Sunday, September 9, 2012

KEGALAUAN KOREA: 10 VIDEO KLIP KOREA YANG MENGURAS AIR MATA

 
Hai, apa kabar para K-Poppers? Di blog Mengaku Backpacker, nggak kayak biasanya aku bakalan membahas tentang K-Pop (hehehe menyimpang jauh dari tema blog, abis lagi pengen). Nah, kali ini akan kubahas 10 video klip tergalau Korea. Videonya benar-benar menguras air mata *mode lebay on*  Silakan buktikan lewat link youtube yang ada di tiap judulnya.

1

Pasti dah banyak penggila K-Pop yang udah tau atau bahkan dibuat menangis sama video klip ini. Kalo nggak salah pernah di-remake versi Indonesianya juga sama Naff (biasa lah orang Indonesia kan jago remake hehehe). Ceritanya tentang cowok yang bekerja sebagai seorang fotografer (soalnya kalo ceritanya kerja jadi tukang aduk semen kurang keren). Suatu hari dia nggak sengaja motret cewek cantik dan merekapun saling jatuh cinta. Tapi cobaan takdir datang menghadang (cieee bahasanya). Si cewek nggak sengaja ketumpahan cairan kimia untuk mencetak foto. Akibatnya mata sang cewek pun buta. Merasa bersalah, si cowok pun akhirnya pergi.

Pada suatu hari, terjadi keajaiban. Si cewek bisa melihat lagi karena mendapat donor kornea. Namun si cowok udah terlanjur pergi entah kemana. Si cewek akhirnya mencari si cowok di tempat kesukaannya, yaitu di lapangan balap. Nggak sengaja ia bertemu kembali dengan si cowok. Namun begitu sedihnya si cewek begitu menyadari si cowok ternyata buta. Ternyata si cowok sudah mendonorkan kornea matanya buat si cewek agar ia bisa melihat lagi.

Hiks, kisahnya memang mengharukan ya, tapi hal kayak gitu nggak bakal mungkin deh kejadian beneran. Soalnya setahuku orang yang masih hidup dilarang oleh hukum untuk mendonorkan kornea (gini2 aku punya degree di bidang biologi lho *haiah*). Yah, walaupun begitu tetep patut diacungi jempol deh kekreativitasan siapapun yang udah membuat cerita video klip ini.

shot0016

Lagu ini lumayan up-beat jadi aura kegalauan video klipnya jadi berkurang. Ceritanya sih lumayan, cuma yang bikin geli, video klip ini pake sponsor sebuah kamera *merk tertentu*. Jadinya ceritanya juga disambung-sambungin ama kamera *merk tertentu* tadi itu, huhf capek deh!

Alkisah BoA bersahabat dengan seorang cowok sejak SMA. Suatu saat si BoA ikut ajang pemilihan bakat. Si cowok nggak pengen telat liat performance BoA, makanya si cowok tadi ngebut pake motornya (plus mumpung pas nggak ada polisi). Namun di jalan, ia mengalami kecelakaan. Lebay banget  deh adegan kecelakaannya, pake meledak segala, padahal cuma sepeda motor *heran nih admin-nya cerewet banget*

Ternyata bokap si cowok adalah ilmuwan gila dan mengubah tubuh si cowok jadi Jiban, robot pembasmi kejahatan (hehehe bo’ong ding, cuma robot doang). Si cowok akhirnya mencari BoA, namun BoA yang dulu culun udah bermetamorfosis menjadi artis K-Pop star yang sexy abis (punya cowok baru lagi). Akhirnya si cowok yang udah jadi Jiban tadi cuma bisa puas motret2 BoA dengan kamera *merk tertentu* yang mengandalkan berbagai keunggulan seperti ketajaman gambar serta fokus zoom-nya (mungkin gampang digunakan juga ya soalnya robot aja bisa make).

Hingga saat BoA berlatih, si cowok melihat sebuah lampu akan menjatuhi BoA. Si cowok pun segera menyelamatkannya (kan udah jadi Jiban tadi). Lewat kamera *merk tertentu* tadi (yang keunggulan lainnya adalah tahan lama, soalnya jatuh kena lampu tetep nggak rusak, sumpah gue beli beneran nih kamera), BoA nyadar kalo cowok tadi motret2 dia dan ternyata dia kekasihnya yang dulu hilang. Namun sayang, walaupun udah ada bantuan sponsor kamera *merk tertentu* tadi, cinta BoA an si cowok tadi tetap tak bisa bersatu (sponsornya kurang ampuh tuh berarti).

shot0007

Lagu ini jujur adalah lagu Korea tergalau yang pernah kudengerin seumur hidupku. Jalan cerita videonya juga drama Korea banget. Ceritanya Siwon mendapat transplantasi jantung. Namun begitu sadar dari operasi. ia justru mendapat penglihatan berupa wajah seorang gadis yang nggak ia kenal. Iapun menemui gadis itu dan nyadar bahwa cewek itu adalah kekasih cowok yang mendonorkan jantungnya sama Siwon. Video klip lagu ini dibagi dua, dimana baru di bagian 2 disuguhkan cerita selengkapnya kalau ternyata Siwon yang udah membunuh pacarnya si cewek itu tadi. Tragis banget deh ceritanya.

shot0018

Video klip ini menceritakan seorang cewek yang pada hari pernikahannya ketemu lagi ama mantan pacarnya. Saat berjalan ke altar, si cewek kembali terngiang masa2 bahagia dulu bersama si mantannya. Hingga suatu hari dengan sikap dingin, si cowok tiba2 mutusin dan ninggalin si cewek begitu aja tanpa alasan jelas. Setelah sadar dari lamunannya, si cewek akhirnya memutuskan untuk meninggalkan calon suaminya dan mengejar si cowok mantannya tadi. Begitu bertemu, barulah ia sadar si cowok ternyata menderita suatu penyakit yang menyebabkan matanya buta dan itulah alasan si cowok ninggalin dia dulu.

shot0001

Video klip ini emang nggak setragis video klip yang lainnya (soalnya nggak ada yang mati, buta, transplantasi organ tubuh, atau berubah jadi robot). Tapi tetep nuansa “Korea” sangat kental di video klip ini. Ceritanya tentang kehidupan sepasang sahabat (cowok ama cewek) mulai sejak mereka kecil, SMA, hingga dewasa. Dua-duanya sebenarnya saling mencintai, cuma nggak pernah diungkapin secara langsung. Hingga akhirnya si cewek terpaksa ninggalin si cowok ke luar negeri. Yang bikin galau sebenarnya lebih di cerita masa kecil dan masa muda mereka dibandingkan endingnya. Liat aja deh sendiri, pasti tanpa sadar air mata kalian akan menitik (halah).

shot0094

Heran deh ama penyanyi cewek yang satu ini, berambisi kali ya dinobatin sebagai Ratu Galau Korea soalnya video2 klipnya dimodel kayak K-drama. Kalo tadi kita ngebicarain video “Timeless”, sekarang doi ngerilis dua single yang berbeda tapi video klipnya berurutan. Yang bikin video ini tambah romantis adalah settingnya di pedesaan tradisional Cina yang indah.


Berkisah berawal dari empat orang anak kecil di sekolah tari (tadinya kirain padepokan silat). Nah, tiga di antaranya tumbuh dewasa menjadi sahabat karib, yaitu Choi Siwon *sok ganteng* (sirik mode on ), Hangeng, ama si ceweknya yang manis banget (ehem ehem).

Rupanya dua cowok ini walaupun sahabatan sama2 menyukai si cewek (ya iyalah, bening gitu). Mereka bertiga menjadi penari tradisional Cina yang sukses. Sayangnya, teman mereka yang keempat iri dengan Siwon *sok ganteng* dan menukar pisau yang digunakan untuk pentas tari dengan pisau beneran (soalnya ada adegan Hangeng nusuk Siwon di tariannya). Akibatnya saat pentas, Siwon *sok ganteng* ketusuk beneran dan Hangeng disalahkan, bahkan diuber2 polisi.

Di video klip kedua diceritakan si cewek membawa kabur Hangeng agar nggak digebukin massa (dah kayak di Indonesia aja) dan bersembunyi di gubuk. Sementara itu Siwon *sok ganteng* sadar walaupun masih terluka parah. Nah, cowok antagonis yang berusaha membunuh Siwon tadi justru menghasut Siwon *sok ganteng* bahwa Hangeng yang berusaha membunuhnya.

Siwon *sok ganteng* pun menyatroni tempat persembunyian Hangeng. Eh ngepasin banget, pas adegan Siwon *sok ganteng* datang, Hangeng lagi nyuapin si cewek yang lagi ogah makan. Jadilah Siwon *sok ganteng* tambah panas dan menyerang Hangeng. Hangeng kemudian melihat cowok antagonis tadi membawa pistol dan berusaha menembak Siwon *sok ganteng*. Hangeng melindunginya hingga akhirnya tertembak dan tewas. Mati deh tuh Hangeng *perasaan besok admin nggak bakal selamat deh di tangan para fans Siwon dan Hangeng* 1_tampar

Klasik banget khan ceritanya (sumpah, kalo abis itu ceritanya dipanjang-panjangin pake transplantasi jantung apa kornea segala aku mending pulang aja).

shot0028

Video klip ini menampilkan Rain yang masih di bawah umur (masih muda banget soalnya). Ceritanya diawali dengan dua muda-mudi berpacaran ala Winter Sonata. Suatu hari si cowok terpaksa pergi. Namun begitu kembali, ia melihat desanya tertimbun longsor salju. Si cowok pun mencari-cari kekasihnya. Namun sayang si cewek udah keburu meninggal setelah ditemukan. Si cowok yang patah hati akhirnya memutuskan memeluk si cewek di tengah hujan salju dan ikut mati bersamanya. Duh, pantesan artis Korea banyak yang bunuh diri, video klipnya aja model2nya beginian semua.

shot0057

Video klip ini dijamin bakal membuat kalian menangis tersedu-sedu hingga ingus kalian berceceran (hehehe). Ceritanya tentang seorang kakek yang memperbaiki robot rongsokan hingga robot itu bisa kembali hidup. Suatu hari seorang cewek berkursi roda mendatangi kios si kakek (kayaknya cewek itu bukan cucu si kakek, soalnya kakeknya bule ceweknya Korea, jadi aku simpulin cewek itu anak tetangga). Si robot menaruh perhatian sama si cewek berkursi roda sehingga si kakek menghadiahkan robot itu kepadanya.

Hari-hari si cewek terasa bahagia sebab ada robot yang begitu menyayanginya di sisinya. Hingga suatu hari si cewek ingin melihat pertunjukan dan si robot menggendongnya. Tiba-tiba lampu di tubuh robot berkelip-kelip kayak Ultraman (batrenya mau abis kali) dan tanpa sengaja dia menyenggol kursi roda si cewek hingga hancur berkeping-keping. Si cewek sangat sedih karena ia dari keluarga miskin dan tidak mampu membeli kursi roda baru.

Suatu pagi si kakek memberikan hadiah berupa kursi roda baru pada si cewek. Betapa bahagianya hati si cewek, namun kemudian perasaannya berubah menjadi sangat sedih begitu menyadari kursi roda barunya itu terbuat dari bagian-bagian tubuh si robot. Ternyata si robot mengorbankan dirinya agar si cewek mendapat kursi roda baru. Pokonya dijamin video ini bakal bikin kalian terharu deh. Inilah ekspresi admin pas menyerapi makna videonya: smileyvault-cute-big-smiley-animated-083(abis sambil ngiris bawang)

shot0042

Video klip ini sarat akan nilai-nilai cinta sejati dan makna sebuah pengorbanan (halah bahasanya). Ceritanya tentang seorang cowok yang nggak tau cara memperlakukan ceweknya hingga suatu hari si cewek tewas tertabrak mobil. Si cowok melewati hari-harinya dengan penyesalan dan berharap waktu dapat diputar kembali. Nah, suatu hari terjadi keajaiban. Ia kembali ke masa lalu dimana pacarnya masih hidup. Si cowok pun memperlakukan ceweknya dengan lebih baik karena nggak mau kehilangan dia lagi. Namun ia makin cemas ketika hari dan waktu dimana si cewek ini tertabrak makin dekat. Ternyata benar, peristiwa si cewek tertabrak ini akan kembali terulang (heran nih cewek, cakep sih cakep cuma kalo nyebrang jalan nggak pernah liat kiri kanan dulu). Si cowok pun memutuskan untuk menyelamatkan ceweknya dengan mengorbankan dirinya. Ia mendorong si cewek dari jalan sehingga ia-lah yang tertabrak mobil dan tewas. Gimana, galau banget khan? Ekspresi admin pas liat endingnya:  smileyvault-cute-big-smiley-animated-087 (abis sambil liat saldo ATM pas tanggal tua).

Oya katanya banyak lho video klip yang jalan ceritanya sama kayak gini, mislanya lagu FT Island lain yang judulnya "Severely" ama JYJ "In Heaven" (kalo yang ini ending2nya dua-duanya mati terus masuk surga).

shot0048

Video klip pamungkas ini adalah video klip Korea paling bagus, galau, dan tragis yang pernah kulihat seumur hidup. Jadi heran, kok nggak dibuat pilem aja ya? Ceritanya tentang cowok berandalan yang disewa gangster untuk menyekap seorang cewek yang diculik. Cewek itu ternyata pacar seorang jaksa (apa polisi ya, penegak hukum lah intinya). Si jaksa menangani kasus seorang bos mafia dan dipaksa membebaskan sang bos mafia kalo pengen pacarnya selamat. Namun si jaksa ini ternyata cowok bajingan yang sama sekali nggak peduli ama keselamatan pacarnya karena udah punya cewek baru. Si cewek yang diculik justru bertambah dekat sama penculiknya, yaitu cowok berandalan yang menyekapnya.

Di video kedua dikisahkan si cowok terpaksa memborgol tangannya dengan tangan si cewek yang diculik agar ia nggak kabur. Akibatnya mereka berdua malah jadi dekat dan mulai tumbuh benih-benih cinta (ya iyalah, masa tumbuh benih talas bogor). Tapi gangster bos-nya si cowok tadi memutuskan agar si cewek dibunuh karena tuntutannya nggak dipenuhi. Akhirnya tubuh si cewek ditempelI bom. Si cowok berusaha membebaskan si cewek dan berhasil merebut pemicu bom yang kalo ditekan bisa meledakkan bom di tubuh si cewek. Namun polisi salah paham dan justru menembak mati si cowok.

Melihat cowok yang dicintainya meninggal, si cewek akhirnya memungut pemicu bom lalu mengambil suatu keputusan yang sangat mengejutkan dan tak terbayangkan (namun bisa kumengerti). Shock banget gue pas liat ending video klipnya, bener2 tragis sumpah! Kalo gue bukan cowok tegar (halah) mungkin udah nangis gulung-gulung di tanah 3 tahun nggak berhenti2. Lihat aja deh video klipnya, buktiin sendiri, dijamin nggak bakalan nyesel!

BONUS

Nah, agak menyimpang nih dari judul postinganku (aku emang suka ama yang menyimpang2, kemaren aja aku buat postingan soal “serial killer” hehehe), masih ada tambahan satu lagi video galau walau bukan dari Korea, tapi buatan negeri sendiri. Tapi kualitasnya nggak kalah kok ama video Korea. Judulnya “Bukan Dia” dan dinyanyiin ama pentolan Indonesia Idol, Helena.

Ceritanya tentang seorang cewek yang menemani seorang cowok yang didiagnosis kena penyakit parah yang nggak bisa disembuhin. Si cewek pura2 sayang sama si cowok ini karena kasihan, padahal sebenarnya ia mencintai cowok lain (pas banget ama liriknya). Akhirnya suatu hari si cowok mengetahui perasaan si cewek ini yang sebenarnya. Untuk membebaskan si cewek ini agar bisa mengejar cintanya, akhirnya si cowok yang sakit parah tadi bunuh diri dengan cara menelan semua obatnya hingga overdosis. Sedih banget deh videonya. Lagi-lagi ekspresi admin abis videonya diputer: smileyvault-cute-big-smiley-animated-036(sambil mikir: kok Helena nggak menang jadi juara satu sih? Gue jadi kalah taruhan nih…)

Nah, itu dia K-Poppers, 10 video Korea tergalau menurut versiku. Aku sih setuju dari tema2 video galau di atas kalo cinta itu berarti berkorban, tapi aku nggak begitu setuju kalo ampe bunuh diri segala. Oya, kalo masih ada lagi video galau lagi yang belum ada di list, silakan tambahkan di comment.

NB: Oya, jangan lupa simak postingan baruku:

"10 ("Lagi!!!) Video Klip Korea yang Menguras Air Mata Part 1"

"10 ("Lagi!!!) Video Klip Korea yang Menguras Air Mata Part 2".

23 comments:

  1. video taeyang - wedding dress juga lumayan galau '-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. huh,,,tanggung jawab yang udah nyaranin aq liat videonya taeyang! sekarang aku malah nggak bisa ngeluarin lagunya dari kepalaku,,,

      tapi ending video klipnya emang agak gimana gitu,,,

      Delete
  2. Videonya emang galau2 banget;(.. tp gara2 postingan admin yg kocak,, liat videonya jadi nangis sambil senyum2 *keinget postingan admin*
    hhehe ^_^ lanjutkan *apaan..

    ReplyDelete
  3. Sedih banget min,liat video klipnya ft.island. . .
    Ukh,,sampe nangis nontonnya. . .
    Kalo boleh tau cewek yg jd model video klipnya namanya siapa? ? ?
    Jawab yah min. . .
    *SHEREEN*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min itu kependekan dari *Lee Min Ho* bukan? *berharap*
      Wah sory...krg tau kl cewek yg maen di videonya ft island. Emang cakep sih tapi lebih cakepan Lee Yeon Hee yang jadi model video klipnya Fly To The Sky "Condition of My Heart"....buseet itu tuh cewek apa cewek cakep banget....

      Delete
  4. ini si blogger stres yah:')
    keliatannya share saran video galau-galau gitu, tapi penjelasannya bikin ngakak
    tapi keren postingnya :''''''')
    *ngelap ingus*

    ReplyDelete
  5. big bang haru haru :(
    ama t-ara cry-cry drama version (dibagi menjadi beberapa part)
    itu juga sedih..

    ReplyDelete
  6. 8eight "Goodbye My Lover" ini juga sedih :'((

    ReplyDelete
  7. benar2 menguras emosi kesdihan ya, hebat banget yg bikinnya

    ReplyDelete
  8. Sumpah min, gara2 gaya menjelaskanmu yg seperti di atas, gue ngeliat videonya gimana2 gitu. Nih video galau, tapi bawaanya pengen ngakak terus. Ahahaha...
    Pas waktu baca penjelasan admin diatas, kayak gak sedang ngebahas video galau.
    Padahal sudah ada beberapa video yg gue tonton, namun ternyata ngakaknya malah lebih parah daripada baca penjelasan di beberapa video yg belum di tonton.
    Btw, yg jadi si Jiban itu DongHae superjunior. Skedar sok2an share aja, sapa tau ternyata adminnya dah tau kalo itu DongHae. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Q dah tau kok itu Donghae, cm nggak tau aja Donghae itu sp,,,tp ternyata Donghae itu personil coboy jubior,,,ooooo baru tau,,,,

      Delete
    2. Loh, dave, donghae kok personil coboy junior sih? bukannya super junior ya?

      Delete
    3. BECANDA KALI KAKAAAAAAAAK....

      Delete
  9. nah min kalo yang naff judul nya apa ?? pengen liat ver indo nyah ..

    ReplyDelete
  10. kerennnn abisss :)

    ReplyDelete
  11. yg keren di video klipx jang ri in itu, si Hangeng selalu aja jd pemeran yg gak beruntung,,,wkwkwk

    mati ketembak teruussss,,,

    ReplyDelete
  12. Exo juga Agak sedih sih, namun kebanyaka brantemnya. Jadi terlalu gimana gitu. Kalo aja nuansa Cinta segitiga nya di Kuatin(?) lagi, pasti lebih bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Video klipnya EXO yg mana tuh? yg byk berantemnya tuh Big Bang "Haru Haru" jadinya mlh nggak terlalu galau....

      Delete
  13. mv fly to the sky ft gummy itu kan film love phobia ,
    emang sedih bnget itu ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh itu film ya? pantesan sinematografinya bagus banget. baru tau aku, makasih infonya :D

      Delete
    2. Ampuuuuuun...baru baca sinopsisnya di wikipedia aja admin udah ampe nangis2....gimana liat filmnya beneran O.O

      Delete
  14. hahaha bener bnget ini tuh nyeritain tentang video galau tapi yang agan ceritain di atas itu bikin pengen ketawa aku aja..
    jadi bimbang deh harus galau atau ketawa ini :D

    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  15. 4L Move min itu lebih tragis :'( :sad:

    ReplyDelete