Friday, May 17, 2013

TIMELESS: 10 RERUNTUHAN TERINDAH DI DUNIA

 

roman-forum

Hai para readers setia blog-ku. Kali ini aku masih membicarakan hal-hal yang tak jauh dari arsitektur. Kali ini aku akan mengupas tentang 10 reruntuhan paling memukau di muka bumi. Reruntuhan ini terus dijaga, selain karena nilai estetikanya yang tinggi, juga karena sejarahnya yang tak ternilai harganya. Berikut ini adalah 10 reruntuhan yang keindahannya tak lekang oleh waktu.

1. Macchu Picchu (Peru)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Top ten ini kuawali dengan salah satu lokasi paling breathtaking di muka bumi. Bahkan karena keindahan lokasinya, tempat ini menyandang predikat sebagai salah satu dari 10 keajaiban dunia yang baru. Macchu Picchu adalah reruntuhan kota kuno yang dibangun oleh suku Inca pada abad ke-15. Kota kuno ini kemungkinan sengaja dtinggalkan akibat serangan para conquistador Spanyol yang terkenal sangat kejam terhadap penduduk pribumi Amerika.

image

2. Colosseum (Roma, Italia)

italy-rome-colosseum

Dikenal sebagai salah satu peninggalan Romawi kuno paling menakjubkan, Colosseum yang bernama asli Amphiteathre of Flavius ini juga disebut-sebut sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Salah satu ikon Italia paling terkenal ini dibangun sebagai arena pertandingan para gladiator. Konon diperkirakan sekitar 500.000 orang tewas akibat diadu di tempat ini.

Selain Colosseum, reruntuhan peninggalan kerajaan Romawi yang lain adalah Roman Forum. Roman Forum adalah sebuah plaza (lapangan) yang pernah menjadi pusat kota Roma pada masa Romawi kuno. Di sini berdiri pasar hingga kuil-kuil untuk menyembah para dewa Romawi. Sayang kini hanya tertinggal puing-puing dan beberapa pilar yang masih berdiri mengenang kejayaan kekaisaran yang menjadi peletak kebudayaan Eropa itu.

5814830ee1739fc47f03b1d7cdb6d15e

Beginilah wujud Roman Forum pada masa kejayaannya.

roman_forum

3. Acropolis (Athena, Yunani)

Acropolis3

Acropolis merupakan salah satu lokasi reruntuhan paling legendaris di muka bumi ini. Di lokasi yang dibangun sekitar abad ke-5 SM ini tak hanya terdapat kuil Parthenon yang terkenal itu saja, melainkan terdapat pula kuil Erectheion yang jarang dikenal orang. Padahal di sana terdapat pilar2 yang unik karena dipahat menyerupai sosok wanita, disebut Caryatids.

Acropolis Parthenon

Erechtheum_caryatids_athens_01

4. Persepolis (Iran)

p The ruins of Persepolis bis

Persepolis adalah ibu kota kerajaan Persia pada masa Dinasti Aechemenid pada sekitar abad ke-4 hingga ke-5 SM. Kini reruntuhan kota ini hanya meninggalkan pilar-pilar batu serta fondasi istana dari batu marmer yang banyak dihiasi ukiran-ukiran yang sangat indah.

Persepolis-Iran-persepolis-iran-746e074634

persepolis-iran-ruins-621319-sw

5. Palmyra (Syria)

PalmyraPanoramaZoom (1)

PalmyraPanoramaZoom (1)

Siapa sangka di tengah gurun Syria yang begitu menyengat, terdapat reruntuhan kerajaan kuno yang begitu indah? Palmyra yang namanya berarti “Kota Palem” ini sempat berjaya pada abad pertama karena letaknya yang berada di Jalur Sutra. Sayang kota ini pada akhirnya direbut oleh Romawi.

palmyra

PalmyraCloseup

tetrapylon

6. Perpustakaan Celsus (Efesus, Turki)

Efes_Celsus_Library____by_beyzakurt

Tak heran ada banyak peninggalan Romawi Kuno di negara Timur Tengah ini, sebab dulu Turki adalah wilayah kekuasaan Romawi. Salah satunya adalah bangunan indah yang menjadi pusat pengetahuan ini. Perpustakaan ini dibangun oleh menghormati salah satu senator Romawi bernama Celsus dan dahulu menyimpan sekitar 12.000 gulungan buku.

7. Tlemcen ((Aljazair)

TLEMCEN ALGERIA

Inilah satu-satunya reruntuhan kuno yang ditinggalkan kekhalifahan Muslim di dalam list ini. Tlemcen National Park di negara Afrika Utara ini menyimpan reruntuhan kota kuno, Mansoura, dimana peninggalannya yang paling terkenal adalah minaret (menara) masjid Sidi Boumediene.

4432703397_c59b358856_b

8. Istana Cleopatra (Alexandria, Mesir)

CLEOPATRA PALACE

Ini mungkin adalah reruntuhan terunik di list ini, sebab seluruh bagiannya kini telah terendam dalam laut. Reruntuhan kuil ratu Mesir paling terkenal dalam sejarah ini diperkirakan tenggelam akibat gempa bumi dan tsunami yang menyapunya sekitar 1.600 tahun yang lalu.

9. Petra (Yordania)

PETRA

Siapa tak kenal dengan bangunan mengagumkan ini? Baru saja dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru, bangunan yang seluruhnya diukir dari batu ini makin terkenal setelah muncul di film Transformers 2. Sama seperti Palmyra, kerajaan ini juga berjaya karena berada di Jalur Sutra yang menghubungkan Cina dengan Eropa.

image

10. Pagan (Myanmar)

WK-AO426_COVER__G_20090122220246

Tak banyak yang tahu tentang lokasi ini, padahal pemandangannya amatlah menakjubkan. Dibangun antara abad ke-9 hingga abad ke-13, dahulu terdapat hingga 10.000 kuil dan biara Buddha di ibu kota kerajaan kuno ini. Sayang, yang masih tersisa kini hanya tinggal 2.200 buah saja.

2342

7D02DDD5FA14

BONUS:

Prambanan (Klaten, Indonesia)

Prambanan-07 (1)

Salah satu lokasi yang kurang dikenal di mancanegara ini juga merupakan reruntuhan. Walaupun candi-candi utamanya masih kokoh berdiri setelah direstorasi, sebenarnya lebih dari 224 dari total 240 candi yang dibangun pada abad ke-9 ini masih berada dalam bentuk reruntuhan. Kapankah candi-candi Prambanan akan kembali seperti bentuk semulanya ketika dibangun?

No comments:

Post a Comment