Tuesday, April 17, 2012

BERBURU BANGUNAN TUA DI KAMPUNG BATIK KAUMAN SOLO

 
Foto4525
Aku sempet posting ttg kampung batik Laweyan maka tak lengkap rasanya kl aku nggak posting ttg pasar batik satunya yg ada di Solo yaitu kampung batik Kauman. Eit, tp Kauman yg ini beda lho ama Kauman yg ada di Yogya sana. Nah, plus2nya nih bt aku di sini trnyta jg lmyn byk bangunan tua. Jadi pemandangan tersendiri.

Jalan2 kuawali dr kawasan Singosaren yang dikenal sbg kawasan perbelanjaan. Kl dlm bahasa Jawa artinya lmyn keren yakni “where the lion sleeps”. Di depan wilayah Singosaren ada kawasan Ngarsopuro yg terkenal bgt ama pasar malamnya. Tapi kali ini aku berencana jalan-jalan dl ke kampung batik Kauman. Dari sebuah gang sempit aku berjalan-jalan ke rute yg pasti nggak ada turis yg tau (secara org lokal hehehe). Alasanku kesini karena di tempat ini masih banyak rumah-rumah tua yang kerenini adl bbrp rumah tua yg berhasil kujepret.
1
2
3
Aku suka banget sih liat detil-detil kyk gini. Bisa dibayangin org jaman dulu tuh artistik dan teliti bgt kl bkin rumah, nggak kyk org zaman skrg yg pengennya praktis mulu.
4567
Ada jg bangunan bergaya art deco ini.
9
Nah kl kita terus ke arah timur, kita bakalan ketemu ama Masjid Agung Solo nih. Menaranya tinggi banget dan keliatan dr mana2, jadi kalian nggak usah khawatir kesasar kl dah disini.
10
Nah, dari pintu belakang masjid, aku berjalan ke arah selatan, kita akan ketemu Pasar Klewer, itu lho pasar grosir terbesar di Asia Tenggara. Kl mau hunting batik murah, lgs aja ngacir kesini. Tapi hati2, udaranya panas nggak kyk di mall, byk copet lg. Tp tenang, selama copetnya msh sbk foto2 kalian bakal aman, hehehe.
Iseng-iseng aku naek ke lantai dua pasar dan mulai jepret-jepret aktivitas sore di depan pasar klewer.
11
Aduh ruwet bgt kan? Secara Indonesia gt lho hehehe. Nah gapura besar itu menuju ke kraton Kasunanan Surakarta. Dari atas pasar klewer ini trnyta aku jg bisa ngeliat Mesjid Agung.
12
Jgn harap liat mesjid dengan kubah kyk Taj Mahal lho. Ciri khas mesjid di Jawa emang atap limas susun gitu. Kl ga salah di pelajaran sejarah pernah diajarin artinya, akulturasi Hindu dan Islam gt.
Nah kl kalian mau terusin dikiiit aja ke arah utara, kalian bakal temuin titik nol kilometernya Solo yg ditandai gedung BI yang megah ini. Jd heran knp ya bangunan ini nggak jd landmark Solo aja, soalnya nggak klh keren ama bangunan kolonial lain kyk Gereja Blenduk ama Lawang Sewu.
Foto4553

2 comments:

  1. belum pernah ke Laweyan, meski sudah sering ke Solo :(

    ReplyDelete
  2. wah trm ksh info nya.. kebetulan sy mau ke solo sabtu (9 jun 2012) ini.

    ReplyDelete