Monday, December 9, 2013

10 WORLD HERITAGE CITY UNESCO PALING UNIK

 

Tallin_collage_33

UNESCO sebagai lembaga PBB yang mengurusi budaya dunia tak hanya menetapkan situs2 warisan dunia (World Heritage Sites) saja, melainkan juga World Heritage City (Kota Pusaka Dunia). Di Indonesia sudah ada beberapa objek yang menjadi World Heritage Sites semacam Candi Borobudur, Candi Prambanan, Sangiran, hingga Pulau Komodo. Namun untuk Wolrd Heritage City, sayangnya di Indonesia belum ada (baru dinominasiin aja). Nah sembari menunggu, marilah kita simak kota2 pusaka dunia yang paling unik yang tersebar di seluruh dunia.

1. Venesia (Italia)

8-919_Venezia_hd

Kota ini sudah tak diragukan lagi keindahannya. Dikenal sebagai salah satu kota terindah di Eropa, bahkan dunia, Venesia unik sebab bukannya menggunakan jalan, kota ini menggunakan kanal air sebagai sarana transportasinya. Kota ini berdiri pada abad ke-5 dan berdiri di atas 118 pulau2 kecil. Keindahan lokasinya masih ditambah dengan bangunan2 kuno nan artistik, membuatnya menjadi salah satu kota teromantis di dunia.

2. Luang Prabang (Laos)

Buddhist_temple_at_Royal_Palace_in_Luang_Prabang

Keindahan Bangkok, Thailand memang sering kita dengar. Namun jika menginginkan kota bernapaskan tradisi Buddha namun dengan suasana lebih damai, kalian bisa memilih kota indah ini. Terletak di tepian Sungai Mekong, kota ini dihiasi oleh paduan kuil2 Budha yang kental dengan budaya lokal hingga bangunan2 berasitektur kolonial peninggalan Prancis.

3. Quedlinburg (Jerman)

2730394-Travel_Picture-Quedlinburg

Namanya memang masih asing di telinga kita, namun jika kalian mengincar suasana pedesaan Eropa abad pertengahan, di sinilah lokasi yang paling tepat. Terletak di sebelah utara pegunungan Harz, Jerman, kota kuno ini tak banyak berubah semenjak 1.000 tahun terakhir. Sekitar 1000an lebih rumah khas abad pertengahan masih kokoh berdiri, serasa membawa kita kembali ke masa lalu dengan mesin waktu.

4. Oaxaca (Meksiko)

oaxaca3

Jauh dari hiruk pikuk Mexico City, kota ini menawarkan perpaduan budaya tak kalah unik dengan kota2 lainnya di list ini. Di kota ini kita masih bisa menikmati peninggalan kolonial bangsa Spanyol bercampur dengan budaya lokal khas Amerika Latin. Namun bila kita menjejakkan kaki ke luar, maka kita bisa menemukan Monte Alban yang masih menyisakan piramid2 kuno peninggalan kejayaan suku2 penduduk asli Amerika Selatan.

5. El Djem (Tunisia)

Amphitheater-ruins-in-El-Jem-by-helicopter

Siapa sangka kota tua yang berada di Afrika ini ternyata justru menyimpan banyak peninggalan Romawi kuno, bahkan sebuah colosseum mirip dengan yang ada di Roma! Kota ini memang menyimpan sejarah sebagai pemukiman orang2 Romawi kuno di Afrika. Kota ini semakin terkenal saja setelah Colosseum-nya digunakan sebagai lokasi syuting film peraih Oscar, Gladiator.

6. Isfahan (Iran)

Isfahan_Imam_Mosque_Arcade

Agak curang memang sebab kota ini belumlah masuk list Kota Pusaka Dunia (baru nominasi), namun kupikir kota ini bakalan cukup untuk menggambarkan keindahan kota2 Islam yang berjaya pada zamannya. Isfahan sebagai salah satu pusat intelektualitasan Islam pada masanya ini memiliki banyak masjid2 indah serta taman2 mempesona di tiap penjuru kotanya. Salah satu objek yang terkenal adalah Khaju Bridge serta Masjid Shah yang terkenal karena keindahannya.

7. Talinn (Estonia)

talinn

Kota di negeri Balkan ini memang mampu mewakili keeksotisan kota2 di Eropa Timur. Kota ini tepat seperti bayangan kita tentang negeri dongeng di Eropa. Rumah warna-warni, kastil megah, serta menara2 gereja yang menjulang semakin menambah keindahan kota ini.

8. Melaka (Malaysia)

christ-church

Bak Eropa kecil di Malaysia, kota Melaka sejak dahulu memang terkenal sebagai pusat perdagangan di Asia Tenggara. Portugis dan Belanda pernah mendudukinya dan memperkaya sejarahnya dengan bangunan2 khas kolonial.

9. Pingyao dan Lijiang (Cina)

800px-Pingyao_marketstreet

Dua kota ini menawarkan suasana Cina kuno yang masih awet terjaga. Rumah2, kuil2, bahkan tembok kota masih berdiri seperti ratusan tahun yang lalu.

10. Goa (India)

goa

Kota ini sangatlah unik, sebab memiliki bangunan2 dengan gaya arsitektur campuran Hindu, Islam, dan Kristen. Gereja2 kuno banyak bertaburan di kota kuno ini, mengingat selama 400 tahun, Goa berada di bawah kekuasaan Portugis.

BONUS:

Tana Toraja

Tana-Toraja-village-buff-horns

Situs ini kumasukkan ke dalam bonus karena belum resmi masuk ke Kota Pusaka Dunia, melainkan baru dinominasikan saja. Di Tana Toraja kita bakal menyaksikan tradisi penguburan jenazah yang amat unik serta tiada duanya di dunia ini. Selain itu keindahan rumah Tongkonan yang berdiri ratusan tahun sebagai saksi sejarah juga menjadi daya tarik tersendiri. Semoga saja kekayaan budaya Tana Toraja segera diakui dunia dan dimasukkan ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO!

No comments:

Post a Comment