Friday, May 17, 2013

10 GEREJA PROTESTAN TERINDAH DI DUNIA

   
ulm_minster_by_crystal3006-d3buvrv

Apabila kita membahas mengenai gereja2 terindah di dunia, yang masuk ke dalam deretannya seringkali adalah gereja2 Katolik Roma. Gereja2 Protestan jarang yang masuk hitungan. Ini mungkin disebabkan karena pada awalnya, perpecahan Katolik dan Kristen Protestan dipicu oleh ketidaksetujuan umat Protestan terhadap cara pencarian dana untuk membangun gereja terbesar dan terindah di dunia, yaitu Basilika Saint Peter di Roma. Mungkin karena inilah umat Protestan jarang membangun gereja yang megah. Bahkan aku pernah membaca salah satu komentar dari sebuah website Protestan bahwa gereja terindah adalah gereja yang bersih tanpa satupun hiasan. Well, kadang itu ada benarnya juga. Namun kali ini aku berhasil mengumpulkan 10 gereja Protestan terindah yang kudapat dari berbagai sumber. Berikut ini 10 gereja Protestan terindah di dunia.

1. Bern Minster (Bern, Swiss)


Didirikan pada tahun 142, gereja ini awalnya adalah sebuah katedral Katolik. Dengan maraknya Protestanisme pada abad ke-16, gereja inipun beralih fungsi menjadi gereja Protestan. Gereja ini “disederhanakan” dengan penghancuran hiasan dan patung2 atau yang dikenal dengan nama “ikonoklasm” karena dianggap tidak sesuai dengan ajaran Protestan, dengan hanya menyisakan hiasan “Penghakiman Terakhir” pada bagian pintu masuk utama.

File:Muensterportal02.jpg

2. Katedral Berlin (Berlin, Jerman)

695px-2006_Berliner_Dom_Front

Gereja yang disebut Domkirche (gereja kubah) oleh warga setempat ini awalnya adalah sebuah katedral Katolik yang dibangun pada abad 15, namun kemudian berubah menjadi sebuah gereja Protestan pada abad ke-17 ketika ajaran Protestan makin marak di Jerman.

3. Katedral Saint Paul (London, Inggris)

CIMG4213

Katedral terpenting di Inggris ini sudah ada sejak abad ke-7 M dan diperbaharui pada abad ke-17 dengan gaya Barok oleh rancangan Christopher Wren. Bagian paling terkenal dari gereja ini adalah kubahnya setinggi 111 m yang mendominasi panorama London selama 300 tahun. Sebagai gereja terpenting di inggris, tentu gereja ini menjadi lokasi berbagai event2 penting, mulai dari pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana hingga pemakaman Margaret Thatcher.

4. Christuskirche (Mainz, Jerman)


Gereja ini merupakan gereja Protestan yang dibangun pada tahun 1903, namun sayangnya hancur karena serangan sekutu pada PD II. Gereja ini kemudian direstorasi ke bentuknya semula pada tahun 1952-1954. Di Mainz sendiri yang mayoritas penduduknya Katolik, para penganut Protestan dijamin kebebasan beribadahnya oleh Napoleon Nonaparte pada abad ke-19.

5. Katedral Dresden (Dresden, Jerman)

dresden-frauenkirche

Gereja yang selesai dibangun pada 1743 ini dirancang oleh Goerge Bach dengan gaya Barok. Sayang sekali gereja bernama lengkap Dresden Frauenkirche ini sempat hancur lebur terkena serangan bom sekutu pada Perang Dunia II. Untungnya, warisan sejarah ini kemudian direstorasi sepenuhnya setelah Jerman kembali bersatu dan baru selesai pada 2005 yang lalu.

6. Hallgrimskirkja (Reykjavik, Islandia)
 

Hallgrimskirkja atau Gereja Hallgrimur ini adalah gereja terbesar di Islandia. Gereja modern yang unik ini dibangun pada tahun 1937 dan terinspirasi dari aliran lava dari gunung berapi yang memang banyak terdapat di Islandia. Walaupun begitu, gereja ini lebih mirip dengan salah satu bangunan yang muncul di novel JRR Tolkien.

7. Temple Saint Etienne (Alsace, Prancis)

Gereja para penganut Calvin ini jelas2 mengadopsi gaya aritektur Gotik khas Katolik. Gereja yang juga disebu Protestant Church of St. Stephen ini ini diarsiteki oleh Jean-Baptiste Schacre, yang tak hanya merancang gereja Protestan ini, namun juga gereja Katolik serta sinagoga Yahudi yang ada di kota yang sama. 

8. Ulm Minster (Ulm, Jerman)

munster6

Gereja ini unik sebab tak hanya menjadi gereja tertinggi di dunia hingga kini, namun juga sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia sejak 1890 hingga 1901. Terletak di kota Ulm, gereja gotik ini memiliki total tinggi 161,5 hingga ke puncak menaranya.

Ulm-Minster-Cathderal-CC-Olaf_S

Ulm_01

9. Riverside Chuch (New York)

riverside-church

Terkenal sebagai salah satu bangunan terindah di New York, gereja Riverside mencerminkan persatuan di atas kemajemukan, sebab umatnya saja berasal dari lebih dari 40 suku yang berbeda. Gereja ini dibangun oleh miliuner John D. Rockerfeller dengan gaya neo-gotik.

10. Crystal Cathedral (California, Amerika Serikat)

Crystal-Cathedral

Gereja di posisi pamungkas ini adalah gereja modern paling terkenal di dunia sekaligus menyabet gelar sebagai bangunan kaca terbesar di dunia. Gereja kristal ini mampu menampung lebih dari 2.700 umat dan juga memiliki organ raksasa yang hingga kini merupakan alat musik terbesar di dunia. Namun kini gereja ini telah beralih menjadi gereja Katolik dengan julukan Christ Cathedral.


BONUS
Borgund Stave Church (Borgund, Norwegia)



Gereja ini merupakan salah satu gereja kayu tertua di dunia yang masih berdiri. Sekilas dilihat gereja berusia hampir 9 abad ini lebih mirip rumah tradisional Sumatra, namun sebenarnya hiasan meruncing pada bagian atapnya adalah hiasan kepala naga yang biasa ditemukan pada kapal tradisional Norwegia. Bangunannya unik ya?




































6 comments:

  1. Permulaan perpecahan itu, memang diselewengkan penjualan indulgensi oleh seorang romo di jerman , yang padahal indulgensi tidak bisa dijual-belikan.

    lalu pelopor protestan, martin luther sangat marah , akhirnya membuat sekte sendiri , yang berujung dari perpecahan sekte yang sangat banyak.

    pada gejolak politik jaman itu, banyak raja - raja dan adipati yg berubah agama, mencuri benda-benda seni Gereja Katolik. Dan juga ada beberapa sekte yang melarang adanya patung dan benda seni lainnya ..
    Akhirnya memang jarang gereja protestan yang mengendorse para seniman ..

    btw Crystal Cathedral yang punyanya bangkrut, akhirnya dibeli oleh Gereja Katolik , karena katedral sebelomnya kekecilan

    ReplyDelete
  2. yg indah itu protestant,yg modern itu Charismatic

    ReplyDelete
  3. Wow keren.. Andaikan gereja itu ada di indonesia.

    ReplyDelete