Thursday, September 1, 2011

ULTIMATE TRAVELLER

Pernah denger acara “Ultimate Traveller”? Acaranya mulai diputer bulan Agustus 2011 di channel wajib para backpacker: Natgeo Adv tiap Kamis dan Minggu malam. Sebenernya sih aku nggak sengaja nonton pas episode pertamanya. Wah ternyata seru bgt. Singkatnya acara ini adalah acara reality show yang menceritakan kisah backpacking sekelompok anak muda dari Inggris di negara kita sendiri, Indonesia.

Begitu tahu acaranya berlokasi di Indonesia, aku langsung tertarik. Apalagi setelah di episode berikutnya aku tau kl mereka mampir juga ke hometown-ku Solo, bahkan menginap di hotel yg tak jauh dr rumahku! Well, peserta acara ini sengaja dipilih anak-anak muda (berkisar 18-25 tahun) yang belum pernah punya pengalaman berpergian ke luar negeri. Dan sebagian besar adalah anak orang kaya, jadi lucu juga menyaksikan mereka harus beradaptasi dengan kehidupan backpacker yang pas-pasan. Setiap hari mereka hanya diberi modal 200 ribu untuk penginapan, makan, transportasi, dan lain-lain. Awalnya ada 6 peserta (3 cow 3 cew) yaitu Andrew, Nathan, Garreth, Chloe, Chantel, dan Mairi Claire. Keenamnya punya kepribadian masing-masing yang unik dan kadang2 crash satu sama lain. Yah, namanya juga reality show. Pasti lebih mengangkat sisi emosional bahkan kl bs pertengkaran antar pesertanya hehehe.Di acara ini nggak ada proses eliminasi, tapi sepanjang penayangan ternyata ada dua peserta yang terpaksa pulang (atas keinginan mereka sendiri) yaitu Garreth dan Andrew. Garreth lalu digantikan oleh peserta berkulit hitam bernama Lewis. Semuanya bersaing untuk menjadi the best traveller.

Nah ini dia foto mereka. Dari kiri: Nathan, Mairi Claire, Chantel, Chloe, Garreth, dan Andrew.



Andrew bs dibilang tokoh antagonis di sini. Dari episode pertama dia sudah bilang. Kl dia akan melakukan apa saja untuk menang, termasuk berbohong dan mengadu domba teman2nya (which is benar2 dia lakukan)! Nathan adl pemuda yg polos yg diam2 menyukai Mairi Claire, peserta termuda (dan tercantik). Chloe dan Chantel sm2 gadis manja yg tak prnh akur. Garreth adl pemuda pendiam yg akhirnya nggak betah dg perjalanan ini (pdhl br episode pertama!) dan memilih plg ke Inggris. Ia digantikan Lewis yg menurutku personality-nya tuh gue bgt, yaitu kalem dan pecinta damai hehehe. Rute yg mereka lewati adalah dari Jakarta melintasi Jawa ke Bali, Lombok, dan berakhir di Danau Kelimutu, Flores.

Aturan dari reality show ini adalah mereka sehari harus menghabiskan bugdet maksimal 200rb (yang katanya di Inggris cuman bs beli kerupuk!). Kl ternyata krg ya silakan tanggung sendiri (jadi gembel hehehe). Mulai dari episode 2, kelompok mereka dipecah menjadi 2, dimana msg2 kelompok harus bersaing memecahkan tantangan yg berbeda-beda di tiap episodenya. Tim yang kalah akan dikurangi uang sakunya 25%. Selain itu tiap mgg mrk harus memilih Traveller of the Week, yaitu peserta yg dianggap sbg backpacker sejati. Nah, menjadi Traveller of the Week memiliki keuntungan tersediri yaitu mendapat hadiah 50% dr travelling budget mrk setiap hari. Di episode terakhir, salah satu dr mrk akan dipilih menjadi best traveller yg akan mendapat hadiah uang yg cukup gede.

Aku sempet2 searching di internet untuk mencari respon org2 Inggris thd acara ini. Ternyata responsnya cukup positif, walaupun byk yg kecewa krn acr ini justru lbh mengangkat “drama” di antara para pesertanya ketimbang tips travelling di Indonesia. Dan bagi bangsa kita, acara ini benar2 suatu berkah karena dg gratis…tis…tis…tis mereka mempromosikan obyek2 wisata di Indonesia. Aku akan posting sinopsis tiap episodenya di blog ini. So enjoy the show!

No comments:

Post a Comment