Wednesday, April 26, 2017

LIMA CERITA NOSLEEP TERBAIK REKOMENDASI MENGAKU BACKPACKER (TO SCARE YOUR DAYS)

 

Hallo guys! Gue nggak akan banyak memberi artikel horor di blog ini mulai sekarang, but when I do, just be ready! Kali ini gue akan memberikan rekomendasi lima kisah nosleep terbaik yang pernah gue baca. Apa itu nosleep? Nosleep adalah bagian dari situs reddit yang menawarkan kesempatan bagi penulis-penulis horor untuk membagikan kisah seram mereka. Hampir mirip dengan Reddit Short Scary Story, tapi cerita-cerita di nosleep ini lebih panjang (mirip creepypasta) dan ada sebagian yang berupa cerita bersambung.

Nggak seperti creepypasta, masih sedikit blog atau situs di Indonesia yang menerjemahkan cerita-cerita nosleep ini. Sejauh ini baru ada dua blog (setau gue) yang menawarkan cerita nosleep ini ke dalam Bahasa Indonesia. Ada lima cerita nosleep terbaik yang bisa gue rekomendasikan berikut ini:

1. BORRASCA

Mungkin salah satu cerita horor dengan ending paling disturbing dan traumatis (at least buat gue), “Borrasca” menceritakan kehidupan seorang pemuda yang pindah ke sebuah kota kecil dan menemukan rahasia mengerikan yang tersimpan di dalamnya.

Jujur, ini adalah salah satu cerita paling “tertata” apik yang pernah gue baca. Cara penceritaannya benar-benar perfect, serasa gue membaca karya seorang novelis profesional. Alurnya benar-benar mengalir secara alami dan settingnya juga creepy menurut gue. Kejutan demi kejutan muncul setiap kita mengikuti tiap chapternya, diikuti ketegangan dan perkembangan alur yang tak terduga. Dan puncaknya, rahasia yang tersimpan dalam klimaksnya memiliki foreshadowing yang menurut gue memuaskan. Endingnya sih nggak banget menurut gue, sangat “terbuka” karena semua masalah yang dihadapi akhirnya “unresolved” (sori spoiler dikit). Bagi beberapa orang, mungkin hal itu mengecewakan.

Jika kalian ingin membacanya, tenang saja. Sudah ada terjemahan bahasa Indonesia di blog Aulia Hazuki milik salah satu member MBP (sekalian promosi nih). Tentu saja, terjemahannya juga sangat “profesional” dan enak buat dibaca. Jangan lupa baca cerita-cerita seram lain di blog tersebut yaaaa.

2. I’M A SEARCH AND RESCUE OFFICER FOR THE US FOREST SERVICE, I HAVE SOME STORIES TO TELL

Yup, jika kalian mengikuti cerita-cerita nosleep, maka kebanyakan judul seperti itulah yang akan kalian baca (mungkin udah ciri khas kali ya). Cerita ini, seperti judulnya, memaparkan kesaksian seorang petugas SAR kehutanan di Amrik yang kerap menemui hal-hal supranatural, misterius, sekaligus mengerikan dan sulit dijelaskan akal sehat.

Perlu gue peringatkan, beberapa chapter dalam kisah ini diberi label “18+” karena kontennya yang sadis serta menimbulkan trauma. Gue harap kalian bijak saat memutuskan untuk membacanya atau tidak, sebab apa yang kalian baca kemungkinan besar nggak akan hilang dari kepala kalian.

Jika kalian ingin membacanya, silahkan saja langsung berkunjung ke blog Forem Alia. Nggak hanya cerita ini yang bisa kalian baca, namun juga ada banyak cerita terjemahan yang tak kalah seru untuk disimak di sana.

Namun jika boleh gue sarankan, kalau kalian jago bahasa Inggris, silakan baca versi aslinya saja di situs Reddit. Sebab terjemahannya memiliki satu kelemahan, yakni tak ikut menerjemahkan komentar-komentar dari pembaca di cerita tersebut. Yap, banyak dari komentar tersebut bahkan jauh lebih menakutkan dari cerita aslinya. Coba sendiri buktikan jika kalian berani.

NB: salah satu cerita dengan konsep yang mirip adalah Confession of A Deep Sea Diver walau ceritanya menurut gue agak nggak masuk akal (ketauan fiktif banget) tapi tetep seru untuk dipantengin.

3. CORRESPONDENCE

Didaulat sebagai salah satu cerita horor internet terbaik, Corespondence menceritakan cuplikan email antara dua sahabat yang awalnya biasa-biasa, namun saja berubah mengerikan ketika salah satunya mengalami peristiwa menakutkan yang mengubah hidupnya. Singkat cerita, kisah ini mengingatkan gue sama “”The Ring”-nya Sadako. Really creepy guys.

Sayang sekali, sejauh ini gue belum menemukan terjemahan cerita ini dalam bahasa Indonesia. Jika kalian ingin membaca versi aslinya dalam bahasa Inggris, silakan baca di situs Reddit (ingat, cerita ini berseri bahkan memiiki sekuel). Namun gue sarankan, kalin akan dapat pengalaman berbeda jika mendengarkan podcastnya. Kalian bisa mendownloadnya dan mendengarkannya sendiri di MP3 player kalian. Berbagai efek suara yang creepy akan menambah suasana intens saat kalian mendengarkannya ketimbang membacanya.

4. BUTCHERFACE

Lagi-lagi cerita yang gue sarankan dengerin aja podcastnya ketimbang baca ceritanya (soalnya terjemahannya juga belum ada), “Butcherface” menceritakan dua sahabat yang menemukan sebuah kaset lama terkubur di rumah tua mereka. Tak ada yang menduga bahwa penemuan ini berujung pada kengerian tanpa akhir, ketika mereka menyadari mereka tengah di-stalk oleh psikopat gila yang menjuluki dirinya Butcherface.

Ceritanya cukup apik dan seru, apalagi ketika kehadiran Butcherface ini mulai mengancam kehidupan pribadi mereka. Namun sayangnya, klimaksnya kurang greget menurut gue. Padahal gue sudah mengira kisah ini bakalan berubah menjadi semacam slasher (settingnya juga udah pas menurut gue), tapi nyatanya adem-adem aja. Tapi paling nggak ada plot twist di endingnya yang cukup untuk menebus kekecewaan gue.

5. PENPAL

Cerita ini gue taruh di posisi pamungkas karena menurut gue, cerita ini adalah cerita-terbaik-sepanjang-masa-yang-pernah-gue-dengar. Kisah ini amat terkenal di internet, mungkin kalian sendiri pernah mendengarnya. Dan mungkin, agak “pas” juga ya kalo gue bahas ini sekarang di tengah-tengah isu pedofil yang merebak. Penpal menceritakan seorang pemuda yang mencoba mengingat masa lalunya dan mengumpulkan fakta-fakta menakutkan yang dialaminya saat masih kecil. Kesimpulannya sungguh mengejutkan, bahwa selama dia kecil, dia diikuti oleh seorang pedofil psikopat yang menghancurkan tak hanya kehidupannya, namun juga kehidupan orang-orang yang dicintainya.

This is, by far, the creepiest story I’ve ever heard! Sama seperti “Correspondence", cerita ini juga belum gue temukan terjemahan bahasa Indonesianya (dan gue juga nggak berminat translate soalnya panjang banget). Gue juga nggak menyarankan kalian membaca versi aslinya, sebab akan banyak detail-detail yang panjang dan melelahkan untuk dibaca. Gue lebih menyarankan kalian mendownload podcastnya yang terdiri atas dua bagian, yakni part 1 dan part 2.

Gue sendiri mendengarkan podcast yang kurang lebih sepanjang 1,5-2 jam ini di kereta dan ada bagian-bagian yang bener-bener bikin gue tercengang dan WTF (terutama di bagian-bagian ending tiap chapter). Pokoknya kalian dijamin nggak akan menyesal menginvestasikan waktu mendengarkan podcast ini. Namun siap-siap untuk endingnya yang luar biasa tragis dan enggak banget menurut gue.

Demikian lima cerita nosleep yang bisa gue sarankan pada kalian (sekalian promosi blog tetangga juga hahaha). Jangan lupa ya tinggalkan jejak berupa comment untuk menghargai admin blog yang udah susah payah menerjemahkannya untuk kalian. Bravo buat mereka yang bener-bener niat nerjemahin cerita sepanjang itu (soalnya gue aja males hahaha). Dan semoga saja originalitas cerita-cerita tersebut dapat memacu kalian buat menghasilkan cerita-cerita seram buatan kalian sendiri.

9 comments:

  1. makasih udah nyantumin blog saya bang dave. :)

    bener, kalau di nosleep abis baca ceritanya pasti lanjut baca komen2 dan diskusinya yang gak kalah seru.

    ReplyDelete
  2. Asiiik postingan2 baru lagiii....langsung mantengin layar.

    ReplyDelete
  3. Btw bang, correspondence di youtube rame ihihihi ��

    ReplyDelete
  4. Yang pake podcastnya ga berani gue donlot bg dave๐Ÿ˜‚. Borrasca aja udah disturbing banget endingnya

    ReplyDelete
  5. Wah banyak referensi nih jadinya.. makasih bang dep

    -pout

    ReplyDelete
  6. Penpal endingnya gila si, terbaik. Dibandingin borrasca yg ending nya kurang greget (mungkin karena dari awal gw ekspektasinya bakalan horor)

    Penpal tuh bikin gw sampe mikir, ini tuh kisah nyata bukan si?
    Soalnya dari uraian dan penggambaran situasi nya terlalu detail utk cerita fiksi,

    Pokoknya part terakhir yg judulnya sahabat, itu part terbaik dan tergila si, gw gak mau spoiler, gw jamin baca penpal yg panjang bgt bakalan worth it, sama endingnya๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  7. Penpal bahasa indo baca aja di kamaliku(.)blogspot(.)com

    ReplyDelete
  8. Btw buat borrasca. Ada chapter final yang lain. Kali ini benar" final, serta Sam dan kinder (lupa namanya) menyelesaikan semuanya.

    ReplyDelete
  9. Halo kak Dave, aku baru baca ulang semua post di mengakubackpacker dan stuck disini karena cerita nosleep no 2.
    Setelah baca di blognya Forem Alia aku semakin tertarik dan bela belain download vpn untuk akses ke reddit. Karena di cerita no 2 itu banyak yg mengaitkan ke seseorang bernama David Paulides, bisakah kak Dave bahas lebih lanjut lagi siapa David Paulides ini, sepertinya akan menarik sekali kak, semoga saran dan request ku ini terbaca ya kak ๐Ÿ˜

    ReplyDelete