Saturday, April 21, 2012

10 GEREJA TERINDAH DI INDONESIA


Kali ini aku akan mem-posting ttg 10 gereja terindah di Indonesia. Well, ini tugas yg sulit. Soalnya walaupun sebagian besar populasinya adalah umat Muslim, trnyta terdapat banyak bgt gereja tua yg indah di Indonesia (termasuk di Solo ada gereja St. Antonius, google it!). Alhasil beberapa gereja yg terpaksa ku-mampatin dlm satu nomor hehehe. Ini dia top ten gereja terindah di Indonesia!
1. Katedral Jakarta
katedral jakarta
Nama resminya cukup panjang yaitu, “Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga”. Hufh, belum bahasa Belandanya, “De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming”. Buseeet. Gereja ini dibangun pada tahun 1810 dengan ciri arsitektur neo-gotik. Eit, istilah gotik bkn cuma milik kaum emo lho. Gotik sebenarnya adl suatu gaya arsitektur abad pertengahan yg berasal dr Eropa. Gereja katedral yang kita kenal saat ini sebenarnya hasil renovasi, sebab gereja ini sempat mengalami dua kali musibah, yaitu terbakar pada tahun 1826 dan sempat roboh pada tahun 1890. Belum lagi pada tahun 2000, gereja ini menjadi target serangan bom Natal.
Inilah bagian dalam gereja saat sedang berlangsung misa.
2
Di Jakarta memang terdapat banyak gereja tua. Maklum lah, Batavia kan dulu ibu kota Hindia Belanda, jadi banyak bangsa Belanda bermukim di sini. Selain Katedral, ada juga gereja Imanuel bergaya arsitektur klasik. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1839.
3
2. Katedral Bogor
4
Nggak jauh dari Jakarta, alias di Bogor (Buitenzorg nama Belandanya dulu), terdapat Katedral Bogor. Gereja yang nama resminya adalah Katedral Santa Perawan Maria ini dibangun pada tahun 1896.
6
Nggak jauh lagi dari Bogor, yaitu di Bandung, kita akan menemukan Katedral Santo Petrus. Gereja ini dibangun pada tahun 1921 dengan gaya arsitektur neo-gotik.
3. Gereja Merah, Kediri
Siapa sangka kota yang terletak di jantung Jawa Timur ini menyimpan sebuah gereja tua yang berarsitektur gotik? Gereja bernama asli GPIB Imannuel ini didirikan pada tahun 1904 dan pada awalnya berwarna putih gading. Setelah bangunan ini dicat merah pada tahun 2005 silam, barulah gereja ini mendapat julukan gereja merah. Uniknya, gereja ini menyimpan injil berbahasa Belanda buatan 1867.
100_1847
4. Gereja Blenduk, Semarang
clip_image012
Nah, kl ada yg nggak kenal gereja ini kebangetan! Soalnya gereja ini sgt terkenal seantero tanah air, bahkan mjd ikon kota Semarang. Nama resminya adalah gereja GPIB Imanuel. Gereja ini mendapatkan namanya dari kubah besarnya yang bulat (atau “mblendhuk” dalam bahasa Jawa). Gereja ini Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah dan dibangun pada 1753. Desainnya berbentuk heksagonal (bersegi delapan) dan memiliki dua menara yang baru ditambahkan pada tahun 1894. Seperti inilah bagian interiornya.
clip_image014
Gereja ini terdapat di kawasan kota tua Semarang yang disesaki dengan bangunan-bangunan tua yang artistik. Di daerah Kota Lama (tak jauh dr Stasiun Tawang) juga terdapat Gereja Katolik Santo Yusuf atau sering disebut dengan gereja Gedangan yang diresmikan pada tahun 1875.
clip_image016
5. Gereja Mojowarno, Jombang
clip_image018
Hah, Jombang? Nggak salah? Jombang nggak hanya terkenal sama Ryan-nya lho. Percaya atau tidak, di kecamatan Mojowarno, Jombang berdiri salah satu gereja protestan tertua di Indonesia, yaitu GKJW Mojowarno yang berdiri pada tahun 1881. Daerah Mojowarno juga memiliki populasi umat Kristen terbanyak di Jombang.
6. Gereja Kepanjen, Surabaya
clip_image020
Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen didirikan pada tahun 1815 di Surabaya. Gereja ini nampak berbeda karena eksterior dinding batu bata merahnya. Gereja ini kl anak muda skrg blg, gotik beut.
Dan ini kaca patrinya yang indah terlihat dari dalam gereja.
clip_image022
7. Gereja Kayu Tangan, Malang
clip_image024
Gereja Kayu Tangan terletak di tengah sejuknya kota Malang dan dibangun pada tahun 1906, sedangkan kedua menaranya baru ditambahkan pada tahun 1930.
Selain gereja Kayu Tangan, masih ada lagi gereja berarsitektur neo-gotik lainnya di Malang, yaitu GPIB Imanuel yang didirikan pada tahun 1861. uniknya, gereja ini sangat berdekatan letaknya dengan Masjid Jami, sehingga pelaksanaan sholat ied pun dilakukan di dekat gereja ini. Wah, kerukunan antarumat beragama di Malang benar2 patut diacungi jempol!
clip_image026
8. Gereja Maria Annai Valengkani, Medan
clip_image028
Sekilas dilihat, bangunan ini memang nampak seperti kuil Hindu, namun sesungguhnya ini adalah gereja. Tak heran, sebab pendirinya adalah seorang pastur dari India bernama James Barathaputra S.J. Gereja ini tergolong baru karena diresmikan pada tahun 2001. Kata “Annai” pada nama gereja ini berarti “bunda”, sedangkan Valengkani adalah nama sebuah desa di India.
9. Katedral Larantuka, Flores
clip_image030
Wilayah Larantuka memang dikenal memiliki populasi umat Katolik yang cukup besar seperti tetangganya, Timor Leste. Nama resmi gereja ini adalah Katedral Reinha Rosari. Pada saat pertama diresmikan pada tahun 1862, gereja ini hanya berdindingkan anyaman bambu dan atap dari rumput ilalang. Well, seperti yang sudah bisa kita duga, bangunan ini akhirnya habis dilalap si jago merah, tepatnya pada tahun 1901. Bangunan gereja yang berdinding batu bata seperti sekarang baru selesai pada tahun 1909.
Di Flores terdapat pula gereja Sikka yang cantik ini. Gereja ini dibangun pada tahun 1899 dengan dinding yang dilukis dengan motif tenun ikat khas Flores.
clip_image032
10. Katedral Manado
clip_image034
Gereja ini disebut-sebut sebagai gereja termegah di Indonesia Timur. Gereja dengan nama resmi Katedral Hati Tersuci Maria ini memang masih baru diresmikan tahun 2010 lalu untuk menggantikan katedral lama yang bangunannya dinilai sudah lapuk dan tidak memadai kebutuhan umat lagi. Gereja ini memiliki ciri arsitektur eklektik alias campuran dari 3 gaya arsitektur, yaitu Byzantium, Romanesque, dan Gotik. Ciri khasnya tentu saja kubah yang meniru gereja-gereja di Roma. Pembangunannya dimulai sejak tahun 2003 dan memakan biaya hingga 8 miliar.
BONUS:
Sebagai tambahan, aku menemukan foto gereja tua di daerah Sayidan, Yogyakarta ini. Jujur, pertama kali melihatnya di internet, aku tak percaya melihat bangunan yang berada di Indonesia.Tapi belum jelas apakah gereja ini masih digunakan atau tidak, jadi tidak kumasukkan ke dalam top ten. Tapi yg jelas, it’s worth to enter the top ten!
clip_image036
clip_image038clip_image040

27 comments:

  1. Mantap om Informasinya..... Ni bisa di jadikan sebagai referensi sejarah Indonesia....
    LANJUTKAN....

    ReplyDelete
  2. Waaaahhhm asiiik banget baca cerita dan foto2nya. Jadi pengen keliling dan liat gereja2 ini dari dekat.... Makasih infonya.

    ReplyDelete
  3. Sangat konyol kok GEREJA KATEDRAL RUTENG ok gak masuk??? padahal punya luas paling besar looo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh iya, ternyata katedral Ruteng emang cukup impressive, kok bisa kelewatan ya? hahaha maaf deh, baru tau juga soalnya,,,

      Delete
    2. iya bener kok gak masuk ya

      Delete
  4. Ada lagi mas gereja tua yg menarik di kota Kediri, Gereja Puhsarang nan mungil dan antik.

    Trus satu lagi Gereja Hati Kudus Yesus di Ganjuran yg etnik dan tradisional bermodel joglo, akulturasi budaya Jawa & Hindu, ada candinya juga disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca postingan lain saya yang berjudul "10 gereja paling eksotik di Indonesia", saya sudah memasukkan keduanya beserta gereja2 unik lainnya dari penjuru Nusantara ke situ,,,

      Delete
  5. lah gedung barunya Tiberias yg di JakUt ga masuk yah? JKI semarang jg tuh..,
    bethany punya pak Alex di surabaya gmna?

    ReplyDelete
  6. Lho? Bukannya Octagon yang segi-8? K'lo Hexagon -> Segi-6.
    Saya hanya memberi sedikit koreksi.

    ReplyDelete
  7. Bagi rekan-rekan SoundMan pelayan gereja dan ingin menguasai teori dan teknik pengoperasian berbagai alat sound dalam kondisi live-show, serta mengatasi feedback, noise, dsb., dapat mengikuti training di Sound System School (www.SoundSystemSchool.com).
    Sound System School Jakarta, membuka pendaftaran untuk menjadi Soundman handal. Menjadi SoundMan terampil mampu membuat perlengkapan sound sederhana berbunyi mewah, bebas feedback, noise, dan balance.
    Untuk meningkatkan keterampilan SoundMan inilah, maka para instruktur Sound System School (SSS) merancang materi yang khusus materi pelajaran yang diberikan lengkap sesuai kebutuhan operator live sound. Materi pelajaran ini dilengkapi teori dan banyak praktek. Dan bersertifikat.
    Info, kunjungi, www.soundsystemschool.com atau

    CP : 021 93930555 / 08998100555.
    Good Luck.

    ReplyDelete
  8. aku cuma mau usul paroki maria fatima bangkalan dan paroki santo yakobus citraland surabaya. thanks,GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usulnya bagus banget tuh soalnya dua gereja tersebut emang bagus banget,apalagi kalo ditambah sama Paroki Redemptor Mundi,Surabaya


      Bisa di pertimbangkan tuh min

      Delete
  9. Seharusnya Gereja Katedral Ruteng jadi top tennya!

    ReplyDelete
  10. dari beberapa gereja yang udah saya kunjungi diatas., yang paling indah saya rasa gereja st. Maria Asumpta Ruteng. Miminnya ga tau, atau nati kapan kapan saya ajak kesana, heheehe

    ReplyDelete
  11. untuk di NTT hanya ada satu gereja yang asli khas gotik,...yaitu gereja di paroki sanctissima Trinitas Bloro di Kabupaten Sikka-Maumere.....kalau gak percaya datang n saksikan sendiri gereja indah ini

    ReplyDelete
  12. walau bagai mana pun bentuk gereja itu baik yang megah atau pun yang kurang megah yang penting kita sama2 menjaga dan melestarikan nya karena itu rumah TUHAN.

    ReplyDelete
  13. Gerejanya bagus semua tapi sayang sekali jarang ada gereja yang berbentuk Kubah seperti Gereja Reform Injili yang ada di Kemayoran, Jakarta dan kita semua harus tahu bangunan Kubah itu adalah asli arsitektur Kristen Bizantin jadi jangan sampai arsitektur ini dicuri dari kita buktinya yang terjadi sekarang digunakan oleh agama lain untuk membangun tempat-tempat ibadah mereka.

    Shalom

    (dari orang kristen).

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kristen memakai kubah untuk membangun gereja jauh sebelum islam muncul, namun kubah bukan asli arsitektur kristen, melainkan warisan kuil2 Romawi

      Delete
  14. Syalom Khaverim!
    Gereja (ekklesia) ada setelah Kristus, baik gedungnya maupun persekutuannya. Bentuk bangunan gereja seperti memakai kubah dan menara, baik dari warisan arsitektur dari zaman sebelum dan sesudah ada kekristenan, baik dari hasil bangunan atau pekerjaan orang-orang kristen atau non kristen tidak menjadi masalah, yang penting simbol salib dapat dipajang di dinding dalam, luar dan atas bangunan gereja. Suatu bangunan tempat persekutuan doa yang tidak berlambang salib, tidak layak bangunan atau gedungnya disebut dengan gereja; meskipun secara theologis kita lebih menekankan "persekutuannya' ketimbang "bangunannya" untuk yang namanya Gereja. Keindahan suatu bangunan gereja harus dibarengi dengan persekutuan jemaatnya yang hidup dalam persaudaraan yang rukun dengan sesama anggota jemaatnya. Tuhan memberkati!

    ReplyDelete
  15. Hallo... boleh meralat sedikit? Nama resmi Gereja Katedral Jakarta adalah Gereja Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga. Bisa dicek ke website resminya: www.katedraljakarta.or.id. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. artikel segini banyaknya tapi gada advertiser? :D

    ReplyDelete
  17. Satu lagi.......
    Ini di bali....dijamin ga bakal nyesel tau ini...
    menakjubkan...
    walaupun umat sangat sedikit tapi siapapun yang datang kesini pasti akan merasakan bagaimana hangatnya umat di gereja ini
    Gereja ST. MARTINUS DE PORES di Stasi Penganggahan, Tabanan, Bali
    check this out https://stasipenganggahan.wordpress.com/

    ReplyDelete
  18. Ralat bos, sekarang katedral Pontianak yang menempati Katedral Terbesar di Asia Tenggara, trims👌

    ReplyDelete
  19. Gereja katedral Ruteng flores besar jga lohh..

    ReplyDelete
  20. Bagus banget arsitektur gedung-gedung gerejanya

    ReplyDelete
  21. Jogja juga ada tuh... Gereja Kotabaru tapi nama resmi gereja nya gak tau...

    ReplyDelete