Monday, March 6, 2017

10 LAGU KRISTIANI PALING ”WOW” YANG GUE DENGERIN NATAL INI

   6361630539799744211415697303_xmas-inside-house-decorations-images-pictures-of-houses-decorated_house-inside-decorated-for-christmas_home-decor_home-decor-l

Hallo guys. Kembali lagi dengan review lagu, kali ini review lagu rohani Kristen. Mumpung suasananya masih Natal nih hahaha (mau Paskah lagi malah). Kebetulan tempat kerja gue adalah sekolah Kristen jadi gue dapet referensi lagu rohani yang nggak cuman enak-enak, namun juga unik dan mengikuti perkembangan zaman. Walaupun tetap favorit gue adalah lagu-lagu bertema “Gothic” ala-ala Misa Katolik lebih “mencekam” dan agung hehehe. Berikut ini list-nya.

NB: gue lengkapi tiap lagu dengan link youtube supaya bisa kalian dengerin

1. Hillsong Young and Free “Noel”

ace098a5d91aabaab42cd0795db5fe609d4190eb_christmas_bauble 

Kita mulai dengan lagu yang dipake Natalan sekolah gue tahun kemaren. Kalo ngomongin soal lagu gospel, Hillsong emang udah jadi jaminan mutu ya. Gue aja yang nggak begitu paham soal musik Kristen aja at least udah pernah dengar tentang mereka. Kali ini ada lagu Natal dari Hillsong Young and Free. Nggak tau apa hubungannya ama Hillsong, mungkin pecahannya yang gaya musiknya lebih ke anak muda kali ya. Mungkin hampir mirip ama Super Junior ama Super Junior M atau After School ada yang After School Virgin ama After School Red *ini kenapa jadi K-Pop*

Yang jelas, biasanya lagu Natal itu dominan syahdu (ada juga sih yang riang kek “Jingle Bells”). Begitu juga lagu “Noel” ini adalah lagu tradisional Prancis yang suasananya syahdu juga. Eits ... tapi lagu ini ama Hillsong disulap jadi lebih kekinian. Hasilnya ... lagu dance men! Buset deh ... baru kali ini gue denger lagu Natal yang cocok buat dugem. Dengerin deh, seru banget. Apalagi beat pas abis reffrainnya yang “Noel ... Noel ...” asyik banget buat loncat-loncat hehehe.

2. OBB “Feeling Like Christmas”

christmas-ornaments

Lagi-lagi lagu Natal yang menarik perhatian gue gara-gara dipentasin ama anak-anak sekolah gue pas acara Natalan tahun lalu. Lagu ini “full beat” banget dan sekali lagi, cocok buat lompat-lompat. Suara penyanyinya asyik sih, tapi jujur gue lebih suka pas ditampilin ama anak-anak SMP sekolah gue. Lebih dapet aja feel keriangannya. Apalagi luar biasa buat gue menyaksikan anak-anak semuda itu tapi udah punya bakat yang keren dan berani tampil di depan banyak penonton. Gue jadi merasa terberkati banget *hehehe istilahnya Kristen banget*

3. B-SHOC feat Mello “Christmas Clap”

CHRISTMAS - Copy

Kali lagu “Noel” di atas tadi berirama dugem, maka lagu yang satu ini juga nggak kalah kekinian. Lagunya rap men! Bayangin, ada lagu Natal, tapi berasa R&B gitu. Video klipnya sih agak “nggak” banget (isinya muter-muter topi doang, ngakak gue), tapi keren deh kekreativitasannya. Emang menurut gue di satu sisi, lagu-lagu rohani yang seperti lebih bisa menarik perhatian kawula muda.

4. Hillsong “Above All”

images

Dari lagu-lagu Natal yang riang, kita ke lagu syahdu yang sempet bikin gue nangis dengernya, apalagi kalo liriknya diresapin banget. Gue nggak tahu ya gimana orang bisa bikin lagu seindah ini, benar-benar dipenuhi kuasa Roh Kudus kali pas ciptainnya. Lagu ini bener-bener membuat gue merenungkan pengorbanan dan penebusan Yesus untuk umat manusia. Suara penyanyinya enak banget, belum lagi paduan suara di belakangnya semakin menambah nuansa syahdu dan kudus. Ditambah lagi chorusnya yang cathcy, “Crucified …”

5. Jeffrey S. Tjandra “Indah Bersama-Mu”

200397018-001

Salah satu lagu Kristen paling easy listening ini bikin gue langsung jatuh cinta pada saat pertama dengernya. Reffrainnya dapet banget, “Kuingin s’lalu bersekutu denganmu ...”. One of the most beautiful Christian song I’ve ever heard!

6. Jeremy Camp “There Will Be A Day”

image

Gue pertama kali mendengar lagu ini pas pemakaman salah satu rekan guru gue. Walaupun lagunya sedih banget, namun liriknya penuh mengandung harapan. Dengerin aja reffrainnya, “There will be a place where no more suffering .... There will be day where’s no more tears, no more pain, no more fears ...” Mungkin cocok bila lagu ini dinyanyikan untuk korban-korban perang dan penindasan yang ada di seluruh dunia. Gue nggak berani denger lagu ini lama-lama soalnya pasti bikin gue kepengen nangis.

7. LeAnn Rimes “I Need You”

praying-800x430

Salah satu lagu dari masa remaja gue. Sekilas ini kedengeran kayak lagu pop biasa, bahkan mungkin terkesan bercerita tentang cinta seorang cewek pada cowoknya. Tapi percaya guys, lirik lagu ini sebenarnya amat religius kalo diresapi. Walaupun nggak ada lirik “Gog”, “Lord”, atau “Jesus”, tapi kata “I Need You” cukup untuk menggambarkan cinta kita pada Tuhan. Yup, another love song for God.

8. “Dies Irae” (Days of Wrath)

MemlingJudgmentCentre

Dari lagu-lagu Kristen yang pop (atau rap atau dance), kita beralih ke lagu-lagu Katolik yang lebih tradisional, konvensional, dan anti-kontemporer. Perbedaan antara lagu-lagu Kristen dan Katolik adalah jika lagu-lagu Kristen lebih bebas dan mengikuti perkembangan zaman (contohnya bisa didengar jelas di atas), maka lagu-lagu Katolik lebih terpaku pada pakem-pakem yang sudah ada sejak zaman Romawi dulu kala (yup, pretty much since the 1st Pope or St. Peter). Dengan kata lain, lagu-lagu Katolik jarang mengalami perubahan dan tentu saja musik-musik zaman dulu jauh berbeda dengan sekarang. Kekuatan lagu-lagu kuno semacam lagu-lagu liturgi Katolik seperti ini adalah pada paduan suara dan teknik vokal yang membuat siapapun yang mendengarnya jadi “merinding” (but in a good way).

Contohnya adalah “Dies Irae” ini, sebuah lagu yang amat kuno, sudah dinyanyikan sejak abad ke-13. Liriknya pun tak kalah membuat merinding, yakni tentang Penghakiman Terakhir pada Hari Kiamat. Benar-benar bikin kaki lemes deh kalo liriknya benar-benar diresapi. Apalagi lagu ini dinyanyikan dengan Bahasa Latin yang disucikan dalam Katolik (sama dengan Islam menyucikan bahasa Arab) menambah kemistisan lagu ini. Hal ini masih ditambah dengan koor ala Gregorian yang benar-benar indah (sekaligus “menakutkan” dalam waktu yang sama).

9. “Hanya Debulah Aku”

ash-wednesday

Lagi-lagi lagu yang sejak dulu bikin gue merinding, sekaligus terpana pada waktu yang sama. Bener-bener deh, kalo kalian mendengar lagu ini dinyanyikan oleh koor bergaya Gregorian ala Gothic gitu, kalian akan merasakan keagungannya. Apalagi lagu ini biasa dinyanyikan pada hari raya Rabu Abu yang bernuansa solemn dan penuh pertobatan. Hebatnya, walaupun terdengar seperti lagu klasik Eropa, lagu ini diciptakan oleh orang Indonesia lho bernama (Alm) Cosmas Margono.

10. “Bless The Lord My Soul” & “Sing Hallelujah to The Lord”

5f36b9_4ed70eca61834d9ba4b58de7ec7aff09

Ddua lagu ini gue masukkan ke dalam satu list sebab sama-sama merupakan lagu Taize dan cocok buat meditasi, soalnya lagunya pendek banget dan diulang-ulang terus. But damn (pardon my language), the ythim is estatic. Walaupun diulang-ulang tapi tetep keren buat didengerin. Pertama kali denger lagu ini sih pas misa expatriat (pake bahasa Inggris) di gereja Redemptor Mundi, Surabaya. And I tell U guys, it’s such an earworm. Gue sih jarang meditasi (nggak bakat gue, yang ada ketiduran), tapi tetep musik-musik semacam ini tetap enak didengerin pas waktu luang buat relaksasi.

BONUS

“Kyrie Eleison” (Byzantine Orthodox Version)

Temple_Saint_Sava

Sebagai pamungkas, gue berikan lagu dari ritus Orthodox Timur yang gue yakin pasti jarang atau bahkan tidak pernah kalian dengar sebelumnya. Walaupun agama Kristen Orthodox sebagai cabang agama Kristen yang bahkan lebih tua ketimbang Katolik dan Protestanisme ini) kurang dikenal di Indonesia (penganutnya sedikit), namun gue amat tertarik ama ritus Timur ini, terutama lagu-lagunya. Ritus Timur (setau gue) memiliki pakem-pakem yang berbeda dengan Katolik, namun tetap sacred, bahkan tidak boleh menggunakan iringan alat musik apapun untuk lagu-lagunya.

Dan lagu-lagunya ... gue shock pas denger “Kyrie Eleison” versi Ritus Timur ini sebab jauh berbeda dengan versi Katolik (Ritus Barat/Latin) yang malah lebih mirip ... musik-musik Islam yang sering gue denger dari masjid? Yap, terdengar banget lagu-lagu ritus Timur memang memiliki kesamaan yang amat kuat dengan musik Timur Tengah, mungkin karena asalnya sama kali ya? Dengerin deh, totally different with the Catholic but can still evoke the same feeling.

Nah, demikianlah 10 lagu Kristiani dari berbagai cabang agama Kristen yang layak buat kalian koleksi. Mana yang lebih kalian suka, lagu-lagu Kristen yang kekinian, lagu-lagu Katolik yang archaic, atau lagu Othodox yang orientalis? Well, semua punya pendapat masing-masing. Namun yang jelas, semuanya dilagukan untuk memuji Tuhan yang sama and pretty much for the same reason, untuk memuliakan nama Tuhan yang mahatinggi.

No comments:

Post a Comment