Monday, March 12, 2012

BACKPACKING KE CANDI SARI


Candi Sari terletak tak jauh dr Candi Kalasan (itu kata bapaknya yg jaga Candi Kalasan, kl menurutku sih ttp jauh soalnya aku jln kaki hiks). Maka dari itu nggak lengkap rasanya kunjunganku ke Candi Kalasan kl nggak sekalian menikmati keelokan Candi Sari. Dr Candi Kalasan kita tggl berjalan ke arah jalan besar lalu belok kanan (ke arah timur) dan berjalan beberapa ratus meter. Nah, kl kalian dtg dr arah barat (dr Yogya), beloklah di gapura ini (ada di arah utara jalan) Ada tulisannya desa Candi Sari. 

Tak jauh dr situ, di jalan besar sbnrnya terdapat papan penunjuk jalan Candi Sari (yg br kusadari saat plg) yg SANGAT TIDAK MEMBANTU!!!

See? Tp kl kalian dr arah timur (dr Solo) lbh dkt kl kalian turun di masjid yg sgt mencolok ini. Lalu kalian tggl masuk ke gang menuju utara.

Beberapa langkah dr kedua gang yg kusebutkan td, akan terlihat stupa2 candi dr kejauhan. Kl kalian msk ke gang yg ada di smpg masjid replika Katedral St. Basil Rusia td, kalian akan lgs pas berada di bagian dpn candi. 

Tiket masuknya sm murahnya dg Candi Kalasan, cm 2 rb. Kondisi candi ini jelas lbh baik drpd kondisi Candi Kalasan. Bangunan candi ini mirip2 dg Candi Plaosan dan aku dengar candi ini sebenarnya adl wihara Buddha, jd bkn tpt ibadah gt kyk kebanyakan candi. Makanya candinya dibuat melebar agar dapat diisi dg byk ruangan di dalamnya. Ventilasinya pun cukup byk br para biksunya betah.

Trnyta spt ini bentuk Candi Sari ketika ditemukan. Wah, cukup ancur ya. 

Ini adl detail relief di samping dan blkg candi. Hmm…reliefnya dewanya kyk menari2 ya? Tp yg aneh aku mlh nggak melihat satupun relief Buddha di sini. Ada yg bs sedikit memberi penerangan?





Ketika aku msk ke dlm, aku melihat relung berhias motif kala ini. Dugaanku dulunya ini wastafel (ngaco!). 

 Di bagian dlm candi tdk kutemukan apapun. Mgkn arca2 udah ilang, kl nggak disimpan di dlm museum (dan abis itu br ilang hehehe). Ada keuntungannya jg sih arca2nya dipindah, shg bebas dr tangan2 jahil yg mengunjungi candi ini. Selain itu resiko rusaknya arca jg bs diminimalisir jika ada di dlm museum. Tp kerugiannya ya kita nggak bs menikmati wujud asli candi ini pd ms2 kejayaannya.

Suasana di dlm candi cukup gelap dan mengingatkanku dg suasana di dlm Candi Plaosan. Aku pun buru2 keluar krn serem hehehe. Kunjunganku ke Candi Sari hanya singkat dan aku lgs melanjutkan perjalananku ke Candi Sojiwan. But it's worth to visit.

No comments:

Post a Comment