Wednesday, April 26, 2017

BEAUTY AND THE BEST: NOSTALGIA 10 LAGU DISNEY TERBAIK SEPANJANG MASA

 

Disney ... Disney ... Disney ... Membicarakan Disney secara nggak langsung berarti ngomongin masa kecil gue. Soalnya gue tumbuh bersama film-film Disney guys. Gue agak kasihan deh ama anak-anak kebanyakan nggak tahu keajaiban film Disney zaman duu sebelum ada teknologi computer animation. Gue sih ngerasa animasi dengan ilustrasi oleh tangan lebih indah ketimbang yang 3D gitu. Tapi well, pendapat orang bisa beda-beda.

Anyway, kali ini gue akan membicara soundtrack-soundtrack film Disney yang mengisi masa kecil gue. Lagu-lagu Disney emang dikenal indah (sudah tradisi kali ye). But sorry bitches, gue terpaksa men-skip “Let It Go”-nya Frozen soalnya lagunya terlalu baru dan ehem, masih kalah tuh ama lagu-lagu Disney lama yang enchanted banget. Berikut ini 10 lagu Disney terbaik sepanjang masa (menurut gue).

1. BEAUTY AND THE BEAST (ANGELA LANSBURY)

BeautyAndTheBeast-KA-1

(sumber gambar)

We start with, of course, lagu yang menginspirasi gue untuk membuat list ini. Lagu ini lebih populer dinyanyikan oleh Celine Dion. Namun, gue pribadi lebih menyukai versi aslinya di film yang dibawakan oleh Angela Lansbury yang memerankan karakter Mrs. Potts. Nggak tahu kenapa, suara Madam Lansbury udah uzur-uzur gimana gitu kayaknya pas banget ama lagu ini.

Lagu ini sukses besar, meraih baik piala Oscar, Golden Globe, dan Grammy 1991 untuk kategori soundtrack terbaik. Bahkan duet Celien Dion dan Peabo Bryson yang menyanyikan versi pop lagu ini berhasil meraih piala Grammy untuk duo terbaik. Tak hanya itu, film “Beauty and The Beast” sendiri menjadi dilm animasi pertama yang dinominasikan sebagai Film Terbaik di ajang piala Oscar yang bergengsi.

2. YOU’LL BE IN MY HEART (PHIL COLLINS)

tarzan

(sumber gambar)

Salah satu lagu terbaik Disney menurut gue karena entah kenapa, lagu ini bisa membawa warm feeling bagi siapapun yang mendengarnya. Apalagi ada alunan vokal Phil Collins yang menurut gue pas banget. Lagu easy listening yang menjadi soundtrack film “Tarzan” ini diganjar dengan gelar lagu soundtrack terbaik dalam seremoni piala Oscar dan Grammy Awards 1999.

3. A WHOLE NEW WORLD (LEA SALONGA & BRAD KANE)

aladdin

(sumber gambar)

Soundtrack Aladdin ini juga menjadi salah satu lagu Disney paling memorable. Gue bahkan ingat banget adegannya pas Aladdin membawa Putri Jasmine terbang bersama karpet ajaib untuk mengelilingi dunia. Lagu ini by far, adalah lagu soundtrack Disney paling sukses sepanjang masa. Nggak hanya memboyong piala Oscar 1992 untuk soundtrack terbaik, lagu ini juga menjadi satu-satunya lagu Disney yang memenangkan kategori lagu terbaik di ajang Grammy Award. Tak hanya itu, lagu ini juga sukses menduduki puncak tangga lagu Billboard.

4. CAN YOU FEEL THE LOVE TONIGHT (ELTON JOHN)

lion king

(sumber gambar)

Lion King adalah salah satu film Disney terbaik sepanjang masa dan secara pribadi, film animasi favorit gue. Dirilis 1994, film ini meraup untung nyaris mencapai 1 miliar dolar, sebuah prestasi yang luar biasa kala itu. Kalo tahun 2017 mungkin angka segitu sudah biasa ya guys, apalagi untuk film sekelas Transformers atau Avengers. Namun 10 tahun yang lalu, angka tersebut jelaskan fantastis. Nggak salah memang jika film ini dinobatkan sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa. Gue aja pas pulang dari bioskop kepengen nangis gara-gara saking bagusnya film ini.

Kunci kesuksesannya (menurut analisa gue) terletak pada jalan ceritanya yang ternyata melanggar pakem Disney yang ada, yakni tidak mengadaptasi cerita dongeng yang sudah dikenal banyak orang. Disney kali ini secara kreatif membuat ceritanya sendiri (formula kesuksesan yang kemudian diulang pada Frozen, Toy Story, dan Zootopia). Tetapi banyak yang menduga bahwa sebenarnya Lion King bukanlah hasil imajinasi kreatif Disney, melainkan hasil jiplakan dari Kimba, sebuah anime bikinan Osamu Tezuko (pencipta Astro Boy). Well, dugaan ini emang masih kontroversial sih.

Nah, sekarang bicara soundtracknya nih. Keputusan Disney untuk merangkul Elton John (yang mungkin bisa dianggap aneh sebab Elton John adalah musisi dewasa dan nggak pernah bikin lagu untuk anak-anak sebelumnya) ternyata amat tepat. Film ini tak hanya menghasilkan satu hits saja, namun tiga, yakni “Circle of Life”, “Hakuna Matata”, dan “Can You Feel The Love Tonight”(ketiganya bahkan masuk kategori soundtrack terbaik dalam ajang piala Oscar). Lagu “Can You Feel The Love Tonight” sendiri memenangkan piala Oscar dan Golden Globe untuk soundtrack terbaik. Bahkan Elton John ikut kecipratan membawa pulang piala Grammy sebagai penyanyi pria terbaik berkat lagunya itu.

5. UNDER THE SEA (SAMUEL E. WRIGHT)

little mermaid

(sumber gambar)

Salah satu lagu Disney paling unforgettable, terutama karena gue suka ama instrumennya yang berasa “laut” banget. Gue aja masih inget banget lagu ini dinyanyikan oleh kepiting merah bernama Sebastian wkwkwk. Ya ampun, pas nonton film ini bareng ortu di bioskop gue umur berapa ya? Tiga tahun kali. Nggak heran jika lagu ini memenangkan piala Oscar dan Grammy Award 1989 untuk kategori soundtrack terbaik.

6. REFLECTION (CHRISTINA AGUILERA)

mulan

(sumber gambar)

“Who is that girl I see ... staring back right at me” masih inget banget deh lirik chorusnya. FYI, Christina Aguilera menyanyikan lagu ini jauh sebelum dia terkenal (masih culun banget, liat deh videonya). Sayangnya, lagu ini kayaknya kurang dikenal oleh penggemar Disney ya, padahal bagus banget.

7. GO THE DISTANCE (RICKY MARTIN)

hercules

(sumber gambar)

Versi Inggris dari soundtrack film Tarzan ini dinyanyikan oleh Michael Bolton. Tapi jujur, gue lebih suka versi Latin yang dinyanyikan Ricky Martin. Apalagi pas itu Ricky Martin lagi ngetop-ngetopnya habis nyanyiin theme song Piala Dunia (masih ada ingat kaga sih, yang “Ole ole ole” hahaha). Really bring back old memories guys.

Lagu ini (versi Inggisnya) dinominasikan menjadi soundtrack terbaik di ajang Oscar dan Grammy Award 1997. Namun sayang, harus kalah bersaing dengan soundtrack Titanic, yakni “My Heart Will Go On”-nya Celien Dion. YA IYALAH kalah, lawannya lagu legendaris kayak gitu.

8. WHEN SHE LOVED ME (SARAH MCLACHLAN)

toy story 2

(sumber gambar)

Salah satu lagu Disney yang bikin gue nangis, soundtrack Toy Story 2 ini gue ingat banget dinyanyikan pas Jessie ditinggalkan oleh pemiliknya. Sedih banget deh. Dan serius guys, sudah lama gue ngefans ama penyanyinya, Sarah McLachlan, bahkan sejak sebelum doi menyanyikan lagu ini. Jujur, menurut gue suara angelic Sarah McLachlan emang cocok banget buat menyanyikan tembang melodramatis ini. Lagu ini dinominasikan pada Academy Award 2000 untuk soundtrack terbaik, namun dikalahkan oleh soundtrack film Disney lainnya, yakni Tarzan.

9. COLORS OF THE WIND (VANESSA WILLIAMS)

pocahontas

(sumber gambar)

Lagu soundtrack Pocahontas ini juga pantas masuk ke dalam 10 besar lagu Disney paling indah. Kalian juga pasti setuju kalo denger chorusnya. Lagu ini bahkan sempet bikin gue mikir, kayaknya lagu-lagu Disney tuh terlalu romantis deh buat anak kecil hehehe. Berbeda dengan lagu cinta Disney lainnya, lirik lagu ini justru mengisahkan harmoni antara manusia dan alam. Lagu ini memenangkan piala Oscar, Golden Globe, dan Grammy 1995 untuk kategori soundtrack terbaik.

10. AT THE BEGINNING (RICHARD MARX & DONNA LEWIS)

anastasia

(sumber gambar)

Lagu soundtrack Anastasia ini gue pikir underestimated banget (gue juga yakin kalian nggak tahu lagunya yang mana). Padahal menurut gue, ini adalah salah satu lagu Disney terbaik. Chorusnya totally earworm, apalagi penulisnya adalah musisi sekaliber Richard Marx, jagonya lagu romantis. Sayangnya, tak seperti tradisi Disney, lagu ini nggak mendapatkan nominasi apapun di Grammy, Oscar, maupun Golden Globe. What a waste. Omong-omong soal Anastasia, film animasi merupakan salah satu yang paling “magical” menurut gue, sayangnya menjadi salah satu animasi buatan tangan terakhir Disney sebelum mereka beralih sepenuhnya ke teknologi 3D komputer. 

BONUS:

TRUE TO YOUR HEART (98 DEGREES & STEVIE WONDER)

Lagi-lagi lagu Disney yang underestimated dan jarang dikenal. Padahal lagunya keren banget. Coba dengerin deh guys, kalian pasti langsung suka.

6 comments:

  1. Lagunya Alladin tuh yang paling gue kenang mas....tuh lagu ikonik banget menurut gue mas soalnya tiap denger pasti langsung kebayang si Alladinnya hehe...

    ReplyDelete
  2. lagu - lagu disney favorit gw
    -Savages (pocahontas)
    -hellfire (The hunchback of notre dame)
    -be prepared (lion king)
    -arabian night (aladin)
    -i'll make a man out of you (mulan)
    -i'm still here (treasure planet)

    ReplyDelete
  3. rata2 udah pernah denger yg diatas

    ReplyDelete
  4. Yang paling menyentuh bwt gw itu yg ubiiiin mahal...hahahah..phil collins lagi...mantap jiwa dah..

    ReplyDelete
  5. Lagu nya di MOana sama Frozen ga masuk yak wkwkwkw. Bagus padahal :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga nostalgia chuu ... jadi lagunya lagu2 lama

      Delete