Friday, May 17, 2013

ROMANCE AT THE WHITE CHURCH: 10 GEREJA PUTIH TERINDAH DI DUNIA

  our lady of ransom1

What is the most beautiful color according to you? Well, kalo menurut opiniku, warna terindah itu justru colorless. Buktinya, gereja2 di list ini muncul dalam kondisi minim warna dan hanya tampil dan paket serba-putih. Namun justru gereja2 ini tampil lebih memukau daripada gereja2 lain. Berikut ini 10 gereja putih yang menurutku pantas menyandang gelar sebagai gereja2 terindah di dunia.

1. Siena Cathedral (Siena, Italia)

052-siena-church-front

Salah satu gereja terindah di Eropa ini sangat unik, sebab merupakan gabungan dari 3 gaya arsitektur sekaligus, yakni French Gothic, Italian Romanesque, hingga gaya klasik. Tak heran, gaya arsitekturnya tak ada duanya di dunia ini. Salah satu keunikan gereja yang dibangun pada abad ke-13 ini adalah dindingnya yang dibuat dari marmer putih dan hitam yang berselang-seling.

Siena_Cathedral_2

2. Basilica Our Lady of Dolours (Kerala, India)

Shrine Basilica of Our Lady of Dolours ,Kerala

Gereja ini secara mengejutkan adalah gereja terbesar di India sekaligus gereja tertinggi di Asia! Gereja Katolik ini dibangun pada tahun 1814 dengan gaya gotik.

800px-Basilica_of_Our_Lady_of_Dolours

3. Milan Cathedral (Milan, Italia)


Katedral menakjubkan ini dibangun dalam jangka waktu yang sangat lama, mencapai 6 abad. Namun hasilnya sangat setimpal, sebab katedral ini tak hanya menjadi gereja terbesar terbesar ke-4 di dunia, namun menjadi salah satu gereja terindah di dunia.

4. Notre Dame du Sablon (Brussel, Belgia)

14867574-bruxelles--notre-dame-du-sablon-l-39-eglise-gothique--portail-sud

Gereja bergaya “Flamboyant Gothic” ini dibangun antara abad ke-15 hingga ke-16. Ukuran gereja ini yang lebih “mini” ketimbang katedral2 di Eropa diimbangi dengan kerumitan detail hiasannya.

dyn005_original_640_480_pjpeg_2584676_264f66954ee81a0af7147782419cc203

5. Basilica Sacred Heart (Paris, Prancis)


Gereja bernama asli Basilique du Sacre Coeur ini terletak di sebuah bukit bernama Montmarte di kota Paris. Gereja bergaya Romano-Byzantine ini mulai dibangun pada 1875 dan diselesaikan pada 1914.

6. Gesu Church (Milwaukee, Amerika Serikat)

Gesu_Church_Milwaukee

Dibangun pada 1849, gereja ini disebut gereja Gesu karena dibangun oleh ordo Jesuit. Gereja ini dibangun dengan gaya French Gothic dengan Katedral Chartres sebagai inspirasinya.

7. St. Nicholas Church (Praha, Ceko)

Prag_1342

Kota Praha memang menyimpan paling banyak bangunan bersejarah di Eropa. sebabnya karena Praha adalah sedikit kota yang “diampuni” dari kejamnya perang, sehingga banyak peninggalan bersejarahnya yang tak terjamah oleh serangan bom atau serangan militer saat Perang Dunia. Salah satu contohnya adalah Gereja St. Nicholas yang dibangun pada 1415 dan direnovasi dengan gaya barok pada abad ke-17.

8. Amiens Cathedral (Amiens, Prancis)


Mahakarya arsitektur Prancis dari abad ke-13 ini kini memang berfasad putih bersih. Namun berabad-abad lalu katedral dibalut oleh berbagai macam warna, dibuktikan dengan jejak-jejak pigmen yang tersisa di pintu utamanya. 


  
9. St. Peter and St. Paul Cathedral (San Francisco, Amerika Serikat)

san-francisco_white-church_green_man_01

Salah satu gereja favoritku di list ini, gereja bergaya gotik ini uniknya juga digunakan oleh pendatang Cina yang beragama Katolik. Tak heran di gereja ini juga terdapat misa dalam bahasa Mandarin. Gereja ini juga muncul dalam berbagai film, mulai dari Dirty Harry hingga Sister Act 2.

washington_square_cathedral5835

10. Church of Our Lady of Ransom (Kanyakumari, India)

7956793582_a642df07b4_z

Aku yakin para pembaca juga setuju jika aku menyebut gereja yang berada di posisi pamungkas ini sebagai gereja terindah di list ini. Gereja berusia 100 tahun ini terletak di wilayah Tamil Nadu, tak heran misa di sini diselenggarakan dalam bahasa Tamil. Oya uniknya di puncak menara utama setinggi 46 meter terdapat salib yang terbuat dari emas murni dan di dalam altarnya terdapat patung Bunda Maria yang mengenakan sari, busana tradisional India.

our lady of ransom


BONUS 
Sanctuary of Our Lady of Fatima (Fatima, Portugal)


Kota di Portugal yang mendapat namanya dari nama putri nabi Muhammad ini justru menjadi salah satu tempat peziarahan terpenting bagi umat Katolik sedunia. Kota kecil ini terkenal ke seluruh dunia karena terjadinya peristiwa penampakan Bunda Maria pada 1817. Bangunan gereja ini dibangun untuk memperingati peristiwa tersebut, sekaligus menjadi pusat peziarahan Katolik terbesar ketiga setelah Tanah Suci Yerusalem dan Lourdes, Prancis. Gereja putih ini dibangun antara tahun 1928-1953 dan menarik sekitar 4 juta peziarah setiap tahunnya.

beautiful-sanctuary-the-fatima-in-portugal-photo_1784739-770tall













































No comments:

Post a Comment