Thursday, March 22, 2012

DAFTAR CANDI YANG ADA DI INDONESIA

Berikut ini adl koleksi foto candi2 di seluruh Indonesia yg berhasil kukumpulkan dr internet (syg hanya sebagian kecil).

CANDI DI JAWA BARAT

Haaaa….candi di Jawa Barat? Nggak slh tuh??? Eit, Jawa Barat kan prnh mjd pusat Kerajaan Tarumanegara, slh satu kerajaan Hindu-Buddha pertama di Nusantara.

Candi Cangkuang (Garut) – Hindu
Candi ini adl candi pertama yang ditemukan di Tanah Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tanah Sunda.


Candi Jiwa di Situs Percandian Batujaya (Karawang) – Buddha
Kompleks candi yg sgt luas ini disebut-sebut sbg penemuan arkeologis terbesar di Asia selama 50 tahun terakhir. Syg kompleks ini msh dlm proses penggalian dan rekonstruksi. 


CANDI DI JAWA TENGAH
Jawa Tengah (terutama daerah Magelangdan Yogyakarta) dahulu adalah daerah pusat kerajaan Medang (Mataram Kuno) sebelum dipindahkan Mpu Sindok ke Jawa Timur. karena adanya letusan Gunung Merapi pada abad ke-9 SM. Itulah kenapa rata2 candi dari abad ke 7-9M banyak di Jawa Tengah dan candi2 dari abad ke 10 M ke atas banyak berada di Jawa Timur. Berikut ini beberapa candi di Jawa Tengah.

Candi Borobudur, (Magelang) - Buddha

Candi Mendut (Magelang) – Buddha 
 


Candi Pawon (Magelang) – Buddha

Candi Asu (Magelang) – Hindu  
Namanya agak kasar ya bagi org Jawa. Nama Candi Asu diberikan krn arca lembu Nandi yg ada di candi ini mirip dg anjing (asu).
Candi Selogriya (Magelang)
Candi ini tidak terletak di lokasi sebenarnya. Pada tahun 2002, tanah dimana pondasi candi ini berada longsor, sehingga membahayakan candi. Maka diputuskan untuk membongkar candi ini dan membangunnya kembali 20 meter dari lokasinya semula. Aku dengar ada candi serupa di Magelang yg terpaksa dipindah gr2 ancaman lahar panas Merapi.

Candi Prambanan (Klaten) – Hindu
Nama asli kompleks candi Prambanan adalah Siwagrha (artinya “Rumah Siwa”) dan memang di ruang utama candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter. Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus yang terindah di dunia.

Candi Bubrah (Prambanan, Klaten) – Buddha 
 

Candi Plaosan Lor, (Prambanan, Klaten) - Buddha

Candi Plaosan Kidul (Prambanan, Klaten) - Buddha

Candi Sewu (Prambanan, Klaten) – Buddha
Candi Sewu adalah candi Buddha yang berada di dalam kompleks candi Prambanan. Candi Sewu dibangun pada saat kerajaan Mataram Kuno oleh Raja Rakai Panangkaran (746 – 784). Candi Sewu merupakan komplek candi Buddha terbesar setelah candi Borobudur.

Candi Lumbung (Prambanan, Klaten) – Buddha 
 

Candi Sojiwan (Prambanan, Klaten) – Buddha 
 

Candi Merak, Klaten – Hindu

Candi Sukuh (Karanganyar, Solo) – Hindu
Candi2 di Karanganyar memiliki keistimewaan, selain dibangun di lokasi yg tinggi (Gunung Lawu), bentuknya jg menyerupai piramida. Khusus di Candi Cetho, terdapat relief dan patung bertema pornografi.


Candi Cetho (Karanganyar, Solo) – Hindu


Candi Kethek (Karanganyar, Solo) – Hindu

Candi Lawang (Cepogo, Boyolali)
Seperti yang tampak pada foto, bagian tubuh candi yang tersisa hanya pintunya saja. Mungkin karena itulah candi ini disebut lawang (pintu).

Candi Tugu (Semarang)
Candi Tugu Semarang konon adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Syg tugu pd bagian dpn candi ini rusak gr2 aksi vandalisme.

Kompleks Candi Gedong Songo (Ungaran, Semarang) – Hindu
Ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804. awalnya disebut Candi Gedhong Pitoe krn hny ditemukan 7 candi. Namun setelah ditemukan 2 candi lg, namanya diubah mjd Gedhong Songo.

Candi Pringapus (Parakan, Temanggung) – Hindu 
 

Candi Klero (Tengaran, Semarang) - Hindu



Kompleks Candi Dieng (Banjarnegara) – Hindu
Candi Arjuna 

 
Candi Puntadewa 

 

Candi Bima 

 
Candi Gatotkaca 

 
Candi Semar 

 

Candi Srikandi 



 
Candi Dwarawati 
 
 

Candi Sembadra 

 

Candi Setyaki


CANDI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)
Candi Kalasan atau Candi Tara – Buddha
Konon mrpk candi tertua di Pulau Jawa. Candi ini berada tak jauh dr Candi Prambanan.
Candi Sari – Buddha
Candi Sari berada tidak jauh dari Kalasan. Candi ini dibangun pada sekitar abad 8-9 dan dulunya merupakan suatu wihara Buddha sebagai tempat belajar dan berguru bagi para bhiksu.

Candi Kedulan – Hindu
Candi Kedulan adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Sambi Sari. Seperti halnya dengan Candi Sambi Sari, candi ini ditemukan terletak tiga sampai tujuh meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar Merapi.
Candi Ratu Boko – Hindu Buddha
Diduga kuat Kompleks Ratu Boko adl bekas keraton (istana raja). Nama "Ratu Boko" dalam Bahasa Jawa berarti "raja bangau" adalah ayah dari Loro Jonggrang.
Candi Banyunibo – Buddha
Candi Banyunibo dalam bahasa Jawa berarti air yang jatuh menetes. Candi ini berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko.

Candi Sambi Sari – Hindu
Candi ini ditemukan pada kedalaman 6,5 meter dari permukaan tanah sehingga sering disebut sebagai candi bawah tanah. Diperkirakan kompleks candi bisa lebih luas jika diadakan penggalian lebih lanjut, tetapi dikhawatirkan candi ini akan tergenang air krn posisinya lebih rendah daripada sungai yang ada di sebelah baratnya.

Candi Ijo – Hindu
Candi Ijo adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Ratu Boko. Candi ini terletak pada ketinggian 410 meter di atas permukaan laut. Di candi ini tersimpan misteri berupa prasasti yang memuat mantra "Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa." yang hingga kini belum diketahui artinya.

Candi Barong – Hindu
Candi ini dinamakan Candi Barong karena mempunyai hiasan naga (barong) pada pintu masuknya. Candi ini adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko.
Candi Gebang – Hindu 
 
Candi Abang – Hindu 
Candi ini dinamakan Candi Abang karena ketika ditemukan tersusun atas batu berwarna merah. Namun kini kesleuruhan badan candi tertutup tanah dan rerumputan. 
 

CANDI DI JAWA TIMUR
Di Jawa Timur prnh berkuasa kerajaan2 besar, seperti Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit.

Candi Badut (Malang) – Hindu
Kata Badut nggak ada hubungannya ama Joker lho. Badut berasal dari bahasa Sansekerta “bha-dyut” yang berarti sorot Bintang Canopus atau Sorot Agastya.

Candi Jago (Tumpang, Malang) – Hindu
Candi Jago didirikan pada masa Kerajaan Singasari pada abad ke-13. Candi ini cukup unik, karena bagian atasnya hanya tersisa sebagian dan menurut cerita setempat karena tersambar petir.

Candi Kidal (Tumpang, Malang) – Hindu
Candi Kidal adalah salah satu candi warisan dari kerajaan Singasari. Candi ini dibangun untuk menghormati Anusapati yang dibunuh oleh Tohjaya sebagai bagian dari kutukan Mpu Gandring. Candi Kidal merupakan candi tertua di Jawa Timur. Sebenarnya ada candi yang lebih tua yakni Candi Kagenengan yang tertulis di kitab Negarakertagama, namun candi itu sampai sekarang belum pernah ditemukan.

Candi Singosari (Singosari, Malang) – Hindu 
 
Stupa Sumberawan (Singosari, Malang) – Buddha 
 

Candi Surawana, Kediri – Hindu 
 

Kompleks Candi Penataran (Blitar) – Hindu
Kompleks candi ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Candi ini mulai dibangun dari Kerajaan Kediri dan dipergunakan sampai dengan Kerajaan Majapahit. Nama asli Candi Penataran adalah Candi Palah.

Candi Sawentar (Garum, Blitar) – Hindu
Candi Sawentar disebut2 dlm Negarakertagama dan diduga didirikan pada awal berdirinya Kerajaan Majapahit.

Candi Kalicilik (Ponggok, Blitar) – Hindu
Candi Kalicilik adalah candi Hindu yang berasal dr masa Kerajaan Majapahit. Bagian puncak candi telah hilang, sedangkan bagian kaki candinya telah direnovasi pada tahun 1993.

Candi Wringin Branjang (Gandusari, Blitar) – Hindu
Gaya arsitektur Candi Wringin Branjang tergolong tidak lazim, tubuh candinya berbentuk persegi dengan atap berbentuk limas menyerupai bentuk rumah modern. Candi ini didirikan 1408 M pada era Kerajaan Majapahit.

Candi Plumbangan (Blitar)
Candi Plumbangan sebenarnya bukanlah candi namun lebih tepat disebut sebagai gapura gaya paduraksa, yaitu gapura dengan atap menyatu. Dirunut dari fungsinya, gapura paduraksa dapat berfungsi sebagai candi ruwatan serta dapat juga sebagai batas wilayah atau komplek bangunan tertentu.

Candi Ngetos (Ngetos, Nganjuk) – Hindu
Candi Ngetos adalah Candi Hindu mrpk makam dr Hayam Wuruk.
Candi Rimbi (Ngrimbi, Jombang) – Hindu
Kondisi Candi Rimbi ini sepintas mirip dengan Candi Sumur yang berada di Sidoarjo. Pada bagian kaki candi ditemukan relief yang unik yaitu relief yang menggambarkan sepasang manusia (pengantin) yang berada dalam sebuah gentong. Artinya apa ya?

Candi Jawi (Prigen, Pasuruan) – Hindu 
 

Candi Jabung (Probolinggo) – Hindu
Candi Jabung adalah salah satu candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Dalam kitab Nagarakertagama candi ini diceritakan dikunjungi oleh Hayam Wuruk pada lawatannya keliling Jawa Timur pada tahun 1359 Masehi.

Candi Dadi (Boyolangu, Tulungagung)
Candi Dadi berada di puncak pegunungan Walikukun yg mjd tempat pelarian dan pengasingan masyarakat Hindu-Budha menjelang keruntuhan Kerajaan Majapahit dan amsuknya Islam ke Tanah Jawa (sekitar akhir abad 14-15). Oleh karena itu Candi Dadi sering disebut-sebut sebagai salah satu dari peninggalan-peninggaan terakhir Kerajaan Majapahit.

Candi Cungkup (Tulungagung) - Buddha


Candi Pendem (Trenggalek) – Hindu 
 
Candi Pari (Porong, Sidoarjo) – Buddha
Candi Pari adalah sebuah candi yang terletak sekitar 2 km ke arah barat laut pusat semburan lumpur PT Lapindo Brantas. Candi ini merupakan peninggalan zaman Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Di dekatnya terdapat pula Candi Sumur

Candi Kedaton (Tiris, Probolinggo) - Hindu

Kompleks Percandian Gunung Penanggunggan (Trawas, Mojokerto)
Gunung Penanggungan mrpk gunung yg dianggap suci bagi umat Hindu di Jawa Timur, setara dg Dieng di Jawa Tengah. Oleh sebab itu, byk ditemukan peninggalan bersejarah di sana.
Gapura Jedong
Gapura Jedong adalah bangunan gapura dengan tipe paduraksa. Bangunan dari abad 14 M ini terletak di lerang utara Gunung Gajah Mungkur, slh satu puncak dari Gunung Penanggungan.


Candi Belahan - Hindu
Petirtaan Belahan atau Candi Belahan, adalah bangunan pemandian yang terletak di sisi timur Gunung Penanggungan, Jawa Timur. Petirtaan ini sering disebut oleh penduduk dengan nama Candi Tetek atau Candi Belahan, karena adanya pancuran air yang disalurkan lewat peyudara salah satu arca. Bangunan ini diperkirakan menjadi makam Airlangga.

Kompleks Trowulan (Mojokerto)
Trowulan dulunya adl ibu kota Kerajaan Majapahit. Di sinilah Patih gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa-nya yg terkenal.
Candi Tikus
Disebut Candi Tikus karena saat digali banyak tikus yang keluar. Candi ini kemungkinan mrpk tempat pemandian putri kerajaan.
Candi Brahu
Candi Brahu merupakan lokasi Ngaben (pembakaran mayat) era Kerajaan Majapahit.
Gapura Wringin Lawang
Dalam bahasa Jawa, "Wringin Lawang" berarti "Pintu Beringin". Gerbang ini lazim disebut bergaya “Candi Bentar” atau tipe "gerbang terbelah". Gaya arsitektur seperti ini diduga muncul pada era Majapahit dan kini banyak ditemukan dalam arsitektur Bali. Gerbang ini diduga menjadi pintu masuk ke kediaman Gajah Mada.

Gapura Bajang Ratu 
"Bajang Ratu" berarti “raja cilik atau raja cacat”. Menurut legenda, dinamakan demikian karena pada saat dinobatkan menjadi raja, usia Jayanegara masih sangat muda. Legenda lain menyatakan bahwa ketika kecil, Raja Jayanegara terjatuh di gapura ini dan mengakibatkan cacat pada tubuhnya. Menurut kepercayaan lokal, pamali bagi seorang pegawai pemerintahan untuk melewati gapura ini karena dipercayai bisa mendatangkan nasib buruk.


DAFTAR CANDI DI BALI
Candi Gunung Kawi, Gianyar – Hindu
Candi Gunung Kawi terletak Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali yg dibangun pd abad 11 M. Pada masa itu Tampaksiring adalah pusat pemerintahan kerajaan di Bali dan skrg terdapat istana kepresidenan yang dibangun atas titah Presiden Soekarno. Gunung Kawi berasal dari kata “Gunung” dan “Kawi” yang bermakna pahatan.

Situs Goa Gajah, Tampaksiring, Gianyar – Hindu 

 
Candi Kali Buk Buk (Buleleng) – Buddha 
 

DAFTAR CANDI DI SUMATRA
Candi di Sumatra kebanyakan adl peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Kompleks Candi Muara Takus (Riau) – Buddha
Situs Candi Muara Takus adalah candi Buddha yang terletak di Riau. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi Sulung/Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai dan Candi Palangka. Candi Muara Takus adalah situs candi tertua di Sumatra.
Candi Biaro Bahal (Tapanuli Selatan) – Buddha 
 
Kompleks Candi Muaro Jambi (Jambi) – Buddha
Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian Hindu-Buddha terluas di Indonesia, merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu.


5 comments:

  1. numpang tanya,,kl mengunjungi seluruh candi di jogja satu hari penuh cukup gak mas?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba sih, tp kl mau keliling candi2 di sekitar Prambanan (Plaosan, Ratu Boko dll) pakai motor mgkn bisa, tp cm sebentar2

      Delete
  2. halo, fotonya kok nyomot sana nyomot sini, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaph, soalnya belum sempat ngunjungin semua. lagian di pembuka kan dah kujelasin foto2nya kukumpulin dr internet. termasuk korbankah?

      Delete
  3. prmisi bang dave, ijin simak untuk bahan materi disekolah

    ReplyDelete