Saturday, February 9, 2013

MENGAKU BACKPACKER MENGUCAPKAN: GONG XIE FA CAI

 

Asiiik udah taon baru Imlek lagi. Walaupun admin asli orang pribumi, tapi admin selalu saja larut dalam kegembiraan perayaan tahun baru Imlek. Seneng sih bisa ngeliat hari raya Imlek sekarang bisa dirayain secara bebas. Soalnya admin ingat nih pengalaman waktu SMP dulu, perayaan Imlek masih belum jadi hari libur nasional. Jadinya banyak temen2 (waktu itu admin sekolah di sekolah swasta, jadi banyak chinese-nya) yang merayakan Imlek secara sembunyi2 alias ilegal dan underground (halah berlebihan).

Admin ingat banget nih dulu ada temen yang ngasih kue ranjang pertama kalinya ke admin, katanya “David biar tau rasanya kue Imlek kayak apa.”  Ngasihinnya juga sembunyi2 kayak drugs gitu *hahahaha berlebihan banget*. Pikiran gw “Kue apaan nih? Eksotis banget” (maklum kampungan). Sekarang mah kue ranjang diberi2 ama tetangga ama temen2 banyak banget ampe nggak kemakan hehehe. Dulu juga sekelas sekitar 40 orang yang bisa bahasa Mandarin cuma satu orang aja. Wah, kalo dipikir2 kasihan juga temen2 aku, soalnya mau belajar kebudayaan asalnya sendiri ama ngerayain hari raya aja dilarang. Untung aja sekarang kebebasan mereka udah dihargai. Sekarang mah kalo Imlek mall2 udah meriah dan banyak cici2 pake dress ala chinese (*qipau* kalo nggak salah namanya) yang wow banget…jadi berasa di Shanghai bo hehehehe.

Nah, omong-omong nih soal Imlek, kalo kita ngucapin selamat Imlek kepada temen2 Tionghoa kita (moga2 aja yang ini juga nggak difatwa haram), pasti yang pertama terpikir adalah “Gong Xie Fa Cai”. Padahal, Gong Xie Fa Cai” itu artinya bukan selamat tahun baru lho (kayak Minal Adzin Walfaidzin tuh artinya ternyata bukan Mohon Maaf Lahir Bathin tapi “kembali ke fitrah” kayaknya). Penasaran apa artinya? Ini nih kata-kata yang pas buat ngucapin selamat tahun baru Imlek beserta artinya (kucomot dari blog denniland).

Xin Nian Kuai Le

Artinya: Selamat tahun baru

Gong Xi Fa Cai

Artinya: selamat (congratulations) dan semoga sejahtera

Wan Shi Ru Yi

Artinya: semoga semua berjalan seperti yang kamu kehendaki

Zhu Li Meng En

Artinya Tuhan memberkati (GBU)

Nah, itu dia kata2 ucapan yang puas buat ngucapin selamat Imlek. Jadi, buat para pembaca blog yang merayakan tahun baru Imlek, admin ucapkan:

Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai, Wan Shi Ru Yi, Zhu Li Meng En….Gong Xi! Gong Xi! th_cny-2008-happy-chinese-new-year-1

Jangan lupa angpaunya ya hahaha….

No comments:

Post a Comment