Wednesday, April 26, 2017

SURPRISE MADAFAKA! 20 ARTIS HOLLYWOOD YANG TERNYATA BERDARAH YAHUDI

 

GAL GADOT

(sumber gambar)

Untuk menyebut dirinya seorang Yahudi, nggak harus menganut agama Yahudi lho. Yahudi lebih spesifik merujuk kepada etnis tertentu, yang jika dirunut lewat kitab suci, berasal dari keturunan Nabi Ishak, putra Abraham. Selain itu, berbeda dengan agama lain, seperti Kristen dan Islam yang bebas dianut siapa saja, Yahudi adalah agama tertutup, bahkan penganutnya sama sekali tak berusaha untuk menyebarkan ajaran agama mereka.

Dan gue juga baru tahu, jika darah Yahudi dalam sebuah keluarga bersifat maternalistik, artinya mengalir melalui ibunya. Yahudi juga, sama seperti agama lainnya, terbagi-bagi menjadi beberapa tingkatan seperti fundamental, konservatif, moderat, hingga liberal. Jadi nggak semua Yahudi adalah zionis, bahkan separuh penganut Yahudi di dunia ogah pindah ke Israel.

Belajar dikit juga, Yahudi sendiri ternyata terbagi menjadi beberapa etnis. Setidaknya ada tiga etnis Yahudi, yakni Ashkenazim (sebutan bagi kaum Yahudi yang berasal dari Jerman dan Eropa Timur), Sephardim (berasal dari Spanyol), dan minoritas Mizrahim (sebutan bagi segelintir umat Yahudi yang bertahan di Timur Tengah). Uniknya, populasi Yahudi di Eropa kuno bertahan dengan kuat di Spanyol karena pada saat itu, wilayah tersebut dikuasai oleh Kekhalifahan Islam yang dikenal amat toleran terhadap penganut Yahudi (bertolak belakang dengan Kristen yang dahulu amat mendiskriminasikan mereka). Bahkan ketika Spanyol akhirnya jatuh kembali ke tangan Katolik dan ribuan penganut Yahudi diusir, mereka berbondong-bondong mengungsi ke wilayah Afrika Utara dan Eropa Timur yang saat itu dikuasai oleh Dinasti Muslim Ottoman yang lagi-lagi masih melindungi dan menjamin hak dan martabat mereka dengan baik.

Gue tertarik membahas artis-artis Hollywood berdarah Yahudi karena sebagian besar nama dari list tersebut ternyata tidak terduga! Dan lagi, gue menyebut mereka sebagai “berdarah” Yahudi, nggak harus sebagai penganut agama Yahudi. Jadi at least salah satu orang tua mereka memiliki keturunan Yahudi. Berikut ini nama-namanya guys (gue yakin salah satunya idola kalian juga).

DANIEL RADCLIFFE

daniel radcliffe

(sumber gambar)

Surprised already? Aktor yang mendunia berkat perannya sebagai Harry Potter ini memiliki darah Yahudi dari ibunya yang berasal dari Afrika Selatan, sementara ayahnya adalah penganut Protestan. Namun aktor muda ini lebih memilih menjadi atheis.

GWYNETH PALTROW

GWYNETH PALTROW

(sumber gambar)

Remaja zaman sekarang mungkin lebih mengenalnya sebagai kekasih Tony Stark di Iron Man, namun kiprahnya di dunia akting lebih dulu membawanya menjadi aktris peraih Oscar. Mantan istri vokalis Coldplay ini lebih memilih menganut agama ayahnya, yakni Yahudi ketimbang mengikuti ibunya yang seorang Kristen.

LOGAN LERMAN

logan lerman

(sumber gambar)

Aktor muda ini terkenal di kalangan remaja berkat perannya sebagai Percy Jackson. Mendapatkan darah Yahudi dari ayah dan ibunya, Logan beserta seluruh keluarganya adalah penganut agama Yahudi.

DRAKE

drake

(sumber gambar)

Hmmm ... nggak nyangka ya dari warna kulitnya (bukan rasis lho), ternyata penyanyi yang menjadi salah satu idola remaja ini ternyata penganut Yahudi. Darah Yahudi Drake mengalir dari ibunya, sedangkan ayahnya adalah Katolik.

ZAC EFRON

zac efron

(sumber gambar)

Lagi-lagi bintang remaja (tapi sekarang udah dewasa ya) yang namanya besar berkat Disney, Zac Efron sendiri dibesarkan dalam keluarga agnostic. Namun, Zac mengaku bahwa ia adalah seorang Yahudi dan mendapatkan darah Yahudi dari neneknya. Bahkan nama belakangnya, Efron, adalah marga Yahudi Ashkenazi dan Zachary sendiri tentu saja adalah nama nabi Yahudi (yang juga dikenal dalam Kristen dan Islam)

JAMES DAN DAVE FRANCO

dave james franco

(sumber gambar)

Hmmm ... nggak nyangka dua aktor bersaudara ini juga berdarah Yahudi. James Franco berkibar namanya sejak berperan sebagai antagonis di film Spiderman, sedangkan Dave juga dikenal luas berkat perannya di “Now You See Me”. Ayah mereka berdarah Portugis (hence marga mereka berbau Latin banget) sedangkan ibu mereka keturunan Yahudi.

ANDREW GARFIELD

andrew garfield

(sumber gambar)

Aktor mantan pemeran Peter Parker ini pernah memerankan pastur Katolik di film “Silence”, namun tak disangka ternyata memiliki darah Yahudi dari ayahnya.

JOSEPH GORDON-LEVITT

Joseph_Gordon-Levitt_2013

(sumber gambar)

Kiprah aktor ini mulai dilirik semenjak berperan sebagai Robin di film “Dark Knight Rises”. Siapa sangka dia ternyata lahir dalam keluarga Yahudi bahkan dibesarkan secara taat dalam ajaran agama tersebut.

JAKE GYLENHAAL

Jakegyllenhaal

(sumber gambar)

Salah satu aktor favorit gue nih. Aktingnya di “The Day After Tomorrow” dan “Prince of Persia” membuatnya tak asing lagi di kalangan pecinta film Hollywood. Lahir dari ayah berdarah bangsawan Swedia dan ibu Yahudi, Jake mengaku lebih dekat dengan ajaran Yahudi ibunya.

SCARLET JOHANSSON

scarlett_johansson

(sumber gambar)

Pasti sudah tak asing lagi kan dengan si cantik pemeran Natasha Romanov alias superhero Black Widow di Marvel Universe ini? Lagi-lagi lahir dari keluarga campuran, ayah aktris ini berasal dari Denmark, namun ibunya berdarah Yahudi.

SHIA LABEOUF

shia lebouf

(sumber gambar)

Aktor yang memulai kariernya sebagai bintang cilik hingga merambah menjadi peran utama di film Transformers ini berasal dari keluarga campuran. Ayahnya seorang Kristen, sedangkan ibunya Yahudi. Namun Shia (yang namanya juga berasal dari bahasa Yahudi yang berarti “Hadiah Tuhan”) mengaku lebih dekat dengan ibunya.

ADAM LEVINE

161949543CO00021_DANIELLE_M

(sumber gambar)

Wow ... ini mungkin mengejutkan ya. Vokalis Maroon 5 yang juga menjadi juri The Voice ini memiliki ayah seorang Yahudi dan ibu penganut Kristen. Dalam sebuah wawancara, dia mengaku sebagai Yahudi.

IDINA MENZEL

IDINA MENZEL

(sumber gambar)

“Let it go ... let it go ...” pasti semua masih ingat dengan lagu dari film Frozen tersebut kan? Siapa sangka penyanyinya sekaligus pengisi suara Queen Elsa berasal dari keluarga imigran Yahudi dari Eropa Timur.

PINK

PINK

(sumber gambar)

Penyanyi yang kerap tampil kontroversial ini memiliki darah campuran berbagai bangsa, mulai dari Irlandia, Jerman, Lithuania, dan tentu saja: Yahudi. Tapi gue selalu suka dengan kreativitas penyanyi yang satu ini, whoever she is.

PAULA ABDUL

PAULA ABDUL

(sumber gambar)

Terkenal sebagai salah satu juri American Idol, Paula Abdul memiliki darah Yahudi yang kental. Ayahnya adalah seorang Yahudi dari Syria (makanya marganya berbau Timur Tengah), sedangkan ibunya adalah Yahudi Ashkenazi yang berasal dari Ukraina.

ROBERT DOWNEY JR.

Age-Of-Ultron

(sumber gambar)

Shocked, guys? Pemeran Iron Man ini ternyata berayahkan seorang Yahudi keturunan Eropa Timur.

PAUL RUDD

PAUL RUDD

(sumber gambar)

Lagi-lagi pemeran superhero Marvel yang ternyata keturunan Yahudi. Jika kebanyakan artis di atas berdarah campuran, maka pemeran Ant Man ini berasal dari keluarga yang sepenuhnya Yahudi, bahkan menjalankan kewajiban agama tersebut.

STEVEN SEAGAL

Steven-Seagal

(sumber gambar)

Ini dia yang paling bikin gue kaget hahaha. Nggak nyangka banget! Buat yang seangkatan ama gue, pastilah nggak asing dengan aktor yang jago martial art ini. Steven Seagal yang selalu memerankan jagoan di film-film laga ini memiliki ayah yang berdarah Yahudi.

HARRISON FORD

HARISON FORD

(sumber gambar)

Salah satu aktor legendaris Hollywood ini dikenal lewat berbagai peran apiknya, mulai dari trilogi Star Wars jadul hingga Indiana Jones. Ayahnya adalah Katolik, sedangkan ibunya keturunan Yahudi dari Eropa Timur. Uniknya, di film Indiana Jones dia kemudian bekerja sama dengan sutradara berdarah Yahudi yang amat terkenal (sekaligus kreatif), siapa lagi kalau bukan Steven Spielberg.

GAL GADOT

GAL GADOT 2

(sumber gambar)

Jika ditanya siapa artis paling “Yahudi” di list ini, pastilah pemeran Wonder Woman inilah jawabannya. Aktris yang lekat dengan imej cantik dan sexy ini tak hanya berdarah Yahudi, namun bahkan pernah mewakili Israel di ajang Miss Universe 2004.

Masih nge-fans dengan mereka guys? I hope so, soalnya kita nggak boleh menilai orang (atau hasil karya mereka) hanya berdasarkan ras, etnis, atau agama mereka. Be fair guys, and be objective!

3 comments:

  1. eh buset kaget banget ya. ngeliat list2 diatas, kirain kebanyakan aktor-aktris hollywood itu banyakan kristen. toh yahudi juga ada. gapapa lah. aku tetep ngefans koq

    ReplyDelete
  2. Yahudi tu katolik yang gereja nya orthodok itu bukan? Kalau ga salah inget kmren pas bincang2 ma mamah mu kalo katolik pun ada 2 gereja nya. Dan yang gereja orthodok itu adalah termasuk katolik ajaran yahudi.

    ReplyDelete