Thursday, December 19, 2013

10 NEGARA YANG KINI UDAH PUNAH

 

tibetanflag2

Haaah...judul postingannya beneran nih? Masa sih negara bisa punah? Emang admiiiiin (baca: spesies langka). Eit, nggak cuma hewan langka aja yang bisa punah guys, negara juga bisa punah. Maksudnya sih bukan pulaunya tenggelam kayak Atlantis gitu. Tapi negara2 ini punah karena pecah menjadi negara2 lain. Yah tau sendiri lah yang namanya kedaulatan suatu negara kan bisa berubah-ubah. Kayak Indonesia misalnya, dulunya kan dikenal sebagai Hindia Belanda. Nah, negara2 ini juga mengalami perubahan politik sehingga kinipun sudah nggak ada lagi. Berikut ini negara2nya.

1. Burma, Ceylon, Siam, Rhodesia, dan Zaire

Siam-1

Negara2 di list nomor satu ini nggak punah2 amat kok. Mereka cuman berganti nama aja namun dengan kedaulatan wilayah yang masih sama. Burma berganti nama menjadi Myanmar, Ceylon jadi Sri Lanka, Siam menjadi Thailand, Rhodesia menjadi Zimbabwe, dan Zaire menjadi Republik Demokratik Kongo.

2. Austro-Hungaria

mona

Kekaisaran ini pernah ngetop banget deh zaman Eropa dulu. Soalnya nggak cuman terdiri ama Austria ama Hungaria aja, namun wilayahnya pernah mencakup sebagian Republik Ceko, Polandia, Italia, Rumania, hingga negara2 Balkan. Namun negara ini akhirnya runtuh dan terpecah-pecah setelah Perang Dunia I berakhir.

3. Cekoslovakia

czechMap

Negara ini mungkin sering kita denger ya pas pelajaran sejarah dulu. Sayangnya negara ini pecah dua menjadi Republik Ceko dan Slovakia pada 1933. Untung aja perpisahan itu berjalan dengan damai.

4. Yugoslavia

YUGO_BIG

Kita pas belajar tentang sejarah pasti sudah tak asing dengan nama Jospeh Broz Tito, presiden Yugoslavia yang bersama Presiden Soekarno menggagas gerakan Non-Blok. Namun dimanakah negara Yugoslavia kini? Kalian nggak bakal menemukannya di peta sebab negara kini sudah nggak ada lagi. Yugoslavia kini telah terpecah-pecah menjadi Bosnia, Kroasia, Macedonia, Serbia, Montenegro, Slovenia, dan yang terbaru: Kosovo sejak 1990-an. Tragis banget ya?

5. Kekaisaran Ottoman

Ottoman-Mosque-Unique-Architecture

Kekhalifan Islam ini besar banget wilayah kekuasaannya, bahkan mencakup tiga benua: Asia, Eropa, dan Afrika. Sejak tahun 1300an, negara ini sudah mencakup Rusia, Turki, Hungaria, negara2 Balkan, Afrika Utara, hingga Timur Tengah. Kekaisaran Ottoman akhirnya berakhir masa kejayaannya ketika Turki mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1923.

6. Prussia

de_prus1

Walaupun namanya mirip2, negara ini nggak ada hubungannya ama Rusia lho. Prussia adalah sebuah negara yang dulu mencakup Jerman dan Polandia bagian barat. Setelah Perang Dunia II, negara ini benar2 punah dan menjelma menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur (yang kemudian mengalami unifikasi pada 1989).

7. Texas

TC_20note_header

Weleh, kaget gue pas tau kalo Texas dulunya adalah sebuah negara sendiri, misah dari Amerika Serikat. Republik Texas merdeka dari Meksiko pada 1836 dan akhirnya menggabungkan diri dengan Amrik pada 1845.

8. Tanganyika dan Zanzibar

afr stamps first _1964 Stamps of Tanzania - Map - Flag -stamps 1, 4, 6

Dua negara di Afrika ini unik. Sebab nggak seperti negara2 lain di list ini yang pecah, dua negara ini justru bersatu. Sejak 1964, keduanya bersatu membentuk negara Tanzania.

9. Tibet

Tibet_Lhasa_Potala_Palace

Ini nih negara yang nasibnya paling menggenaskan di list ini. Kerajaan tibet diinvasi oleh pemerintah RRC dan hingga kini diklaim sebagai wilayahnya, bahkan mengusir Dalai Lama dari rumahnya sendiri. Tidaaaaaak...kenapa Cina begitu kejaaaaam!!! Padahal gue suka banget ama Tibet hiks.

10. Uni Soviet

ussr

Negara yang dikenal dengan USSR (Union of Soviet Socialist Republic) ini dulu dikenal sebagai salah satu negara paling ditakuti di dunia sekaligus negara dengan wilayah terluas di muka bumi. Namun dengan selesainya Perang Dingin, macan ini udah kehilangan taringnya. Bahkan pada 1991, Uni Soviet resmi runtuh dan pecah menjadi 15 negara baru, mencakup Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgiztan, Latvia, Lithuania, Moldovia, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan.

Gimana menurut pendapat kalian guys? Agak ngerasa sayang juga membaca list ini. Moga2 aja Indonesia nggak mengalami nasib serupa (idih amit2 deh). Soalnya gue sempet shock melihat gambar ini di internet, tentang konser di Australia untuk mendukung kemerdekaan Papua Barat. Waduuuuuh gimana nih kalo negara kita terpecah2 gini dan masyarakat internasional justru menganggap itu sesuatu yang adil kayak yang terjadi di Timor Timur.

Makanya dijaga terus persatuan dan kesatuan Indonesia biar kita nggak mengalami nasib kayak negara2 di atas. Okeeeeeee???

3 comments: