Thursday, July 9, 2015

UNBORN FANTASY: 10 BANGUNAN ANEH YANG NGGAK JADI DIBUAT MANUSIA

 

  greenbird

Gue pernah membuat tulisan bertema “10 bangunan terkeren yang nggak pernah dibangun manusia”. Nah, anggap aja tulisan ini adalah sekuelnya. Jika top ten yang dulu gue berikan adalah bangunan-bangunan yang terlalu bombastis untuk dibuat, maka list ini akan berisi bangunan-bangunan yang mungkin sama ambisiusnya, namun bukannya mustahil untuk dibuat. Dengan teknologi saat ini, bangunan-bangunan ini bisa saja berdiri. Namun karena berbagai sebab, bangunan-bangunan ini akhirnya hanya mandeg di desain aja. Hmmm ... gimana ya perasaan seorang arsitek jika desain rancangannya hanya berakhir dalam gumpalan kertas aja tanpa pernah dimanifestasikan? Yang pasti “sakitnya tuh di sini” *malah nyanyi*. Dan bagaimana pula wajah dunia seandainya bangunan-bangunan ini benar-benar ada? Silakan aja dibayangkan. Berikut ini 10 bangunan aneh yang nggak pernah dibuat oleh manusia.

1. Phare du Monde (Paris, Prancis)

  xlg_pleasure_tower

Memiliki Menara Eiffel sebagai landmark rupanya belum membuat warga Prancis puas. Pada World Fair tahun 1937 yang dirayakan di Paris, seorang arsitek bernama Eugène Freyssinet berencana membuat menara observasi yang jauh lebih “mengguncang”, diberi nama “Phare du Monde”. Jika Menara Eiffle memiliki tinggi 301 m dan terbuat dari baja, maka Phare du Monde ini akan memiliki tinggi 701 m dan terbuat dari beton! Nama “Phare du Monde” sendiri berarti “Mercusuar Dunia” karena di puncaknya akan dilengkapi dengan suar layaknya mercusuar sesungguhnya (yang konon cahayanya bisa memancar hingga Inggris). Namun yang paling gila dari desain menara ini pengunjung bisa berkendara ke puncaknya menggunakan jalur spiral yang ada di tepi menara! Coba bayangin aja guys capeknya berkendara memutar di jalur setinggi setengah mil, belum lagi puncaknya apa nggak berat ya gara-gara  bobot parkir mobil?

2. Newton’s Cenotaph (Paris, Prancis)

  cenotaph_in_paris

Seandainya Menara Eiffle tak pernah dibangun, maka mungkin bangunan inilah yang akan menggantikannya. Newton’s Cenotaph merupakan struktur yang didesain Etienne-Louis Boullée pada 1780-an dan terinspirasi oleh kecerdasan Newton (or whatever that is). Keunikan gedung berkubah ini adalah bagian luarnya dengan seksama akan dilubangi sehingga ketika siang, cahaya matahari akan masuk dan mengimitasi langit malam penuh bintang saat malam. Sedangkan saat malam tiba, lampu dengan cahaya super-terang akan dinyalakan di dalamnya sehingga menyerupai kondisi saat siang hari. Pertanyaan gue cuman satu: gunanya buat apa?

cenotaph-for-isaac-newton newton cenotaph

3. Pyramid of The Dead (London, UK)

  pyramid

Oke, namanya emang sangar ya men? Tapi ini bukan judul film mummy vs zombie, melainkan sebuah ide gila yang keluar dari kepala seorang arsitek bernama Thomas Willson untuk mengatasi keterbatasan lahan pemakaman. Pada 1829, ia merancang sebuah mausoleum (makam raksasa) berbentuk piramida setinggi 94 lantai dan meliputi tanah seluas 7 ribu meter persegi serta mampu menampung 5 juta jenazah. Hebatnya lagi, piramida ini akan berada di taman dimana para penduduk London bisa bersantai bersama keluarganya di Minggu pagi menatap keagungan piramida. Ehm ... sorry? Piknik Minggu pagi sambil melihat piramid berisi mayat? Nope ... thanks. Nggak heran pembangunan piramida ini urung dilaksanakan.

4. Watkin’s Tower (London, UK)

  wembley

Bagaimana jika seandainya kota London memiliki Menara Eiffel sendiri? Nggak usah dibayangin guys, soalnya memang pernah ada sebuah menara serupa Menara Eiffel didirikan di Inggris, walau tak sempat dirampungkan. Gara-gara iri dengan popularitas Menara Eiffel, para arsitek Inggris berlomba-lomba membuat menara yang rencananya akan menjadi landmark kota London (kayak Big Ben belum cukup aja). Mau tau rancangan-rancangan menara yang masuk ke sayembara itu? Ini dia, cekidot! 

7583383310_6c05cb852e_o

Kreatif juga (perlu diingat ini sebelum ada photoshop yang bisa me-warp lukisan Menara Eiffel)

  london-eiffel-tower-13

Hmm ... kokoh juga kayaknya?

london-eiffel-tower-28

Wow ... ada globe di puncaknya. Tapi desainnya intricate juga.

screen_shot_2014-07-28_at_2.10.50_pm

Kok bawa-bawa nama Jawa?

screen_shot_2014-07-28_at_2.14.15_pm

Ehm ... okeeeee

screen_shot_2014-07-28_at_2.28.54_pm

Rumit.

screen_shot_2014-07-28_at_2.23.08_pm

INI LEBIH RUMIT LAGI!!!

screen_shot_2014-07-28_at_2.55.00_pm

Hanya satu kata ... lebay!

screen_shot_2014-07-28_at_2.57.27_pm

Ini mirip katedral.

screen_shot_2014-07-28_at_3.29.34_pm

Wow! Modern futuristic .... ada crongot-crongotnya.

screen_shot_2014-07-28_at_10.44.54_am

Hmmm ... ada gedung di bawahnya.

screen_shot_2014-07-28_at_11.25.38_am

Hmmm .... ADA KOTA DI BAWAHNYA!!!

screen_shot_2014-07-28_at_11.49.36_am

Yang bentuknya spiral itu rencananya adalah jalur trem.

7583383116_f3a4f83086_o

Ini lebih heboh lagi. Yang spiral itu rencananya JALUR KERETA API!

Dan dari semua entry yang heboh itu, pemenangnya adalah ini ....

screen_shot_2014-07-28_at_10.23.50_am

*boring*

Menara ini dinamai Menara Watkins sesuai nama arsiteknya, Sir Edward Watkin, dan direncanakan dibangun lebih tinggi ketimbang Menara Eiffel, yakni 358 m. Namun pada 1899, ketika dasar menara sudah berhasil dibuat, terjadi masalah finansial sehingga proyek ini sempat terhenti dan akhirnya benar-benar gagal setelah kematian Watkin pada 1901.

london-eiffel-tower-31 

Kini sisa Menara Eiffel-nya London ini udah dibongkar (kemungkinan diloakin jadi besi tua) dan sebagai gantinya didirikan Stadion Wembley di lokasi yang sama (nah ini mah lebih keren!).

Wembley_enggermatch

5. Imperial Monumental Halls and Tower (London, UK)

  unbuilt_albert

Kenapa banyak arsitek gila di Inggris, khususnya London? Well, don’t ask me .... Salah satu proyek bombastis yang direncanakan di London pada 1904 adalah ekstensi atau perluasan Gereja Westminster Abbey dengan penambahan menara setinggi 167 m. Apabila jadi, menara ini akan jauh melampaui Big Ben (setinggi 93 m) di dekatnya. Arsiteknya John Pollard Seddon dan Edward Beckitt Lamb merancang monumen megah tersebut sebagai pusat kekaisaran Inggris dimana “matahari takkan pernah terbenam”. Banyak orang menganggap mereka megalomania (gila kekuasaan) setelah mereka mengucapkan quote itu.

6. Coney Island Globe Tower (New York, AS)

  con-globetower

Jutaan penduduk kota New York yang dikenal sebagai kota terbesar di dunia tentunya haus akan hiburan. Kalo Malang punya Jatim Park dan Bandung punya TRANS Studio, maka behold ... inilah Coney Island Globe Tower: sebuah pusat hiburan berbentuk globe raksasa setinggi 213 m dengan 11 lantai berisi restoran, theatre, lintasan ice skating, lapangan bowling, kasino, hippodrome (lintasan balapan kuda), hingga empat sirkus! Bangunan yang dirancang Samuel Friede pada 1906 jika jadi dilaksanakan akan menjadi struktur besi terbesar di dunia. Kenapa gagal diwujudkan? Well, karena itu semua akal-akalan Samuel Friede aja untuk mengumpulkan uang para investor saja untuk kemudian dibawa kabur. Nice try, Jungle Jim.

7. Hotel Attraction (New York, AS)

  Hotel_Attraction  gaudi attraction hotel

Hotel ini merupakan rancangan arsitek Spanyol, Antonio Gaudi yang termashyur setelah proyek Gereja Sagrada Familia di Barcelona. Jika dibangun, hotel raksasa ini akan menjadi gedung pencakar langit paling dominan di skyline kota New York. Direncanakan dibangun pada 1908, bangunan setinggi 360 m ini akhirnya urung dibangun, mungkin karena dianggap tak realistis pada masanya. Uniknya, lokasi dimana Hotel Attraction akan dibangun kemudian menjadi lokasi World Trade Centre.

8. The Illinois (Ohio, AS)

  the illinois   the illinois

Gedung rancangan Frank Lloyd Wright pada 1956 ini direncanakan memiliki tinggi fantastis pada masanya (bahkan hingga saat ini masih dianggap wow), yakni satu mil alias 1.600 km! Gedung pencakar langit berlantai 528 tingkat ini akan dilengkapi pula dengan 150 tempat parkir khusus helikopter! Gedung ini dianggap mustahil dibangun pada masanya, karena tingginya hampir 4 kali gedung tertinggi di dunia saat itu, yakni Empire State Building. Bahkan jika dibangun sekarang, tingginya masih dua kali tinggi gedung tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa di Dubai.

9. Tour Sans Fins (Courbevoie, Prancis)

tumblr_l7m618kyRK1qb8342o1_500

Namanya yang berarti “Tower Without Ends” atau “Menara Tanpa Ujung” ini bukannya tanpa makna guys. Gedung perkantoran yang dirancang Jean Nouvel ini akan dibangun dengan bentuk silinder, dimana warnanya yang gelap di dasar akan semakin menerang ketika semakin ke atas, sehingga menampakkan ilusi seolah-olah ujung menara ini menghilang di langit. Menara setinggi 425 m ini kayaknya bakalan keren kalo bener-benar direalisasikan ya?

10. Green Bird (London, UK)

greenbird 2

Sebagai pamungkas, gue berikan gedung yang bikin kita “EEEWWWW!!!” saat melihatnya. Siapkan tisu guys (buat muntah maksudnya) dan saksikan: inilah gedung Green Bird yang direncanakan menjadi pencakar langit tertinggi di Inggris. Dengan tinggi 442 m dan memiliki 83 lantai, gedung ini sengaja didesain ramah lingkungan, sebab bentuknya yang “khas” akan meminimalkan penggunaan energi. Well, apa nggak punya desain lain yang lebih ramah ke “mata”? Bentuknya itu .... ugh!!! Dan gue tebak pasti ada air mancur di atasnya?

NB: Untuk memperparah keadaan, arsiteknya membangun dua bangunan bulat mencurigakan di bawahnya.

WTF

Ok, dude … you’re completely nuts!

6 comments:

  1. benar-benar aneh

    ReplyDelete
  2. Bumi dibuatkan sejenis kelamin jadinya haha

    ReplyDelete
  3. Di Indonesia juga ada tuh... Proyek jembatan layang thn 1996 yg dana nya di korup... Baru jadi 30% langsung END sampe skrg.. Hahaha

    ReplyDelete