelete