Saturday, February 16, 2013

7 TOKOH KARTUN YANG TERNYATA MENDERITA GANGGUAN JIWA

 

image   image

Dari luar, mungkin tokoh-tokoh kartun ini tampak lucu, menggemaskan, dan “innocent”. Bahkan, kita merelakan generasi muda kita dididik oleh mereka. Namun tahukah kamu, menurut para ahli-ahli kejiwaan, ternyata mereka mengidap berbagai penyakit kelainan jiwa yang parah. Berikut ini 10 karakter kartun yang ternyata mengidap gangguan jiwa.

1. Spongebob Squarepants

image

Tidak, bukan homoseksualitas (gay) yang diidap oleh karakter kartun favorit kita ini, melainkan Sindrom Williams-Beuren. Kelainan autistik ini ditandai dengan sifat yang sangat bersahabat, cenderung berkata-kata dengan bahasa yang sangat emosional, sangat menyukai irama dan musik, serta tingkat empati yang tinggi. Namun walaupun terdengar baik, penderita sindrom ini akan susah bergaul karena sikap bersahabatnya yang berlebihan akan dianggap menganggu dan sulit diterima masyarakat umum. Oya, penyakit ini juga ditandai dengan ketebelakangan mental yang ringan (menjelaskan sikap naif Spongebob).

2. Dora The Explorer

image

Dora yang tampak polos dan tak berdosa ini sebenarnya menderita kelainan jiwa yang disebut “dissociative fugue” dimana penderitanya kerap kali kehilangan identitasnya bahkan memiliki obsesi untuk berkelana sejauh mungkin meninggalkan rumah. Tak jarang, penderitanya sering bingung akan siapa dirinya menciptakan identitasnya sendiri.

3. Charlie Brown

image

Karakter kartun Amerika ini mencerita Avoidant Personality Disorder (AVP) yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa malu, rasa tidak percaya diri (tak percaya bahwa dirinya berharga), dan perasaan sensitif terhadap penolakan. Well, siapapun pasti pernah mengalaminya bukan? Namun parahnya, penderita AVP mengalaminya secara berkepanjangan.

4. Ariel

image

Tokoh putri duyung dalam kartun Disney “Little Mermaid” ini juga ternyata menderita gangguan jiwa yang cukup sering ditemukan pada penduduk Amerika, yaitu disposofobia atau sering dikenal dengan istilah “hoarding”. Bagi yang tidak tahu, hoarding adalah kebiasaan menimbun benda-benda yang tidak penting hingga memenuhi rumah seperti sampah. Berikut ini adalah contoh hoarding dalam kehidupan nyata.

image

Tokoh Ariel juga digambarkan memiliki kebiasaan itu, yaitu mengumpulkan benda-benda tak berguna yang jatuh ke laut.

image

5. Bugs Bunny

image

Tak disangka, tokoh kartun jenaka ini ternyata mengidap kelainan seksual yang parah, yaitu transvertic fethysism, yaitu gemar memakai pakaian dari gender (jenis kelamin) lain. Dalam beberapa kartunnya, digambarkan Bugs Bunny memakai pakaian wanita dan berdandan ala perempuan, bahkan terlihat sangat menikmatinya.

6. Sailor Uranus dan Sailor Neptunus

image

Para pembela kebenaran berbaju pelaut yang sempat ngetop pada era 90-an ini ternyata punya rahasia yang mengejutkan: mereka LESBIAN!!! Baik di komik maupun anime, dikisahkan Sailor Neptunus dan Sailor Uranus adalah pasangan lesbian yang sudah tinggal bersama. Belum lagi ditambah adegan ciuman antara Usagi Tsukino (Sailor Moon) dengan Sailor Uranus di komiknya serta hubungan gay yang jelas-jelas ditunjukkan dua musuh Sailor Moon, yaitu Zoisite dan Kunzite pada animenya.

7. Semua karakter di Winnie the Pooh

image

Aku dari dulu memang tak begitu suka dengan Winnie The Pooh, ditambah lagi dengan kenyataan kalo semua karakternya mengidap gangguan jiwa. Ini dia list-nya:

  • Winnie the Pooh sang tokoh utama ternyata menderita kecanduan madu karena didorong karena rasa rendah dirinya.
  • Piglet si tokoh babi kecil menderita panophobia atau ketakutan berlebihan akan segala hal.
  • Tigger si harimau hiperaktif ternyata menderita ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Syndrome) yang membuatnya sulit berkonsentrasi pada satu hal.
  • Rabbit si kelinci pecinta kerapihan ternyata menderita penyakit obsesif-kompulsif (OCD atau Obsessive Compulsion Disorder) yang membuatnya terobsesi pada kerapian dan keteraturan.
  • Eeyore si tokoh keledai yang selalu murung ternyata menderita gangguan jiwa yang disebut dysthimia yang membuat penderitanya selalu mengalami depresi dan tak bisa menikmati hidup.
  • Yang terparah adalah Christopher Robin, pemuda lugu yang ada di kartun ini rupanya menderita skizofrenia, karena daripada bergaul dengan teman-teman sebayanya, ia lebih suka bermain di dunia khayalannya (sebagai catatan, beberapa penderita skizofrenia berubah menjadi pembunuh berantai ketika dewasa).

13 comments:

  1. Saya mengidap, Avoidant Personality Disorder. Sementara ibu saya, hoarding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyantai aja bro, aku juga OCD kug,,,

      Delete
    2. Gue paling kacian ama Dora, udah menderita Rabun tingkat akut (masak temenx ada disebelahx aja nanya temenx dimana?) eh...gangguan jiwa pula
      XD XD XD

      Delete
  2. Harus gue akui, gue OCD. Ckckck..

    ReplyDelete
  3. kalo saya ga suka kartun -kartun disney hati-hati nonton dan ngasih nonton ke anak ( kalo yang punya anak) apa lagi tom & jerry ngajarin brantem mulu.

    ReplyDelete
  4. That's why I feel something's gone wrong with *them*.

    ReplyDelete
  5. ah.. im APD then....

    ReplyDelete
  6. Ane keliatannya AVP. Tapi ada temen yang bilang Schyzo.

    ReplyDelete
  7. Aku curiga avoidant. Pengen bgt sembuh. Gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  8. Drpda krtun2 barat gak mendidik kbnyakan! Mnding nnton doraemon (y)

    ReplyDelete
  9. Menganga ngeliat listnya, rupanya dora juga!! OMG *bukan berarti sy penggemar dora, lho....

    ReplyDelete
  10. Maaf Bang Dave
    Itu Winnie The Pooh
    Owl kayaknya nggak t'masuk ya ?

    ReplyDelete
  11. bang salior uranus itu sebenarnya cowok
    tapi pas jadi salior dia jadi cewek

    ReplyDelete