Saturday, April 21, 2012

PECINTA MISTERI: : OOPARTS YANG BIKIN OMG

Technorati Tags: ,
1
Ooparts? Apaan tuh? Onderdil bukan? Yee….ya nggak mgkn lah blog tentang backpacking membahas ttg onderdil. Di kesempatan posting kali ini aku akan membahas dunia mistis dan arkeologi (lho, malah tambah nggak nyambung ama tema blognya). Tapi nggak apa2 lah, krn aku aslinya dikenal sbg cowok multitalenta (huek), aku akan membahas berbagai tema di blogku. Aku kebetulan dah lm tau ttg ooparts soalnya aku tertarik bgt ama hal2 misteri beginian. Oopart adalah singkatan dari Out of Place Artifacts atau artefak (penemuan arkeologis) yang mustahil dibuat dengan teknologi pada zaman dimana artefak tersebut berasal. Ooparts ini membuktikan kl teknologi pd zaman dahulu trnyta lebih maju drpd yg kita bayangin. Ooparts jg kerap dikaitkan dg alien.
Well, ada beberapa ooparts yang dilaporkan ternyata hoax alias tipuan (kyk “isi pulsa mama ya”). Contohnya tengkorak kristal yang terkenal berkat film Indiana Jones terbaru. Tengkorak kristal ini diduga dibuat pada zaman Pre-Columbian (sebelum kedatangan Christopher Columbus di benua Amerika) oleh suku-suku pribumi di Amerika Selatan. Namun bagaimana mungkin suku-suku pribumi pada zaman dahulu mampu menghasilkan kerajinan yang luar biasa halusnya tanpa bantuan peralatan modern? Ternyata cerita tentang penemuan tengkorak kristal ini cuma bo’ongan belaka dan benda ini ternyata dibuat pada abad ke-19 di Eropa. Wah, berarti Indiana Jones ketipu dong?
Walaupun sulit dipercaya, beberapa ooparts ternyata bukan hoax. Darimana asalnya dan bagaimana membuatnya, hingga kini masih misteri. Ini dia bbrp contohnya.
 
1. Baterai Prasejarah dari Baghdad
 
2

Baterai pertama dibuat oleh Alessandro Volta pada tahun 1900. Namun pada tahun 1930, pada sebuah penggalian arkeologis di dekat Baghdad, Irak, ditemukan sebuah seperangkat benda aneh yang terdiri dari sebuah silinder tembaga, batang besi, serta aspal yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah jambangan tanah liat dengan tinggi 14 cm dan diameter 8 cm. Setelah diuji, ternyata benda-benda tersebut berfungsi sebagai sebuah baterai (aki) sederhana. Yang mengejutkan, benda ini diperkirakan sudah berumur 2.000 tahun! Apabila dalam jambangan dimasukkan asam seperti jus anggur atau jeruk (yang mudah ditemukan pada masa dulu kala), maka akan dihasilkan tegangan listrik 1,5-2 V. Ini buktinya!
34

Ya ampun, bt apa org zaman purba bikin baterai ? Apa zaman mrk udah ada mp3 bt ndengerin lagu2 boyband zaman purba (lagu “Sorry Sorry” liriknya jd “Huba Huba” gt kali ya)?
2. Komputer Purba dari Yunani
 
5

Pada 1901, sekelompok penyelam menemukan artefak di dekat Pulau Antikhytera di perairan Yunani. Alat mirip jam weker ini disebut mekanisme Antikhytera. Yang paling mengejutkan adalah bagian dalamnya yang terlihat setelah disinari sinar X.

6

Alat menakjubkan ini diduga berusia 2.000 tahun dan mungkin adalah komputer prasejarah. Tapi ini nggak kayak komputer zaman skrg lho, jd nggak bs buat download videonya Sinta Jojo dari Youtube. Alat ini digunakan untuk menghitung dan mengukur pergerakan benda-benda langit seperti planet dan bintang. Wow, canggih banget ya.
3. Ukiran Dinosaurus di Kuil Kuno Kamboja
 
7

Dinosaurus punah 65 juta tahun yg lalu, sedangkan manusia diperkirakan baru muncul di dunia beberapa ratus ribu tahun yg lalu. Kuil Ta Phrom di Kamboja dibangun oleh suku Khmer pada tahun 1181 M, sedangkan stegosaurus baru diketahui keberadaannya lewat temuan fosil pada tahun 1877. Namun di kuil tersebut, sudah tergambar relief hewan mirip stegosaurus. Bagaimana ini terjadi? Apakah 800 tahun yang lalu, bangsa Khmer bertemu langsung dengan dinosaurus?
Selain di Kamboja, gambar dinosaurus hidup berdampingan dg manusia jg ditemukan di Palestrina. Nih liat gambar manusia berburu dino yang dibuat pada abad pertama masehi ini (konon jg ada gambar sabretooth sgl).
8

Bahkan di Indonesia juga terdapat ooparts serupa. Perhatikan saja hasil karya suku Dayak berikut yang diduga dibuat pada tahun 1.800-an ini.Yang pertama mirip Pterosaurus, sejenis dino terbang.

9

Lukisan ini menunjukkan nenek moyang kt berburu dino.
10

Perhatikan apa yg ditunggangi suku asli Dayak ini dan perbandingan hewan dino yg benar2 ada di smpgnya. Ini semua dapetnya dr website luar negeri lho.
11

Wah, pantesan nenek moyang kt peradabannya maju gt. Tunggangannya aja dino.
4. Pesawat dan Bandara Prasejarah?
 
12

Ketika mengekskavasi (bahasa kerennya buat menggali) sebuah makam kuno di Saqqara, Mesir pada tahun 1891, para arkeolog menemukan benda berbentuk pesawat terbang modern. Benda ini diperkirakan berasal dari tahun 200 SM. Dan yang lebih mencengangkan lagi, pesawat terbang baru ditemukan oleh Wright bersaudara 80 tahun setelah penemuan artefak ini!
Sebuah studi lalu dilakukan pada tahun 1970-an terhadap artefak ini. Hasilnya sungguh mengejutkan! Ketika dibuat replikanya, benda ini benar-benar dapat terbang! Ya ampun, jadi di zaman Mesir kuno udah ada klub aeromodelling dong?
Selain di Mesir, artefak berupa replika pesawat terbang purba juga ditemukan di Amerika Selatan. Artifak ini lebih mirip pesawat karena ada lekukan pada bagian depannya yang menyerupai kokpit sebuah pesawat.
13

Dan benda ini benar2 bs terbang. Ini uji replikanya setelah dibuat dg perbesaran bbrp kali.
14

Pesawat tentu tidak akan lengkap tanpa bandara. Nah, pernahkah kalian mendengar tentang Nazca di Amerika Selatan? Situs tersebut diduga sebagai sebuah bandara prasejarah. Coba liat perbandingan situs Nazca dilihat dari udara dg bandara modern saat ini!
1516

5. Abydos, Ukiran Helikopter Berusia 6.000 tahun
 
17

Nah, top ten kita makin aneh dan aneh kyk judul pilem horor Indo. Kota Abydos adalah sebuah kota mati di Mesir dimana banyak terdapat kuil dan makam raja-raja, salah satunya adalah Kuil Seti I. Nah, pada kuil inilah ditemukan ukiran menghebohkan dimana tampak jelas gambar helikopter, kapal selam, dan pesawat terbang. Tapi ukiran tersebut berasal dari 6 milenium yang lalu! OMG, jadi zaman dulu Cleopatra udah naik helikopter? (jd bayangin Lindsay Lohan di video klipnya “Rumours”)
6. Dendera Lights, Bola Lampu Purba
 
18

Sekilas dilihat, relief di atas mungkin nampak seperti relief Mesir biasa. Namun ternyata tidak bagi seorang ahli kelistrikan. Gambar ini menurut mereka jelas-jelas sebuah bola lampu lengkap dengan komponen-komponennya. Ini buktinya!
19
Keterangan:
  1. Pendeta
  2. Gas yg terionisasi
  3. Lucutan listrik (disimbolkan ular)
  4. Soket lampu (dilambangkan lotus)
  5. Kabel
  6. Gambar dewa
  7. Isolator
  8. Thot, pembawa cahaya
  9. Simbol untuk “arus"
  10. Polaritas terbalik
  11. Generator
Di lokasi lain di dlm kuil yg sm, ditemukan bola lampu yg lbh kecil (tebakanku mereknya kl ga phillips ya osram).
 
20

Padahal kan bola lampu baru ditemukan sm Thomas Alva Edison pada tahun 1879? Terus drmn dong mrk dapat daya listriknya? Apa mrk dapat dr baterai Baghdad? Atau mrk minta bantuan salah satu anggota X-Men, Siti Romlah alias Storm?
7. Peta Piri Reis, Dibuat di Luar Angkasa?
 
22

Peta Piri Reis emg sekilas sm dg peta biasa, yaitu menggambarkan bagian sisi timur Benua Amerika dan sisi barat Benua Afrika dg sgt detail. Tapi yg bikin para ahli peta jadi galau, peta ini dibuat pd abad ke-15. Pdhl dg teknologi pada zaman tsb, dianggap sgt mustahil untuk bs membuat peta sedetil itu. Sbg contoh, ini peta Indonesia yg dibuat dg teknologi Eropa tahun 1700an.
23

Bangsa Eropa dg teknologi tinggi (kala itu) saja nggak bisa membuat peta yg mirip dg kenyataan (Pulau Kalimantan jd kyk kena tumor gt, Sulawesinya jg nggak mirip babar blas). Nah, bgmn mgkn org zaman dulu bs membuat peta Piri Reis dg detail yg sangat lengkap dan sesuai dg kondisi aslinya? Bahkan ketika disandingin dg gbr permukaan bumi yg diambil dr pesawat luar angkasa Apollo 8, bentuknya sama persis! Para ahli kebingungan sebab dengan teknologi abad ke-15 nggak mgkn dibuat peta sesempurna itu. Bahkan ada ahli yg nekad berkata bahwa satu-satunya cara untuk membuat peta sesempurna ini adl dg melihatnya lgs dr luar angkasa, spt para astronot dr pesawat Apollo.
8. Manuskrip Voynich, Diari dr Dunia Lain
 
24

Diari yg ini jelas lebih bikin heboh drpd Vampire Diaries. Pada tahun 1912, seorg bernama Wilfrid Voynich menemukan sebuah buku misterius di Vila Mondragone yg mencatat banyak hal ttg tanaman dan astronomi. Banyak hal yg aneh dr buku ini:
  • Huruf yang ada di buku tak ada satupun yg mirip dg bahasa manapun di muka bumi.
  • Gambar tanaman yg ada di buku inipun tidak ada yg mirip dg tanaman manapun di muka bumi ini.
25

Hingga ratusan tahun, banyak ahli berusaha memecahkan sandi pd tulisan yg ada di buku tsb, namun tak ada yg berhasil. Apa buku itu pny alien yg ketinggalan pas nyatet jenis2 tanaman di planet lain?
9. Teknologi Bedah dan Mata Prostetik Zaman Batu
 
26

Apa (kaget mode sinetron)??? Manusia purba trnyta udah bs ngelakuin operasi dan menciptakan mata buatan? Ini bbrp buktinya:
  • Tengkorak berumur 5000 tahun (dr zaman batu baru atau Neolitikum) dengan bekas bedah ganda ditemukan di Perancis. Bedah tengkorak ini tampaknya berhasil krn individu itu terus hidup setelah menjalani operasi tersebut.
  • Tengkorak bekas operasi pembedahan ditemukan di Ukraina pada 1966 berumur 8.000, yaitu pada zaman Mesolithikum dmn kebanyakan ahli percaya bahwa manusia baru saja pindah dari tinggal di gua ke rumah permanen.
  • Suku yg plg byk menyimpan misteri di dunia ini, suku Inca kuno, mempunyai pisau yang disebut tumi untuk melakukan prosedur pembedahan. Bentuk tumi sekarang digunakan sebagai lencana bagi anggota Akademi Pembedahan Peru.
  • Mata buatan berumur 4.800 tahun ditemukan pada suatu penggalian situs purbakala di wilayah Iran. Mata buatan ini terbuat dari semacam getah tumbuhan yang dipadatkan kemudian dicampur dengan sedikit lemak hewani.
Hmm…trus ruang UGD-nya dmn? Di gua?
10. Reaktor Nuklir Zaman Prasejarah
 
27

Sejak peristiwa Fukushima di Jepang, telinga kita emg nggak asing lg dg istilah reaktor nuklir. Pemanfaatan energi nuklir emg menjadi bukti kemajuan teknologi umat mns. Namun benarkah demikian? Pada tahun 1972, Sebuah pabrik Perancis mengimpor bijih uranium dari Oklo, Gabon (Afrika) dan secara mengejutkan menemukan bahwa uranium itu udah pernah digunakan. Maka ilmuwan dari seluruh dunia berkumpul di Gabon untuk menyelidiki fenomena ini dan menemukan fakta mengejutkan. Di lokasi tsb ditemukan sebuah reaktor nukir bawah tanah yang dirancang dengan teknologi yang sangat tinggi. Reaktor nuklir ini sudah berumur 1,8 milyar tahun!
Yg lbh mencengangkan, reaktor nuklir ini dirancang dengan sgt baik hingga dampak radiasinya bs diminimalkan sekecil mgkn, sesuatu yg blm bs dicapai oleh teknologi mns saat ini. Bahkan, rancangan reaktor nuklir ini dijadikan model untuk membuat reaktor nuklir yg lbh aman. Cm ada 3 kemungkinan dr penemuan ini:
  • Reaktor ini tjd scr acak oleh peristiwa2 alami, teori ini dianut oleh para skeptis.
  • Manusia sudah ada 1,8 miliar lalu dan sudah memiliki teknologi yg luar biasa maju, melebihi teknologi mns zaman skrg.
  • Reaktor ini dibangun oleh alien dg peradaban tinggi yg tggl di bumi sblm mns muncul.
Apapun teori, minumnya teh botol sosro, eh salah…apapun teorinya, ketiganya ttp tdk masuk akal!
Ada teori yg lbh menghebohkan sbg kelanjutan penemuan reaktor nuklir purba ini, kl pd zaman purbakala sudah tjd perang nuklir yg kini diabadikan dlm epos Mahabharata! Kl dipikir2, emg senjata2 dan kendaraan yg digunakan dlm perang Bharatayudha terkesan spt fiksi ilmiah. 
BONUS:
Bukti Time Traveller ke Zaman Purba
 
Prnh ngeliat film “Sound of Thunder” yg menceritakan sklpk org dr masa dpn yg naik mesin waktu ke zaman prasejarah untuk berburu dino? Nah, bbrp penemuan ooparts sepertinya mengindikasikan kl prnh ada perjalanan ke masa lalu dg mesin waktu semacam itu. Spt penemuan jejak sepatu pada lapisan batuan yg sudah berumur 5 juta tahun di bawah ini yg ditemukan di Nevada, Amerika Serikat.
28

Bukti lain yg mencengangkan adl ditemukannya Auroch, yaitu mamalia spt kerbau raksasa yg telah punah ribuan tahun lalu, dg sebuah lubang peluru di tengkoraknya!
29

Ahli forensik menyimpulkan lubang itu bs dipastikan berasal dr peluru sebab tdk menimbulkan retak berbentuk radial spt yg biasa muncul akibat panah atau ujung tombak. Jadi, pelakunya bkn manusia purba. Trus mgkn aja dong pelakunya org zaman skrg, misalnya ada org iseng nembak fosil ini? Eit, itu jg nggak mgkn, sebab para peneliti menyimpulkan bahwa hewan ini msh hidup bbrp lama setelah ditembak, krn tumbuhnya jaringan tulang baru di sekitar lubang tsb.
Jadi pelakunya ….
Yg lbh mengejutkan adl foto ini, yaitu tengkorak manusia purba Neanderthal yg udah lm punah dg lubang bekas peluru di kepalanya! Tengkorak ini msh tersimpan rapi di British Museum.
30

Hmm…mengetahui penemuan2 ooparts ini membuatku sadar msh byk misteri di dunia ini yg blm terpecahkan. Bgmn pendapat kalian?

4 comments:

  1. baca ini jadi bikin penasaran banget gan

    ReplyDelete
  2. euuuuuuuuuumm.. no coment #diceburkankemusi
    oh ya bang kenapa Verifikasi pake huruf ga pake angka lagi? secara mata ane suka salah" liat dan mesti ngulang lagi kodenya dua ampe lima kali (makanya pake kaca jendela) loh???
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuuh kagak ngarti dah kalo urusan itu....itu mah urusannya ama mbah google

      Delete
  3. Mungkin relief atau gambar2 yg ada dsitus2 mesir td kaya ramalan masa depan bhwa manusia di masa depan bisa menemukan benda2 spt pesawat terbang,hmm who knows? Hehe
    Ila~

    ReplyDelete