Monday, August 10, 2020

NGGAK NYANGKA YA: ARTIS-ARTIS HOLLYWOOD YANG TERNYATA LGBT

Betcha kalian nggak pernah menduga kalo si ikan Dory ternyata lesbian (APAAAA???)


Satu dekade yang lalu tema LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transexual) pastilah menjadi pembahasan yang amat tabu. Sekarang pun sebenarnya masih, namun di Dunia Barat keberadaan para LGBT mulai diakui. Tak heran, para artis Hollywood yang awalnya menyembunyikan orientasi seksual yang dianggap menyimpang ini karena takut berimbas pada kariernya, akhirnya makin berani dan terang-terangan memamerkan identitas LGBT mereka, termasuk hubungan mereka dengan sesama jenis.

Pertama gue jelaskan dulu ya, ada beberapa orientasi seksual, antara lain heteroseksual (tertarik pada lawan jenis), homoseksual (tertarik pada sesama jenis), biseksual (tertarik pada sesama dan lawan jenis), dan aseksual (artinya sama sekali tak memiliki ketertarikan seksual dengan siapapun). Jelas, keberadaan kaum homoseksual dan biseksual ini dianggap amat kontroversial. Ada yang mendukung, ada pula yang menolak. Tapi tak bisa dipungkiri, kehadiran mereka di bisnis hiburan hampir tak bisa dihindari.

Mau tahu siapa saja selebriti Hollywood diluar sana yang mengaku sebagai kaum LGBT? Siap-siap saja, sebab beberapa nama ini mungkin akan mengagetkan kalian.

ELLEN DEGENERES

Dianggap sebagai pioner kaum LGBT, Ellen Degeneres adalah presenter talkshow papan atas sekaligus komedian yang terangkat namanya berkat mengisi suara Dory, sang ikan linglung di film animasi “Finding Nemo”. Ellen mungkin bisa dibilang sebagai artis LGBT tersukses, namun bukan berarti kehadirannya tak mengundang kontroversi. Kali ini bukan karena identitasnya sebagai lesbian yang mulai diterima oleh para fansnya, melainkan tuduhan bahwa Ellen kerap memperlakukan para stafnya (bahkan tamunya sendiri) di acara bincang-bincang “The Ellen Show” dengan amat buruk. Bahkan, lingkungan kerja di acara talkshow itu dianggap toxic. Beberapa staf juga mengaku kerap mendapat pelecehan seksual oleh produser acara tersebut. Waduh!

ELTON JOHN

Gue termasuk salah satu yang masa kecilnya diperindah dengan lagu-lagu menawan dari film Disney “Lion King”. Semua lagu di film legendaris tersebut merupakan besutan Elton John, musisi kawakan asal Inggris yang semenjak awal sama sekali nggak menutupi identitasnya sebagai gay. Orientasi seksualnya mungkin kontroversial, tapi bakatnya menciptakan karya musik jelas tak perlu diragukan lagi.

TESSA THOMPSON

Aktris yang wajahnya makin terkenal di dunia berkat perannya sebagai Valkyrie di “Thor: Ragnarok” dan “Avengers: Endgame” juga tak malu-malu mengakui identitasnya sebagai biseksual. Tapi sepertinya ini bukan menjadi halangan bagi dirinya untuk semakin sukses di masa depan, terutama setelah Marvel mengharumkan namanya.

MILEY CYRUS

Nama ini mungkin bikin kalian agak kaget, terutama karena penyanyi ini adalah mantan artis cilik Disney. Artis yang kerap tampil kontroversial ini kembali mengundang perdebatan setelah menjalin hubungan asmara dengan perempuan setelah putus dari Liam Hermsworth. Hmmm ... apa ini gara-gara patah hati atau memang dia ada kecenderungan menyukai sesama jenis ya?

DEMI LOVATO

Lagi-lagi artis Disney yang menyimpan rahasia mengejutkan. Demi yang terkenal berkat hits-nya “Skyscraper” dan “Heart Attack” ini mengaku bahwa ia terbuka dan mau-mau saja dengan hubungan sesama jenis, menandakan bahwa ia adalah biseksual. Tapi aneh ya, justru artis dengan hits berbau LGBT seperti “I Kissed A Girl” dan “You're So Gay” seperti Katy Perry justru malah bukan LGBT.

EZRA MILLER

Gue sendiri kaget begitu mengetahui aktor pemeran Flash di “Justice League” ini ternyata juga mengaku sebagai LGBT. Tapi melihat penampilannya dan gaya berpakaiannya yang androginy, I should've know.

BRENDON URIE

Vokalis Panic at The Disco ini digilai oleh kaum hawa, bahkan sudah menikah dengan seorang wanita. Namun pada 2013 ia membuat pengakuan mengejutkan bahwa ia memiliki ketertarikan dengan sesama jenis juga. Waduh!

JIM PARSONS

Wow, kalo aktor yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi. Mendapat berbagai penghargaan berkat sitkom sukses “Big Bang Theory, pemeran Sheldon ini tak hanya mengaku tertarik pada sesama jenis, namun bahkan sudah memiliki suami sah.

KRISTEN STEWART

Lagi-lagi nama yang membuat kaget, aktris pemeran Bella dalam franchise “Twillight” yang teramat laris ini juga mengaku sebagai biseksual. Buktinya, semenjak putus dengan Robert Pattinson, ia terlibat beberapa hubungan sesama jenis dengan perempuan.

SIA

“I am titanium ... ajib ajib ajib” lagu itu pastinya sudah kalian kenal. Penyanyinya, SIA, merupakan artis Australia yang tak ragu mengakui dirinya sebagai biseksual dan tak pilih-pilih jenis kelamin dalam berhubungan asmara. Tapi kisah hidup Sia sendiri amatlah tragis. Pada 1997 kekasihnya (cowok) meninggal dan iapun mengaku mengalami depresi dan memiliki keinginan bunuh diri. So give her a break!

CARA DELEVIGNE

Kaum Adam pastinya tergoda dong dengan penampilan dan goyangan hot The Enchantress dalam “Suicide Squad”. Namun siapa sangka, walaupun memiliki kecantikan dan tubuh molek nan sempurna, sang aktris pemerannya ternyata mengaku sebagai biseksual dan tak segan mengutarakan bahwa ia tak keberatan berhubungan dengan sesama jenis. Sebagai tambahan, Cara juga tercatat dalam deretan aktris yang mengalami pelecehan seksual oleh Harvey Weinstein, produser biadab yang merangkap predator seks dan kerap melecehkan aktris-aktris muda. Apa mungkin karena trauma dengan lelaki? Who knows?

SAM SMITH

“LOOK WHAT I'VE BEKOOOOM ...” Gue sempat shock dengan perubahan penampilan Sam Smith dalam video “How Do You Sleep” yang sangat drastis. Yup Sam, how could your fans sleep after they saw you like that? Tak hanya mengaku gay, penyanyi dengan suara unik ini juga mengaku non-binary, artinya ia tak mengakui dirinya sebagai laki-laki atau perempuan (berbeda ama transgender yang mengakui dirinya memiliki gender kebalikan dengan jenis kelaminnya). Tak hanya itu, kaum non-binary tak mau dipanggil “him” atau “her”, tapi lebih memilih dipanggil “they”. Nah lho, bingung kan?

GILLIAN ANDERSON

Buat kalian yang sudah hidup sejak 1990-an pastinya masih ingat dengan “X-Files” (biasanya langsung ingat ama lagu openingnya yang eerie). Nah, aktris pemeran Scully di serial legendaris itu baru-baru saja membuat pengakuan menghebohkan bahwa ia pernah menjalin kisah asmara dengan sesama perempuan di masa lalu. Padahal Scully, eh bukan, Gillian udah 3 kali menikah lho dengan laki-laki.

ANNA PAQUIN

Walaupun sudah memiliki suami dan anak, tetap bukan halangan buat aktris cantik pemeran Rogue di franchise X-Men ini untuk mengaku bahwa dirinya sebenarnya biseksual. Tapi tetep harus setia doooong ama keluarga?

IAN MC KELLEN

Ternyata bukan Anna Paquin saja “mutant” yang mengaku memiliki ketertarikan sesama jenis. Aktor kawakan yang memerankan Magneto ini juga sudah lama dikenal sebagai gay. Namun alih-alih diboikot karirnya, statusnya sebagai aktor senior serta kepiawaian beraktingnya yang sulit ditandingi masih membuatnya dihormati di dunia seni peran.

WENTWORTH MILLER

Nah, aktor yang satu ini membuktikan bahwa ganteng bukan halangan untuk jadi gay (what???). Cewek-cewek yang sudah telanjur dibuat histeris setelah melihat peran machonya sebagai napi bertato di serial “Prison Break” pastilah nangis gulung-gulung di lantai setelah mengetahui aktor ganteng ini ternyata gay. Dalam merintis kariernya, Wentworth terpaksa menutupi identitasnya sebagai penyuka sesama jenis karena takut mendapat penolakan dari para fansnya. Namun pada 2013, tak hanya mengakui bahwa ia gay, ia juga mengaku bahwa semasa remaja ia pernah beberapa kali berusaha bunuh diri karena malu akan orientasi seksualnya itu. Wah sedih juga ya?

AMBER HEARD

Cowok-cowok pasti dibuat nggak bisa move on dari penampilan mempesona Amber Heard yang kelewat sexy sebagai Mera di “Aquaman”. Tapi siapa sangka, mantan istri Johnny Depp ini ternyata menyembunyikan ketertarikannya dengan sesama jenis. Sebagai biseksual, Amber bahkan digosipkan pernah berselingkuh dengan Cara Develigne saat masih berstatus sebagai suami pemeran Jack Sparrow tersebut.

SARAH PAULSON

Nah, ini dia, satu dari sedikit ratu horor yang berani mengaku sebagai LGBT. Sarah Paulson menyandang gelar sebagai aktris horor yang patut dipertimbangkan berkat aktingnya di “American Horror Story”. Namun Sarah juga tak malu-malu bahwa dirinya kini berkencan dengan sesama aktris, walaupun di masa lalu ia tak memungkiri pernah juga berhubungan asmara dengan lawan jenis.

ZACHARY QUINTO

Dikenal sebagai aktor papan atas dengan akting berkelas yang dikenal luas, mulai dari serial “Heroes”, “Star Trek”, hingga “American Horror Story”, tak heran banyak yang kaget ketika Zachary mengaku kepada publik bahwa ia adalah seorang gay. Hal tersebut rupanya tak menghalangi kiprahnya di dunia hiburan, dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang berhasil diraihnya berkat kemampuan aktingnya.

KEVIN SPACEY

Pria ini memang dikenal sebagai salah satu aktor terbaik Amerika, terbukti dengan deretan penghargaan Oscar yang diraihnya. Namun karir yang dibangunnya susah payah itu runtuh dalam sekejab setelah ia dituduh (dan terbukti) melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa pria muda. Banyak yang menduga memang bahwa ia adalah seorang gay, sebab walaupun memiliki ketampanan memikat semenjak muda, ia tak pernah memiliki kekasih, apalagi menikah.

ETTA NG

Siapa sih dia? Kalian mungkin tak mengenalnya, tapi kalian dijamin tak asing lagi dengan ayahnya, yakni Jackie Chan. Yup, putri aktor bela diri Mandarin papan atas ini ternyata mengaku sebagai lesbian, bahkan memliki kekasih perempuan. Sebagai catatan, Jackie Chan hingga sekarang tak mengakui keberadaan Etta ini sebagai anaknya karena ia lahir di luar nikah. Hmmm ... apa karena itu ya?

MATT BOMER

Lagi-lagi aktor “American Horror Story” yang mengaku gay (kok banyak ya), aktor muda ini juga sudah melakukan pernikahan sesama jenis semenjak 2011, bahkan sudah memiliki 3 anak (hmmm ... gimana ya caranya).

BEN WISHAW


Aktor muda yang mulai menanjak popularitasannya semenjak tampil sebagai Q dalam franchise “James Bond” ini sempat menolak mengungkapkan orientasi seksualnya dalam wawancara karena merasa hal tersebut adalah “privacy”-nya. Namun identitasnya sebagai gay terungkap ketika ia tertangkap basah menikahi seorang lelaki pada 2012, sehingga iapun tak mampu mengelak lagi.

ADAM LAMBERT

Bagi kalian yang mungkin sudah lupa, Adam Lambert ini adalah salah satu finalis American Idol yang memiliki bakat musik jawara yang membuat siapapun terkagum-kagum. Tapi dalam ajang tersebut, Adam hanya meraih juara dua. Banyak yang curiga, hal tersebut terjadi karena Adam mengaku sebagai gay sehingga masyarakat Amerika-pun kala itu enggan memilihnya sebagai juara. Namun hal itu rupanya tak menghalangi karirnya, terbukti dengan ia pernah meraih nominasi Grammy Award dan yang terbaru, Adam terpilih sebagai vokalis baru Queen.

HOWARD ASHMAN

“I can show you the world ... shinning shimerring splendid ...”

Apaaaaa??? Aladdin gay??? Bukaaaaan! Bukan Aladdin-nya yang gay, tapi jika kalian penggemar berat film klasik Disney, termasuk “Aladdin”, “Beauty and The Beast”, dan “Little Mermaid”, maka kalian sudah tak asing lagi dengan lagu-lagu soundtrack-nya. Nah, ternyata penulis lirik dari lagu-lagu yang udah menghibur masa kecil kalian itu ditulis oleh Howard Ashman, yang merupakan nama legendaris di Disney sendiri.

Howard sendiri adalah gay, tapi karena begitu tabunya isu tersebut, kehidupan pribadinya tak pernah dibahas di media (terutama karena ia pegawai Disney, yang tentunya lekat dengan image film anak-anak. Bayangin aja kalo ortu mereka tahu film mereka digarap gay, pasti saham mereka langsung terjun bebas). Tragisnya, Howard kemudian meninggal karena AIDS di usia yang terbilang muda, yakni 40 tahun. Waduh, bayangin ya jika beliau masih hidup, pasti banyak lagu-lagu hits heartwarming lainnya yang bisa kita dengar.

FREDDY MERCURY

Nah, nama lain ini juga meninggal karena AIDS, yakni vokalis Queen, Freddy Mercury. Nama pria berdarah Timur Tengah ini pastinya nggak asing lagi ya buat kalian (kalo sampai ada yang nggak tahu, tinggal di planet mana sih kalian?). Sayangnya, legacy-nya sebagai salah satu musisi terbaik di dunia akhirnya harus berakhir tragis kala ia harus meregang nyawa karena penyakit seksual menular tersebut pada usia 45 tahun.

BILLIE JOE ARMSTRONG

Nama ini nih yang bikin gue kaget bukan kepalang. Jika nama Billie Joe Armstrong masih asing di telinga kalian, maka mungkin nama ini akan menyegarkan ingatan kalian: vokalis GREEN DAY! Melihat penampilannya yang agak androginy serta lirik lagunya yang melankolis, mungkin ada di antara kalian sudah curiga pria ini adalah seorang bisexual. Tapi tenang, dia sudah menikah kok (dengan perempuan) dan juga memiliki anak.

LUKE EVANS

Aktor ini selalu kebagian peran macho karena tampang dan fisiknya, termasuk sebagai Gaston di “Beauty and The Beast” hingga pemeran antagonisnya di “Fast and Furious”. Tapi siapa sangka, ia secara terbuka mengaku sebagai gay. Uniknya, karena penampilannya, hampir tak ada yang percaya bahwa ia adalah penyuka sesama jenis.

RUBY ROSE

Kalau sosok aktris ini sudah unik, sebab ia emang meraup pundi-pundi penghasilan memerankan sosok lesbian. Dan identitasnya pun tak jauh dari sosok-sosok yang ia perankan. Meraih popularitas berkat serial Netflix, “Orange is The New Black”, iapun merambah karir aktingnya ke dunia superhero dengan memerankan “Batwoman” yang digadang-gadang sebagai superhero lesbian pertama di DC Universe. Waduh, setuju apa nggak nih?

MARKUS FEEHILY

Para gadis-gadis muda penggemar Westlfe, boyband yang menjamur hits-hitsnya pada awal 2000-an, pastilah patah hati begitu mengetahui salah satu vokalisnya, yakni Mark, ternyata adalah gay. Tak hanya Mark member boyband lawas yang diketahui sebagai penyuka sesama jenis, ada nama lain seperti Lance Bass (member N'Sync) hingga Stephen Gately (Boyzone) yang tak menampik isu bahwa mereka adalah gay.

RICKY MARTIN

Gue nggak tahu apakah sekarang masih ada artis yang bisa meraih status segede Ricky Martin dalam dunia musik saat ini, terutama dalam musik Latin. Sebab pas gue remaja dulu, Ricky Martin merupakan nama terbesar dalam dunia musik kala itu. Tersohor semenjak menyanyikan lagu tema Piala Dunia (masih inget kan, “ole ole ole ...”), banyak yang sudah curiga sebenarnya bahwa Ricky Martin, walaupun memiliki wajah dan fisik sempurna yang selalu diidam-idamkan para lelaki, sebenarnya adalah seorang gay. Tapi (mungkin karena tuntutan masyarakat kala itu), Ricky selalu menampiknya, bahkan mengaku memiliki hubungan serius dengan model sekaligus host cantik asal Meksiko, Rebecca de Alba selama bertahun-tahun. Namun pada 2016, Ricky Martin akhirnya mengakui bahwa dirinya adalah seorang penyuka sesama jenis, bahkan menikahi suaminya dan memiliki anak bersama (lagi, gimana caranya ya???).

ELSA


Okay, Elsa is not real, but she's probably a lesbian. Yup, emang banyak teori di luar sana kalo Elsa, si ratu es dari “Frozen” sesungguhnya adalah ikon LGBT. Alasan pertama, kisah cintanya tak diangkat di film “Frozen”, berbeda dengan adiknya, Anna. Kedua, lagu “Let It Go” bisa juga diinterpretasikan sebagai lagu perjuangan kaum gay dan lesbian. Walaupun kita bisa memahaminya sebagai lagu yang menggambarkan Elsa yang akhirnya mau menerima kekuatan supernya, tapi ada pula pihak yang mengamini bahwa lagu itu juga menjadi penyemangat bagi kaum LGBT untuk merengkuh dalam-dalam orientasi seksual mereka. Setujukah kalian dengan teori konspirasi ini? Menurut kalian apa Disney sengaja merancangnya demikian (sebagai sub-conscious programming pada anak-anak agar mereka menerima LGBT sejak dini) atau itu hanya kebetulan belaka?

Emang nggak bisa dipungkiri sih, yang namanya dunia hiburan kadang tak bisa lepas dari isu LGBT. Dorce Gamalama semisal, merupakan kaum LGBT (terutama trans-seksual alias waria) yang keberadaannya bisa diterima di tanah air karena kepiawaiannya dalam memandu acara. Ada pula nama Didi Nini Thowok yang kontribusinya terhadap seni tradisional Indonesia amatlah berharga, walaupun beliau termasuk LGBT. Tapi yang jelas, setuju atau tidak pada isu LGBT, kita tidak boleh mendiskriminasikan mereka dan tetap berlaku “fair”, terutama dalam menghargai hasil karya seni mereka.



16 comments:

  1. Adam Lambert dan Billy Joe Armstrong hampir mirip penampilannya, make up tebal, ete shadow hitam dll, tapi seriusan kalo Billy Joe bisek tu hamba baru tau

    Btw masih g trima kalo Mark Feehily maho huu huu huuuu cedih

    ReplyDelete
  2. Gak nyangka kalau Gandalf ternyata gay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong ... Dumbledore aja gay (eh salah universe)

      Delete
  3. Udah tau sejak lama kalo banyak seleb Hollywood yang LGBT, eh sekarang nemu berita ini di blog bang Dave 😋

    ReplyDelete
  4. Gillian yg main sex edu netflix kan? Yg jadi maknya otis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya? Gue pikir malah dia udah pensiun dari dunia keartisan (halah) soalnya ga pernah liat selain di x files. Tapi emg aktris kawakan bgt sih dia

      Delete
  5. Soal konspirasi Elsa yang gay itu menurutku terlalu dibikin-bikin deh. Aku lebih suka ama teori Elsa sebagai independent girl yang ga bergantung ama prince kaya disney princesses lainnya.

    ReplyDelete
  6. Kalau gasalah si adam lembert pernah pacaran sama sam smith kan ya

    ReplyDelete
  7. Brandon Urie, beneran shock Dave... 😳

    ReplyDelete
  8. Brandon Urie, beneran shock Dave... 😳

    ReplyDelete
  9. Dulu aku ngefans banget sama Ezra Miller semenjak dia main di We need to talk about Kevin smpe habis liat di Fantastic beasts habis itu tau dia itu LGBT dan androgini, aku sempet shock sih mikir "eman banget" apalagi dia kalo dandan cowok pake rmbut gondrong gans banget macho banget apa krena hidup di indo ya jadi aku jadi ga srek sama dia pas udah tahu dia gitu 😂

    ReplyDelete
  10. Pertama kali tau Ezra Miller sebelum jadi the flash emang sebagai pemeran gay gay sih di the perks of being wall flower

    ReplyDelete