Wednesday, April 26, 2017

OLD BUT GOLD: 10 FILM JADUL LEGENDARIS BUAT GENERASI 80-90AN

 

Kalo kalian masih inget deretan pilem di bawah ini, gue punya kabar buruk buat kalian: kalian udah tua! Well, don’t worry ... itu termasuk gue hahaha. But the good news is, jika kalian anak generasi 90-an (bahkan 80-an) kalian jelas punya masa muda yang menyenangkan guys. Ada banyak pilem legendaris (kayaknya film zaman sekarang jarang yang menyamai status cult film-film 80-an dan 90-an di bawah ini), belum lagi soundtrack-nya keren-keren. Masa 80-an dan 90-an dipenuhi kenangan akan film-film drama percintaan, komedi, hingga action yang melekat hingga sekarang. Mari bernostalgia dengan deretan film-film legendaris masa 80-an dan 90-an berikut ini.

1. DIE HARD (1988)

Die_hard

(sumber gambar)

Siapa tak kenal dengan film ini? Film ini langsung membuat nama Bruce Willis identik sebagai aktor laga. Namun tak banyak yang tahu, sebelum jatuh ke tangan Bruce Willis, tokoh John McClane di film ini awalnya ditawarkan kepada Arnold Schwarzenegger, namun sang aktor menolak. Dengan berat hati, peran tersebut kemudian diberikan kepada Bruce Willis. Kenapa dengan berat hati? Well, karena sebelum film ini, Bruce Willis lebih dikenal sebagai aktor komedi dan tak pernah bermain di film action sebelumnya. But he totally nailed it! Kesuksesan film ini berujung pada empat sekuelnya yang terakhir dirilis pada tahun 2013. Tak banyak yang tahu juga bahwa film ini ternyata didasarkan pada novel kriminal berjudul “Nothing Lasts Forever”.

2. PRETTY WOMAN (1990)

Pretty_woman_movie

(sumber gambar)

Film ini dikenal hingga saat ini sebagai drama komedi romantis terlaris sepanjang sejarah Hollywood. Hanya berbekal modal 14 juta dollar, film ini meraup untung hingga 463 juta dollar dan langsung membuat karir aktris utamanya, Julia Roberts, meroket hingga meraih puncak popularitas. Film ini juga dikenang berkat soundtrack-nya yang merajai tangga lagu Billboard kala itu, yakni “It Must Have Been Love” dari Roxanne.

3. MRS. DOUBTFIRE (1993)

Mrs_Doubtfire

(sumber gambar)

Film ini melambungkan nama mendiang Robin Wllliams menjadi komedian papan atas Hollywood. Di film ini, Robin Williams menyamar menjadi seorang pembantu rumah tangga demi dekat dengan anak-anaknya yang terpisah dengannya semenjak bercerai. Film berbudget 25 juta dollar ini meraih laba hingga 441 juta dollar. Film ini meraih piala Oscar untuk make up terbaik dan Robin Williams sendiri diganjar penghargaan Golden Globe untuk aktor terbaik atas perannya.

Film lain yang sejenis, berjudul “Tootsie” memang nggak se-memorable Mrs. Doubtfire, tapi soundtracknya yang berjudul “It Might Be You” cukup ... yah, membangkitkan kenangan lama.

4. GHOST (1990)

ghost

(sumber gambar)

Hayooo, siapa yang pas denger judul film ini langsung terbayang adegan membuat pot tanah liat dengan iringan lagu “Oooooo my love ... my darling ...” wkwkwk. Jalan ceritanya cukup sederhana, yakni seorang cowok yang meninggal kemudian menjadi hantu dan mencoba mengunjungi kekasihnya yang patah hati. Tapi ini bukan film horor lho, tapi film drama romantis. Film in terbukti amat sukses, mengumpulkan laba hingga 505 juta dollar hanya dari modal 22 juta dollar. Film ini juga membuat nama Demi Moore menjadi tenar.

5. TOP GUN (1986)

top-gun-2

(sumber gambar)

Film ini adalah pendulang sukses bagi karir Tom Cruise yang namanya langsung melejit menjadi aktor papan atas Hollywood berkat perannya di film ini. Film yang bersetting tentang kehidupan pilot angkatan udara ini memang tak begitu dianggap serius oleh para kritikus (hanya mendapat skor 55% di Rotten Tomatoes), namun sukses besar hingga meraih 356 juta dollar dari budget hanya 15 juta dollar saja. Apalagi pemilihan soundtrack yang pas membuat film ini makin legendaris. Theme song-nya, yakni “Take My Breath Away” dari grup Berlin bahkan meraih piala Oscar untuk kategori soundtrack terbaik.

6. SPEED (1994)

Speed_movie_poster

(sumber gambar)

Yakin deh, pasti nggak ada yang nggak pernah liat film ini, apalagi kalo kalian anak generasi 90-an. “Speed” adalah salah satu film action paling legendaris dan langsung melejitkan nama kedua pemainnya, yakni Keanu Reeves dan Sandra Bullock. Premisnya sih sederhana, ada sebuah bom waktu di sebuah bus yang tengah melaju dan akan meledak bila bisnya berhenti. Tapi gue akuin, filmnya emang seru abis!

7. SISTER ACT (1992)

(sumber gambar)

Film ini memang lekat dengan peran Whoopi Goldberg yang memerankan seorang penyanyi yang terpaksa menyamar menjadi suster setelah menjadi saksi sebuah kasus pembunuhan. Film komedi musikal ini termasuk yang tersukses pada zamannya.

8. JURASSIC PARK (1993)

Jurassic_Park_poster

(sumber gambar)

Steven Spielberg memang sudah dikenal berkat film-filmnya yang muncul sebelum “Jurassic Park”, seperti “Indiana Jones” dan “E.T.”. Namun film ini semakin mengukuhkan namanya sebagai salah satu sutradara terbaik Hollywood. Film ini menjadi breaktrough film berteknologi CGI (sebelumnya, tak banyak film yang mengandalkan special effect secanggih “Jurassic Park”). Film ini juga tercatat sebagai salah satu film terlaris sepanjang sejarah dengan mengumpulkan keuntungan hingga 1 miliar dollar!

9. TERMINATOR (1984) DAN TOTAL RECALL

Terminator1984movieposter

(sumber gambar)

Kesuksesan kedua film ini semakin meneguhkan nama Arnold Schwarzenegger sebagai aktor laga Hollywood nomor satu. Mungkin nggak banyak yang sadar bahwa di versi asli “Terminator” yang pertama, Arnold Schwarzenegger justru muncul sebagai tokoh antagonis. Namun kesuksesan dan nama besar yang diraihnya membuatnya muncul sebagai protagonis di sekuel-sekuel berikutnya. Tak banyak yang sadar juga, sutradaranya adalah James Cameron, yang juga menyutradarai “Titanic”. Hmmm ...

Kalian juga mungkin masih ingat “Total Recall”, film fiksi sains lain yang membesarkan nama Arnold Schwarzenegger. Gara-gara film ini gue jadi percaya kalo berada di ruang vakum, tubuh kita bakalan meledak wkwkwkwk.

10. RAMBO (1985)

Rambo_first_blood_part_ii

(sumber gambar)

Come on ... seriously guys, siapa yang nggak kenal ama Rambo? Sosok yang diperankan Sylverster Stallone ini sebenarnya diangkat dari novel berjudul “First Blood” yang diangkat menjadi film berjudul sama pada 1982. Namun “Rambo” yang kita kenal dengan plot cerita kembali ke Vietnam untuk menyelamatkan para tawanan perang berasal dari sekuelnya pada 1985. Emang pada 80-an dan 90-an, film-film action banyak digemari dan banyak aktor-aktor laga yang berkibar pada zaman itu.

BONUS

HOME ALONE (1990)

Home_alone_poster

(sumber gambar)

Yup last but the not least, film Natal terfavorit sepanjang masa ini melejitkan nama aktor ciliknya, Macaulay Culkin. Film ini juga dikenal sebagai film komedi tersukses pada masanya, dengan menghasilkan keuntungan hingga 476 juta dollar dari budget bersahaja 18 juta dollar. Film ini amat digemari hingga menduduki posisi puncak box office selama 12 minggu! Bahkan film Natal ini tetap bertahan di posisi puncak walaupun musim Natal sudah lama lewat, bahkan hingga bulan Februari. Well, I won’t argue with that. Cuman yang patut disayangkan adalah nasib dari pemeran utamanya, Macaulay Culkin yang karir dan kehidupan pribadinya nggak seindah kesuksesan filmnya.

Emang memorable banget ya film-film 80-90-an di atas. Emang sih gue nggak pernah nonton di bioskop (apalagi ada yang rilisnya sebelum gue lahir hehehe) tapi at least pasti pernah lah nonton di televisi. Bagaimana dengan kalian? Adakah film-film jadul legendaris yang terlewat?

5 comments:

  1. Mas itu soundtracknya pretty woman yg nyanyi roxette bukan roxanne..

    "It must have been love but its over now.."
    #mewek mode on..

    ReplyDelete
  2. die hard, speed, rambo, home alone saya udah nonton

    ReplyDelete
  3. Hahaha si dave typo atau emeng gak tau?...semuanya udah gw tonton..dan kayaknya masih banyak lagi yg memorable..

    ReplyDelete
  4. huuuu gue koq taunya roxanne ya :(

    ReplyDelete
  5. Cuma tau Home alone doang wkwkkwj

    ReplyDelete