Tuesday, April 17, 2012

CANDI-CANDI YANG TERLUPAKAN

 
Waktu aku hunting foto2 candi megah di berbagai penjuru Indonesia lewat mbah Google, aku jg menemukan banyak candi2 bersejarah yg kurang terkenal dlm kondisi menggenaskan dan tak terawat. Hmm…jadi miris rasanya. Berikut ini adalah bbrp di antaranya.
Candi Songgoroti (Batu, Malang)
100_6853 Batu Candi Songgoriti
Candi Bojong Menje (Bandung)
Candi Bumi Ayu (Muara Enim, Sumatera Selatan)
bumi ayu
Candi Bacem (Blitar)
candi bacem -blitar
Candi Lor (Nganjuk)
Candi_Lor
Candi Sadon (Magetan)
Candi_Sadon
Candi Sumur (Porong, Sidoarjo)
Candi Sumur
Candi Canggal (Magelang)
candi-canggal
Candi Lumbung (Magelang)
candilumbung
Candi Miri Gambar
candi-mirigambar-1
Candi Muncul (Ambarawa)
candimuncul2
Candi Selotumpuk (Blitar)
candi-selotumpuk-watu-tumpuk-1
Candi Dermo (Sidoarjo)
dermo
Candi Morangan (Sleman, DIY)
morangan
Candi Ngawen (Muntilan)
ngawen buddha muntilan
Candi Pasetran (Mojokerto)
pasetran__temple_05
Candi Cungkup atau Candi Sanggrahan (Tulungagung)
sanggrahan
Candi Penampihan (Tulungagung)
candi-penampihan-4
Kompleks Candi di Gunung Penanggungan (Mojokerto, Jawa Timur)
Gunung Penanggungan adl salah satu gunung suci yg dalam kitab Negarakertagama disebut sbg Pawitra. Gunung ini bs disebut sbg Dieng-nya Jawa Timur. Di sini banyak ditemukan peninggalan berupa punden berundak.
penanggunan5penanggunganpenanggungan6penanggungan7
Menggenaskan bukan kondisi candi2 tsb? Kyknya jauh lebih berguna deh jika duit bt pembangunan gedung DPR baru digunakan bt merenovasi candi2 bersejarah ini. Ya nggak?

2 comments:

  1. foto candi yg di muara enim itu keliru ya gan...kalo gak salah itu candi lor di nganjuk

    ReplyDelete