Wednesday, July 8, 2015

FROM SOKOVIA WITH LOVE: 10 KOTA FIKTIF DARI MARVEL/DC UNIVERSE

 

sokovia

Sehabis nobar bareng film Avengers yang kereeen banget ama temen2 kantor baru gue (bulan lalu), gue jadi pengen membuat list ini. Soalnya di film itu ada dua tempat fiktif yang hanya ada di Marvel Universe, yakni Wakanda dan Sokovia. Gue pernah denger sih tentang Wakanda dari satu2nya komik Marvel yang pernah gue baca, yakni Avengers vs X-Men (itupun berkat dikasi versi e-booknya ama salah satu murid gue dulu yang keranjingan komik Marvel). Nah, iseng2 (dengan pengetahuan tentang X-Men dan Avengers yang terbatas) gue membuat list tempat2 fiktif yang pernah muncul di Marvel Universe. Siapa tau mereka muncul di film2 Marvel berikutnya biar kalian nggak bingung hehe. Silakan disimak :D

1. Genosha

Genosha_0001

Genosha adalah pulau dan negara fiktif yang dikatakan berada di sebelah pulau Madagascar, Afrika. Kota ini sepertinya menggambarkan Afrika Selatan di kala politik Apharteid masih berjaya. Ibu kotanya bernama Hammer Bay. Kata “Genosha” kemungkinan berasal dari kata “genosida” yang sepertinya menggambarkan penderitaan rakyat minoritasnya (suatu kenyataan yang masih kerap terjadi di Afrika).

Genosha

Genosha sering muncul dalam cerita X-Men, Dikisahkan Genosha adalah negara makmur yang dihuni baik mutan maupun manusia biasa. Namun kekayaan negara tersebut berasal dari penindasan dan perbudakan kaum mutan oleh manusia. Para mutan juga dibatasi segala macam haknya, sama seperti pelaksanaan politik Apartheid di Afrika Selatan.

Jika kebetulan kalian berkunjung di sini:

Jangan lupakan objek2 wisata seperti Magda Square dimana berdiri Magneto Monument, sebuah monumen yang didirikan bagi Magneto yang pernah menguasai pulau ini untuk membebaskan para mutan. Selain itu ada pula Genosha Bay Prison, sebuah penjara yang mirip dengan Guantanamo bay.

2. Latveria

Latveria2

Latveria (kemungkinan berasal dari nama negara Latvia) adalah negara fiktif di Eropa Timur yang dikuasai oleh Doctor Doom, musuh besar Fantastic Four. Negara ini dikatakan berbatasan dengan Rumania, Hungaria, dan Serbia serta dikepung oleh Pegunungan Carpathia. Ibu kotanya adalah Doomstadt. Latveria adalah negara kecil yang menganut monarki (dengan Doctor Doom sebagai rajanya). Negara ini hanya memiliki 3 hari libur, yakni Natal, Tahun Baru, dan Dooms Day (hari libur yang ditetapkan sekehendak Doctor Doom).

Jika kebetulan kalian berkunjung di sini:

Kota ini memiliki banyak objek wisata seperti Castle Doom, Citadel of Doom (benteng), Old Town of Doomstadt, Cynthia von Doom Memorial Park, Doomwood Forest, St. Blaise Church, St. Peter Church, dan Doomstatd Rathaus (balai kota). Namun itupun jika kalian bisa mendapat penerbangan ke negara ini karena Latveria adalah negara yang sangat tertutup :D

711170-latveria

3. K’un L’un

immortal_iron_fist_vol_1_24_page_24_kun-lun1

K’un L’un adalah kota yang didirikan di sekitar pesawat alien yang jatuh ke Pegunungan K’un Lun (pegunungan ini benar2 ada di Tiongkok dan membentang sepanjang 3.000 km, jadi bakal susah menemukan dimana kota ini berada). Konon satu2nya masuk ke kota ini adalah dengan ilmu sihir (atau kalo kalian punya alat untuk menembus dimensi lain). Oya, kota ini juga menjadi asal superhero Iron Fist.

Jika kebetulan kalian berkunjung di sini:

Jangan lupa kunjungi tempat2 menarik seperti Bridge of Destiny, Central Hall of Ancestors (dibuat dari material pesawat luar angkasa), Garden of P’an T’ao, Gate of Heaven, Tree of Immortality, dan Palace of Dragon King. Tapi seperti yang gue bilang tadi, kalian harus punya mesin portal untuk membuka pintu dimensi lain :D

4. Madripoor

112907-141679-madripoor

Madripoor adalah kota fiktif yang dimodel menyerupai Singapura dan Hong Kong (walaupun memiliki nama bergaya India). Madripoor memiliki kaitan khusus dengan masa lalu Wolverine. Dikatakan bahwa letak Madripoor berada di Selat Malaka, di antara Singapura dan Sumatra. Madripoor dibagi menjadi dua kawasan yang sangat kontras. Kawasan “Hightown” dipenuhi gedung pencakar langit dan dihuni orang2 berada dan “Lowtown” merupakan kawasan “slum” yang dihuni rakyat jelatan. Kondisi di Madripoor memang mewakili kesenjangan sosial  antara orang miskin dan orang kaya.

501b12842cfd0

Madripoor dahulu merupakan surga para perompak dan kinipun dikuasai oleh HYDRA, organisasi jahat musuh bebuyutan Avengers. Kota ini juga tidak memperbolehkan ekstradisi penjahatnya ke negara lain (hmmm ... kok jadi mirip negara S*******a ya?).

Jika kebetulan kalian berkunjung di sini:

Wolverine aja betah kok di sini, apalagi kalian. Di sini kalian bisa berkunjung ke Central Business District dimana terdapat Sovereign Hotel yang konon adalah hotel termewah di dunia dan Prince’s Palace yang konon menyaingi keindahan Istana Versailles. Semuanya terletak di Hightown, sebuah area eksklusif bagi yang kaya dan memiliki gaya arsitektur dan teknologi yang melambangkan kemajuan di abad ke-21. Sebagai saran saja, jauhi Lowtown sebab tingkat kriminalitas sangat tinggi di sana, walaupun ada tempat menarik seperti Princess Bar, yakni bar dimana Wolverine pernah bekerja.

5. Savage Land

Svavge_Lnad

Savage Land dikatakan terletak di Antartika (Kutub Selatan) dan uniknya, memiliki iklim tropis dan dinosaurus yang masih berkeliaran di tempat tersebut. Yup, Savage Land memang mirip Jurassic Park dan dahulu merupakan “laboratorium percobaan” bagi alien yang bereksperimen di bumi. Namun semenjak kepergian para alien tersebut, Savage Land menjadi terbegkalai dan para makhluk prasejarah di sana pun tumbuh dan berkembang biak dengan liar. Tak hanya dinoasurus, di sana juga dihuni oleh ape-man, manusia purba yang masih menyerupai kera.

Seorang penjelajah dan ilmuwan bernama Lord Robert Plunder menemukan lokasi terpencil tersebut dan di sana ia juga menemukan logam jenis baru yang disebut “vibranium”. Logam misterius ini dikatakan mampu menghasilkan getaran (vibrasi) yang mampu mencairkan semua jenis logam yang lain. Sayang Lord Plunder terbunuh di Savage Land dan anaknya, Kevin, tumbuh menjadi superhero semacam Tarzan bernama Ka-Zar.

Jika kebetulan kalian berkunjung di sini:

Ada banyak tempat untuk “sightseeing” di sini seperti Altar of Death (seperti namanya, sebaiknya jangan dikunjungi), reruntuhan kota kuno “City of Sun God”, reruntuhan kota Gondora yang kini ditinggalkan setelah gunung berapi meletus, dan masih banyak lagi. Namun tentu daya tarik utamanya kalian bisa melihat dinosaurus di sini ... yaaaaay (tapi hati2 jangan sampai dimangsa T-rex atau penduduk pribumi yang masih primitif). Oya, jangan lupa bahwa lotion anti nyamuk yaaa.

5savageland

6. Krakoa

Krakoa_(Earth-616)

Krakoa (kemungkinan berasal dari nama “Krakatoa” yaitu istilah Barat untuk gunung Krakatau) awalnya sebuah pulau kecil yang berada di Samudra Pasifik. Ketika pemerintah USA mengadakan uji coba peledakan nuklir di sana, pulau ini mengalami mutasi dan berubah menjadi ..... monster! Dengan kata lain, Krakoa adalah monster raksasa berwujud pulau yang bisa berjalan. Kok malah keren ya haha. Krakoa ini akhirnya bergabung menjadi anggota X-Men karena iapun mutan seperti mereka.

7. Wakanda

501b1040036af

Nah ini nih, Wakanda adalah negara fiktif yang dikatakan berada di timur laut Afrika. Wakanda dikuasai oleh generasi raja2 yang menyebut diri mereka Black Panther (superhero). Sumber daya alam yang sangat terkenal di Wakanda adalah vibranium, yang dapat ditambang karena sebuah meteorit raksasa pernah jatuh di sana. Black Panther menjual sedikit dari vibranium tersebut dan menggunakan uangnya untuk menyekolahkan penduduknya ke luar negeri, sehingga negara tersebut pun tumbuh maju. Walaupun Wakanda di film “Age of Ultron” digambarkan sebagai kota yang indah (syutingnya aja di Afrika Selatan), namun aslinya di versi komik, Wakanda adalah kota yang jauh lebih futuristis.

Wakanda

Sayangnya, seorang penjarah bernama Ulysses Klaw menemukan persediaan vibranium ini dan berusaha menyalahgunakannya untuk membuat senjata. Namun Black Panther berhasil menggunakan senjata vibranium tersebut untuk memotong tangan Ulysses. Dampak lain dari vibranium ini adalah radiasinya mengubah flora dan fauna Wakanda menjadi mutan.

8. Republik Transia

latmap

Dalam versi X-Men yang asli, baik Pietro Maximoff (Quicksilver) dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch) berasal dari negara Transia, bukan dari Sokovia seperti versi filmnya. Republik Transia merupakan negara fiktif di Eropa Timur yang terletak di antara Serbia dan Rumania. Negara ini terkenal dengan Gunung Wundagore, yang merupakan bagian dari pegunungan Balkan. Negara ini dipimpin oleh Presiden Russoff yang garis keturunannya dikutuk oleh kutukan lycantrofi (manusia serigala). Negara ini walaupun kecil, namun kaya karena memperoleh profit melimpah dari hasil penjualan uranium, sehingga negara ini sama sekali tidak mengembangkan industri pariwisata. Sayang sekali :(

9. Atlantis

2631156-aquaman__zone_020

Atlantis seperti yang kalian sudah tahu adalah rumah bagi Aqua Man dan Barnacle Boy (eh salah). Atlantis pada awalnya adalah benua kecil (seukuran Australia) yang sekitar 21.000 tahun lalu mengalami bencana yang menyebabkannya tenggelam ke laut (konon karena serangan bangsa Lemuria). Sekitar 8.000 tahun lalu, spesies manusia duyung (Homo mermani) menemukan reruntuhan Atlantis dan semenjak saat itu menggunakannya sebagai kerajaan mereka. Kini kerajaan ini dipimpin oleh Pangeran Namor, salah satu anggota X-Men. Lupakan pergi ke sini, soalnya kalian harus bisa bernapas dalam air.

   Atlantis01

10. Gotham dan Metropolis

gotham     daily planet

Kalo sejak tadi kita membahas kota2 dalam Marvel Universe, kini kita beranjak ke DC Universe. Batman dan Superman merupakan produk superhero terkenal dari DC dan kota asal keduanya, yakni Gotham dan Metropolis amatlah terkenal, bahkan telah menjadi bagian identitas mereka.

Baik Gotham dan Metropolis, keduanya terinspirasi oleh megapolitan New York. Tak banyak yang tahu bahwa “Gotham” sendiri merupakan salah satu julukan bagi kota New York, jauh sebelum Batman diciptakan pada 1930-an. Nama itu berasal dari bahasa Inggris “goat” (kambing” dan “home” (rumah). Sejarah Gotham dikisahkan secara rinci di komik Batman. Pelaut Norwegia mendirikan Gotham pada 1635 dan kemudian Inggris mengambilalihnya (kisah yang paralel dengan sejarah New York dimana New York didirikan oleh Belanda sebagai New Amsterdam dan kemudian diambil alih oleh Inggris). Gotham kemudian berkembang menjadi salah satu kota dengan perekonomian terkuat di AS, namun memiliki sejarah kriminalitas yang kelam.

Gotham_City_(DCAU)_01

Sementara itu Metropolis dikenal sebagai kota terbesar dan termakmur di dunia. Penduduknya mencapai 11 juta jiwa dan dikenal dengan julukan “Big Apricot” (julukan yang paralel dengan New York yang disebut “Big Apple”). Menurut sejarah, penduduk asli Amerika menjual Pulau Metropolis ke para pemukim Barat pertama pada 1644, cerita yang lagi2 paralel dengan sejarah New York sesungguhnya dimana para penduduk Indian menjual Pulau Manhattan kepada pemukim Belanda pada 1626.

dc-comics-metropolis-skyline

Di dalam komik Superboy dan Superman pada awalnya kota Gotahm diceritakan terletak amat dekat dengan Smallville maupun Metropolis. Bahkan kota Gotham dan Metropolis dikenal sebagai kota kembar dan dihubungkan dengan Metro-Narrows Brigde, jembatan suspensi terpanjang di dunia. Namun pada perkembangannya, letak ketiganya mulai diganti. Smallville berada di Kansas, Metropolis di Delaware, dan Gotham di New Jersey (dekat New York).

Jika kebetulan kalian berkunjung di sini:

Gotham memiliki banyak tempat menarik yang pasti sudah kalian kenal lewat film dan komik Batman, yakni Wayne Manor (rumah mewah tempat Bruce Wayne tinggal), Batcave, Arkham Asylum (tempat para musuh Batman dikurung), Gotham City Police Department (ttempat Inspektur Gordon bermarkas), dan Wayne Enterprises dengan jalur kereta tepat menembus jantung bangunan tersebut. Bangunan2 di Gotham diceritakan memiliki gaya arsitektur art deco.

Arkham_Asylum_(Detective_Comics_vol_1_731_1999)

Sementara itu jika kalian berwisata ke Metropolis, maka landmark yang langsung kalian kenal pastilah gedung Daily Planet dengan globe di puncaknya. Kantor Daily Planet terletak di New Troy, yakni kawasan perniagaan terbesar di Metropolis yang dipenuhi gedung pencakar langit. Di depan tempat Clark Kent bekerja ini terdapat lapangan Planet Square dimana kalian bisa bersantai. Selain itu ada pula Emperor Building (menggambarkan Empire State Building di New York) dan LexCorp Tower milik musuh bebuyutan Superman, yakni Lex Luthor (yang ironisnya menggambarkan menara kembar WTC). Terdapat juga tempat2 menarik lain seperti Terdapat pula Centennial Park, taman terbesar di Metropolis (terinspirasi oleh Central Park) dimana kalian bisa berfoto di depan monumen patung Superman dan Superboy.

Tapi hati2 jika berkunjung ke kedua kota itu, sebab banyak penjahat super yang beraksi di sana :D

BONUS:

Xavier School for Gifted Youngsters

Xavier's_School_for_Gifted_Youngsters_01

Nah sebagai bonus, gue berikan lokasi fiktif paling keren dalam cerita X-Men, yakni sekolah yang didirikan Professor X untuk mendidik para mutan. Aduuuh mau dong masuk ke sekolah ini dengan berbekal kemampuan super gue ....

Ekspresi readers: “Apa min kekuatan supernya? Menjadi manusia superjelek atau kemampuan mengubah bentuk menjadi trenggiling?”

Hmmm ... kekuatan gue adalah kesabaran super sebab sudah bertahun2 jadi jomblo hahaha *plaaak*. Btw sekolah ini didirikan di rumah mewah milik keluarga Xavier yang bergaya Neo-classical. Tau nggak sih kalo murid pertama sekolah ini ternyata adalah Jean Grey, diikuti oleh Scott Summers (Cyclops), Bobby Drake (Iceman), Warren Worthington III (Angel), dan Hank McCoy (Beast). Bersama mereka membentuk X-Men pertama …. yaaaay. Setelah kematian tragis Jean Grey karena berubah menjadi Phoenix, sekolah tersebut diubah namanya menjadi Jean Gey School.

    xavier-school-White

Keren2 ya tempat2 tersebut? Walaupun fiktif, namun tempat2 tersebut menggambarkan lokasi2 asli, seringkali dengan sindiran bernada sosial, seperti beberapa tempat menggambarkan penindasan terhadap kaum ras minoritas atau kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang miskin. Tapi yang pasti, gue malah bersyukur tempat2 itu cuman fiktif. Bisa repot kalo supervillain dan superheronya ada beneran dan pada berantem terus. Bisa hancur malahan kotanya haha.

2 comments:

  1. Klo scooby doo ke Gotham City
    Meat seller: "I'm sorry sir, but we're not selling ham here"
    Scooby: "What do you mean? This is GotHam City, you must be selling Ham here"
    Anyway, ham itu daging babi (klo gk salah, pernah baca d kamus) dan tlng jgn di makan ya, gk baik buat kesehatan (pernah baca d buku. klo bljr biologi pasti tau)

    ReplyDelete
  2. seriously bang dave..you have to be a profesional writer..i mean..write a book...gaya penulisan bang dave udah keren poll...bahkan bisa menggambarkan sesuatu yang fiktif menjadi kerasa nyata..jujur aku baca postingan ini langsung keinget sama gaya tulisan J.K Rowling...bukan menyamakan lo ya...takutnya fans J.K Rowling yang lain langsung marah...hehehehe..cuma langsung keinget aja...btw,,i'm addicted to your blog...

    ReplyDelete